Review Aplikasi dan Informasi Teknologi Terkini Portal Teknologi Universitas Brawijaya

21Jun/22Off

Cara Membuat Tulisan Tebal di WhatsApp tanpa Bantuan Aplikasi

Ada beberapa pesan WhatsApp yang pastinya sangatlah penting. Oleh karena itu, orang bisa memberi tanda dengan bold atau tulisan miring. Namun hal ini tidak bisa dilakukan dengan langsung, di mana ada cara tersendiri untuk dapat melakukannya.

Bukan hanya teks penting saja, namun biasanya memberi tanda bold dapat digunakan untuk tujuan tertentu lainnya. Mulai dari menandai nomor, menegaskan sesuatu, hingga memberi poin-poin dalam teks tersebut.

Cara Menebalkan Tulisan di WA dengan Mudah

Untuk membuat teks atau pesan WhatsApp menjadi bold, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan. Seperti menggunakan simbol atau kode, melalui menu pengaturan, dan lain sebagainya. Untuk lebih lengkap berikut ulasannya:

1.   Cara Menebalkan Tulisan WA dengan Simbol

Cara paling mudah untuk membuat tulisan bold di WhatsApp ialah dengan menggunakan sebuah simbol atau kode. Cara ini dapat dilakukan di semua HP Android atau iPhone, yaitu sebagai berikut:

  • Bukalah terlebih dahulu aplikasi WhatsApp yang ada di HP Anda.
  • Kemudian pilih kontak yang ingin Anda chat, baik chat langsung, membalasnya, ataupun memberi komentar pada aplikasi WhatsApp.
  • Tulislah teks atau pesan yang ingin dikirim, lalu pilih batas awal kata yang ingin di bold dan beri simbol bintang * di bagian depan.
  • Selanjutnya cari batas akhir kata yang ingin di bold, masukkan lagi simbol bintang * di belakang kata tersebut.
  • Misalnya saja Anda ingin bold kata ‘saya pergi’, maka penulisannya *saya pergi*.
  • Tekan send atau kirim dan tunggu pesan terkirim ke kontak yang dituju.
  • Otomatis pesan tersebut akan berubah menjadi bold, terutama kata yang masuk dalam simbol bintang tersebut.
  • Sedangkan bila Anda ingin mengubah tulisan menjadi miring, coret, atau monospace, maka simbol yang digunakan juga berbeda.
  • Apabila Anda ingin membuat teks WhatsApp miring, maka simbol yang digunakan ialah _. Misalnya teks yang dikirim ‘iya’, maka ditulis dengan _iya_.
  • Untuk teks dengan bentuk coret Anda bisa menambahkan simbol ~. Contohnya teks berupa ‘saya sedang makan’, maka harus ditulis ~saya sedang makan~.
  • Di sisi lain, kode atau simbol untuk teks WhatsApp monospace dapat dilakukan dengan menggunakan backtick 3 atas ```. Misalnya saya sedang pergi, maka ditulis dengan ```saya sedang pergi```.

2.   Cara Menebalkan Tulisan WA dengan Menu Lainnya

Selain menggunakan simbol atau kode bintang, Anda juga bisa membuat teks bold dengan menggunakan menu lainnya dalam WhatsApp. Caranya seperti berikut ini:

  • Masuklah dahulu ke dalam aplikasi WhatsApp yang ada di smartphone Anda.
  • Selanjutnya, pilih kontak atau nomor yang ingin Anda kirimkan pesan.
  • Di sini Anda bisa langsung mengetik pesan teks WhatsApp.
  • Bila sudah, jangan langsung dikirim ke nomor tujuan. Melainkan tekan dan tahan teks tersebut hingga terpilih.
  • Kemudian tarik atau pilih bagian teks yang ingin di bold hingga semuanya terpilih.
  • Otomatis di bagian atas teks akan muncul sebuah bar.
  • Tekanlah icon ke samping > dan cari opsi bold.
  • Tekan opsi tersebut, maka teks atau tulisan WhatsApp yang dipilih akan menjadi bold.
  • Apabila Anda ingin membuat teks WhatsApp menjadi miring, coret, atau monospace. Caranya hampir sama, yaitu dengan tekan dan tahan teks.
  • Lalu pilih menu lainnya dan tekan simbol > hingga menemukan opsi miring, coret, atau monospace.
  • Tekan pilihan tersebut sesuai dengan kebutuhan yang Anda miliki.
  • Tekan send atau kirim dan tunggu hingga pesan terkirim ke kontak penerima.
  • Otomatis teks akan berubah sesuai dengan keinginan Anda, baik teks miring, coret, ataupun monospace.

Baca juga: Cara Membuat Tulisan Miring di WA

Tagged as: Comments Off
26May/22Off

5 Fitur Kustom WhatsApp GB by Diego Allison

Buat kamu yang sering mencari info menyenai GB WA terbaru, pasti tahu Whatsapp GB Song by Diego Alisson. Lagu yang dibuat menyerupai apk mod yang salah satunya dibuat tim Sebuahutas.com ini mulai populer digunakan karena keterbatasan fitur dari aplikasi WhatsApp official.

Berikut dibawah ini, tim Blog Universitas Brawijaya (Blog UB) merangkum beberapa fitur utama dari GB WA versi terbaru tahun 2022 yang bisa kamu unduh gratis lewat beberapa situs termasuk GB WA by SebuahUtas.

gbwa diego allison

gbwa diego allison

1. Beragam Tema Keren

Salah satu fitur yang disediakan GB WhatsApp adalah adanya fitur tema yang keren dan menarik yang bisa kamu gunakan secara gratis. Di sini juga kamu bisa buat tema sendiri sesuai keinginan. Jadi, akan membuat kamu tak pernah merasa bosan menggunakan whatsapp mod yang satu ini.

2. Bisa Pakai 2 Akun Di 1 Aplikasi

Kecanggihan lainnya dari GB WhatsApp yakni adanya fitur dual akun. Lewat fitur ini kamu bisa memiliki dua akun dalam satu aplikasi. Jadi, bila kamu ingin memiliki dua akun sekaligus, GB WhatsApp ini pilihan yang tepat untuk kamu. 

Fitur ini sangat membantu bagi kamu yang punya bisnis. Karena  kamu jadi bisa buat akun bisnis sekaligus pribadi dalam satu aplikasi. 

3. Hilangkan Centang Dua Biru

Centang dua biru dalam fitur chat fungsinya untuk menandakan atau memberitahukan pengirim pesan bahwa pesan telah dibaca penerima. Namun sebagian orang merasa tidak nyaman dengan adanya centang biru ini. 

Buat kamu yang tak ingin diketahui saat pesan sudah dibaca, maka GB WhatsApp menyediakan fitur untuk hilangkan centang biru. Jadi walaupun pesan sudah dibaca, centang hitam tidak akan berubah jadi biru. Sehingga pengirim akan berpikir bahwa pesannya belum dibaca. 

4. Bisa Kirim Foto dalam Jumlah Banyak Sekaligus

Fitur menarik lainnya yang bisa kamu manfaatkan di GB WhatsApp ini yakni fitur yang memungknkan kamu bisa kirim foto dalam jumlah banyak. Lewat aplikasi ini kamu bebas kirim foto berapapun jumlahnya tanpa ada batasannya.  Sementara itu, berbeda dengan WhatsApp original yang cukup bisa kirim foto maksimal 10.

5. Bisa Kirim File Ukuran Besar

Tentunya kamu tahu kalau WhatsApp original tak bisa kirim file dengan ukuran besar. Namun, kamu bisa melakukannya di GB WhatsApp yang menyediakan fitur untuk kirim file ukuran besar.

6. Kunci Aplikasi

Selama ini aplikasi whatsapp dikenal sebagai aplikasi pesan pribadi. Tapi tetap saja kita butuh aplikasi pihak ketiga yang bisa membantu mengamankan pesan pribadi di WhatsApp. Karena dikhawatirkan Hp kita dipinjam teman dan mengetahui privasi kita. 

Untuk itu, GB WhatsApp hadir dengan salah satu fitur menariknya yakni untuk kunci aplikasi. Sehingga  chat kita akan aman dengan kunci password yang rumit. Tka akan ada yang bisa membukanya meskipun Hp kita dipinjam teman.

7. Banyak Pilihan Font Menarik

Font merupakan salah satu bagian sangat penting saat kita menulis pesan. Dengan font yang beragam dan unik tentunya pesan kita jadi tak itu-itu saja. kita bisa kirim pesan  aplikasi chatting, karena dengan font bervariasi kita akan bisa kirim pesan dengan unik. 

Namun pada aplikasi chatting whatsapp font yang tersedia hanya itu-itu saja.  GB WhatsApp menawarkan banyak font menarik yang bisa dipilih secara gratis. 

8. Bisa Download Status Teman

Tertarik dengan gambar atau video yang diupload teman di story WA?  Kamu bisa memanfaatkan salah satu fitur di GB WhatsApp untuk mendownload status teman. Fitur ini tidak akan kamu jumpai di WA original. Inilah kelebihan lainnya dari GB WhatsApp.

9. Bisa Balas pesan Otomatis

Fitur yang menarik lainnya yang ada di GB WhatsApp ialah fitur balas pesan secara otomatis. Jadi, biarpun kamu sedang sibuk dan tak sempat balas pesan masuk, tapi kamu bisa setting fitur ini, sehingga secara otomatis bisa balas pesan masuk dengan sendirinya.

Fitur-fitur yang tersedia di GB WhatsApp dari Diego Allison diatas bisa kamu nikmati secara gratis. Untuk mendownloadnya kamu bisa pakai link di bawah ini.

23May/22Off

Nada Dering WA Pendek yang Viral di TikTok

nada dering wa yang viral di tiktok

Belakangan ini banyak orang mencari sound TikTok untuk dijadikan sebagai notifikasi pada nada dering WhatsApp, salah satunya adalah notif WA Chagiya Muncha Washo atau lebih dikenal dengan nama “Chagiya” yang mana ringtone ini banyak sekali dicari oleh para KPOPers. Di bawah ini nada dering WA pendek yang viral di TikTok.

Nada Dering WA Pendek Yang Viral di TikTok

Sound of Text WA adalah suara unik dan berbeda yang digunakan untuk nada dering atau notifikasi WA. Misalnya kamu juga bisa menggunakan suara anak kecil atau wanita sebagai notifikasi yang sedang viral dan banyak digunakan salah satunya yaitu Chagiya Muncha Washo. 

Kata-kata tersebut pertama kali muncul di TikTok yang diambil dari salah satu drama Korea yang berarti “Sayang, ada pesan masuk”. Hingga kini, tren tersebut masih populer dan banyak dicari khalayak. Bahkan, banyak orang yang menggunakan kata-kata lain yang unik untuk digunakan sebagai nada dering WhatsApp.

Bagi kamu yang juga ingin menggunakan suara-suara lucu ataupun menggemaskan dapat kamu temukan di sini. Pada awalnya, suara-suara lucu seperti Chagiya Muncha Washo ini viral di aplikasi TikTok kemudian banyak dari penggunanya berinisiatif untuk menjadikan lagu pendek ini sebagai notifikasi di WhatsApp.

Kemudian hal ini perlahan-lahan menjadi trend yang ingin diikuti semua orang. Selain sebagai notifikasi WhatsApp, kamu juga bisa menggunakan nada dering ini sebagai alarm atau nada dering telepon. Hal ini tentunya akan memberikan kesan unik pada handphone-mu. Sedangkan kata ‘Chagiya’ sendiri berarti kata-kata ataupun panggilan sayang dalam bahasa Korea.

Seperti kita ketahui bersama bahwa dunia per-K-POP-an sudah merambat luas di sudut seluruh negeri ini. Segala sesuatu yang berkaitan dengan Korea akan menjadi viral setelah masuk ke sosial media.

Begitu juga dengan McD edisi BTS, atau produk-produk skincare dengan Brand Ambassador artis Korea. Begitu juga dengan sound Chagiya Muncha Washo, suara imut yang jadi incaran banyak orang ini habis diburu untuk dijadikan nada dering.

Cara Ganti Nada Dering WA yang Viral Di TikTok

Cara ganti nada dering WA dengan suara Chagia

Di bawah ini adalah link sound TikTok viral ke nada dering wa yang dapat langsung kamu unduh secara gratis dan tanpa memerlukan aplikasi tambahan lainnya:

Setelah kamu selesai mendownload nada dering tersebut, kini waktunya kamu untuk menggunakan sound Chagiya menjadi nada dering WhatsApp-mu. Berikut caranya:

  1. Langkah 1:, yaitu buka aplikasi WhatsApp pada handphone-mu
  2. Langkah 2:Pilih menu setting yang terdapat pada ikon dengan tiga titik di pojok sebelah kanan aplikasi
  3. Langkah 3:Kemudian klik 'Notifikasi' pada tampilan yang tersedia
  4. Langkah 4: Lalu pilih 'Nada Notifikasi' dengan menggunakan sound Chagiya yang telah kamu download sebelumnya
  5. Langkah 5: Dengan begitu, nada deringmu kini sudah terganti menjadi suara lucu dari sound TikTok berjudul Chagiya Muncha Washo

Selain itu kamu juga bisa membuat sound of text WA sendiri dengan sangat mudah tanpa perlu mengunduh aplikasi apapun karena bisa dibuat melalui browser. Misalnya, pada situs voicemaker.in, kamu cukup memasukkan kata-kata yang ingin kamu buat untuk notifikasi dering di HP-mu. Kamu juga bisa memilih ingin filter suara yang seperti apa.

Kamu bisa membuatnya dengan suara asli dengan filter neutral TTS atau kamu juga bisa memilih standar TTS jika ingin diubah menjadi suara seperti robot. Atau jika kamu ingin yang lebih mudah lagi, kamu cukup mengunduh link di atas dan nada dering WA pendek yang viral di TikTok tersebut bisa kamu gunakan di HP-mu.

Referensi:

8May/22Off

3 Fitur WP Aero Terbaru 2022 yang tidak ada di WA Standar

tampilan keren wa aero terbaru 2022

Aero WhatsApp atau WP Aero adalah salah satu aplikasi WhatsApp Mod yang memiliki banyak pengguna nomor dua setelah GB WhatsApp. Hingga saat ini aplikasi ini telah memiliki pengguna hingga 10 juta. 

Sama seperti WhatsApp Mod lainnya, aplikasi ini juga memiliki fitur-fitur menarik dan kekinian yang sesuai dengan kebutuhan pengguna WhatsApp. Lebih jelasnya, berikut ulasan lengkap mengenai Aero WhatsApp (WP Aero terbaru).

Fitur yang Ada di Aero WhatsApp

Berikut berbagai fitur yang ada di aplikasi  Aero WhatsApp

1. Tampilan

Fitur tampilan adalah salah satu yang paling penting dalam sebuah aplikasi. Bila tampilan tersebut menarik dan mudah digunakan tentunya akan memberikan kenyamanan bagi penggunanya. Dalam Aero WhatsApp terdapat beberapa fitur tampilan yang menarik, keren dan modern seperti:

tampilan keren wa aero terbaru 2022

tampilan keren wa aero terbaru 2022

  • Kamu bebas memilih beragam tema sesuai keinginanmu. Ada banyak tema yang unik dan menarik yang ditawarkan aplikasi ini.
  • Ukuran dan bentuk font yang beragam yang bisa kamu pilih sesuai keinginan.
  • Perubahan yang bisa kamu lakukan kapan saja untuk bagian kolom dan bottom chat, yang pastinya akan membuat kamu lebih nyaman saat melihatnya.
  • Fitur untuk sembunyikan terakhir dilihat pada profil kamu. Jadi teman kamu tak akan tahu kapan kamu terakhir online.
  • Beragam stiker dan emoji yang keren dan menarik yang bisa kamu edit sendiri, membuat tampilan makin estetik.
  • Kamu bisa upload video ke upload story dengan durasi 3 menit. Sehingga video yang ditayangkan di story pun tidak terpotong-potong. 
  • Kualitas gambar yang ditampilkan sama seperti gambar aslinya dengan kualitas tinggi. Tak seperti WhatsApp original yang biasanya menampilkan gambar yang dikirimkan dengan kualitas yang tak sesuai dengan gambar aslinya.  
  • Dapat kirim foto sekali klik 30 gambar, dengan kualitas yang sama baiknya. dan kirim file video hingga 700 MB.

Fitur-fitur tersebut disediakan untuk memberikan kenyamanan dan keleluasaan penggunanya. Disamping itu, bagi pebisnis dapat lebih optimal dalam bisnisnya. Karena dapat kirim file, gambar atau pun video dalam jumlah yang banyak tanpa mengurangi kualitas dari gambar atau video aslinya. 

2. Keamanan

fitur widget dan anti sadap whatsapp aero terbaru

fitur widget dan anti sadap whatsapp aero terbaru

Aero WhatsApp menyediakan fitur keamanan yang cukup efektif. Mulai dari kunci aplikasi dengan menggunakan kata sandi, pola atau PIN. Semua kunci tersebut bisa kamu pilih untuk menjaga keamanan chat kamu di aplikasi ini.  

Selain itu, ada juga fitur lainnya yang juga mendukung keamanan aplikasi ini, yakni fitur penjagaan. Fitur ini berguna bila kamu lupa dengan kunci  pola atau kata sandi. Maka fitur ini akan memberitahukan password yang kamu pakai, untuk membantu kamu membuka aplikasi ini.

3. Privasi

Terdapat beberapa fitur privasi yang ada dalam aplikasi Aero WhatsApp ini. Fitur-fitur tersebut seperti:

  • Fitur untuk sembunyikan status kamu saat sedang online. Dengan tetap terlihat offline, padahal kamu sudah buka aplikasi WhatsApp.  
  • Fitur untuk sembunyikan penerusan pesan yang dilakukan, sehingga penerima pesan terusan tidak akan tahu bahwa pesan yang diterima berasal dari pesan yang diteruskan. 
  • Fitur untuk menentukan siapa saja yang dapat menelpon kamu di WhatsApp, sehingga tidak semua orang bisa menelpon kamu.
  • Fitur untuk sembunyikan tampilan view story. Jadi kamu tak akan ketahuan saat melihat story  teman.
  • Fitur untuk sembunyikan laporan terkirim dan centang dua pada WhatsApp penerima pesan,  sehingga penerima tidak akan bisa melihat status pesan kamu.
  • Kamu bisa mengetahui teman yang sedang online bahkan tanpa membuka kontak tersebut.
  • Bisa sembunyikan fitur recording, mic, kamera, dan sebagainya. Sehingga membuat tampilannya sederhana dan bisa diatur sesuai keinginanmu
  • Sembunyikan status sedang mengetik pesan, sehingga kamu tak akan terlihat oleh seseorang yang sedang chatting dengan kamu saat sedang mengetik pesan.

Sumber referensi:

22Apr/22Off

Cara Download Nada Dering WA Lucu dari Google

cara download dan pasang nada dering gratis

Dengan memasang nada dering lucu membuat kesan menarik dan beda dari yang lain, ketika ada pesan atau panggilan masuk maka suara notifikasi bisa membuat pendengarnya tertawa. Yuk, coba ganti nada dering smartphone kamu sekarang!

Untuk mengganti nada dering unik dan lucu memang tidak membutuhkan cara khusus, yang diperlukan hanyalah cara mencarinya melalui situs yang tepat, agar bisa didownload dan dipasang di smartphone dengan aman.

Adapun cara download nada dering WhatsApp lucu dan unik bisa dengan menggunakan audio MP3 dari video YouTube, ada banyak pilihan lagu dan musik yang bisa diunduh untuk dijadikan sebagai nada notifikasi WA. 

Bagi yang ingin mengganti nada dering lucu untuk notifikasi WA, terlebih dahulu harus download file MP3 dari video YouTube dengan menggunakan situs konverter. Bagaimana caranya?

Cara Download File MP3 dari YouTube

Ada banyak pilihan lagu atau audio di YouTube yang bisa kamu gunakan untuk nada dering WA, tentunya bisa di download secara gratis dengan bantuan alat konverter untuk mengubah file video menjadi audio MP3. 

Berikut cara mencari nada dering melalui YouTube, kemudian menyalin link tautan video untuk proses download.

  1. Terlebih dahulu buka aplikasi YouTube
  2. Temukan nada dering melalui kolom pencarian
  3. Kemudian buka video, lalu klik tombol Bagikan
  4. Setelah itu, klik pilihan Salin Link
  5. Selesai

Langkah selanjutnya mengubah video YouTube ke MP3 untuk di download, kemudian dijadikan sebagai nada dering.

  1. Kunjungi situs MP3 Juice
  2. Masukan url link video YouTube yang sudah disalin
  3. Tunggu beberapa saat proses konversi selesai
  4. Klik Download MP3, untuk mengunduh file audio
  5. File audio bisa digunakan untuk nada dering WA

Setelah itu, kamu bisa menambahkan nada dering yang sudah di unduh agar bisa digunakan untuk nada dering WA, dengan menyimpannya di folder khusus agar mudah diakses. Simak caranya dibawah ini!

Cara Menambah Nada Dering WhatsApp

Setelah mengetahui cara download nada dering lucu dan unik menggunakan audio dari YouTube, kemudian menyimpannya di folder khusus agar mudah diakses ketika ingin mengganti nada dering WhatsApp. Adapun caranya sebagai berikut:

  1. Buka aplikasi File Manager di hp
  2. Pilih Penyimpanan Internal atau Internal Storage
  3. Kemudian buat folder Ringtones
  4. Cari file audio yang diunduh sebelumnya
  5. Pindahkan file audio ke folder Ringtones
  6. Selesai

Setelah file audio MP3 tersimpan di folder Ringtones, langkah selanjutnya memasang atau mengganti nada dering WhatsApp dari situs Sebuahutas.com agar ketika ada notifikasi masuk terdengar lebih menarik.

Cara Mengganti Nada Dering WhatsApp

Jika kamu merasa bosan dengan nada notifikasi WhatsApp, maka ganti menggunakan nada dering unik dan lucu yang bisa diunduh secara gratis. Adapun cara mengganti nada dering WA adalah sebagai berikut:

  1. Pertama buka terlebih dahulu aplikasi WhatsApp
  2. Lalu klik icon tiga titik di bagian pojok kanan atas
  3. Pilih menu Setelan, lalu klik opsi Notifikasi
  4. Pilih nada yang ingin diubah, pesan, grup atau panggilan
  5. Selanjutnya klik pada pilihan nada notifikasi
  6. Pilih File manager, lalu klik folder Ringtones
  7. Pilih nada dering yang di download sebelumnya
  8. Selesai
pengaturan nada dering wa

pengaturan nada dering wa

Itulah cara mudah mengganti nada notifikasi Whatsapp dengan file audio MP3 yang diperoleh dari YouTube, dengan bantuan situs konverter sehingga bisa mengubah video menjadi file MP3, kamu bisa jadikan sebagai nada dering WA. 

Demikian tutorial cara download nada dering lucu dan unik dnegab menggunakan nada dari video Youtube, agar bisa dipasang sebagai nada dering, maka perlu diubah menjadi format MP3. Semoga tutorialnya bermanfaat.

Referensi:

15Apr/22Off

Aplikasi iSpeech untuk Ubah Teks jadi Suara di iOS

aplikasi text to speech di iOS

Pastinya kamu tahu bukan sedang ramai diperbincangkan teknologi text to speech? Text to speech merupakan sebuah aplikasi yang dapat mengubah sebuah teks menjadi suara. Akan tetapi yang perlu kamu tahu bahwa teknologi ini sebenarnya sudah ada 70 tahun silam. Ramai diperbincangkan karena maraknya pengguna video konten Youtube yang menggunakan teknologi ini untuk mengembangkan atau membuat konten video.

Secara sederhananya yang dapat disimpulkan bahwa teknologi text to speech ini merupakan sebuah sistem atau teknologi yang mengubah teks menjadi suara secara otomatis. Sekarang adanya banyak aplikasi yang mengembangkan teknologi ini. Jadi, kamu tidak perlu khawatir atau merasa cemas ketika menggunakannya karena kamu bisa memilih antara yang gratis hingga bayar pada penggunaannya.

Teknologi ini juga digunakan di beberapa negara terkenal untuk melengkapi aktivitas sehari – harinya, selain itu juga dikembangkan untuk memenuhi dunia bisnis hingga pendidikan. Salah satu aplikasi dengan teknologi tersebut yaitu iSpeech.

Apa Itu iSpeech?

ispeech

ispeech

iSpeech merupakan sebuah aplikasi yang hebat dengan penawaran menerjemahkan teks diketik menjadi suara atau bisa juga dikatakan teknologi yang dapat mengubah teks menjadi sebuah suara dengan pilihan bahasa beragam yang bisa kamu pilih. Selain itu, pada aplikasi ini juga kamu dapat membagikan terjemahan favorit kepada teman – teman kamu melalui media sosial Facebook.

Cara Pakai Aplikasi iSpeech

Buat kamu yang bingung bagaimana cara pakai aplikasi ini. Tenang saja, caranya pun cukup mudah kamu harus memastikan terlebih dahulu apakah perangkat kamu sudah mempunyai aplikasi ini. Aplikasi iSpeech hanya bisa digunakan pada pengguna perangkat iOS dan Android. Jadi, jika belum punya kamu bisa mendownload dan menginstall pada masing – masing perangkat.

Setelah itu kamu bisa langsung menggunakan aplikasi tersebut, salin dan tempelkan sebuah teks kemudian ubah menjadi bentuk suara. Kamu juga bisa mengganti bahasa terlebih dahulu sesuai dengan yang kamu inginkan dan disesuaikan dengan bahasa pada teks tersebut.

Aplikasi ini dapat kamu pakai dimana saja dan kapan saja selama aplikasi tersebut sudah terpasang pada perangkat. Ya! Perangkat yang bisa digunakan untuk aplikasi ini yaitu perangkat pada iOS dan Android.

Keunggulan Aplikasi iSpeech

Tidak dapat dipungkiri lagi bahwa ada banyak pihak atau developer yang mengembangkan teknologi text to speech seperti ini. Sehingga, para developer tersebut harus menghadirkan keunggulan yang menarik agar banyak yang menggunakan aplikasi iSpeech ini. Berikut beberapa keunggulan dari aplikasi iSpeech yang dapat kamu rasakan.

  1. Ada banyak pilihan bahasa dengan suara terbaiknya, bahasa yang dapat kamu pilih sekitar lebih dari 26 bahasa.
  2. Aplikasi ini juga dapat mengubah teks menjadi suara untuk beberapa dokumen seperti email, artikel berita favorit, dan dokumen lainnya.
  3. Adanya bantuan suara yang akan dibacakan secara keras dalam suara iSpeech Bush dan iSpeech Obamanya.
  4. Aplikasi ini juga memberikan adanya sebuah dukungan dengan beberapa item menarik di dalamnya, untuk terhubung kamu harus mengaktifkannya terlebih dahulu dengan cara mengunjungi situs website iSpeech itu sendiri.

Fitur – Fitur Utama Aplikasi iSpeech

aplikasi text to speech di iOS

aplikasi text to speech di iOS

Jika sudah berbicara mengenai keunggulan, tidak afdol rasanya jika tidak mengetahui apa saja fitur- fitur utama dari aplikasi iSpeech ini. Berikut beberapa fitur – fitur utama dari aplikasi iSpeech.

  1. Fitur Text to Speech

Jelas sudah, namanya juga teknologi text to speech secara otomatis pastinya akan memberikan fitur utama ini juga. Dimana dengan ini dapat mengubah teks menjadi suara.

  1. Fitur Pilihan Bahasa

Disini kamu juga akan menemukan banyak pilihan cara membuat suara mirip Google yang bisa kamu sesuaikan. Kurang lebih terdapat 26 bahasa.

Aplikasi iSpeech dapat digunakan pada dua perangkat yaitu iOS dan Android. Dimana jika kamu pengguna Android dapat menggunakan secara gratis untuk fitur tertentunya, jika ingin meningkatkan harus melakukan pembelian. Sedangkan untuk iOS digunakan jika kamu sudah melakukan pembelian.

Sumber referensi lainnya:

9Apr/22Off

10 Fitur Terbaru YouTube Studio Agar Konten Semakin Cuan

Menu video di YouTube Studio juga tidak kalah penting untuk dipelajari saat ingin sukses menjadi Youtuber dan mendapatkan banyak adsense. Simak apa saja bagian yang harus diketahui dari menu Videos di bawah ini.

cara pakai youtube studio untuk cari cuan adsense

#1 Kategori Konten

Pada bagian ini akan berisi kategori konten yang anda unggah ke YouTube diantaranya :

  1. Uploads: Konten video yang anda upload
  2. Live: Video live streaming yang disimpan
  3. Stories: konten StoryYouTube yang belum expired

#2 Kotak Pencarian

Bagian ini bisa anda gunakan untuk mencari video yang sudah diunggah ke channel YouTube, untuk mengoptimasi video YouTube di kolom pencarian atau search engine, kamu butuh optimasi yang dinamakan SEO YouTube. Selain itu ada juga fitur Filter Video, bagian ini berguna untuk menyaring video anda berdasarkan kategori yang sudah tersedia. Filternya sendiri terdiri dari :

  • Copyright Claims: filter yang akan menyaring video berdasarkan status hak cipta. Ini berguna untuk mencari unggahan mana saja yang bermasalah dengan UU hak Cipta.
  • Description : untuk menyaring video berdasarkan deskripsinya.
  • Monetization : filter ini berguna untuk menyaring video berdasarkan status monetisasinya. Pilihan yang ada dalam bagian ini adalah Monetized, Not Monetized dan Limited.
  • Title : berguna untuk menyaring unggahan berdasarkan judul.
  • Views : bagian ini akan menyaring unggahan berdasarkan jumlah viewers.
  • Visibility : Filter ini menyaring unggahan berdasarkan status penayangan video.
  • Detail Video

Bagian ini berisi keterangan dari video yang anda unggah, misalnya judul dan deskripsi video, status penayangan video, status monetisasi, apakah unggahan terkena masalah UU Hak Cipta atau tidak, tanggal publikasi vodeo, jumlah viewers dan komentar serta jumlah penonton yang suka dan tidak suka dengan unggahan anda.

Lihat juga: Kalkulator YouTube Studio untuk hitung Penghasilan AdSense

#3 Menu Playlist

cara pakai youtube studio untuk cari cuan adsense

Ini juga merupakan bagian yang penting untuk dipelajari. Jika dapat menggunakan menu Playlist ini dengan benar, dapat memperbesar kemungkinan video yang anda unggah ditemukan pada hasil pencarian YouTube. Menu ini terbagi dalam tiga bagian penting yaitu :

  • Buat Playlist : bagian ini untuk membuat playlist yang baru.
  • Edit Playlist : bagian ini untuk menambahkan video ke playlist. Disini juga berguna untuk mengganti nama dan deskripsi playlist.
  • Kembali ke YouTube Studio : ini berguna untuk kembali ke halaman administrasi channel YouTube anda.

#4 Menu Analytics

cara pakai youtube studio untuk cari cuan adsense

Pada menu ini para Youtuber pemula akan belajar mengenai informasi mengenai data dari konten yang diunggah ke YouTube. Dari data yang tertera disini anda dapat melihat berapa banyak penghasilan dari YouTube di setiap video dan video apa saja yang disukai di channel anda.

#5 Menu Comments

Semua komnetar yang masuk ke channel YouTube akan berada di bagian ini. Anda bisa menyaring semua komentar dengan filter khusus. Contohnya menyaring komentar apa saja yang belum sempat dibalas. Bagian ini penting untuk menjalin relasi dan komunikasi dengan para viewers dan subscribers.

#6 Menu Subtitles

Bagian ini berisi informasi mengenai caption video atau subtitle yang ada pada video unggahan anda. Bagian ini juga bisa disetting agar orang lain dapat membuat caption atau subtitle di video anda maka pilihan untuk menerapak moderasi subtitle ada di bagian ini.

#7 Cara Pakai YouTube Studio Untuk Cari Cuan Adsense Memakai Menu Setting

Cara pakai Youtube Studio untuk cari cuan adsense berikutnya adalah dengan mempelajari menu Setting. Dengan menguasai menu ini anda akan mendapatkan banyak viewers yang akan meningkatkan adsense. Menu ini harus dikuasai bahykan sebelum anda mengunggah video pertama di YouTube.

Pada menu ini anda dapat melaporkan orang-orang yang mengunggah ulang video anda tanpa izin. Para pengunggah ulang ini disebut re-uploader. Dengan demikian video yang anda unggah akan terlindungi.

#9 Cara Pakai YouTube Studio Untuk Cari Cuan Adsense Memakai Menu Monetization

Untuk mendapatkan cuan dari adsense di YouTube, anda harus memperhatikan bagian ini. Bagian ini memang akan sering dikunjungi oleh para pemula yang channelnya belum di monetisasi. Pada menu ini anda akan mengetahui apakah channel yang anda miliki sudah memenuhi syarat monetisasi atau belum.

Sebagai informasi bahwa syarat sebuah chanel untuk dimonetisasi adalah 1000 subscriber dan memiliki 4000 jam tayang selama 365 hari terakhir. Karena itu, rajinlah memeriksa di bagian ini apakah channel anda sudah memenuhi syarat atau belum.

#10 Menu Audio Library dan Menu Create

Jika anda membuka menu ini Audio Library maka anda akan terhubung dengan halaman berisi aneka music gratis yang dapat digunakan di video unggahan anda. Sementara jika mengklik menu Create, maka anda akan masuk ke halaman berisi bagian saat ingin mengunggah video, memulai live streaming atau membuat postingan di halaman Community di channel YouTube anda.

Demikian ulasan kali ini mengenai cara pakai YouTube Studio untuk cari cuan adsense. Dengan menguasai halaman adiminsitrasi manajemen channel YouTube ini, maka para Youtuber akan menguasai banyak hal termasuk mendapatkan viewers untuk mendongkrak adsense yang berarti pendapatan dari YouTube meningkat.

Sumber referensi:

Tagged as: Comments Off
29Mar/22Off

Mengenal Kalkulator Penghasilan Youtube Paling Akurat

kalkulator pebghasilan youtube

YouTube saat ini merupakan salah satu platform yang kini begitu ramai diperbincangkan. Hal ini memang tidak mengherankan mengingat dengan YouTube, maka seseorang sudah bisa memperoleh uang AdSense dalam jumlah besar. 

Lalu bagaimana cara untuk menghitung pendapatannya? Berikut kalkulator penghasilan Youtube paling akurat.

kalkulator pebghasilan youtube

kalkulator pebghasilan youtube

  1. Seorang YouTuber itu biasanya baru bisa mendaftar AdSense jika misalnya sudah mempunyai 1.000 subscriber. Hal ini disebabkan karrena perhitungan Cost Per Mille atau Biaya Per 1.000. Di Amerika Serikat bisa mendapatkan Rp29.462 per 1000 view, sementara di Indonesia hanya 0,5 USD atau Rp7.365.
  2. Selain CPM, kalkulator penghasilan Youtube paling akurat lainnya yaitu Cost Per Click atau Biaya Per Klik yaitu uang yang didapat seorang YouTuber per klik iklan di videonya. Di Indonesia adalah Rp5.000 per klik. Sering sekali setiap 1000 view hanya ada 3 klik iklan sehingga Click-Through Rate yang didapat itu hanya 0,3 persen.
  3. Dari penjabaran di atas maka bisa mengetahui pendapatan YouTuber 1000 subscriber berapa rupiah itu dengan menggunakan rumus Revenue Per Impression (RPM). Rumus ini nantinya untuk menghitung uang yang akan diperoleh dari setiap 1.000 penayangan iklan pada seluruh video di channel YouTube.
  4. RPM yang akan didapat di Indonesia adalah Rp7.000, sementara di AS bisa Rp14.731. Meskipun demikian, RPM ini tergantung pada jenis dan harga iklan yang tayang, negara asal YouTuber, kategori video, kualitas traffic, adblock, maupun itu jumlah klik pada iklan.
  5. Kemudian rumus RPM = (penghasilan tertaksir/jumlah tampilan halaman) nantinya akan x 1000
  6. Sebagai contoh jika kamu mendapatkan penghasilan 0,15 USD dari 25 view, maka penghasilan yang didapat yaitu (0,15/25) x 1000 = 6 USD atau Rp88.387. Angka ini pun nantinya bisa disesuaikan dengan data statistik di akun YouTube milikmu.

Lalu berapa gaji youtuber 1000 subscriber ke atas? Yaitu antara Rp700.000 sampai Rp10.000.000 per bulan. Apakah 10 juta besar untuk YouTuber dengan 1000 subscriber? Faktanya Youtuber itu hanya memperoleh Rp2.800.000 bila dilihat secara real berdasarkan YouTube Analytics.

Mengapa? Hal ini terjadi karena Indonesia mempunyai Effective Cost Per Mille atau eCPM yang lebih rendah dibanding negara lain. YouTuber AS bisa memperoleh minimal Rp14.000 per 1.000 view, sementara YouTuber Indonesia hanya sekitar Rp7.000 per 1.000 view, atau setengah dari yang didapatkan YouTuber AS.

Apabila misalnya channel kamu masih mempunyai 1000 subscriber ke bawah maka tentulah tidak akan memperoleh penghasilan karena belum bisa mendaftar YouTube AdSense. Jadi kini kamu sudah mengerti bukan, 1000 view youtube akan mendapat berapa dollar? Inilah kalkulator penghasilan Youtube paling akurat yang bisa jadi referensi perhitungan untuk kamu. 

Sumber referensi: Download Video YouTube

Tagged as: Comments Off
19Mar/22Off

5 Cara Menghilangkan Iklan di Youtube

YouTube premium bebas iklan

Sedang seru menonton video di Youtube, tetapi sering terganggu karena selalu muncul iklan? Pasti tidak sedikit dari Anda yang juga pernah merasakannya. Iklan memang menjadi cara bagi Youtube untuk bisa mendapatkan pendapatan dari video yang diunggah. 

Akan tetapi, kejadian terpotong karena iklan, tentu saja akan sangat mengesalkan dan Anda pastilah merasa terganggu saat menonton video di Youtube bukan? Lalu adakah cara menghilangkan iklan di Youtube?

5 Cara Menghilangkan Iklan di Youtube

Munculnya iklan di video YouTube khususnya iklan di tengah video pastinya banyak membuat orang merasa terganggu. Untuk menghilangkan iklan di YouTube, maka orang biasanya memilih untuk berlangganan premium atau pun harus menggunakan aplikasi pihak ketiga. Nyatanya ada cara menghilangkan iklan tanpa aplikasi maupun tanpa harus mengeluarkan uang untuk berlangganan premium.

YouTube premium bebas iklan

YouTube premium bebas iklan

Cara menghilangkan iklan di Youtube yang tersedia bisa dipilih sesuai kebutuhan masing-masing. 

1. Menggunakan Tambahan Titik atau Dot

  • Pertama silakan masuk pada aplikasi Youtube dengan menggunakan perangkat Anda.
  • Perhatikan browser Anda., lalu kemudian tambahkan titik atau Dot pada URL setelah .com.
  • Setelah Anda tambahkan maka nanti semua iklan dalam Youtube akan hilang.
  • Sampai di sini, Anda pun bisa menonton berbagai video di aplikasi Youtube sesuka hati.
  • Selesai.

2. Menggunakan Situs ViewPure

  • Pertama silakan buka ponsel Anda dan masuk pada browser yang ada di perangkat Anda.
  • Lalu kemudiann kunjungi situs ViewPure.com lalu cobalah untuk copy URL pada video yang ingin diputar.
  • Berikutnya, salin pada kolom yang tersedia kemudian silakan lanjutkan dengan mengklik pilihan Purify, lalu tunggu masuk pada pop-up baru.
  • Sampai di sini, nanti Anda sudah bisa melihat video Youtube tanpa iklan pengganggu.
  • Selesai.

Lihat juga: Cara Terbaru  Menggunakan Y2mate di youtubemate.readthedocs.io

3. Menggunakan Adblock Plus

  • Pertam Anda buka Google Chrome melalui browser favorit.
  • Kemudian temukan Adblock Plus di laman pencarian.
  • Selanjutnya nanti akan muncul laman utamanya dan jangan lupa untuk menambahkan ke Chrome juga Add Extension yang berada di bagian atas.
  • Jika sudah terpasang, maka Anda bisa membuka Youtube tanpa iklan.

4. Menggunakan Browser dengan Bebas Iklan

Anda juga bisa memilih menggunakan browser bebas iklan seperti Brave Browser, Bromide, dan lainnya. Disini Anda hanya perlu memakai berbagai browser ini untuk membuka Youtube dengan menggunakan perangkat yang Anda miliki.

5. YouTube Premium

Sama halnya dengan penggunaan Youtube Premium, dimana Anda bisa melihat semua video yang ingin ditonton tanpa iklan pengganggu. Walaupun sebenarnya berbayar, namun Anda dapat menikmati layanan ini hanya Rp59 ribu per bulannya.

Bagaimana? Sederhana bukan? Kini Anda sudah bisa menonton segala yang ada di Youtube tanpa harus diganggu oleh banyak iklan.

Referensi: techidn.github.io

Tagged as: Comments Off
16Mar/22Off

Cara Buat Whatsapp Call from PC (Telepon WA dari Laptop)

buat whatsapp call dari wa versi desktop

Pengguna layanan pesan instan WhatsApp saat ini bisa dikatakan sudah bisa melakukan panggilan call seperti video call melalui WhatsApp Web atau layanan WhatsApp yang bisa diakses cukup dengan menggunakan desktop saja. Fitur untuk membuat nada notifikasi custom seperti sound of text anime juga sudah bisa dilakukan di wa.

Kita tahu bahwa, sebelumnya panggilan call seperti video ini hanya bisa dilakukan dengan menggunakan aplikasi WhatsApp di ponsel pintar seperti Android maupun iOS saja. Namun sekarang menggunakan pc pun sudah bisa. Lalu bagaimana cara buat whatsapp call from pc?

Panduan Cara Buat Whatsapp Call from PC Tanpa Lama

buat whatsapp call dari wa versi desktop

buat whatsapp call dari wa versi desktop (whatsapp.com)

Dalam hal ini ada dua cara untuk membuat whatsapp call seperti video call di pc, yaitu dengan memakai emulator atau tanpa emulator:

1. Video Call WhatsApp dengan Emulator

Cara buat whatsapp call from pc bisa diaktifkan dengan cara Anda harus download WhatsApp via emulator dahulu, dengan cara: 

  • Pertama, silahkan download emulator Android di laptop. Dalam hal ini Anda bisa download emulator Bluestacks yang aman.
  • Jika sudah, silakan buka Google Play Store yang ada di halaman utama Bluestacks.
  • Kemudian login ke Play Store.
  • Carilah aplikasi WhatsApp lalu mulai download.
  • Jika sudah, buka WhatsApp kemudian login lah seperti biasa.
  • Lalu pilih kontak yang ingin di hubungi untuk melakukan panggilan.
  • Lalu klik ikon kamera video yang ada di bagian kanan atas layar.
  • Selesai.

2. Buat Panggilan WA Tanpa Emulator

Aplikasi WhatsApp yang di khususkan untuk Desktop tentu saja sudah bisa Anda download sesuai platform yang digunakan yaitu Windows atau Mac di halaman resmi WhatsApp. Lalu bisakah melakukan panggilan di whatsapp web tanpa harus menggunakan emulator? Tentu saja bisa. Berikut caranya:

  • Yang pertama download aplikasi WhatsApp Desktop untuk Windows/Mac di halaman resmi WhatsApp Web.
  • Jika sudah selesai, pilihlah kontak yang ingin Anda buat panggilan atau video call di aplikasi WhatsApp Desktop.
  • Nantinya pesan dari kontak yang dipilih akan secara otomatis terbuka, lalu di pojok kanan atas akan muncul ikon gagang telepon dan ikon kamera video.
  • Pilihlah ikon kamera video untuk melakukan video call.
  • Selesai. Jendela itu nantinya akan memuat berbagai macam tombol, seperti tombol memulai video, mute, maupun mengakhiri panggilan. Ada juga tombol tiga titik yang mana itu adalah pilihan panggilan lainnya.

Lihat juga: Cara Download dan Ganti Nada Dering Telepon WA

Seperti itulah caranya jika ingin melakukan panggilan seperti video call WhatsApp di laptop dengan cara yang mudah, baik itu jika Anda ingin menggunakan emulator atau Bluestacks yang bisa kamu unduh secara gratis maupun tanpa menggunakannya.

Tentunya kegiatan panggilan whatsapp seperti video call ini akan semakin memudahkan dan membantu Anda jika ingin berkomunikasi tatap muka jarak jauh dengan praktis dan yang pasti akan lebih hemat biaya.

Tagged as: Comments Off