Definisi Komputer

Kata komputer berasal dari bahasa Latin yaitu Computare yang artinya menghitung. Dalam bahasa Inggris disebut to Compute. Secara definisi computer diterjemahkan sebagai sekumpulan alat elektronik yang saling bekerja sama, dapat menerima data ( input ) mengolah data ( proses) dan memberikan informasi (output ) serta terkoordinasi dibawah control program yang tersimpan dimemorinya.

Cara Kerja Komputer

kerja komputer sebagai berikut :

  1. Input Device adalah perangkat-perangkat keras komputer yang berfungsi untuk memasukkan data kedalam memori komputer , seperti keyboard, mouse joystick dan lain lain.
  2. Prosesor adalah perangkat utama komputer yang mengelola seluruh aktifitas komputer itu sendiri. Prosesor terdiri dari dua bagian utama yaitu :
    1. a. Control Unit (CU), merupakan komponen utama prosesor yang mengontrol semua perangkat yang terpasang pada komputer, mulai dari input device sampai output device.
    2. b. Arithmetic Logic Unit (ALU), merupakan bagian dari prosesor yang khusus mengolah data aritmatika (menambah, mengurang dll) serta data logika ( perbandingan.
  3. Memori adalah media penyimpanan data pada komputer

Memori terbagi atas dua macam yaitu :

a. Read Only Memory ( ROM ) yaitu memori yang hanya bisa dibaca saja, tidak dapat dirubah dan dihapus dan sudah diisi oleh pabrik pembuat komputer. Isi ROM diperlukan pada saat komputer dihidupkan. Perintah yang  ada pada ROM sebagian akan dipindahkan ke RAM. Perintah yang ada di ROM antara lain adalah perintah untuk membaca sistem operasi dari disk, perintah untuk mencek semua peralatan yang ada di unit sistem dan perintah untuk mencek semua peralatan yang ada di unit sistem dan perintah untuk menampilkan pesan dilayar. Isi ROM tidak akan hilang meskipun tidak ada aliran listrik. Tapi pada saat sekarang ini ROM telah mengalami perkembangan dan banyak macamnya, diantaranya :

–          PROM ( Programable ROM ), yaitu ROM yang bisa kita program kembali dengan catatan hanya boleh satu kali perubahan setelah itu tidak dapat lagi diprogram.

–          RPROM (Re-Programable ROM), merupakan perkembangan dari versi PROM dimana kita dapat melakukan perubahan berulangkali sesuai dengan yang diinginkan.

–          EPROM (Erasable Program ROM), merupakan ROM yang dapat kita hapus dan program kembali , tapi cara penghapusannya dengan menggunakan sinar ultraviolet.

–          EEPROM(Electrically Erasable Program ROM), perkembangan mutakhir dari ROM dimana kita dapat mengubah dan menghapus program ROM dengan menggunakan teknik elektrik. EEPROM ini merupakan jenis yang paling banyak digunakan saat ini.

b. Random Access Memori (RAM), dari namanya kita dapat artikan bahwa RAM adalah memori yang dapat diakses secara random. RAM berfungsi untuk menyimpan program yang kita olah untuk sementara waktu ( Power  On ) jika komputer kita matikan, maka seluruh data yang tersimpan pada RAM akan hilang. Tujuan dari RAM ini adalah mempercepat pemroses data pada komputer. Agar data yang kita buat tidak dapat hilang pada saat komputer dimatikan, maka diperlukan media penyimpanan eksternal seperti Disket, Harddisk, Flash disk, PCMCIA Card dan lain lain.

4. Output Device, adalah perangkat komputer yang berguna untuk menghasilkan keluaran apakah itu ke kertas ( hardcopy) ke layar monitor ( softcopy) atau keluaran berupa suara. Contohnya printer, speaker plotter, monitor dan banyak yang lainnya. Dari penjelasan diatas dapat kita simpulkan bahwa prinsip kerja komputer tersebut diawal memasukkan data dari perangkat input lalu data tersebut diolah sedemikian rupa oleh CPU sesuai yang kita inginkan dan data yang telah diolah tadi disimpan dalam memori komputer atau disk. Data yang disimpan dapat kita lihat hasilnya melalui perangkat keluaran ( Output Device ).

 

Algoritma dan Flowchart

ALGORITMA

Definisi algoritma menurut beberapa ahli adalah sebagai berikut:

  1.  Menurut Abu Ja’far Mohammad Ibn Musa Al Khoarismi:
    “Suatu metode khusus untuk menyelesaikan suatu persoalan.”
  2. Menurut Goodman Hedet Niemi :
    “Urut-urutan terbatas dari operasi-operasi terdefinisi dengan baik, yang masing-masing membutuhkan memory dan waktu yang terbatas untuk menyelesaikan suatu masalah.”
  3. Donald  E.  Knuth  (1973,p4) :
    “Algor itma  adalah  sekumpulan  aturan-aturan  berhingga  yang  memberikan  sederetan operasi-operasi untuk menyelesaikan suatu jenis masalah yang khusus.

Algoritma adalah jantung ilmu komputer atau informatika. Banyak cabang ilmu computer yang diacu dalam terminologi algoritma. Namun, jangan beranggapan algoritma selalu identik dengan ilmu komputer saja. Dalam kehidupan sehari-haripun banyak terdapat proses yang dinyatakan dalam suatu algoritma.

Cara-cara membuat kue atau masakan yang dinyatakan dalam suatu resep juga dapat disebut sebagai algoritma. Pada setiap resep selalu ada urutan langkah-lankah membuat masakan. Bila langkah-langkahnya tidak logis, tidak dapat dihasilkan masakan yang diinginkan. Ibu-ibu yang mencoba suatu resep masakan akan membaca satu per satu langkah-langkah pembuatannya lalu ia mengerjakan proses sesuai yang ia baca. Secara umum, pihak (benda) yang mengerjakan proses disebut pemroses (processor). Pemroses tersebut dapat berupa manusia, komputer, robot atau alatalat elektronik lainnya. Pemroses melakukan suatu proses dengan melaksanakan atau “mengeksekusi” algoritma yang menjabarkan proses tersebut. Melaksanakan Algoritma berarti mengerjakan langkah-langkah di dalam Algoritma tersebut. Pemroses mengerjakan proses sesuai dengan algoritma yang diberikan kepadanya. Juru masak membuat kue berdasarkan resep yang diberikan kepadanya, pianis memainkan lagu berdasarkan papan not balok.

Karena itu suatu Algoritma harus dinyatakan dalam bentuk yang dapat dimengerti oleh pemroses.

Jadi suatu pemroses harus :
1. Mengerti setiap langkah dalam Algoritma
2. Mengerjakan operasi yang bersesuaian dengan langkah tersebut.
Mekanisme Pelaksanan Algoritma Oleh Pemroses

Komputer hanyalah salah satu pemroses. Agar dapat dilaksanakan oleh komputer,
algoritma hasrus ditulis dalam notasi bahasa pemrograman sehingga dinamakan program.

Jadi program adalah prwujudan atau implementasi teknis Algoritma yang ditulis dalam bahasa pemrogaman tertentu sehingga dapat dilaksanakan oleh komputer.

Ciri penting algoritma
• Algoritma harus berhenti setelah mengerjakan sejumlah langkah terbatas.
• Setiap langkah harus didefinisikan dengan tepat dan tidak berarti-dua (Ambiguitas).
• Algoritma memiliki nol atau lebih masukkan.
• Algoritma memiliki nol atau lebih keluaran.
• algoritma harus efektif (setiap langkah harus sederhana sehingga dapat dikerjakan dalam waktu yang masuk akal).

 

Contoh Algoritma mengurutkan bilangan acak :

1. Masukan bilangan pertama, kedua, dan ketiga

2.Kurangi bil pertama dengan bil kedua

3.Apakah hasilnya plus (+) atau minus (-) ?

4.Jika hasilnya plus (+) maka bil pertama > bil kedua

5.Jika hasilnya minus (-) maka bil pertama < bil kedua

6.Kurangi bil pertama dengan bil ketiga

7.Apakah hasilnya plus (+) atau minus (-) ?

8.Jika hasilnya plus (+) maka bil pertama > bil ketiga

9.Jika hasilnya minus (-) maka bil pertama < bil ketig

10.Kurangi bil kedua dengan bil ketiga

11.Apakah hasilnya plus (+) atau minus (-) ?

12.Jika hasilnya plus (+) maka bil kedua > bil ketiga

13.Jika hasilnya minus (-) maka bil kedua < bil ketiga

14. Cetak hasilnya berdasarkan urutan dari bilangan yang terkecil ke yang paling besar

 

FLOWCHART

Flowchart adalah Penggambaran secara grafik dari langkah langkah dan urutan prosedur dari suatu program. Flowchart menolong analisis programer untuk memecahkan masalah dalam segmen yang lebih kecil dan menolong dalam menganalisis alternatif lain dalam pengoperasian.

Cara membuat flowchart:

  1. Flowchart digambar dari halaman atas ke bawah, dan kiri ke kanan
  2. Aktivitas yang digambarkan harus didefinisikan secara hati hati dan definisi harus dimengerti sang pembaca
  3. Akhir sebuah aktivitas harus ditentukan dengan jelas
  4. Setiap langkah aktivitas harus diuraikan dengan kata kerja seperti Menghitung Angsul
  5. Setiap aktivitas harus diurutkan dengan benar
  6. Ruang lingkup aktivitas yang digambarkan harus ditelusuri dengan hati hati
  7. Gunakan simbol Flowchart yang standart dan mudah dimengerti

 

simbol flowchart

gambar 1.

 

 

gambar2.

 

 

 

 

 

 

 

 

http://healthiskesehatan.blogspot.com/2011/03/contoh-algoritma-sederhana.html

http://rizkybambung.students.uii.ac.id/2011/11/23/mengenal-apa-itu-flowchart/

http://jackoy.simaya.net.id/?p=127

rethaajja.wordpress.com

http://healthiskesehatan.blogspot.com/2011/03/contoh-algoritma-sederhana.html