Tugas Dasar Sistem Informasi ke 4 : Motherboard

April 13th, 2010

silahkan unduh di sini :i Tugas Dasar Sistem Informasi

Tugas Dasar Sistem Informasi ke 3 : Free Software

April 6th, 2010

Tugas Dasar Sistem Informasi

Arief Suharsono

0910680008

Free Software

Dan Free software adalah software yang bisa digunakan, dipelajari, dan dimodifikasi tanpa aturan tertentu. Sehingga software jenis ini bisa diperbanyak, didistribusikan, dan diutak-atik semau kita. Dengan kata lain, software free adalah software yang dapat didapatkan konsumen tanpa harus mengeluarkan biaya sedikitpun. Berikut ini adalah contoh-contoh software free dari beberapa kategori.

v  OS  (Operating System)

  • Linux
  • Linux adalah sebuah system operasi yang berbasis pada Linux Kernel. Pengembangan-pengembangan linux adalah pengembangan software free yang paling terkenal. OS linux bersifat free dan open source, artinya semua source code dapat dibuka, dirubah, dimodifikasi, disebarkan, tetapi dengan ketentuan tertentu. Beberapa varian Linux sudah terkenal, seperti Red Hat, Ubuntu, Xubuntu, Mandriva, Linux Mint,dll.
  • Untuk kernel, dapat dicari di www.linux.org
  • Dan Untuk OS varian linux dapat dicari di kambing.ui.ac.id

v  Office Applicaton

  • Open Office
  • Open office adalah sebuah application suite yang berisi software-software untuk keperluan office. Open Office bersifat free dan open source. Open Office dapat digunakan di berbagai Sistem Operasi berbasis windows maupun linux.
  • Dalam 1 suite Open Office terdapat open office writer untuk word processor, openoffice calc untuk spreadsheet, openoffice impress untuk presentasi, openoffice base untuk database, openoffice draw untuk editor grafik, dan openoffice math untuk operasi formula matematis.
  • Untuk download dapat dicari di download.openoffice.org

v  Internet

  • Mozilla firefox
  • Mozilla firefox adalah software web browser yang free dan open source. Mozilla firefox adalah web browser yang paling terkenal kedua setelah Internet Explorer, dipakai oleh 24.52% pengguna internet di dunia (Maret 2010 oleh Wikipedia.org).  Untuk menampilkan halaman web, firefox menggunakan Gecko layout engine yang diterapkan di kebanyakan web pada umumnya. Versi terakhir dari Mozilla firefox memiliki fitur-fitur canggih seperti tabbed browsing, spell checking, incremental find, live bookmarking, download manager, dan private browsing.
  • Untuk download dapat dicari di http://www.mozilla.com/en-US/firefox/upgrade.html
    • Opera
    • Opera adalah software web browser yang free. Opera internet suite dikembangkan oleh Opera Software Company. Opera web browser dapat melakukan rutinitas-rutinitas internet normal seperti menampilkan website, mengirim dan menerima e-mail, download, dan yang menarik adalah download files via BitTorrent.
    • Untuk download dapat dicari di http://www.opera.com/download/
      • Free Download Manager
      • FDM adalah software free dan open source yang berfungsi untuk mempercepat proses download sebuah file. Biasanya, kecepatan download baru terasa signifikan ketika bandwith yang digunakan besar dan file yang di-download juga berukuran besar. FDM hanya bisa digunakan di Sistem Operasi berbasis Windows. FDM juga dapat diintegrasikan di browser-browser umum seperti Mozilla Firefox, Opera, dan Internet Explorer sehingga ketika kita akan mendownload file, tidak usah membuka FDM, tetapi FDM akan terbuka otomatis dan file dapat langsung di-download.
      • http://www.freedownloadmanager.org/download.html
        • Skype
        • Skype adalah sebuah program komunikasi dengan teknologi P2P (peer to peer). Program ini merupakan program bebas (dapat diunduh gratis) dan dibuat dengan tujuan penyediaan sarana komunikasi suara (voice) berkualitas tinggi yang murah berbasiskan internet untuk semua orang di berbagai belahan dunia. Pengguna Skype dapat berbicara dengan pengguna Skype lainnya dengan gratis. Seseorang harus memiliki account skype jika ingin log in ke dalam jaringan skype dan berkomunikasi dengan pengguna skype yang lain.
        • Untuk download dapat dicari di www.skype.com/download/

v  Antivirus

  • Avira
  • Avira adalah antivirus yang memiliki beberapa versi yang dikembangkan oleh Avira GmBH, perusahaan software dari Jerman. Maksudnya beberapa versi adalah, Avira menyediakan versi free dan versi yang berbayar, dengan versi berbayar yang lebih canggih dari yang versi free. Mesin scan Avira lebih dikenal dengan nama “Luke Filewalker”, yang diluncurkan pertama pada tahun 1988. Avira adalah salah satu antivirus dengan pengguna paling banyak di dunia dengan 100 juta pengguna pada September 2009. Antivirus ini memiliki beberapa fitur Email scanning dan WebGuard untuk mencegah akses ke situs-situs yang dicurigai bervirus. Avira versi free juga memiliki AntiSpyware yang meningkatkan keamanan computer kita.
  • Untuk download dapat dicari di http://www.free-av.com/en/download/index.html

v  Multimedia

  • K Lite Codec
  • K Lite Mega Codec Pack adalah kumpulan komponen codec untuk video dan audio untuk OS berbasis windows. Codec ini memungkinkan sistem operasi dan software di dalamnya untuk memutar file audio dan video. K Lite Codec ini berisi codec-codec yang bersifat umum tetapi tidak ter-bundle ketika ketika membeli sebuah Windows. Seperti codec avi, flv, mkv, dan lain lain.
  • Untuk Download dapat dicari di www.free-codecs.com/download/K_lite_codec_pack.htm
    • GOM Player
    • GOM (Gretech Online Movie) Player adalah sebuah software free untuk memutar media file untuk windows. Kelebihan GOM player ini adalah dapat memutar file audio dan video tanpa codec, sehingga kita tidak perlu khawatir sebuah file tidak dapat diputar karena tidak ada codec-nya. GOM Player juga dapat memutar file .avi yang sudah rusak dan memiliki frame yang hilang. GOM player juga dapat memutar DVD. GOM player juga dapat memutar video dari internet melalui fasilitas HTTP streaming.
    • § Untuk Download dapat dicari di www.gomlab.com/eng/GMP_download.html

v  Desain Grafis

  • GIMP
  • GIMP (GNU Image Manipulation Program) adalah software graphic editor yang bersifat free. Fungsi utama GIMP adalah untuk membuat dan memanipulasi gambar. Tetapi GIMP juga dapat digunakan untuk membuat animasi sederahana berbasis .gif.
  • Untuk Download dapat dicari di www.gimp.org/downloads/
    • Blender
    • Blender adalah perangkat lunak untuk grafis 3 dimensi yang gratis dan populer di kalangan desainer. Blender dapat digunakan untuk membuat animasi 3 dimensi. Perangkat lunak ini juga memiliki fitur untuk membuat permainan. Blender tersedia untuk berbagai sistem operasi.
    • Untuk Download dapat dicari di www.blender.org/download/get-blender/

Tugas Ke-2 Dasar Sistem Informasi

March 30th, 2010

MEMORY MANAGEMENT

Overview
Manajemen memori adalah tindakan-tindakan yang harus dilakukan untuk mengatur, mengurus, dan mengelola memori komputer. Hal yang paling terkenal dalam manajemen memori adalah menyediakan cara-cara untuk mengalokasikan sebagian porsi memori untuk program tertentu ketika dibutuhkan, dan membebaskannya ketika sudah tidak dibutuhkan untuk digunakan oleh program lain. Manajemen memori utama (main memory) ini sangat penting dalam sebuah sistem komputer.
Memori Komputer sering diartikan sebagai sebuah teknologi semikonduktor yang digunakan untuk menyimpan informasi dalam sebuah piranti elektrik. Dimana memori masakini menggunakan sirkuit yang terintegrasi dan terdiri dari transistor yang berbasis silikon.
Memori Komputer sendiri adalah sebuah piranti atau alat yang digunakan untuk menyimpan data atau program (program = rangkaian atau urutan dari instruksi-instruksi) dalam sebuah basis penyimpanan. Memori komputer ada yang bersifat sementara dan ada juga yang bersifat permanen yang keduanya digunakan dalam sistem komputer elektronik digital. Komputer menyimpan informasi dalam bentuk kode biner, ditulis dalam angka 0 dan 1 sesuai sistem bilangan biner. Setiap digit biner (bit) dapat disimpan di memori manapun (baik yang permanen atau temporary). Dan setiap digit biner menyatakan kondisi stabil dari sebuah sistem. Angka 0 menyatakan sistem dalam keadaan saklar mati dan angka 1 menyatakan sistem dalam keadaan saklar menyala. Sekarang, kapasitor dan transistor berfungsi sebagai saklar elektrik super-kecil, yang digunakan di dalam memori komputer.
Virtual Memory adalah teknik dalam sistem komputer yang membuat sebuah program aplikasi berpikir bahwa program itu dapat menempati beberapa sektor memori yang bersebelahan, padahal pada kenyataannya ketika bekerja, program tersebut menggunakan sektor-sektor memori yang terpisah. Sehingga, programmer tidak perlu berpikir bagaimana menempatkan program yang dibuatnya ke dalam RAM dan tidak perlu berpikir bagaimana berbagi RAM dengan program lain, karena Virtual Memory lah yang mengaturnya.
Sistem Virtual Memory membagi-bagi sebuah program menjadi beberapa bagian. Lalu bagian yang aktif disalin ke dalam sektor-sektor RAM yang sedang kosong untuk diproses, sementara yang sedang tidak aktif disimpan di dalam hard disk. Hal ini dapat mengoptimalkan penggunaan RAM dengan menggunakan Disk Swapping. Virtual memory meningkatkan prosentase RAM yang tersedia untuk program lain. Kualitas sebuah Virtual Memory Manager memberikan pengaruh besar pada performance sistem secara keseluruhan.
Garbage Collection adalah sebuah bentuk dari manajemen Memori otomatos. Atau lebih dikenal dengan manajemen sumberdaya komputer yang

Fitur
Sistem manajemen memori pada sebuah sistem operasi yang menggunakan multi-tasking biasanya memiliki fitur fitur : Relokasi, Proteksi, Sharing, Logical Organiation, Physical Organization
• Relokasi
Dalam sebuah sistem yang memiliki virtual memory, program-program yang dijalankan di dalam sebuah memori harus dapat dipindah-pindah ke bagian lain dari memori komputer. Hal ini diperlukan karena ketika program tersebut berada di dalam RAM, lalu dipindah ke dalam virtual memory di dalam hard disk, lalu ketika akan dikembalikan lagi ke dalam RAM, program ini tidak selalu dapat dipindah ke sektor RAM yang sama di tempat program ini bersarang tadi. Karena mungkin saja sektor tersebut sudah dipakai program lain. Dan sebelum bekerja, virtual memory harus membuat “Perjanjian” dengan user tentang berapa besar maksimum dan minimumnya, dan dimana tempatnya di dalam hard disk. Manajemen memori dalam sebuah sistem operasi harus dapat merelokasi program di dalam memori dan menguasai penggunaan dan alamat-alamat memori sehingga sistem operasi selalu menunjuk lokasi yang tepat dari sebuah memori.
• Proteksi
Proses-proses yang dilakukan harus dilindungi sehingga tidak ada sebuah proses yang bisa menempati sektor memori yang sedang digunakan oleh proses lainnya tanpa ijin. Hal ini disebut proteksi memori, dan mencegah kode-kode virus agar tidak masuk mengganggu proses yang sedang berlangsung.
• Sharing
Shared Memory adalah teknik tercepat untuk komunikasi antar proses. Walaupun antar sektor-sektor memori itu dilindungi , sehingga sebuah kode program tidak dapat masuk ke dalam sektor memori yang sedang digunakan program lain, tetapi sebuah kode program masih dapat membaca dan mengambil informasi dari sektor memori yang lain. Hal ini dibutuhkan ketika beberapa proses membutuhkan untuk saling berbagi informasi, oleh karena itu biasanya proses-proses ini mengakses sektor memori yang sama.
• Logical Organization
Program-program komputer biasanya diatur dalam sebuah modul. Dan beberapa modul ini dapat di-share untuk beberapa program. Beberapa hanya dapat dibaca (read-only) dan ada juga yang berisi data yang dapat dibaca dan dapat diubah-ubah. Manajemen memori bertanggungjawab untuk mengatur modul-modul ini secara logika di dalam sebuah sistem. Salah satu cara untuk menyusun pengaturan ini adalah dengan cara segmentasi.
• Phyzical Organization
Memori komputer biasanya dibagi menjadi Primary storage yang bersifat cepat dan Secondary storage yang lebih lambat dari primary storage. Manajemen memori dalam sebuah sistem operasi-lah yang memindahkan informasi antar kedua level memori tersebut.

DOS Memory Manager
Untuk memenuhi kebutuhan memori standar, dikembangkan sebuah program yang dikenal dengan Memory Manager ketika memori (RAM) sebuah PC meningkat menjadi lebih dari 640 KB pada akhir 1980-an sehingga membutuhkan sebuah program khusus untuk mengaturnya. Memory manager memindahkan bagian RAM untuk OS keluar dari lokasi normalnya untuk meningkatkan prosentasi RAM yang tersedia untuk program lainnya. Contohnya adalah EMM386 dan QEMM, dimana Memory Manager tersebut biasanya sudah termasuk dalam instalasi sebuah DOS. Dan Memory Manager ini memungkinkan penggunaan RAM diatas 640KB.

Arief Suharsono (0910680008)
Sumber : Wikipedia.org

Tugas Matematika Teknik PD Exact

March 10th, 2010

Tugas Matematika teknik
rangkuman PD exact.
Silahkan download link dibawah ini..

http://blog.ub.ac.id/valliante/files/2010/03/Rangkuman-pd-exact3.docx

untuk contoh soal,

http://blog.ub.ac.id/valliante/files/2010/03/contoh-soal-pd-exac.docx

Tugas Dasar Sistem Informasi 1

March 9th, 2010

INTERNET 2

 

Jaringan internet 2 adalah jaringan protokol internet masa depan dan jaringan optikal yang memungkinkan sebuah penyedia layanan jaringan untuk memenuhi permintaan para pihak peneliti dan akademis yang membutuhkan transfer data dengan kecepatan tinggi. Internet 2 juga merancang untuk jaringan yang memiliki keamanan tinggi. Pada akhir 2007, internet 2 mulai mengoperasikan hasil riset terbarunya, yaitu “Internet 2 Dynamic Circuit Network”. Internet 2 DCN ini adalah sebuah teknologi mutakhir yang memungkinkan transfer data berkapasitas tinggi melalui jaringan kabel fiber optik.

Jaringan internet 2 milik Amerika Serikat ini, telah menghubungkan lebih dari 60.000 institusi pendidikan, riset, pemerintah, institusi pemerintah, sekolah dasar, sekolah menengah, universitas, perpustakaan umum, museum, dan rumah sakit serta pusat pelayanan kesehatan lainnya.

Komunitas internet 2 ini aktif dalam mengembangkan dan meluncurkan teknologi terbaru di bidang jaringan yang sangat penting dan sangat berguna untuk internet masa depan. Internet 2 mengembangkan beberapa teknologi sederhana seperti, alat pengukur daya guna dan pengatur jaringan skala besar, alat pengatur keamanan akses identitas. Internet 2 juga mengembangkan teknologi yang berkemampuan tnggi seperti sirkuit berkapasitas tinggi yang dapat memberikan bandwith berkapasitas tinggi.

SEJARAH

Internet telah dikenal dan menjadi populer di kalangan masyarakat sehingga hingga kini internet semakin banyak digunakan. Namun bandwith internet juga memiliki keterbatasan. Peneliti dari universitas adalah pihak yang paling pertama dan paling aktif meneliti untuk meningkatkan kapasitas bandwith internet karena para peneliti adalah orang orang yang paling membutuhkan transfer data berkecepatan tinggi ketika mereka butuh bekerjasama dengan rekan kerjanya di universitas lain atau bahkan di negara lain.

Beberapa Universitas meyadari tentang kebutuhan mereka akan sebuah jaringan yang mendukung kecepatan transfer tinggi untuk keperluan mereka seperti transfer data dan pencitraan medis, seperti yang kita tahu bahwa sebuah video conference penelitian medis haruslah ber-resolusi tinggi agar peneliti yang berada di tempat lain dapat melihat dengan jelas dan detail apa yang terjadi di tempat penelitian. Hal ini tentunya membutuhkan jaringan berkapasitas besar dan berkecepatan tinggi. Sehingga pada tahun 1995, Science National Fundation (NSF) dan MCI menciptakan “Very High Performance Backbone Network Service” (vBNS), yang didesain spesial untuk memenuhi kebutuhan para peneliti dan institusi pendidikan. Dari sinilah Konsep “Next-Generation-Internet” atau konsep internet masa depan mulai muncul. Konsep inilah yang mendorong para peneliti dan komunitas pendidikan membentuk Internet 2 untuk menciptakan sesuatu yang bisa memenuhi kebutuhan mereka.

Proyek Internet 2 ini pada mulanya dibentuk oleh 34 peneliti dari beberapa universitas pada tahun 1996 dibawah bantuan organisasi EDUCAUSE dan terorganisir secara formal sebagai organisasi nirlaba yang pada mulanya dinamai Corporation for Advanced Internet Development (UCAID). Selanjutnya nama ini dirubah menjadi Internet 2. Markas Besar Internet 2 terdapat di Ann Arbor, Michigan, dan kantornya berada di Washington D.C.

Pada tahun 1998, Komunitas Internet 2 bekerjasama dengan Qwest membangun Jaringan Internet 2 pertama yang dinamai Abilene.

Pada tahun 2006, Internet 2 bekerjasama dengan Level3 Communications meluncurkan sebuah jaringan berskala nasional (Nasional Amerika Serikat) berkapasitas 10Gbps hingga 100Gbps. Jaringan ini terus dikembangkan hingga akhirnya pada tahun 2007, jaringan ini menggantikan jaringan Abilene yang lama sebagai jaringan Abilene yang baru yang memiliki kapasitas lebih tingi.

Jaringan Abilene yang baru ini mendukung komunitas internet2 dengan memberikan sebuah interkoneksi yang efektif antar titik titik yang dimilikinya yang dinamai gigaPoPs. Abilene menggunakan fasilitas Sonet berkecepatan tinggi dan router IP-over-sonet sehingga user dapat mengakses beberapa gigaPoPs yang tersebar di seluruh negara Amerika Serikat, sehingga fasilitas ini dapat mendukung infrastuktur internet2.

Semua institusi pendidikan tinggi yang menjadi anggota komunitas internet2 dapat menggunakan jaringan Abilene ini. Dan setiap institusi, baik institusi pendidikan maupun institusi pemerintahan membuat keputusan sendiri tentang pemilihan gigaPoPs tergantung dari kebutuhan mereka.

Jaringan Abilene ini juga dapat menjadi sarana untuk mencoba teknologi jaringan terbaru, seperti QoS 4(Quality of Service), IPv6, dan teknologi Multicast. Jaringan Abilene ini beroperasi minimal pada OC-48 (2.4Gbps) pada backbone. Dan komunitas internet2 masih bekerjasama dengan partnernya untuk mengembangkan jaringan Abilene agar dapat beroperasi minimal pada OC-192 (9.6Gbps).

TUJUAN

Internet 2 dibentuk bertujuan untuk memenuhi kebutuhan para peneliti dan komunitas pendidikan akan sebuah jaringan yang memiliki bandwith tinggi. Jaringan yang dibutuhkan adalah jaringan yang cepat, kuat, terjangkau secara finansial, dan dinamis (artinya pada nantinya bisa dikembangkan agar lebih baik). Jaringan yang diciptakan menggunakan Kabel Serat Optik yang dilengkapi dengan backbone berkecepatan 100Gb/s yang menghubungkan 210 institusi pendidikan di Amerika Serikat, 70 Badan Usaha Industri, dan 45 Organisasi nirlaba dan agensi pemerintah.

Tujuan utama Internet 2 adalah :

Mengembangkan dan memelihara jaringan berskala besar.

Mengeksploitasi penuh kemampuan koneksi broadband untuk memenuhi kebutuhan masa kini.

Mengajarkan penemuan penemuan mereka tentang koneksi jaringan kepada lembaga-lembaga pendidikan seperti perguruan tinggi dan komunitas internet.

PENCAPAIAN

Teknologi internet 2 dan hasil riset dari sub-sub organisasinya membuat internet menjadi jauh lebih cepat. Banyak kalangan bisa menggunakan jaringan Internet 2 untuk mengembangkan kreativitas, riset, dan hal hal lain yang sebelumnya tidak bisa. Para akademis (seperti mahasiswa, dosen, profesor) bisa mengakses berbagai referensi yang tak terhitung jumlahnya. Mereka tidak hanya bisa mendownload text saja, tetapi juga rekaman suara, rekaman video, animasi, dan sumber lain yang berukuran tinggi yang pada generasi internet sebelumnya tidak dapat di-download (atau mungkin bisa tapi membutuhkan waktu yang lama). Internet 2 juga membuat sebuah operasi medis dapat dilihat oleh banyak orang di berbagai tempat di waktu yang sama melalui video conference agar dapat dipelajari. Video conference ini memiliki kualitas dan resolusi tinggi tanpa keterlambatan data (tanpa lag).

AWARD

Organisasi Internet 2 juga mengadakan sebuah award yang bernama IDEA award (Internet2 Driving Exemplary Applications Award). IDEA award mulai diperkenalkan oleh internet2 pada tahun 2006 sebagai penghargaan terhadap orang-orang yang membuat dan mengembangkan teknologi-teknologi terbaru yang membuat internet lebih cepat. Penilaiannya dinilai oleh beberapa juri dari berbagai Universitas. Penilaian award ini berdasarkan :

Efek positif yang dihasilkan dan dirasakan oleh pengguna internet

Manfaat teknis dari penerapan hasil riset

Keluasan dari efek positif yang ditimbulkan yang ditunjukkan (diindikasikan) oleh kepuasan user

Biasanya pemenang award ini diumumkan setiap tahun pada pertemuan musim semi.

Komunitas Internet 2 adalah sebuah kerjasama penelitian di bidang jaringan komputer mutakhir. Kerjasama non-profit ini beranggotakan banyak pihak seperti peneliti, akademis, industri, dan pemerintah. Kerjasama ini beranggotakan lebih dari 200 institusi perguruan tinggi, lebih dari 40 badan industri, dan lebih dari 30 organisasi yang bergerak di bidang riset dan pendidikan tentang jaringan dan koneksi di Amerika Serikat. Satu organisasi saja tidak akan cukup untuk mengembangkan internet 2 ini, sehingga dibutuhkan banyak pihak yang bekerjasama untuk mengembangkan Internet 2.

Pertemuan 2 matakuliah DPK

March 4th, 2010

http://blog.ub.ac.id/valliante/files/2010/03/DPK-01-02-AlgorithmaPemrograman1.pptx

Soal matakuliah Probabilitas pertemuan 4

March 2nd, 2010

Soal matakuliah probabiltas pertemuan 4

Tugas Fisika 1 : Penerapan osilasi dalam kehidupan sehari hari dan contoh soal

March 1st, 2010

Ini adalah tugas fisika tentang gerak bandul sederhana beserta contoh soalnya. Untuk penjelasan selengkapnya dapat dilihat di : http://blog.ub.ac.id/valliante/files/2010/03/BANDUL-SEDERHANA.docx

terima kasih.

Hello world!

February 24th, 2010

Selamat datang di Student Blogs. Ini adalah posting pertamaku!