Study Tour Informations Blog mahasiswa Universitas Brawijaya

12 June 2019

Serunya Body rafting Citumang Pangandaran

Filed under: Uncategorized — Admin Pedia @ 01:18

Citumang pangandaran adalah merupakan salah satu sungai yang sangat indah, bersih dan bening di wilayah kabupaten Pangandaran. Jarak sungai Citumang dari Pangandaran ga nyampe satu jam kok. Jalanan kesana cukup mudah buat dilalui meski jalannya kecil banget Cuma cukup buat ukuran 1 bis besar.

Berikut hal-hal yang akan kalian temui dan akan kalian lakukan di Citumang.

1.       Bertemu dan bernegosiasi dengan guide setempat

sesampainya disana kalian akan bertemu banyak guide, kalian wajib pake guide yah kalau mau body rafting di citumang. soalnya bahaya banget kalau gapake guide. Harga tiap guide bervariasi loh, tergantung kemampuan kita tawar menawar. Kalau aku waktu itu Cuma bayar 100 ribu perorang SEPUASNYA dan difotoin SEBANYAK BANYAKNYA (asal kita bawa kamera).

Guidenya terdiri dari dua orang sampai tiga orang, mereka semua bertugas buat ngejagain kita supaya nanti ga ada yang namanya kecelakaan fatal. Biasanya satu atau dua orang fokus ngebimbing kita terus nunjukin mana spot spot bahaya dan apa aja yang harus dilakukan terus satu orang lagi fokus moto motion kita.

2.       Berjalan menuju hulu sungai

Setelah kita sudah didampingi guide body rafting pangandaran yang ada di citumang, kalian nanti akan diwajibkan untuk memakai baju pelampung yang sesuai ukuran tubuh kalian. Pilih yang pas aja ya jangan terlalu ketat ataupun terlalu longgar. Pokoknya jangan terlalu longgar deh, ribet nanti soalnya perjalanan puanjaaang banget rasanya. Kalian nanti juga diwajibkan untuk membuak semua perhiasan dan aksesoris penting kalian.

Eh, aku saranin buat pakai baju yah jangan telanjang dada soalnya dingin banget nusuk ke kulit. Kalau udah siap, nanti kita akan langsung berangkat menuju hulu sungai diatas gunung. Jalannya ga terlalu jauh tapi nanjak jadi terasa jauh terutama buat orang yang jarang olahraga kaya aku.  Di perjalanan kalian akan terkagum sama indahnya sungai dan kerennya bebatuan disana.

3.       Lompat dari ketinggian 10 Meter

Lupa lagi tinggi sebenarnya 7 meter, 10 meter atau 15 meter pokonya diantara itu ya. Yap, inilah spot pertama yang akan kalian nikmati di keseruan body rafting Citumang. Di hulu sungai Citumang kaya ada mulut gua gitu, nah di mulut gua ini digunain buat yang mau nguji adrenalinnya. Spot ini optional sih jadi yang berani aja yang maju dan loncat. Waktu itu aku ga ikut loncat, males naik keatasnya sama males liat bebatuan disekelilingnya sama males loncat dari ketinggian setinggi itu pokonya gamauuu…

Kalau kata temen temen aku yang loncat, rasanya tuh seru banget dan nagih banget meski lumayan sakit kalau posisi jatuh ke airnya ga bener.

4.       Mengalir seperti sesuatu yang mengambang

Yes, beres dari spot pertama yang ekstrim, selanjutnya kita semua mengambang di air satu barisan dan harus berpegangan satu sama lain supaya tidak terpisah dan supaya seru banget. Kakinya harus diangakat keatas supaya gak kepentok batu pas di sungai dangkal. Kalau pas disungai dalem bebas deh kakinya mau dikemanain juga. Ini tuh kita Cuma santai rilex mengambang seperti sesuatu yang mengambang di air sambil tiduran atau sambil liat sekeliling ataupun sambil difotoin guide.

5.       Rintangan 2 Meter

Setelah puas mengalir dan mengambang di sungai yang indah, kita akan dihadapkan pada rintangan pertama. Yap, kita semua harus loncat dari ketinggian 2 meter. Yaampun buat orang yang takut ketinggian sama kedaleman air seperti saya ini, init uh ngeri banget dan butuh waktu lama buat ngumpulin nyali. Tiap anggota loncat, selalu dipandu guide. Tempat loncatnya juga ga sembarangan loh, dipilih yang arusnya paling tenang. Jangan sekali kali loncat ditempat yang dijauhi guide!!! Bahaya banget nanti kalau kejebak arus disana.

Waktu itu, percobaan pertama aku ga loncat soalnya serem banget liat kebawah (padah kalau liat dari foto tingginya ga tinggi tinggi banget), percobaan kedua gajadi lagi terus kata guide kalau aku ga loncat sendiri nanti didorong dari belakang. Alkisah karena gamau didorong jadi ya beraniin diri buat loncat deh dan ternyataaa SERU banget pemirsah :’) nyesel gaikut loncat yang 10meter.

6.       Be a Tarzan

Kalau kita udah berhasil loncat dari rintangan pertama, ada spot buat loncat dari pinggir sungai pake tali kaya tarzan gitu. Spot yang ini, aku ecited banget dan pengen banget nyoba seru bangeeet loh yang ini meskipun hasilnya telapak tangan lecet merah merah karena tali.

7.       Rintangan 1 Meter

Next setelah jadi tarzan-tarzanan kita akan bertemu dengan rintangan selanjutnya yang ga tinggi tinggi banget kok. Aku lupa ada berapa rintangan pendek yang ada. Pokoknya meski pendek jangan disepelein yah, tetep harus ikut panduan dari Guide.

8.       Jangan sepelekan arus

Huftt, ini tuh kejadian yang memalukan sekaligus menyakitkan banget. Jadi ceritanya kita mau foto bareng sekelompok di rintangan pendek yang arusnya KELIATANNYA ga deras sama sekali. Terus satu persatu orang yang masih ngambang bangkit berdiri dibantu sama guide. Apesnya gatau kenapa pas orang didepan aku berdiri, aku kan kehilangan pegangan hidup tuh, alhasil keseret arus deh dan lucunya lagi bos aku yang dibelakang yang ceritanya mau nyelametin aku (padahal Cuma ikut kebawa arus juga) hanyut juga. Ga enak banget kebawa arus kaya gini soalnya harus kepentok pentok batu sana sini. Beruntung terakhirnya aku kepentok batu gede dan ketahan disana jadi ga jauh jauh hanyutnya. Arus sungainya kaya tenang gitu padahal bahayain buat orang orang kurus kaya aku haha.

9.       Membuat lingkaran

Setelah melalui semua rintangan, kita akan mengambang lagi di arus yang sangat tenang. Kita bisa tiduran disini kalau mau. Oya, sebagian temen temen aku kakinya kram pas di daerah sini dan terpaksa tidak melanjutkan keseruan perjalanan. So, kalian yang mau kesana jangan pernah lupain pemanasan yaa. Di titik akhir sungai besar, kita akan disuruh membuat lingkaran dan membuat foto yang keren
.

Selain citumang, di pangandaran ada beberapa tempat lain yang bagus untuk body rafting lainya, yaitu body rafting green canyon dan body rafting santirah pangandaran

Bungalow di Pangandaran

Filed under: Uncategorized — Admin Pedia @ 00:59
Menurut pengertiannya Bungalow atau Bungalo adalah sebuah rumah atau penginapan yang disewakan kepada keluarga yang sedang berwisata. Biasanya Bungalow atau Bungalo ini berada jauh dari keramaian kota dan terletak di pegunungan pegunungan. Namun kini banyak juga Bungalo Bungalo yang terdapat di daerah pantai contohnya di Pantai Pangandaran.
Bungalow di Pangandaran banyak diminati wisatawan karena memang bungalow adalah salah satu pilihan dari penginapan murah di pangandaran. selain dapat menampung lebih banyak orang, anda juga dapat bersantai dan melakukan kegiatan dengan bebas karena hanya anda dan kenalan anda saja yang menginap disana. namun banyak juga bungalow yang terletak secara berdampingan seperti rumah kontrakan pada umumnya.
untuk mengetahui bungalow mana saja yang ada di Pangandaran. Saya berikan daftar bungalow dan hotel Pangandaran kepada anda.

10 June 2019

Pengalaman Liburan Ke Pangandaran

Filed under: Uncategorized — Admin Pedia @ 22:10

Di Pangandaran, banyak sekali objek wisata yang bisa dikunjungi, mulai berasal dari yang terkelola oleh penduduk lokal hingga terkelola bersama baik secara profesional oleh investor dan dinas pariwisata. Obyek obyek wisata tersebut memiliki keunikan wahana wisata tersendiri. Seperti body rafting pangandaran di gereen canyon dan citumang, snorkeling dan water sport pangandaran di pantai timur

Sebenarnya istrikulah yang idamkan pergi ke daerah yang menjadi primadona wisata jawa barat ini, saya juga baru tahu berasal dari istriku. Aku berangkat tanggal 25 Desember 2010 bersama gunakan bis Perkasa Jaya berasal dari Terminal Bis Kampung Rambutan, Jakarta. Aku telah nongkrong di terminal berasal dari jam 17.00 namun bis Perkasa Jaya yang AC jurusan ke Pangandaran baru masuk pukul 18.30. Istriku langsung bergegas menuju ke di dalam bis begitu bisnya singgah gara-gara idamkan beroleh kursi yang pas. Kurang lebih sejam menanti dan bis pun telah dipenuhi penumpang. Ada nenek yang membawa semua keluarganya (sepertinya cucunya) ke Pangandaran.

Sejam bis berhenti untuk istirahat, sholat dan makan malam. Kemudian melanjutkan perjalanan kembali melalui Ciamis, Banjar, dan pada akhirnya Pangandaran. Bis yang saya tumpangi memadai nyaman gara-gara tersedia AC walaupun tanpa toilet. Hanya saja tersedia penumpang, yang duduk pas dibelakangku, membawa anak kecil yang menangis bermenit-menit minta ubah bis gara-gara tidak nyaman. Huaahhhh buat tidurku tak enak. Untung saja tersedia pemutar MP3 di HPku yang bisa menutup tangisan itu.

Bis kita hingga di terminal Pangandaran pukul 03.15 dini hari. Wow pagi banget ya… begitu bis berhenti di depan terminal, kita langsung disambut oleh pengendara becak dan ojek. Aku menampik halus tawaran-tawaran yang singgah berasal dari mereka. Mereka menawarkan jasa becak dan ojek ke pantai (yang jaraknya mungkin kurang lebih 1/2 kilometer itu). Mereka juga menawarkan hotel dan penginapan di Pangandaran.

Daripada kita bingung, kita memastikan untuk nongkrong di warung kopi di depan terminal yang penuh bersama pengendara becak dan ojek. Aku melihat nenek dan keluarganya sedang tawar-menawar bersama keliru satu ojek (atau lebih tepatnya membuat perubahan profesinya saat itu juga jadi calo hotel dan calo mobil rental). Si Nenek sepakat bersama harga Rp 300.000 untuk satu mobil bersama penumpang 5 orang. Aku dan istriku ditawari untuk bergabung supaya biaya patungannya lebih murah. Aku menampik gara-gara kita telah mempunyai agenda sendiri di hari itu.

Cara yang paling sedap untuk bertanya adalah tanyalah kepada pihak yang tidak berkepentingan. Dia dapat menjawab bersama fair dan jelas, kalau saya bertanya terhadap ojek maka lain jawabannya dan tersedia kecenderungan untuk tingkatkan harga. Langkah yang kita ambil adalah mencari masjid atau musholla. Pengendara becak disana malah mengarahkanku ke Musholla di terminal bis Pangandaran. Oke, kita menuju ke sana, si ayah pengendara becak ikuti kita sambil membuktikan mushollanya namun mushollanya kok kecil dan kumuh. Lalu sayup-sayup saya dengar suara orang mengaji berasal dari masjid terdekat lantas saya putuskan untuk ke masjid saja.

Ternyata masjidnya terlalu dekat bersama terminal. Masjidnya bernama Masjid Agung Pangandaran. Disana bersama leluasa kita membersihkan diri, beristirahat sejenak dan melaksanakan sholat Shubuh berjamaah. Lumayan ramai masjidnya dan banyak pengunjung / wisatawan yang berhenti sejenak di sana untuk sholat.

Keseruan Body rafting di Green Canyon

Filed under: Uncategorized — Admin Pedia @ 19:28

Body Rafting merupakan keliru satu olahraga di alam bebas yang kegiatannya menyusuri aliran sungai bersama tidak pakai rakit maupun dayung. Kegiatan Body Rafting pangandaran ini memang seru dan menyenangkan, tak sekedar itu termasuk menantang adrenalin. Olahraga seru semacam ini kebanyakan digemari oleh anak muda. Namun banyak termasuk orang yang berusia lanjut mencoba Body Rafting ini untuk melatih jantung dan otot tubuh mereka.

Manfaat berasal dari kesibukan Body Rafting ini pada lain bisa menunjang memperkuat otot jantung, menghalau stress, melawan rasa takut, melatih kapabilitas otot tubuh, membakar kalori tubuh, membersihkan paru-paru, merelaksasi pikiran, termasuk melatih emosi. Selain itu Body Rafting green canyon termasuk melatih kekompakan dan termasuk rasa persahabatan antar bagian tim.

Selama perjalanan menyusuri sungai, kami bakal disuguhi bersama pemandangan yang memesona dan termasuk sangat asri yang ada di Green Canyon. Udara yang bersih dan air sungai yang sejuk tingkatkan kenikmatan dalam kesibukan Body Rafting ini. Meskipun menyusuri aliran sungai, jangan cemas bakal kebersihan air sungai yang ada di Green Canyon ini. Sungai yang ada di Green Canyon ini sangat bersih termasuk terawat dan pastinya sangat sejuk dikarenakan masih terjaga kealamian wilayahnya.

Menikmati pemandangan indah bersama keadaan yang seru dan menegangkan serta menantang adrenalin mengakibatkan Body Rafting mulai digemari oleh para wisatawan. Dengan cost yang terjangkau, Body Rafting di Green Canyon bisa jadi pilihan untuk menhabiskan waktu liburan.

9 June 2019

Apa Itu Outbound ?

Filed under: Uncategorized — Admin Pedia @ 20:55

Anda tentu kerap mendengar kata outbound, yang terlintas dalam benak Anda tentu aktivitas di lapangan bersama rumput hijau, games, halang rintang yang dibikin sedemikian rupa untuk menantang nyali anda melewatinya. Outbound atau outbound training memang lebih dari cuman permainan ice breaking atau halang rintang yang selama ini kita bayangkan.

Outbound training adalah sebuah seni. Seni tidak senantiasa berhubungan bersama alat lukis dan kanvas atau alat musik, seni yang dimaksud adalah seni edukatif bersama metode kreatif dan inovatif. Diciptakan oleh Kurt Han (baca : Kurt kahn sang bapak outbound), seorang kebangsaan Jerman terhadap th. 1886, metode ini dianggap paling efektif untuk memberi tambahan pendidikan bersama cara unik dan lebih gampang diserap dikarenakan di aplikasikan kedalam berbagai aktivitas yang tersedia di kehidupan sehari – hari.

Dewasa ini, banyak perusahaan yang manfaatkan fasilitas outbound training untuk membangun karakter karyawan perusahaannya. Melalui program outbound, karyawan-karyawan diajak untuk jalankan pengembangan diri bersama bersama tim-nya dan menambah nilai positif merasa dari komunikasi antar teman, penyelesaian masalah, kerjasama, efektifitas, kreasi dan inovasi melalui aktivitas yang dikemas sedemikian rupa oleh fasilitator atau game master pihak penyelenggara outbound.

Kembali soal outbound adalah sebuah seni. Dari selagi ke waktu, seni senantiasa berubah, seni berwujud dinamis sesuaikan pola kehidupan penduduk dari masa ke masa tetapi esensinya tidak berubah. Begitu pun outbound training. Sudah banyak berbagai – macam metode outbound yang diciptakan dan senantiasa berkembang dari hari ke hari ikuti pola kehidupan masyarakat. Hal ini memiliki tujuan sehingga pesan atau insight pembelajaran dapat lebih gampang diserap oleh peserta. di pangandaran, jenis permainan outbound dikemas dengan berbagai macam. Seperti; paket wisata pangandaran dan paket body rafting pangandaran

Biasanya tersedia dua style Paket outbound training yang ditawarkan pihak provider outbound; low impact training dan high impact training, kedua style training outbound berikut mempunyai dampak hasil yang berbeda cocok bersama keperluan pihak peserta tetapi serupa serupa mempunyai hasil yang positif. Intinya, aktivitas outbound terlampau mempunyai value yang terlampau tinggi dan merupakan aktivitas yang dapat membuahkan segi positif yang terlampau besar baik buat individu maupun kelompok baik kecil maupun besar. Dengan penjelasan ini mudah-mudahan Anda makin percaya untuk ikuti aktivitas outbound training. Seperti yang saya sebutkan diatas, dikarenakan outbound adalah sebuah seni, maka ikuti kegiatannya bersama betul-betul tetapi resapi dihati bersama kesenangan, dikarenakan itulah cara seorang seniman nikmati dan menciptakan karyanya.Apa

23 May 2019

Permainan Watersport di Pangandaran

Filed under: Uncategorized — Admin Pedia @ 00:47

Arena Water Sport di Pangandaran, terletak di Pantai Timur Pangandaran, dimana pantai timur ini merupakan bagian daripada Pantai Pangandaran, Pantai Timur Pangandaran bisanya digunakan untuk tempat Penangkapan dan Pelelangan Ikan,  arena Water Sport di Pantai Timur Pangandaran tergolong hampir mendominasi Pantai ini, jika anda suka dan penasaran akan permainan ini, dan ingin menguji adrenalin, tak ada salahnya mencoba permainan yang sangat langka ini, yakni permainan ini hanya bisa dilakukan di Pantai / laut lepas agar bisa lebih leluasa. Pandanran Travel akan fasilitasi anda menjangkau permainan water sport ini untuk mempermudah anda.

Adapun permainan yang disuguhkan dalam Water Sport ini biasanya dalam sati Game ada beberapa permainan dan untuk harga paket water sport pangandaran ada paket paket tertentu yang sudah di tentukan oleh penyedia Water Sport ini, jika anda tidak mau ribet, hubungi kami untuk sebagai fasilitator anda. Beberapa permainan Water Sport disini diantaranya:

  • Banana Boat
  • Ufo
  • Big MableJet Sky
  • Aqua Glade

Banana Boat

Banana Boat, dari segi anmanya juga Banana yang artinya Pisang maka tak heran jika objek utama dari permaiana ini seperti Pisang, Biasanya Permainan ini berdaya tampung 5 sampai dengan 12 orang. Untuk menarik Banana Boat pangandaran gunakan mesin 40 PK, dan dikendalikan oleh 1 driver dan 1 orang pemandu dibelakangnya.

Ufo

Permaianan ini Berdaya muat maksimal 6 orang, Gaya bermain sleding/berputar-putar diatas ombakDitarik dengan menggunakan mesin 40-115  PK, Dikendalikan oleh 1 orang drifer dan 1 orang pemandu dan peserta / pemain Wajib menggunakan jaket pelampung/pengaman.

Big Mable

Dapat dinaiki 2-8 orang Gaya bermain sleding/berputar-putar diatas ombak Bila anda berpegangan dengan benar, anda tidak akan jatuh, Ditarik dengan menggunakan mesin 40-115  PK, Dikendalikan oleh 1 orang drifer dan 1 orang pemandu, peserta Wajib menggunakan jaket pelampung/pengaman

22 May 2019

Paintball Outbound Pangandaran

Filed under: Uncategorized — Admin Pedia @ 02:46

Paintball merupakan salah satu jenis permainan yang sering digunakan pada kegiatan outbound di pangandaran. Permainan ini berisi simulasi peperangan (war simulation). Dengan menggunakan perlengkapan lengkap ciri khas permainan fun game outbound ini seperti Uniform, google/masker,paintball gun (senjata paintball). Paintball pun memiliki peraturan dan tatacara dalam bermain. berikut peratuan paintball yang wajib anda pahami:

Peraturan permainan outbound ini sangat bergantung pada jenis permainan yang dimainkan pada sebuah paket outbound pangandaran, misalkan permainan merebut bendera (capture flag) dimana setiap regu dinyatakan menang jika telah berhasil merebut bendera yang ditentukan, dan lain sebagainya. Namun ada peraturan pokok yang harus ditaati dalam suatu permainan paintball, utamanya yang berhubungan dengan keselamatan dan fair game, berikut diantaranya :
1. Dilarang melepas masker / google dengan alasan apapun selama peserta berada di dalam arena paintball, baik selama peperangan berlangsung maupun tidak. Melepas masker pelindung wajah adalah perbuatan yang sangat berbahaya, karena sangat mungkin peluru dengan kecepatan sekitar 200 km/jam mengenai organ sensitif seperti mata dan mengakibatkan cedera parah. Banyak peserta yang secara tidak sengaja membuka masker pelindungnya ketika mereka terkena tembakan, terjatuh atau regu mereka telah kalah, ini adalah tindakan yang terlarang.
2. Setiap senjata paintball (paintball gun) memiliki pengunci untuk keamanan, instruktur biasanya meminta untuk mengunci senjata selama permainan tidak berlangsung untuk keamanan.
3. Jarak tembak minimum adalah 4.5 – 5 meter, menembak ke arah lawan di dalam range jarak minimum adalah sangat berbahaya terutama jika mengenai area wajah, walaupun terlindungi oleh masker, percikan cat dengan kecepatan tinggi bisa masuk ke bagian dalam masker, juga sangat memungkinkan peluru mengenai bagian yang tidak terlindungi seperti leher, dan menyebabkan luka serius.
4. Hit, seseorang dinyatakan tertembak dan harus keluar dari arena jika terkena tembakan sempurna (peluru pecah dan cat mengenai tubuh) dibagian tubuh manapun. Beberapa permainan mengharuskan tembakan mengenai bagian tertentu seperti masker atau badan dan tidak menghitung tembakan yang mengenai tangan atau kaki.
5. Seseorang yang telah tertembak harus mengangkat senjata dan keluar dari arena, peserta lain tidak diperkenankan untuk menembakinya secara berulang untuk alasan keamanan.
6. Wiping atau membersihkan cat yang menempel pada bagian tubuh ketika tertembak dengan tujuan untuk mengelabui lawan adalah tidak dibenarkan dan merupakan kecurangan. Setiap permainan biasanya akan diawasi oleh wasit / pengawas yang berada di lapangan, namun kadang kecurangan masih dilakukan. Untuk itu beberapa jenis permainan menjatuhkan sangsi / pinalti yang beragam bila kedapatan ada seseorang melakukan wiping, misalnya diskualifikasi atau peraturan 3 untuk 1, 3 orang terdekat keluar untuk satu orang yang melakukan kecurangan.
7. No contact, selama permainan, tidak diperkenankan melakukan kontak fisik dengan lawan.

Peraturan permainan pointbal semacam itu juga sering diterap pada fun game outbound pangandaran yang sering dilaksanakan di pantai yang seru. Selain itu, permainan outbout tersebut di pangandaran juga bisa dilakasankan baik di pantai barat maupun di greencanyon dan citumang pangandaran yang biasanya digabungkan dengan paket wisata outbound ataupun body rafting pangandaran.

20 May 2019

Beberapa Tips Memilih Paket Wisata Untuk Liburan

Filed under: Uncategorized — Admin Pedia @ 02:07

Waktu liburan sekolah sudah dekat, tidak sedikit masyarakat yang mulai mempersiapkan agenda liburan mereka, entah itu lokal maupun internasional. Tapi ada beberapa hal yang perlu diperhatikan atau tips dalam memilih paket tour, agar liburan Sahabat nantinya menyenangkan dan tanpa hambatan.

Hal-hal di bawah yang akan kami sampaikan adalah info penting untuk Sahabat semua yang sering atau akan melakukan sebuah perjalanan seperti liburan atau traveling. Tidak sedikit yang mengabaikan hal tersebut, sehingga sering menimbulkan suatu kesulitan saat perjalanan berlangsung. Kesulitan atau kendala yang dihadapi tersebut akan semakin runyam jika Sahabat tidak bisa mengontrol diri atau bersabar. Khusus bagi Sahabat yang akan bepergian membawa anak-anak baca tips wisata bersama anak berikut!

Kesalahan dalam membeli paket tour biasanya terjadi bagi mereka yang jarang bepergian, pertama membeli atau bahkan yang sudah beberapa kalipun kadang masih saja melakukan sebuah kekeliruan dalam memilih paket tour. Sebagaian besar orang hanya mengutakam harga yang ekonomis.

Beberapa poin yang berkaitan dengan paket tour adalah sebagai berikut:

  1. Tanggal keberangkatan
  2. Biaya termasuk apa saja (include) dan Biaya yang tidak termasuk (exclude)
  3. Tip
  4. Pajak
  5. Rangkaian perjalanan atau Itinerary

Enam poin di atas merupakan hal yang selalu ada dalam sebuah paket tour, poin-poin itulah yang kurang diperhatikan oleh calon pembeli. Berikut agar lebih jelas, kami akan jabarkan keenam poin tersebut.

1. Tanggal Keberangkatan

 

Misalnya dijelaskan bahwa paket wisata pangandaran tersebut valid atau berlaku hingga 31 Maret 2017 dan hanya saat low season. Jika Sahabat akan bepergian pada bulan April, mohon untuk konformasi terlebih dahulu kepada travel agent yang menawarkan paket tersebut, ada kemungkin paket tersebut masih berlaku hingga April.

Nah, pada paket di atas ditulis bahwa “Departure Every Sunday (Malay Driver)” maksudnya adalah Paket ini bisa digunakan untuk keberangkatan Hari Minggu saja, tidak berlaku jika Sahabat memulai perjalanan atau sampai di tempat tujuan di hari lain. Maka carilah info untuk paket tour  jauh-jauh hari, agar Sahabat bisa mempersiapakan cuti kerja atau memperoleh tiket yang lumayan murah.

2. Tips dalam Memilih Paket Tour: Perhatikan Itinerary

Selanjutnya yang penting banget diperhatikan dalam memilih dan memesan sebuah paket tour  adalah Itinerary. Apakah itu Itinerary? Itinerary adalah rangkaian perjalanan atau aktivitas yang disediakan atau dilayani selama tour berlangsung. Hal yang perlu diperhatikan adalah tempat-tempat yang akan dikunjungi selama tour, ada paket yang bisa dibuat sesuai keinginkan pelanggan dan ada yang sudah baku tidak bisa disesuaikan dengan yang diinginkan oleh pelanggan. Biasanya paket yang bisa di-custom adalah paket private atau group sendiri. Namun untuk paket gabungan baik itu SIC maupun open trip rangkaian perjalanan atau destinasinya tidak bisa di-custom.

 

Seperti pada gambar di atas, paket tour tersebut adalah paket 5 Hari 4 Malam, artinya menginap di hotel/penginapan selama 4 malam. Jika pada hari ke 2, 3 atau ke 4 Sahabat tidak ingin mengikuti dan ingin melakukan perjalanan sendiri, ada beberapa paket yang memperbolehkan, namun ada juga yang tidak. Biasanya jika hal tersebut diperbolehkan, maka semua biaya yang dibutuhkan saat Sahabat pergi sendiri maka biayanya akan ditanggung sendiri.  Jika harus membayar dua kali seperti itu, mending Sahabat memilih paket private atau melakukan perjalanan solo/backpacker saja.

3. Include (Biaya Termasuk) dan Exclude (Biaya Tidak Termasuk)

 

Kemudian, pada gambar di atas dijelaskan Paket Termasuk (Include) dan Paket Belum Termasuk (Exclude). Dalam paket di atas dijelaskan bahwa:

Paket Termasuk (Include):

  1. Transportation service(SIC)
  2. 2 night stay at Arenaa Star Luxury Hotel, Kuala Lumpur
  3. 1 night stay at Sentral Hotel, Johor Bharu
  4. 1 night stay at Fragrance Selegie/Imperial Hotel, Singapore
  5. Daily Breakfast, 3 x Lunch, 4 x Dinner
  6. Admission for Wings of Time, Genting Skyway Ticket
    **if Cable Car not operation, will replace with coach transfer with no refund**
  7. Driver cum Guide (English/Indonesian/Malay Speaking)

Paket Belum Termasuk (Exclude);

  1. Tipping USD 4/ day/ tamu (Dibayarkan Di OFFICE JAKARTA)
  2. Personal Expenses (Laundry, Telephone & Minibars) and entrance fee and flight ticket and airport tax
  3. Peak season surcharge

Poin ini adalah hal yang sering kali keliru, karena banyak orang lalai memahaminya sehingga tidak jarang adu argumen antara tamu dengan agen. Tanyakan apa saja yang sudah termasuk ke dalam paket tour yang anda beli secara JELAS. Jangan sampai ada kesalah pahaman. Yang sering salah paham adalah di saat pelanggan atau tamu beranggapan bahwa paket yang mereka beli tersebut adalah FULL BOARD sayang sudah termasuk biaya tiket pesawatnya.

4. Tips

Tips Dalam Memilih Paket Tour

Seperti contoh paket tour di atas, kita melihat bahwa TIPS belum termasuk di dalamnya. Ini berarti TIPS akan anda bayar ketika anda berada di BIS selama melakukan perjalanan. Gunakan sistem kolektif agar tidak mengganggu perjalanan. Ingat perjalanan anda harus menyenangkan. heheheh…. ?

5. Pajak (TAX)

Pajak, Mungkin ini tidak akan pernah hilang selama kita berbisnis. Dari contoh di atas, pajak adalah bagian yang tidak termasuk di dalamnya. jadi tanyakan kepada Agen travel anda, berapa besarnya pajak utnuk paket tour anda. Biasanya besar pajak sekitar 10% dari harga paket dan tidak termasuk harga tiket. PASTIKAN dan tanyakan secara jelas.

Untuk keterangan lebih lanjut bisa anda lihat juga di kolom paling terakhir biasanya ada kolom keterangan. Lihat apakah sudah termasuk anak-anak, Berapa banyak barang yang dibawa, apa saja barang yang tidak boelh dibawa dan lain-lain. Intinya PASTIKAN seluruhnya sampai lengkap sehingga ketika anda melakukan perjalanan tidak terganggu oleh hal-hal yang menyangkut Adminsitratif.

15 May 2019

Contoh Itinerary paket wisata pangandaran 3 hari 2 malam

Filed under: Uncategorized — Admin Pedia @ 21:03

Itinerary / agenda selama perjalanan (paket wisata pangandaran 3 hari 2 malam grade standart)

Hari pertama

  • 20:30 – 21:30 Bertemu di meeting point yang telah ditentukan sambutan dari tour leader dan doa bersama
  • 21:30 – 07:00 perjalanan dengan bus pariwisata menuju pangandaran

Hari kedua

  • 07:00 – 08:00 Sesampainya di Pangandaran langsung sarapan dirumah makan yang telah disepakati (makan 1)
  • 08:00 – 09:00 perjalanan menuju Green canyon
  • 09:00 – 11:30 Sesampainya di Green canyon. Kegiatan wisata body rafting rafting
  • 11:30 – 12:30 Istirahat, Sholat, makan (ishoma)
  • 13:00 – 15:00 Langsung berangkat ke Batu karas. Lets explore,
  • 15:00 – 16:00 selesai dari batu karas persiapan menuju ke pantai barat pangandaran
  • 16:00 – 18:00 Menantikan sunset pantai
  • 18:30 – 19:30 Check in hotel (bersih-bersih, Shalat & Istirahat)
  • 19:30 – 22:00 Acara Bebas di hotel
  • 22:30 Istirahat tidur

Hari ketiga

  • 05:00 – 06:00 Bangun, Shalat Subuh, packing barang-barang & persiapan pulang
  • 06:00 – 07:00 Sarapan (makan 2), Check out hotel
  • 07:00 – 8:30 Berangkat ke wisata pantai batu hiu
  • 08:30 – 10:30 Enjoy di pantai batu hiu pangandaran dan penangkaran penyu
  • 10:30 – 11:00 persiapan pulang dari Pangandaran
  • 11:00 – 13:00 Perjalanan menuju ke rumah makan  & pusat belanja oleh-oleh khas pangandaran
  • 13:00 – 20:30 Perjalanan kembali ke Jakarta
  • 21:00 Tour selesai

Itulah contoh itinerary paket tour pangandaran 3 hari 2 malam

Contoh Itinerary Paket Wisata Pangandaran 2D1N

Filed under: Uncategorized — Admin Pedia @ 20:24

Itinerary menjadi hal penting pada sebuah kegiatan wisata, terutama mereka yang melaksanakan liburan bersama rombongan banyak orang. Itinerary menjadi panduan pelaksanaan agar semua kegiatan tour ke pangandaran lebih optimal, lancar dan sukses.

Berikut adalah contoh itinerary paket wisata pangandaran 2 hari 1 malam yang bisa anda jadikan rujukan dalam menyusun liburan di pangandaran

HARI 1: Green Canyon – Pantai Batu Karas – Pantai Batu Hiu – Konservasi Penyu – Check In Hotel

Waktu Kegiatan
06.00 Penjemputan di Meeting Point
06.00 – 07.00 Bersih-bersih & Persiapan
07.00 – 08.00 Breakfast
08.00 – 09.00 Perjalanan Menuju Green Canyon
09.00 – 11.00 Boat Tour dan Semi Body Rafting
11.00 – 11.30 Bersih-bersih
11.30 – 12.00 Perjalanan Menuju Pantai Batu Karas
12.00 – 13.00 Lunch
13.00 – 14.00 Santai dan Berfoto di Batu Karas
14.00 – 15.00 Perjalanan Menuju Pantai Batu Hiu
15.00 – 16.00 Santai dan Berfoto di Batu Hiu
16.00 – 16.30 Mengunjungi Konservasi Penyu
16.30 – 17.00 Perjalanan Menuju Hotel
17.00 – 19.00 Check In, Istirahat, Bersih-bersih & Ibadah
19.00 – 20.00 Dinner
20.00 – 00.00 Free Program/Acara Bebas

HARI 2: Banana Boat atau Jungle Trekking – Fun Games (Bonus) – Check Out

Waktu Kegiatan
00.00 – 06.00 Istirahat
06.00 – 07.00 Bangun Pagi dan Persiapan
07.00 – 08.00 Breakfast
08.00 – 09.00 Banana Boat atau Jungle Trekking
09.00 – 10.00 Fun Games (Bonus) atau Free Program
10.00 – 11.00 Belanja Oleh-oleh
11.00 – 12.00 Check Out Hotel
12.00 – 13.00 Lunch
13.00 Penutupan & Kembali ke Kota Asal
Older Posts »

Powered by WordPress