Review Aplikasi dan Informasi Teknologi Terkini Portal Teknologi Universitas Brawijaya

20Sep/21Off

Yuk Simak Cara Mudah Buat Suara Google Kartun dari Teks

Suara Google Kartun dari Teks

Bagi para pecinta film kartun SpongeBob SquarePants, pasti tak asing dengan karakter gurita bernama Squidward yang merupakan tetangga Spongebob dan Patrick. Nah, bagi Anda yang ingin mengubah tulisan menjadi suara karakter Squidward, kini hadir sebuah teknologi terbaru sound of text.

Aplikasi sound of text ini mampu mengubah teks menjadi suara unik untuk dijadikan nada dering. Bukan hanya itu, di aplikasi ini juga tersedia dalam berbagai pilihan bahasa dan logat yang bisa Anda pilih untuk digunakan. Yuk, simak ulasannya berikut ini.

Cara Mudah buat Sound of Text Squidward untuk Nada Dering

Ada sebuah situs bernama Vocades yang menyediakan fasilitas kepada audiens untuk mengubah teks menjadi suara yang bervariasi. Di sini Anda bisa membuat suara dari karakter Squidward sesuai teks yang ditulis. Namun, situs ini memiliki sebuah kelemahan berupa linknya hanya bisa dipakai menggunakan bahasa Inggris.

Selain Squidward, ada juga beberapa film kartun yang suara mirip Google-nya bisa dipakai. Misalnya, suara Spongebob, Mr.Krabs, Simpson, Goku Dragon Ball, dan lain-lain. Memang tidak banyak, namun bisa jadi suara yang disediakan adalah karakter favoritmu.  Berikut ini cara membuat suara google teks dari karakter Squidward yang bisa dijadikan pengisi suara Sound of Text Anda disarikan dari situs www.emzeth.com:

  1. Masuk ke situs https://vo.codes pada browser Anda
  2. Kemudian pada tampilan beranda, pada menu “Random Speaker” ubah menjadi “Cartoons and Anime” untuk memudahkan pencarian
  3. Pilih nama “Squidward” pada bagian “Info Speaker”. Di sini Anda juga bisa memilih suara lain dari karakter yang disediakan
  4. Lalu pada bagian kolom kosong, tulislah teks yang ingin Anda ubah suaranya. Kolom ini bisa diisi maksimal 500 karakter kata dan harus menggunakan bahasa Inggris
  5. Kemudian klik “Speak” dan suara kartun Squidward pun akan keluar

Nah, suara dari karakter Squidward ini bisa Anda dengarkan berulang kali, asalkan situs tersebut tidak terefresh. Untuk cara mengunduh suaranya, mungkin sebagian orang merasa kebingungan sehingga harus merekamnya secara manual. Karena memang tombol download ini letaknya sedikit tersembunyi, berikut cara mengunduh file mp3 di Vocodes.

Cara Mengunduh Sound of Text Squidward di Vocodes

  1. Setelah mengubah teks menjadi suara kartun yang diinginkan, Anda bisa mengunduhnya pada menu “Result“ yang terletak di bagian atas
  2. Di menu ini akan muncul angka-angka yang menginformasikan berapa banyak Anda membuat sound of text pada Vocades. Di sana akan tampil pula detail suara karakter yang dibuat dan teks yang ditulis.
  3. Terakhir, klik tombol “Download” untuk mulai mengunduh.
  4. Sebagai catatan, bila Anda meninggalkan situs Vocodes maka sound of text yang Anda buat akan hilang dan terefresh secara otomatis.

Tips Memakai Vocades agar Hasil Suara Kartun Terdengar Mirip

Meski Vocades mampu menyediakan suara mirip kartun sesuai teks yang ditulis, namun Vocades hanyalah sebuah situs yang dijalankan menggunakan teknologi AI. Terkadang, suara yang keluar pelafalannya aneh dan terdengar kurang natural.

Kadang juga, bila teks yang Anda masukkan sulit dibaca oleh sistem, maka intonasi dan nada bicaranya bisa berbeda dari yang Anda inginkan.  Nah, agar suaranya terdengar mirip sesuai karakter aslinya, ada beberapa tips dalam menuliskan teks di Vocades yang bisa Anda terapkan.

  1. Cobalah untuk mengeja kata-kata yang cukup sulit untuk diucapkan. Misalnya, kata “Engineer” susunan katanya bisa diubah menjadi “en juh near”, “Chassis” menjadi “shasee”, “Iron” menjadi “aye en”, dan lain sebagainya
  2. Hindari menulis kata-kata yang terlalu pendek seperti “Good”, “Hi”, “Hello”, atau “Bye” karena kata tersebut dapat berpengaruh pada kualitas audio yang dihasilkan. Namun, jangan terlalu panjang juga karena di Vocades maksimal hanya 500 karakter.
  3. Situs ini hanya tersedia untuk kalimat berbahasa Inggris, jadi pastikan kosakata yang Anda buat terdapat di kamus.

Cara Memasang Nada Dering Sound of Text dari Vocades di Whatsapp

Setelah suara berhasil diunduh, kini saatnya menggunakan suara tersebut untuk nada dering atau notifikasi di WhatsApp Mod APK dari Karinov.co.id, langkahnya yaitu:

  1. Buka aplikasi “File Manager” di androidmu dan pilih “Penyimpanan Internal
  2. Kemudian, pindahkan audio sound of text yang diunduh ke dalam folder “Ringtones
  3. Setelah itu, buka aplikasi WhatsApp dan Anda bisa mengatur nada deringnya pada menu “Nada Notifikasi

Itu tadi beberapa cara membuat suara mirip karakter kartun Squidward di Vocades. Di sana selain tersedia suara kartun dan anime, ada pula suara dari beberapa orang terkenal seperti presiden US, YouTuber, streamer, serta masih banyak lagi. Anda bisa membuat sound of text semenarik mungkin sesuai kreativitas Anda. Semoga bermanfaat!

20Sep/21Off

Cara Membuka WhatsApp yang Diblokir Teman Tanpa Aplikasi

cara buka blokir wa teman

Jika kamu sedang mencari cara membuka WhatsApp yang diblokir teman tanpa perlu bantuan aplikasi, maka kamu harus mengikuti beberapa langkah mudah yang akan diuraikan dalam artikel ini. Untuk itu, simak terus penjelasannya dibawah ini hingga tuntas.

WhatsApp merupakan aplikasi berkirim pesan secara instan yang memungkinkan pengguna saling terhubung dari jarak jauh, dilengkapi fitur-fitur unik dan menarik yang bisa digunakan setiap saat. Namun ada salah satu fitur yang cukup membuat repot seperti fitur Blokir.

Fitur blokir WhatsApp membuat pengguna tidak bisa terhubung satu sama lainnya, fitur ini sering digunakan untuk hal negatif. Namun tidak perlu khawatir, ada cara membuka WhatsApp yang diblokir teman dengan mudah tanpa harus install aplikasi pihak ketiga. Apa saja? Berikut langkah-langkah untuk membuka blokir WhatsApp.

3 Cara Membuka Blokir WhatsApp

cara buka blokir wa teman

cara buka blokir wa teman

Untuk membuka blokir WhatsApp bisa dilakukan dengan tiga cara, dimana kamu bisa mencobanya untuk kembali terhubung dengan teman kamu. Untuk lebih jelasnya, simak uraian berikut ini.

1. Hubungi Teman di Group

Ketika teman kamu memblokir nomor WhatsApp kamu, kemungkinan ada alasan tertentu. Maka hubungi teman kamu melalui grup WA, kemudian minta penjelasan terkait persoalan tersebut. Jika kamu punya salah terhadap teman kamu itu, sebaiknya meminta maaf.

Lihat juga: Cara Ubah Sound TikTok jadi Nada dering WA

Namun, jika tidak memiliki grup WA, kamu bisa mengunjungi teman kamu atau bisa menghubunginya melalui media sosial. Jangan sungkan untuk meminta penjelasan sekaligus memohon maaf apabila ada salah. Jalin kembali silaturahmi ketika semua sudah terselesaikan.

2. Ganti Nomor WhatsApp

Jika cara pertama tidak memungkinkan, bisa dengan cara mengganti nomor Whatsapp kamu. Cara ini bisa dilakukan dengan mudah melalui fitur yang disediakan oleh pihak WhatsApp, adapun langkah-langkah ganti nomor WA yaitu sebagai berikut:

  1. Pastikan sudah punya nomor telepon yang baru
  2. Buka aplikasi WhatsApp, pilih ikon tiga titik pojok kanan atas
  3. Pilih Setelan, kemudian klik Akun
  4. Pilih Ganti Nomor. Lalu, klik Lanjut
  5. Terlebih dahulu masukkan nomor lama kamu, kemudian lanjut memasukkan nomor baru yang sudah dipersiapkan, klik Lanjut
  6. Terakhir masukkan kode verifikasi yang dikirim ke nomor kamu

Itulah cara membuka WhatsApp yang diblokir teman melalui metode ganti nomor telepon, dengan cara ini bisa terhubung kembali dengan teman kamu. Adapun alternatif lainnya dengan cara ganti akun WA, seperti apa langkah-langkahnya? Simak penjelasannya dibawah ini.

3. Ganti Akun WhatsApp

Dengan mengganti akun WhatsApp berarti akun lama kamu tidak bisa digunakan kembali, namun kamu bisa membuat akun baru agar bisa membuka blokir yang dilakukan oleh teman kamu, bisa dengan nomor lama atau menggunakan nomor baru. Caranya sebagai berikut:

  1. Buka aplikasi WhatsApp, klik ikon tiga titik di pojok kanan atas
  2. Kemudian pilih Setelan, klik Akun
  3. Pilih Hapus Akun Saya, pada kolom Telepon isikan nomor hp
  4. Klik Hapus Akun Saya
  5. Terakhir buat kembali akun baru kamu dengan memasukkan nomor lama atau nomor baru

Dengan ganti akun WhatsApp memungkinkan kamu bisa kembali menghubungi teman, meskipun cara ini kurang direkomendasikan karena dengan hapus akun semua aktivitas kamu di WhatsApp sebelumnya akan hilang, pastikan sudah membuat cadangannya.

Ciri WhatsApp Diblokir Teman

Tanda atau ciri WhatsApp kamu diblokir oleh teman, diantaranya tidak bisa menghubunginya dan tidak bisa melihat aktivitas WhatsApp teman. Termasuk tidak dapat melihat foto profil serta waktu terakhir teman kamu online, bisa dipastikan WhatsApp kamu diblokir olehnya.

Tapi tenang saja, dengan mengikuti langkah-langkah yang sudah dijelaskan di atas yaitu cara membuka WhatsApp yang diblokir teman, kamu bisa kembali menjalin komunikasi dan terhubung dengan teman kamu itu. Namun pastikan sudah tidak ada permasalahan apapun.

Referensi terkait: Aplikasi Download Status WA

Cara ini juga bisa digunakan ketika kamu mendapati akun WhatsApp di blokir oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab, seperti melakukan tindak kejahatan atau penipuan, yang ujung-ujungnya nomor WhatsApp kamu diblokir oleh orang tersebut.

Demikian penjelasan tentang cara membuka blokir WhatsApp tanpa menggunakan aplikasi pihak ketiga, semoga dengan informasi yang disampaikan bisa bermanfaat dan menjadi referensi ketika mengalami masalah tersebut. Nantikan update informasi menarik lainnya.

30Aug/21Off

Text Repeater, Tren Anak Kekinian yang Paling Tidak Penting

tren text repeater kekinian di wa

Ketika sedang berselancar di GB WhatsApp Mod APK, kamu pasti pernah dong mendapati pesan yang lumayan panjang. Di mana, pesan tersebut kayak spam, meski sebenarnya nggak. Di dalamnya terdapat banyak banget kata yang sama, dilengkapi dengan simbol ataupun emoticon yang terus diulang-ulang. Ia kan? Ya, bagi pengguna WhatsApp, pesan seperti itu memang nggak asing ya. Meski terkesan kayak spam, kita tetap harus akui, bahwa pesan-pesan kayak gitu keren. Nah, buat kamu yang mau membuatnya, berikut adalah 3 aplikasi text repeater untuk WhatsApp paling populer.

Aplikasi Text Repeater

Mungkin nih, kamu berpikir, bahwa text panjang yang cantik tersebut dibuat secara manual. ya. Yaitu dengan memasukkan satu-satu, kemudian mengcopy, paste, dan lain sebagainya. Jika demikian, tentu lama banget ya. Belum lagi capeknya. Nah ternyata, untuk membuatnya kamu butuh aplikasi dong. Namanya adalah text repeater. Ya sesuai dengan namanya lah ya.

Lihat pula: Generator Teks Kecil Pangkat Super/subscript

Sebelum membahas 3 aplikasi text repeaternya, kita akan bahas pengertian text repeaternya dulu  biar gampang. Jadi, text repeater ini adalah aplikasi-aplikasi yang memungkinkan kamu buat menduplikasi kata ataupun kalimat, lalu bisa kamu bagikan kapanpun. Aplikasi ini menawarkan penggunaan. Karena kamu nggak perlu repot-repot buat copy paste yang membutuhkan waktu lama banget. Kalau kamu ingin buat sendiri textnya, berikut adalah 3 aplikasi text repeater yang bisa banget kamu coba.

Text Repeater for WA & Telegram

Aplikasi terbaik pertama yang bisa kamu pakai adalah Text Repeater WhatsApp dari Sebuahutas.com. Sama seperti cara sebelumnya. Di mana, kamu tidak perlu download aplikasinya terlebih dahulu untuk bisa menggunakannya. Aplikasi ini akan membuat tulisan kamu menjadi acak dan terlihat lebih keren. Caranya juga nggak kalah mudahnya dengan cara kedua. Karena hanya dengan sekali memasukkan text, ikuti langkah-langkah mudahnya, maka text pun jadi.

Jika aplikasi sudah didownload dan berhasil kamu install, maka ikuti cara berikut.

cara pakai text repeater keren sebuahutas

cara pakai text repeater keren sebuahutas

  1. Buka text repeater wa.
  2. Masukkan text yang sudah kamu siapkan. Atau, kamu juga bisa langsung mengetikkan textnya di kolom tersebut.
  3. Pilih pengaturan seperti penambahan titik, spasi, atau baris baru
  4. Klik tombol Repeat Text
  5. Hasilnya bisa kamu dapati di bagian bawah.
  6. Jika ingin membagikannya secara manual, kamu bisa menekan copy, lalu paste ke media sosial yang akan kamu gunakan. Jika hanya akan membagikannya via WA, maka kamu bisa langsung mengklik tombol send whatsapp, mudah saja bukan?

Textrepeater.com

Aplikasi kedua yang bisa Anda coba adalah text repeater.com. Cara membuat text dengan menggunakan aplikasi satu ini sangat mudah.

Lihat juga: Kumpulan Aplikasi Text Generator Keren di 2021

  1. Buka aplikasi pencarian.
  2. Masuk ke situsnya mereka di https://textrepeater.com
  3. Ketik ataupun paste ke kolom yang ada.
  4. Masukkan angka berapa kali pengulangan yang akan kamu buat. Kamu bisa memasukkan angkanya di kolom repetitions. Misal, jika ingin mengulanginya 50 kali, maka masukkan 50 kali ke kolom tadi.
  5. Kamu bisa menambahkan titik ataupun spasi. Untuk menambahkan akhiran titik, centang yang add period, jika ingin menambahkan akhiran spasi, centang add space, dan terakhir centang add neline jika ingin mengulangi kata ataupun kalimat di baris tertentu.
  6. Jika semuanya sudah diatur, klik tombol repeat text.
  7. Hasilnya ada di kolom output.
  8. Copy hasilnya, dan bagikan ke wa. atau, kamu juga bisa langsung mengirimkannya ke wa. Caranya adalah tekan tombol wanya yang ada di bagian bawah.

Repeated Letters

Aplikasi text repeater yang ketiga adalah repeated letters. Aplikasi satu ini akan membantu kamu untuk membuat text yang keren. Bahkan, aplikasi satu ini menawarkan penggunaan yang sangat mudah. Sebelum membuat textnya, kamu bisa mendownload aplikasinya terlebih dahulu. Downloadnya bisa langsung di Google play store ya. Jika sudah, langsung install dan ikuti cara berikut.

  1. Pilih repeated text
  2. Masukkan text ataupun tulisan yang akan kamu jadikan repeat text
  3. Sementara pada bagian kolom enter character, kamu bisa memasukan karakter yang akan dipakai. Di man, karakter ini akan menjadi bahan penyusun text atau tulisan tadi.
  4. Perhatikan di bagian bawah. Karena disana sudah ada tulisan keren yang terbentuk.
  5. Langsung tekan copy ataupun share agar bisa langsung membagikannya ke kontak wa kamu.

Lihat pula: Generator nama Korea Berdasarkan Tanggal Lahir

Jadi gimana, gampang banget kan? Nah, buat kamu yang dari dulu emang pengen banget ngebuat text kayak gitu, tapi nggak tau caranya, maka kamu bisa pakai cara satu ini deh. Karena gampang banget loh. Untuk ukuran aplikasinya juga nggak begitu gede. Sehingga masih worth it banget buat kamu coba.

Nah, itulah dia 3 aplikasi text repeater untuk WhatsApp paling populer yang mesti kamu coba. Selain ke 3 aplikasi di atas, masih banyak loh aplikasi lainnya. Tapi yang ke 3 di atas the best sih.

24Aug/21Off

Mengenal Apa Itu Rule of Thirds dalam Fotografi dan Contoh Aplikasinya

rule of thirds dalam dunia fotografi

Rule of Third adalah aturan mengenai penempatan subjek utama ke dalam frame foto. Layar kamera akan menampakkan dua garis vertikal dan 2 garis horizontal, membuat tiga kolom, tiga baris, dan 9 bagian dalam gambar.

Nantinya saat memotret subjek foto, Anda akan mengikuti garis-garis ini, tujuannya supaya foto yang kita tangkap bisa kelihatan rapi, enak dipandang, tidak miring, pokoknya pas. Selain itiu, salah satu alasan utama mematuhi aturan Rule of Thirds ini adalah untuk mencegah fotografer menempatkan subjek di tengah foto.

Lihat pula: Trik Botika text to speech di whatsapp

Rule of Thirds ini adalah cara yang digunakan fotografer untuk:

  • Menggunakan komposisi yang secara alami bisa tampak menarik di mata
  • Menggunakan ruang negatif secara kreatif
  • Dan membuat subje dan latar belakang seperti memiliki percakapan sendiri

Dan dalam penempatannya ini, ada beberapa trik tersendiri agar hasilnya menarik. Coba simak beberapa contoh penggunaan Rule of Thirds berikut:

Cara Penerapan dan Contoh Rule of Thirds di Dunia Fotografi

Menurut fotografer profesional, menempatkan subjek utama di tengah adalah hal yang tidak menarik. Untuk itu, aturan Rule of Thirds ini akan mengajari kita cara agar bisa memusatkan subjek utama atau point of interest yang hasilnya lebih menarik mata.

Coba simak beberapa cara menggunakan aturan Rule of Thirds berikut:

  1. Jika subjeknya kecil, taruh subjek tersebut di persimpangan kisi
  2. Jika subjeknya besar atau panjang, letakkan di sepanjang satu baris
  3. Jika subjek menatap ke arah tertentu, beri ruang kosong ke arah si subjek itu melihat
  4. Jika Anda mengambil foto potret dan subjeknya menatap ke arah kiri, taruh subjek itu di garis kisi sebelah kanan
  5. Jika subjek bergerak, beri ruang kosong di bagian arah mereka bergerak agar meninggalkan kesan bergerak maju. Atau beri ruang kosong di arah yang baru saja mereka tinggalkan agar menciptakan  kesan mereka akan meninggalkan kita

Berikut ini adalah beberapa contoh penerapan Rule of Thirds:

Contoh Rule of Thirds: Foto Potret

Ingat, ada 2 garis horizontal, 2 garis vertikal dan ada 9 kotak. Jika Anda ingin menangkap gambar potret, aturan Rule of Thirds yang disarankan adalah, bagian mata sejajar dengan garis horizontal atas, dan posisi mata ada di perpotongan garis horizontal atas dan garis vertikal bawah (+ +).

Contoh Rule of Thrids: Foto Lanskap

Apabila fokus Anda adalah daratan, seperti gunung atau bangunan, buatlah bagian cakrawala jatuh di sepertiga garis horizontal dan garis vertikal atas. Tapi jika fokus Anda adalah langit, contoh sunset atau sunrise, usahakan agar bagian tersebut berada di sepertiga garis horizontal dan garis vertikal bawah.

Contoh Rule of Thirds: Memfokuskan Subjek

Jika subjek foto Anda ingin memfokuskan gambar, letakkan bagian yang ingin ditajamkan di persimpangan kiri atas kisi. Bagian titik tersebut sangat menarik perhatian dibanding di letakkan di tengah. Ingat, bagian kiri atas, ada 4 kotak di situ.

Contoh Rule of Thirds: Foto Serangga

Serangga sangat sulit difoto. Sulit menemukan kompoisis yang pas, tapi Anda bisa memakai aturan ini, yaitu dengan menempatkan serangga di perpotongan garis vertikal dan horizontal bagian atas sisi kiri. Pada bagian ini (+), taruh di tengah-tengah badan serangga. Dengan begini hasilnya bisa lebih alami.

Contoh Rule of Thirds: Foto yang Bergerak

Jika Anda memotret subjek bergerak, usahakan jangan taruh di tengah. Aturan Rule of Thirds ini sendiri agar fotografer tidak menempatkan subjek di tengah foto. Karena nantinya foto bisa tidak terasa hidup. Anda bisa menaruh subjek di luar pusat, misal foto pesawat, Anda bisa menaruh subjek tersebut di sisi kiri atas dan membiarkan sisi kanan kosong, hanya tampak background.

Contoh Rule of Thirds: Foto Abstrak

Foto abstrak bisa berbentuk apa saja. Anda bisa memainkan blur dan fokus, lalu menempatkan bagian fokus dan blur sesuai dengan garis-garis vertikal-horizontal.

rule of thirds dalam dunia fotografi

rule of thirds dalam dunia fotografi

Sebenarnya contoh-contoh ini hanyalah secuil ide dari fotografer tentang pemakaian aturan ini.

Maksudnya, Rule of Thirds itu tidak terbatas. Anda bisa membuat aturan sendiri, kompoisisi yang menurut Anda cocok. Jika kehabisan ide, Anda bisa mencari ide-ide Rule of Thirds di situs-situs tertentu.

Rule of Thirds tidak seperti aturan yang mengikat, ia seperti panduan untuk membantu Anda mengatur berbagai elemen foto. Jadi dalam kondisi tertentu, sebenarmya kita boleh melanggar aturan ini.