Autoresponder Produk Yang Penting Kah?

28 December 2021 by Farid Wajidi
Bagi mereka yang berkecimpung di dunia internet marketing, autoresponder sudah menjadi barang wajib yang mesti disiapkan. Hal ini karena berkaitan dengan aktivitas follow up terhadap prospek pelanggan atau calon pembeli produk yang ditawarkan, sehingga diharapkan melalui serangkaian follow up prospek atau calon pembeli yang tadinya masih pikir-pikir pada akhirnya akan berubah menjadi pembeli / pelanggan (konversi prospek menjadi pembeli serius). Adanya autoresponder dapat meningkatkan rasio konversi.

Di dunia internet marketing ada banyak pilihan autoresponder. Namun kebanyakan adalah bukan produk lokal, seperti GetResponse, Norabots, Aweber, dan lain-lain. Karena bukan produk lokal anda mesti merogoh kocek agak dalam. Ada pula autoresponder yang gratis seperti sendfree, freeautobot, dll. Hanya kelemahan dari autoresponder gratis ini tentu kita tidak bisa berharap banyak atas layanan sistem customer service-nya atau ada jaminan bahwa layanan ini tidak akan hilang sewaktu-waktu bersama semua data subscriber (orang yang difollow-up) kita. Selain itu tentu adanya batasan-batasan tertentu dalam pelayanannya. Autoresponder gratis juga sering diselipi iklan dari penyedia layanan autoresponder gratis ini pada email yang kita kirimkan pada subscriber atau milis kita. Ya.. namanya juga gratis Laughing .

Nah, buat kita di Indonesia sebenarnya tersedia beberapa layanan autoresponder. Namun bila ingin mendapatkan autoresponder karya anak bangsa yang murah namun berkualitas dan tidak kalah dengan layanan auto responder dunia Anda bisa memilih Mulxim Autoresponder. Berdasarkan pengalaman saya yang juga pernah menggunakan autoresponder dari luar, Mulxim juga memiliki fitur-fitur menu pengaturan yang lengkap bagi internet marketer yang menggunakan layanan autoresponder ini.

Pengiriman email melalui autoresponder Mulxim terbilang lancar dan cepat sampai di tujuan. Kalau anda menggunakan layanan autoresponder gratis biasanya masalah kecepatan ini yang sering jadi kendala. Mulxim menggunakan dedicated email server dengan private IP, domain key dan reverse DNS yang memberi peluang besar email anda sampai ke tujuan. Kelebihan lainnya, dengan tracking system Mulxim, email anda akan dipantau. Asal klik dapat diketahui dari email yang mana.

Bagi Anda yang baru menggunakan autoresponder jangan khawatir tidak mengerti cara menggunakannya, di bagian halaman depan Mulxim.Com anda bisa menemukan sejumlah artikel mengenai panduan/tutorial/manual untuk menggunakan fitur autoresponder Mulxim. Anda juga bisa berkomunikasi dengan pengelola melalui fasilitas chat yang disediakan bila pengelolanya sedang online.

Khusus bagi yang senang bisnis afiliasi, Anda bisa mempromosikan jasa autoresponder Mulxim kepada pengunjung web atau blog yang Anda miliki. Anda bisa mendaftar menjadi affiliate Mulxim secara gratis dan memperoleh penghasilan dari mempromosikan autoresponder Mulxim ini. Banner dan link affiliate bisa Anda peroleh dari halaman affiliate member.

Nah, buat Anda yang tertarik menggunakan layanan autoresponder ini silakan penawaran harga promo autoresponder ini di link berikut:  https://www.autoresponder.ai/

Fakta Menarik Bahwa Orang Indonesia Gemar Belanja Online

28 December 2021 by Farid Wajidi

Dengan menjamurnya internet ternyata aktivitas jual beli online pun meningkat. Banyak orang yang berbisnis online dengan mendirikan toko online. Namun setidaknya pebisnis online khususnya di Indonesia perlu mengetahui fakta apakah benar prospek toko online di Indonesia sangat cerah? Apakah benar orang Indonesia senang berbelanja secara online? Orang Indonesia gila belanja online, setidaknya fakta itulah yang dicermati situs raksasa toko online / e-commerce eBay. Mereka mencatat dari seluruh transaksi jual beli online yang terjadi di market eBay seluruh dunia, 17% di antaranya datang dari orang Indonesia.

Senior Vice President eBay Asia Pasifik Jay Lee mengatakan, Indonesia jelas merupakan pasar potensial untuk sektor e-commerce, seiring semakin meningkatnya jumlah pengguna internet yang menunjukkan perekonomian dalam negeri yang semakin baik.

Itulah mengapa eBay pun tidak ragu-ragu melakukan ekspansi bisnisnya ke Indonesia. Raksasa e-commerce ini pun memilih Telkom sebagai rekan bisnisnya, dan sepakat untuk mendirikan perusahaan patungan bernama PT MetraPlasa.

“Kami sangat senang bisa bekerja sama dengan Telkom dan berharap meningkatkan pengalaman belanja online di Indonesia, khususnya bagi mereka yang ingin melakukan transaksi jual beli produk ke seluruh dunia, di manapun dan kapanpun mereka inginkan,” kata Jay Lee.

“Pada 2011 ada 17% transaksi yang berasal dari Indonesia,” paparnya lebih lanjut di sela penandatanganan kerja sama bersama Telkom di Jakarta, Senin (16/4/2012).

Jay meyakini relasi yang kuat antara Telkom dengan pelanggannnya di seluruh Indonesia, dan pengalaman eBay di pasar internasionalnya serta platform online market yang dimilikinya, akan mendorong peningkatan aktivitas e-commerce di Indonesia.

Menurut Direktur Utama Telkom Rinaldi Firmansyah, ketertarikan eBay terhadap Telkom bersama Metra dan Plasa.com tak bisa dilepaskan dari basis pelanggan mobile yang dimiliki perusahaan perseroan sebesar 120 juta pelanggan itu.

“eBay akan masuk ke pasar mobile commerce. Kekuatan Telkom grup dengan basis pelanggan yang besar menjadi daya tarik bagi mereka,” ungkapnya.

Cara Bisnis Internet Dengan Profit Nyata

28 December 2021 by Farid Wajidi

Banyak newbie atau orang-orang yang baru mengenal bisnis online selalu mencari-cari tahu bisnis online apa kiranya yang bisa menjanjikan penghasilan yang mereka selalu impikan sebagai “menjalankan bisnis dari rumah”, “kerja online”, “pasif income online”, “bisnis tanpa terjebak macet”, “penghasilan tambahan”, dan sebagainya.
Namun tidak sedikit yang justru terjebak pada informasi keliru yang membuat mereka hanya berpikir “Bisnis Online yang Bagus adalah Bisnis yang Bisa Menghasilkan Uang Cepat dan Pasif Income Tanpa Harus Kerja Keras”. Akhirnya mereka justru berkutat hanya pada pencarian bisnis seputar HYIP, money game, atau MLM sistem pramida yang tidak jelas produknya. Anggapannya, bisnis-bisnis online yang semacam itu saja yang bagus dan menutup pikirannya sendiri untuk mencoba belajar jenis bisnis online yang lain. Padahal kalau mau diteliti bisnis investasi HYIP, atau MLM money game sekalipun mengiming-imingi dengan hasil yang besar bukanlah bisnis online yang “langgeng”, pondasinya sangat rapuh karena tidak punya produk yang jelas, biasanya hanya booming beberapa bulan atau 1 tahun dan setelah itu mulai meredup.

Katakanlah orang-orang yang saya bahas di atas sebagai Kelompok Pertama (yang berkutat pada bisnis online money game atau MLM piramid dengan produk yg kurang jelas). Lalu saya akan bahas 2 kelompok berikutnya dengan “produk yang lebih jelas”.

Kelompok kedua, adalah orang yang menjual produk non fisik, baik berupa produk digital (ebook, tutorial, software, file mp3, dll.) atau berupa jasa (jasa desain web, SEO, desain banner iklan, jasa iklan, dsb.) Ini adalah kelompok bisnis online dengan segmen pasar yang jelas karena memang ada orang yang membutuhkan dan memang ada yang mencarinya.

Sementara kelompok ketiga, bisnis online-nya adalah menjual produk fisik yang nyata seperti: pakaian, sepatu, tas, jam, mainan anak, dan sebagainya. Produk fisik yang sebelum internet berkembang hanya bisa dijual di toko. Macam produk yang bisa dijual luar biasa banyaknya dengan segmen pasar yang luas pula. Pada awalnya yang bisa buka toko online hanyalah mereka yang merupakan produsen atau punya stok barangnya sendiri.

Namun seiring waktu semakin banyak produsen yang membuka kesempatan bagi para internet marketer untuk membantu menjualkan produk mereka, berperan sebagai “marketing” produk mereka, yang penting produk mereka bisa laris dan ini justru meringankan beban mereka untuk mencari sendiri pembeli atas produk-produknya. Inilah yang disebut “dropshipping”.

Dengan sistem dropship ini anda bisa memajang produk fisik milik produsen di toko online milik anda sendiri atau dipajang di blog anda pun tidak masalah, seolah anda pemilik barang tersebut. Pembeli mentransfer langsung ke anda lalu pesanan tersebut anda teruskan ke produsen dengan membayar harga produsen saja dan produsen yang kirim barangnya, sementara keuntungan selebihnya sudah langsung anda kantongi sendiri.

Begitu banyaknya jenis produk yang bisa dijual secara dropship dari berbagai produsen produk fisik tersebut, jika mau.. semua barang bisa anda pajang di satu toko online saja, memajang produk dengan berbagai kategori dari berbagai macam produsen layaknya anda punya toserba/swalayan online yang punya beraneka produk. Yang penting, komunikasi ke produsen
nya cepat dan lancar begitu ada pembeli di toko online anda.

Ini adalah model bisnis online yang sangat menjanjikan untuk jangka panjang bila dijalankan secara profesional. Sebab, pasar bisnis dropship tidak pernah kering, produk beragam dan selalu update dengan model baru. Tidak pernah pusing soal pembuatan produk, tidak perlu bayar banyak pegawai untuk jaga toko, sebab isi halaman penjualan lah yang memberikan penjelasan kepada pengunjung toko online sekalipun anda sedang tidur. Salespage (halaman penjualan) toko online yang detail dan rinci ibaratnya “SPG yang tidak pernah tidur” yang siap memberi penjelasan kepada setiap pengunjung yang datang.

Bisnis toko online model dropship layak ditekuni oleh siapa saja yang mendambakan “home business” atau menjalankan bisnis dari rumah, inilah bisnis online sejati, “bisnis tanpa terjebak kemacetan”, memberi “penghasilan tambahan”, bahkan toko online-nya bisa saja anda sebut sebagai “pasif income” karena tetap buka 24 jam sekalipun anda sedang tidur. Saya sangat menyarankan siapapun yang mengaku pebisnis online, bahkan yang masuk pada kelompok pertama dan kedua seperti yang saya sebutkan sebelumnya semestinya juga menekuni model bisnis ini sebagai pegangan. Disaat bisnis jasa online atau produk digital (seperti penjualan ebook) bisa mengalami titik jenuh atau surut bisnis dropship bisa menjadi pengisi income karena banyaknya produk yang bisa ditawar kan, anda bisa menjual bermacam barang yang sesuai selera pasar. Apalagi anda yang
masuk tipe kelompok pertama tadi (yang bermain di investasi berisiko tinggi atau money game) yang fluktuasi bisnisnya rentan terpuruk (tidak stabil) sudah selayaknya menekuni bisnis dropship yang “low risk” ini.

Model bisnis dropship pada awalnya mungkin terlihat “sedikit rumit” bagi pemula karena butuh sedikit skill untuk mengelola toko online dan mengetahui teknik-teknik promosi dan penjualan yang tepat. Tapi kalau anda sudah menguasai seluk beluknya akan terasa mudah menjalankannya
dalam jangka panjang, dan bahkan membuat anda bisa “ketagihan” begitu anda sudah “klik” karena sudah “menemukan dan merasakan sendiri” besarnya potensi penghasilan yang bisa anda dapatkan dari bisnis model ini.

Sementara bisnis seperti model kelompok pertama tadi yang kelihatannya di awalnya tak perlu skill, tidak perlu belajar, tidak perlu kerja keras, hanya meng-investasikan uangnya di investasi HYIP, MLM piramida, dan segala macam bentuk money game, justru menghasilkan “kerumitan hidup”
di kemudian hari pada saat website company-nya tutup, kolaps atau SCAM, tidak membayar profit, mencapai titik jenuh, dan sebagainya.

Sementara untuk kelompok kedua, yang menjual produk non fisik, seperti produk digital (ebook, software) serta jasa (jasa website, SEO, dll) juga perlu melakukan diferensiasi (variasi) bisnis dengan belajar menjalankan model bisnis dropship ini untuk mengisi kekosongan manakala bisnis produk non fisiknya mengalami kejenuhan atau pasang surut order. Bayangkan saja kalau anda jual ebook kalau sudah banyak orang yang beli ebook anda apalagi kalau sudah banyak yang meniru atau bajakan produk anda sudah banyak beredar, jika anda tidak memperbaharui produk anda tentu penjualan akan semakin jenuh dan sepi.

Nah, jika anda masih mencintai bisnis online dan ingin menjadikan bisnis online sebagai sandaran hidup maka sudah selayaknya anda menekuni model bisnis online dropship ini bisa kunjungi website dropshipaja.com.

Tips Praktis Memanfaatkan Autoresponder Secara Maksimal

26 August 2021 by Farid Wajidi

Autoresponder

Jika anda seorang online marketer, tentu saja anda tidak akan lepas dari sistem autoresponder. Anda mungkin bertanya-tanya apa kegunaan sistem autoresponder ini untuk bisnis anda.

Jawabannya adalah bahwa sistem ini sangat berpengaruh besar pada kesuksessan bisnis online marketing anda, terutama ketika bisnis anda sudah mulai berkembang, akan sangat merepotkan bagi anda untuk terus menjaga komunikasi dengan para konsumen atau klien anda jika anda tidak menggunakan sistem autoresponder.

Tapi ada beberapa hal yang juga harus anda perhatikan bahwa ketika anda menggunakan sistem ini dengan tidak maksimal, hasil yang anda dapat juga tidak akan maksimal.

Kemudian anda mungkin bertanya-tanya, apa yang harus anda lakukan untuk memaksimalkan sistem autoresponder sehingga anda juga bisa mendapatkan keuntungan yang maksimal pula.

Ada beberapa tahap sederhana yang harus anda lakukan jika anda tertarik untuk menggunakan sistem autoresponder untuk terus berhubungan dengan para konsumen atau klien anda.

Berikut beberapa tahap untuk menggunakan sistem autoresponder :

  • Yang pertama adalah, anda harus memastikan bahwa semua klien dan konsumen anda sudah memasukkan data-data yang anda perlukan untuk menjalankan sistem autoresponder ini, sehingga, email yang berisi informasi yang anda ingin para konsumen dan klien ketahui benar-benar sampai ke tangan mereka. Oleh karena itu, perlu bagi anda untuk menyediakan blank from di website anda yang bisa diisi oleh para klien atau konsumen anda yang tertarik untuk berlangganan newsletter dari anda atau mereka-mereka yang tidak mau ketinggalan informasi terbaru mengenai produk-produk atau servis yang perusahaan anda tawarkan.
  • Setelah data-data klien dan konsumen sudah berada ditangan anda, saatnya bagi anda untuk memikirkan bagaimana caranya memaksimalkan sistem autoresponder sehingga semua klien dan konsumen anda menerima email yang anda kirimkan.

Hal yang harus diperhatikan dalam menggunakan sistem autoresponder

Pada dasarnya sistem autoresponder dibuat untuk memudahkan anda mengirim email ke ribuan klien dan konsumen anda secara bersamaan, tepat, dan cepat. Banyak sekali layanan autoresponder yang tersedia di internet.

Hanya dengan mengetikkan autoresponder di search engine, akan banyak sekali muncul website yang menawarkan layanan jenis layanan ini kepada anda.

Dalam hal ini, anda harus bisa menentukan prioritas anda, dimana beberapa layanan sistem autoresponder, tersedia dalam beberapa jenis pilihan.

Jika goal anda adalah pasar online secara global, tentu saja anda harus memilih layanan sistem autoresponder yang memiliki jaringan lebih luas yang bisa mencakup segala jenis sistem email secara luas, tapi tentu saja biaya yang harus anda perlukan juga lebih besar.

Namun, jika anda pikir yang anda perlukan hanyalah solusi sistem autoresponder untuk klien dan konsumen lokal, menggunakan sistem autoresponder seperti buang-buang uang saja.

Jadi satu hal yang penting dan harus menjadi perhatian anda adalah bahwa anda harus tahu dulu apa yang perusahaan anda benar-benar perlukan.

Jika klien dan konsumen anda adalah orang-orang dari penjuru dunia, tentu saja harus memilih layanan yang mencakup semua jenis sistem email karena jika orang Indonesia terbiasa menggunakan Yahoo atau Gmail, di luar tentu saja terdapat beragam jenis pilihan sistem email.

Jika anda tidak ingin email anda berakhir di Spam box klien dan konsumen anda, tentu saja anda harus memilih satu layanan yang memastikan bahwa email anda akan sampai ke inbox para subscriber anda.

Selain itu, ketika anda memilih sebuah layanan sistem autoresponder anda juga harus memperhatikan jenis layanan yang mereka tawarkan karena banyak sekali layanan autoresponder yang menawarkan jumlah subscriber dan email dalam jumlah terbatas.

Dengan kata lain, anda harus pandai-pandai menyesuaikan budget anda dengan layanan yang ditawarkan karena semakin banyak email yang dikirim tentu saja semakin banyak biaya yang harus anda keluarkan.

Jadi lebih baik bagi anda untuk memilih jenis layanan dengan sistem paket untuk menghindari adanya biaya-biaya tambahan yang sebenarnya tidak perlu.