Cara Beli Saham e-IPO

Cara membeli saham E-IPo masih banyak dipertanyakan. Anda tidak perlu khawatir lagi untuk berinvestasi saham, termasuk membeli saham IPO. Bursa Efek Indonesia memberikan kemudahan bagi investor untuk membeli saham secara online yang akan ditawarkan sebagai bagian dari penawaran umum perdana (IPO) melalui platform digital yaitu e-IPO.

Anda dapat mendaftar untuk membeli saham e-IPO di tautan berikut: https://www.e-ipo.co.id/id/register.

Memang, e-IPO memudahkan investor yang tidak berpengalaman untuk membeli IPO. Sebelum membeli saham IPO, cari tahu tentang syarat dan ketentuan dasar prospek dengan mempelajari laporan keuangan mereka.

Berikut tahapan pembelian saham IPO melalui platform digital:

1. Registrasi

Pendaftaran dilakukan dengan memasukkan alamat email seperti penjelasan dari TutorBisnis.com, memasukkan jenis investor (perorangan atau institusi) dan memasukkan data dengan benar. Kemudian Anda dapat memeriksa email yang terdaftar dan memasukkan OTP. Anda kemudian akan diminta untuk memasukkan kata sandi.

2. Verifikasi oleh Broker

Kemudian Anda dapat memilih broker atau sekuritas yang Anda inginkan. Pilih Single Investor Identification (SID) 7 Pendaftaran bagi Anda yang telah memiliki SID dan Sub Rekening Efek (SRE) bagi Anda yang belum memiliki SID. Setelah verifikasi broker selesai, Anda dapat login dan menyatakan minat Anda atau memesan saham IPO di sistem e-IPO.

3. Melakukan Submit Pesanan

Setelah masuk ke akun e-IPO Anda, Anda akan melihat informasi tentang perusahaan yang saat ini terdaftar. Kemudian Anda dapat memilih saham yang ingin Anda beli dan klik More Info. Anda dapat memilih bagian Place Order, mengisi form pemesanan, klik Submit dan masukkan kode OTP.

4. Sediakan Dana di Rekening Dana Nasabah (RDN)

Selain itu, perusahaan IPO akan diberi tahu melalui email ketika ada pesanan dari investor. Setelah verifikasi selesai, pembelian saham IPO bisa langsung disetujui. Selama periode bookbuilding Anda dapat membaca prospektus dan menyetujui prospektus. Anda juga harus menyediakan dana di RDN sebelum periode penawaran

5. Menerima Saham IPO

Anda bisa melihat hasil penjatahan proses pembelian saham IPO di menu history. Anda akan melihat status ‘Ditugaskan’ ketika Anda menerima inventaris sesuai pesanan. Jika7 ‘Assigned with reset’ berarti tugas akan disesuaikan, ‘Not Assigned’ berarti tugas belum diterima dan ‘Not Submitted’ berarti pesanan tidak akan dikirim untuk proses tugas. (SNP)