Review Aplikasi dan Informasi Teknologi Terkini Portal Teknologi Universitas Brawijaya

9Apr/22Off

10 Fitur Terbaru YouTube Studio Agar Konten Semakin Cuan

Menu video di YouTube Studio juga tidak kalah penting untuk dipelajari saat ingin sukses menjadi Youtuber dan mendapatkan banyak adsense. Simak apa saja bagian yang harus diketahui dari menu Videos di bawah ini.

cara pakai youtube studio untuk cari cuan adsense

#1 Kategori Konten

Pada bagian ini akan berisi kategori konten yang anda unggah ke YouTube diantaranya :

  1. Uploads: Konten video yang anda upload
  2. Live: Video live streaming yang disimpan
  3. Stories: konten StoryYouTube yang belum expired

#2 Kotak Pencarian

Bagian ini bisa anda gunakan untuk mencari video yang sudah diunggah ke channel YouTube, untuk mengoptimasi video YouTube di kolom pencarian atau search engine, kamu butuh optimasi yang dinamakan SEO YouTube. Selain itu ada juga fitur Filter Video, bagian ini berguna untuk menyaring video anda berdasarkan kategori yang sudah tersedia. Filternya sendiri terdiri dari :

  • Copyright Claims: filter yang akan menyaring video berdasarkan status hak cipta. Ini berguna untuk mencari unggahan mana saja yang bermasalah dengan UU hak Cipta.
  • Description : untuk menyaring video berdasarkan deskripsinya.
  • Monetization : filter ini berguna untuk menyaring video berdasarkan status monetisasinya. Pilihan yang ada dalam bagian ini adalah Monetized, Not Monetized dan Limited.
  • Title : berguna untuk menyaring unggahan berdasarkan judul.
  • Views : bagian ini akan menyaring unggahan berdasarkan jumlah viewers.
  • Visibility : Filter ini menyaring unggahan berdasarkan status penayangan video.
  • Detail Video

Bagian ini berisi keterangan dari video yang anda unggah, misalnya judul dan deskripsi video, status penayangan video, status monetisasi, apakah unggahan terkena masalah UU Hak Cipta atau tidak, tanggal publikasi vodeo, jumlah viewers dan komentar serta jumlah penonton yang suka dan tidak suka dengan unggahan anda.

Lihat juga: Kalkulator YouTube Studio untuk hitung Penghasilan AdSense

#3 Menu Playlist

cara pakai youtube studio untuk cari cuan adsense

Ini juga merupakan bagian yang penting untuk dipelajari. Jika dapat menggunakan menu Playlist ini dengan benar, dapat memperbesar kemungkinan video yang anda unggah ditemukan pada hasil pencarian YouTube. Menu ini terbagi dalam tiga bagian penting yaitu :

  • Buat Playlist : bagian ini untuk membuat playlist yang baru.
  • Edit Playlist : bagian ini untuk menambahkan video ke playlist. Disini juga berguna untuk mengganti nama dan deskripsi playlist.
  • Kembali ke YouTube Studio : ini berguna untuk kembali ke halaman administrasi channel YouTube anda.

#4 Menu Analytics

cara pakai youtube studio untuk cari cuan adsense

Pada menu ini para Youtuber pemula akan belajar mengenai informasi mengenai data dari konten yang diunggah ke YouTube. Dari data yang tertera disini anda dapat melihat berapa banyak penghasilan dari YouTube di setiap video dan video apa saja yang disukai di channel anda.

#5 Menu Comments

Semua komnetar yang masuk ke channel YouTube akan berada di bagian ini. Anda bisa menyaring semua komentar dengan filter khusus. Contohnya menyaring komentar apa saja yang belum sempat dibalas. Bagian ini penting untuk menjalin relasi dan komunikasi dengan para viewers dan subscribers.

#6 Menu Subtitles

Bagian ini berisi informasi mengenai caption video atau subtitle yang ada pada video unggahan anda. Bagian ini juga bisa disetting agar orang lain dapat membuat caption atau subtitle di video anda maka pilihan untuk menerapak moderasi subtitle ada di bagian ini.

#7 Cara Pakai YouTube Studio Untuk Cari Cuan Adsense Memakai Menu Setting

Cara pakai Youtube Studio untuk cari cuan adsense berikutnya adalah dengan mempelajari menu Setting. Dengan menguasai menu ini anda akan mendapatkan banyak viewers yang akan meningkatkan adsense. Menu ini harus dikuasai bahykan sebelum anda mengunggah video pertama di YouTube.

Pada menu ini anda dapat melaporkan orang-orang yang mengunggah ulang video anda tanpa izin. Para pengunggah ulang ini disebut re-uploader. Dengan demikian video yang anda unggah akan terlindungi.

#9 Cara Pakai YouTube Studio Untuk Cari Cuan Adsense Memakai Menu Monetization

Untuk mendapatkan cuan dari adsense di YouTube, anda harus memperhatikan bagian ini. Bagian ini memang akan sering dikunjungi oleh para pemula yang channelnya belum di monetisasi. Pada menu ini anda akan mengetahui apakah channel yang anda miliki sudah memenuhi syarat monetisasi atau belum.

Sebagai informasi bahwa syarat sebuah chanel untuk dimonetisasi adalah 1000 subscriber dan memiliki 4000 jam tayang selama 365 hari terakhir. Karena itu, rajinlah memeriksa di bagian ini apakah channel anda sudah memenuhi syarat atau belum.

#10 Menu Audio Library dan Menu Create

Jika anda membuka menu ini Audio Library maka anda akan terhubung dengan halaman berisi aneka music gratis yang dapat digunakan di video unggahan anda. Sementara jika mengklik menu Create, maka anda akan masuk ke halaman berisi bagian saat ingin mengunggah video, memulai live streaming atau membuat postingan di halaman Community di channel YouTube anda.

Demikian ulasan kali ini mengenai cara pakai YouTube Studio untuk cari cuan adsense. Dengan menguasai halaman adiminsitrasi manajemen channel YouTube ini, maka para Youtuber akan menguasai banyak hal termasuk mendapatkan viewers untuk mendongkrak adsense yang berarti pendapatan dari YouTube meningkat.

Sumber referensi:

Tagged as: Comments Off
29Mar/22Off

Mengenal Kalkulator Penghasilan Youtube Paling Akurat

kalkulator pebghasilan youtube

YouTube saat ini merupakan salah satu platform yang kini begitu ramai diperbincangkan. Hal ini memang tidak mengherankan mengingat dengan YouTube, maka seseorang sudah bisa memperoleh uang AdSense dalam jumlah besar. 

Lalu bagaimana cara untuk menghitung pendapatannya? Berikut kalkulator penghasilan Youtube paling akurat.

kalkulator pebghasilan youtube

kalkulator pebghasilan youtube

  1. Seorang YouTuber itu biasanya baru bisa mendaftar AdSense jika misalnya sudah mempunyai 1.000 subscriber. Hal ini disebabkan karrena perhitungan Cost Per Mille atau Biaya Per 1.000. Di Amerika Serikat bisa mendapatkan Rp29.462 per 1000 view, sementara di Indonesia hanya 0,5 USD atau Rp7.365.
  2. Selain CPM, kalkulator penghasilan Youtube paling akurat lainnya yaitu Cost Per Click atau Biaya Per Klik yaitu uang yang didapat seorang YouTuber per klik iklan di videonya. Di Indonesia adalah Rp5.000 per klik. Sering sekali setiap 1000 view hanya ada 3 klik iklan sehingga Click-Through Rate yang didapat itu hanya 0,3 persen.
  3. Dari penjabaran di atas maka bisa mengetahui pendapatan YouTuber 1000 subscriber berapa rupiah itu dengan menggunakan rumus Revenue Per Impression (RPM). Rumus ini nantinya untuk menghitung uang yang akan diperoleh dari setiap 1.000 penayangan iklan pada seluruh video di channel YouTube.
  4. RPM yang akan didapat di Indonesia adalah Rp7.000, sementara di AS bisa Rp14.731. Meskipun demikian, RPM ini tergantung pada jenis dan harga iklan yang tayang, negara asal YouTuber, kategori video, kualitas traffic, adblock, maupun itu jumlah klik pada iklan.
  5. Kemudian rumus RPM = (penghasilan tertaksir/jumlah tampilan halaman) nantinya akan x 1000
  6. Sebagai contoh jika kamu mendapatkan penghasilan 0,15 USD dari 25 view, maka penghasilan yang didapat yaitu (0,15/25) x 1000 = 6 USD atau Rp88.387. Angka ini pun nantinya bisa disesuaikan dengan data statistik di akun YouTube milikmu.

Lalu berapa gaji youtuber 1000 subscriber ke atas? Yaitu antara Rp700.000 sampai Rp10.000.000 per bulan. Apakah 10 juta besar untuk YouTuber dengan 1000 subscriber? Faktanya Youtuber itu hanya memperoleh Rp2.800.000 bila dilihat secara real berdasarkan YouTube Analytics.

Mengapa? Hal ini terjadi karena Indonesia mempunyai Effective Cost Per Mille atau eCPM yang lebih rendah dibanding negara lain. YouTuber AS bisa memperoleh minimal Rp14.000 per 1.000 view, sementara YouTuber Indonesia hanya sekitar Rp7.000 per 1.000 view, atau setengah dari yang didapatkan YouTuber AS.

Apabila misalnya channel kamu masih mempunyai 1000 subscriber ke bawah maka tentulah tidak akan memperoleh penghasilan karena belum bisa mendaftar YouTube AdSense. Jadi kini kamu sudah mengerti bukan, 1000 view youtube akan mendapat berapa dollar? Inilah kalkulator penghasilan Youtube paling akurat yang bisa jadi referensi perhitungan untuk kamu. 

Sumber referensi: Download Video YouTube

Tagged as: Comments Off
19Mar/22Off

5 Cara Menghilangkan Iklan di Youtube

YouTube premium bebas iklan

Sedang seru menonton video di Youtube, tetapi sering terganggu karena selalu muncul iklan? Pasti tidak sedikit dari Anda yang juga pernah merasakannya. Iklan memang menjadi cara bagi Youtube untuk bisa mendapatkan pendapatan dari video yang diunggah. 

Akan tetapi, kejadian terpotong karena iklan, tentu saja akan sangat mengesalkan dan Anda pastilah merasa terganggu saat menonton video di Youtube bukan? Lalu adakah cara menghilangkan iklan di Youtube?

5 Cara Menghilangkan Iklan di Youtube

Munculnya iklan di video YouTube khususnya iklan di tengah video pastinya banyak membuat orang merasa terganggu. Untuk menghilangkan iklan di YouTube, maka orang biasanya memilih untuk berlangganan premium atau pun harus menggunakan aplikasi pihak ketiga. Nyatanya ada cara menghilangkan iklan tanpa aplikasi maupun tanpa harus mengeluarkan uang untuk berlangganan premium.

YouTube premium bebas iklan

YouTube premium bebas iklan

Cara menghilangkan iklan di Youtube yang tersedia bisa dipilih sesuai kebutuhan masing-masing. 

1. Menggunakan Tambahan Titik atau Dot

  • Pertama silakan masuk pada aplikasi Youtube dengan menggunakan perangkat Anda.
  • Perhatikan browser Anda., lalu kemudian tambahkan titik atau Dot pada URL setelah .com.
  • Setelah Anda tambahkan maka nanti semua iklan dalam Youtube akan hilang.
  • Sampai di sini, Anda pun bisa menonton berbagai video di aplikasi Youtube sesuka hati.
  • Selesai.

2. Menggunakan Situs ViewPure

  • Pertama silakan buka ponsel Anda dan masuk pada browser yang ada di perangkat Anda.
  • Lalu kemudiann kunjungi situs ViewPure.com lalu cobalah untuk copy URL pada video yang ingin diputar.
  • Berikutnya, salin pada kolom yang tersedia kemudian silakan lanjutkan dengan mengklik pilihan Purify, lalu tunggu masuk pada pop-up baru.
  • Sampai di sini, nanti Anda sudah bisa melihat video Youtube tanpa iklan pengganggu.
  • Selesai.

Lihat juga: Cara Terbaru  Menggunakan Y2mate di youtubemate.readthedocs.io

3. Menggunakan Adblock Plus

  • Pertam Anda buka Google Chrome melalui browser favorit.
  • Kemudian temukan Adblock Plus di laman pencarian.
  • Selanjutnya nanti akan muncul laman utamanya dan jangan lupa untuk menambahkan ke Chrome juga Add Extension yang berada di bagian atas.
  • Jika sudah terpasang, maka Anda bisa membuka Youtube tanpa iklan.

4. Menggunakan Browser dengan Bebas Iklan

Anda juga bisa memilih menggunakan browser bebas iklan seperti Brave Browser, Bromide, dan lainnya. Disini Anda hanya perlu memakai berbagai browser ini untuk membuka Youtube dengan menggunakan perangkat yang Anda miliki.

5. YouTube Premium

Sama halnya dengan penggunaan Youtube Premium, dimana Anda bisa melihat semua video yang ingin ditonton tanpa iklan pengganggu. Walaupun sebenarnya berbayar, namun Anda dapat menikmati layanan ini hanya Rp59 ribu per bulannya.

Bagaimana? Sederhana bukan? Kini Anda sudah bisa menonton segala yang ada di Youtube tanpa harus diganggu oleh banyak iklan.

Referensi: techidn.github.io

Tagged as: Comments Off