Review Aplikasi dan Informasi Teknologi Terkini Portal Teknologi Universitas Brawijaya

26Aug/21Off

Kebutuhan Tinggi saat Pandemi, Berapa Sebenarnya Harga Oximeter di Pasaran?

pulse oximeter

WHO belum lama inimenghimbau masyarakat untuk memiliki oximeter, khususnya yang menjalani isolasi mandiri. Alat ini berguna untuk mengukur kadar oksigen dalam darah serta mencegah gangguan Kesehatan yang bisa disebabkan kurangnya oksigen dalam tubuh. Kasus Covid-19 yang saat ini terus meningkat membuat alat ini sangat dicari. Jika kalian salah satu yang membutuhkan alat ini, kalian bisa membelinya online di marketplace-marketplace yang popular. Lalu, berapa harga oximeter terbaru?

Harga Oximeter di Shopee

Shopee saat ini menjadi marketplace yang paling banyak digunakan di Indonesia. Berikut beberapa pilihan oximeter di Shopee dikumpulkan oleh tim Ruangperawat.com:

  • Oximeter Pulse Alat Pengukur Oksigen dalam Darah dan Detak Jantung 87

Dijual oleh tjokrosolution, alat ini dibanderol mulai dari Rp 97.500 – Rp 125.000. Fitur-fiturnya meliputi auto off jika 8 detik tak ada sinyal, indikator baterai lemah, hemat energy, ukuran kecil, ringan & mudah dibawa, pengoperasian dengan 1 tombol, dan tampilan besar. Paket pembelian alat ini termasuk 1 retail box, 1 English user manual, 1 lanyard, dan 1 fingertip Oximeter.

  • Fingertip Pulse Oximeter Oximetry Sp02 Saturation Monitor LED AB-88

Alat ini dijual di Shopee oleh mixacc dengan harga Rp 128.160 – Rp 235.840, dengan pengiriman dari Jakarta Pusat. Oximeter ini memiliki tampilan yang besar, pengoperasian yang mudah & nyaman, mudah dibawa, hemat energi, indikator baterai lemah, dan auto off. Alat ini cocok digunakan baik di rumah, klinik Kesehatan, rumah sakit, atau tempat-tempat lainnya. Ada 8 varian yang tersedia yaitu Varian LK88, Mixio Putih, Mixio Hitam, Varian LK89 New, Varian H1, dan Varian LK87.

  • Oximeter Pulse Fingertip Oximeter Alat Pengukur Detak Jantung Oxigen

Dibanderol dengan harga Rp 199.999, alat ini dijual di Tokopedia oleh Haurashop21. Kalian bisa memilih membeli alat ini baik dengan atau tanpa baterai. Alat ini dilengkapi dengan layer OLED 4 warna, otomatis power off, low perfusion 0.4%, konsumsi daya rendah, bisa dipakai selama 40 jam terus menerus, real-time spot-checks, dan indikator baterai lemah dan mudah dibawa. Oximeter ini banyak digunakan di klinik Kesehatan dan Rumah Sakit.

  • Free Baterai Oximeter Pulse Fingertip Alat Ukur Oksigen Jantung Covid – LK87

Dihargai Rp 108.999, oximeter ini dilengkapi dengan auto-off, idikator baterai lemah, hemat energi, ukuran kecil, pengoperasian mudah, dan tampilan besar. Jika kalian minat dengan oximeter ini, kalian bisa membelinya di Tokopedia dari took Haurashop21, pengiriman dari Jakarta Pusat (lihat juga: cek ongkir pengiriman semua ekspedisi).

Oximeter sangat penting untuk semua orang, termasik pasien Covid-19. Pasalnya, kekurangan oksigen sangat berbahaya. Namun, perlu diketahui bahwa alat ini tak hanya berguna untuk Covid-19 tapi juga penting untuk deteksi kadar oksigen yang menurun karena kondisi/penyakit lain seperti asfiksia, anemia, gagal jantung, penyakit paru obstruktif kronis, pneumonia, asma, dan gagal napas.

Cara Menggunakan Oximeter

pulse oximeter

pulse oximeter for monitoring the level of oxygen and heartbeat

Setelah membeli oximeter, kalian juga harus paham cara menggunakannya. Berikut beberapa tips untuk diperhatikan:

  • Pertama, cuci tangan dulu sebelum & sesudah menggunakan alat ini!
  • Pastikan kuku bersih, hindari mengecat kuku, jangan menggunakan kuku palsu, dan pastikan kuku tidak Panjang!
  • Lalu, nyalakan oximeter & posisikan jari, baik ibu jari, jari tengah, atau jari telunjuk, di antara cait oximeter.
  • Setelah terpasang, tunggu beberapa saat sampai alat berhasil untuk mengukur kadar oksigen di dalam darah.

Kini, kalian tak perlu bingung di mana membeli oximeter yang bagus. Setelah mengetahui harga oximeter terbaru di atas, kalian tinggal pilih mana yang kalian suka.