Review Aplikasi dan Informasi Teknologi Terkini Portal Teknologi Universitas Brawijaya

15Apr/22Off

Aplikasi iSpeech untuk Ubah Teks jadi Suara di iOS

aplikasi text to speech di iOS

Pastinya kamu tahu bukan sedang ramai diperbincangkan teknologi text to speech? Text to speech merupakan sebuah aplikasi yang dapat mengubah sebuah teks menjadi suara. Akan tetapi yang perlu kamu tahu bahwa teknologi ini sebenarnya sudah ada 70 tahun silam. Ramai diperbincangkan karena maraknya pengguna video konten Youtube yang menggunakan teknologi ini untuk mengembangkan atau membuat konten video.

Secara sederhananya yang dapat disimpulkan bahwa teknologi text to speech ini merupakan sebuah sistem atau teknologi yang mengubah teks menjadi suara secara otomatis. Sekarang adanya banyak aplikasi yang mengembangkan teknologi ini. Jadi, kamu tidak perlu khawatir atau merasa cemas ketika menggunakannya karena kamu bisa memilih antara yang gratis hingga bayar pada penggunaannya.

Teknologi ini juga digunakan di beberapa negara terkenal untuk melengkapi aktivitas sehari – harinya, selain itu juga dikembangkan untuk memenuhi dunia bisnis hingga pendidikan. Salah satu aplikasi dengan teknologi tersebut yaitu iSpeech.

Apa Itu iSpeech?

ispeech

ispeech

iSpeech merupakan sebuah aplikasi yang hebat dengan penawaran menerjemahkan teks diketik menjadi suara atau bisa juga dikatakan teknologi yang dapat mengubah teks menjadi sebuah suara dengan pilihan bahasa beragam yang bisa kamu pilih. Selain itu, pada aplikasi ini juga kamu dapat membagikan terjemahan favorit kepada teman – teman kamu melalui media sosial Facebook.

Cara Pakai Aplikasi iSpeech

Buat kamu yang bingung bagaimana cara pakai aplikasi ini. Tenang saja, caranya pun cukup mudah kamu harus memastikan terlebih dahulu apakah perangkat kamu sudah mempunyai aplikasi ini. Aplikasi iSpeech hanya bisa digunakan pada pengguna perangkat iOS dan Android. Jadi, jika belum punya kamu bisa mendownload dan menginstall pada masing – masing perangkat.

Setelah itu kamu bisa langsung menggunakan aplikasi tersebut, salin dan tempelkan sebuah teks kemudian ubah menjadi bentuk suara. Kamu juga bisa mengganti bahasa terlebih dahulu sesuai dengan yang kamu inginkan dan disesuaikan dengan bahasa pada teks tersebut.

Aplikasi ini dapat kamu pakai dimana saja dan kapan saja selama aplikasi tersebut sudah terpasang pada perangkat. Ya! Perangkat yang bisa digunakan untuk aplikasi ini yaitu perangkat pada iOS dan Android.

Keunggulan Aplikasi iSpeech

Tidak dapat dipungkiri lagi bahwa ada banyak pihak atau developer yang mengembangkan teknologi text to speech seperti ini. Sehingga, para developer tersebut harus menghadirkan keunggulan yang menarik agar banyak yang menggunakan aplikasi iSpeech ini. Berikut beberapa keunggulan dari aplikasi iSpeech yang dapat kamu rasakan.

  1. Ada banyak pilihan bahasa dengan suara terbaiknya, bahasa yang dapat kamu pilih sekitar lebih dari 26 bahasa.
  2. Aplikasi ini juga dapat mengubah teks menjadi suara untuk beberapa dokumen seperti email, artikel berita favorit, dan dokumen lainnya.
  3. Adanya bantuan suara yang akan dibacakan secara keras dalam suara iSpeech Bush dan iSpeech Obamanya.
  4. Aplikasi ini juga memberikan adanya sebuah dukungan dengan beberapa item menarik di dalamnya, untuk terhubung kamu harus mengaktifkannya terlebih dahulu dengan cara mengunjungi situs website iSpeech itu sendiri.

Fitur – Fitur Utama Aplikasi iSpeech

aplikasi text to speech di iOS

aplikasi text to speech di iOS

Jika sudah berbicara mengenai keunggulan, tidak afdol rasanya jika tidak mengetahui apa saja fitur- fitur utama dari aplikasi iSpeech ini. Berikut beberapa fitur – fitur utama dari aplikasi iSpeech.

  1. Fitur Text to Speech

Jelas sudah, namanya juga teknologi text to speech secara otomatis pastinya akan memberikan fitur utama ini juga. Dimana dengan ini dapat mengubah teks menjadi suara.

  1. Fitur Pilihan Bahasa

Disini kamu juga akan menemukan banyak pilihan cara membuat suara mirip Google yang bisa kamu sesuaikan. Kurang lebih terdapat 26 bahasa.

Aplikasi iSpeech dapat digunakan pada dua perangkat yaitu iOS dan Android. Dimana jika kamu pengguna Android dapat menggunakan secara gratis untuk fitur tertentunya, jika ingin meningkatkan harus melakukan pembelian. Sedangkan untuk iOS digunakan jika kamu sudah melakukan pembelian.

Sumber referensi lainnya:

8Apr/22Off

Google Text to Speech: Pengubah Teks jadi Suara Gratis dan Terbaik

Aplikasi google text to speech yang satu ini biasanya sudah otomatis terinstal di perangkat android. Aplikasi pengubah teks ke suara dari google ini bisa digunakan untuk berbagai layanan pihak ketiga, seperti di google map, menu pesan, google penelusuran, dan aplikasi text to speech lainnya yang membutuhkan google text to speech ini.

Google text to speech ini hanya bisa dipakai di perangkat android, dan biasanya terinstal otomatis di perangkat namun untuk bisa menggunakannya kamu harus mengaktifkannya terlebih dahulu lewat menu pengaturan di Hp androidmu.

Cara Pakai Google Text to Speech App

Screenshot 47
Google text to speech

Berikut langkah-langkah cara pakai google text to speech di android:

  1. Langkah 1: Pastikan google text to speech sudah terinstal di hp, bila belum kamu bisa instal lewat playstore.
  2. Langkah 2: Buka menu pengaturan di hp
  3. Langkah 3: Pilih General atau Umum
  4. Langkah 4: Pilih aksesibilitas
  5. Langkah 5: Klik vision, tergantung dari merk perangkat
  6. Langkah 6: Pilih ‘select to speak’
  7. Langkah 7: Klik OK

Screenshot 48
Google text to speech

Fitur-fitur yang Ada di Google Text To Speech

Google text to speech dilengkapi dengan berbagai fitur, seperti:

#1 Ragam Pilihan Suara dan Bahasa

Screenshot 50
Google text to speech

Aplikasi Google Text to Speech menawarkan banyak jenis suara dan bahasa. Dengan didukung lebih dari 220 suara dan juga 40 jenis bahasa.

#2 Deteksi Suara

Fitur yang satu ini dapat mendeteksi suara yang dihasilkan. Lewat  fitur ini, maka perintah suara dapat dipahami google dengan lebih baik, sehingga saat mencari informasi yang dibutuhkan akan ditampilkan dengan maksimal

#3 SSML dan Dukungan Teks

Fitur ini dapat membantu pengguna dalam melakukan custom suara mereka saat menambahkan nomor, waktu atau untuk melakukan pause dan mengatur ulang perintah pelafalan kata.

#4 Pengaturan Nada/ Pitch Tuning

Fitur untuk mengatur nada atau Pitch tuning ini akan membantu pengguna dalam mengatur pitch pada pilihan suara. Dengan didukung oleh lebih dari 2- jenis suara yang bisa dipilih.

#5 Kecepatan Suara/Speaking Rate Tuning

Fitur untuk mengatur kecepatan suara atau Speaking rate tuning ini akan membantu pengguna dalam mengatur kecepatan suara mereka menjadi lebih lambat atau lebih cepat dari pengaturan awal. Lewat fitur ini sistem akan memberikan respons lebih maksimal.

Aplikasi terkait: Natural Reader App

Dengan fitur di atas menjadikan aplikasi Google text to Speech ini sebagai aplikasi yang mampu diandalkan untuk mencari informasi dengan mudah. Tentunya, akan ada fitur terbaru yang pasti tersedia seiring adanya pembaruan yang terus dilakukan.

Keunggulan Google Text to Speech

Google Text to Speech muncul memberikan varian teknologi baru yang mampu mencari informasi lewat smartphone. Selain fitur-fitur menarik pastinya aplikasi ini juga memiliki keunggulan lainnya. Diantara keunggulannya yakni dengan menggunakan program API atau Application Programming Interface yang menjadikan aplikasi ini sangat mudah digunakan.

Lewat Google Text to Speech, kamu akan mendapatkan informasi yang fleksibel dalam  melakukan pencarian dan  juga melakukan panggilan yang interaktif.

Selain itu, aplikasi ini juga menyediakan lebih dari 30 jenis suara dalam berbagai bahasa serta varian. Dengan banyaknya pilihan suara tersebut tentunya kamu bisa mengintegrasikan aplikasi dengan perangkat apapun lebih mudah. Bukan hanya di Hp saja, tapi juga di PC, laptop, dan sebagainya.

Dengan berbagai fitur serta keunggulan yang ditawarkannya,  tak ada salahnya kamu pilih Google text to speech ini untuk memaksimalkan pemakaian android kamu. Kamu bisa menginstal dan menggunakannya pun secara gratis.

Sumber refeensi: Sound of text Jawa

20Oct/21Off

Cara Mudah Buat Suara Google Mario Bros dengan Text to Speech

cara buat suara karakter mario bross dari teks

Siapa sih di sini yang tidak tahu tentang game Mario Bros? Betul sekali sebuah permainan legend yang diterbitkan oleh Nintendo pada tahun 1983. Karakter game ini sudah mencuri perhatian para gamers dari berbagai belahan dunia. Nah, menariknya bagi para pecinta karakter tersebut bisa menghadirkan suaranya di android Anda.

Pada saat ini banyak sekali para content creator YouTube, Tiktok dan platform lain yang menggunakan suara Google sebagai suara untuk videonya. Bagi Anda yang ingin membuat suara Google dari Mario Bros dan masih kesulitan yuk simak informasi berikut ini.

Cara Membuat Suara Google Mario Bros Tanpa Aplikasi

cara buat suara karakter mario bross dari teks

cara buat suara karakter mario bross dari teks

Untuk Anda yang berminat membuat suara Google berubah menjadi suara karakter dari Mario Bros gampang banget kok caranya. Informasi kali ini akan membahas tentang cara membuat suara Google dari Mario Bros tanpa perlu mengunduh aplikasi tambahan apapun di smartphone Anda. Dan tentunya cara berikut ini sangat mudah untuk Anda coba. Biar tidak penasaran yuk cek di bawah ini!

  • Masuk ke situs Uberduck.ai

Pertama-tama bukalah browser pada smartphone Anda dan kemudian masuklah pada situs https://uberduck.ai/#voice=super-mario atau bisa juga akses situs Fakeyou.com (dulu vo.codes)

hasil text to speech suara super mario

hasil text to speech suara super mario

  • Sign Up

Kemudian jika Anda belum mempunyai akun pada situs tersebut maka diharuskan melakukan pendaftaran terlebih dahulu. Anda bisa daftar dengan menggunakan akun google ataupun discord.

  • Setting Suara

Setelah Anda mendaftar dan mempunyai akun pada Uberduck.ai maka akan muncul tampilan pada halaman setting suara. Pada Langkah ini Anda bisa memilih kategori suara karakter yang diinginkan. Karena yang disukai Mario Bros maka pilihlah karakter tersebut. Lanjut di menu bagian bawahnya Anda bisa memilih referensi audio seperti apa yang diinginkan.

  • Masukkan Teks

Pada menu selanjutnya ini yang ada di bawahnya tersedia kolom untuk memasukkan teks. Anda bisa memasukkan kata-kata dalam Bahasa inggris yang diinginkan untuk diucapkan oleh suara Google tersebut. Bebas sesuai dengan keinginan Anda.

  • Tekan Synthesize

Jika semuanya dirasa sudah cocok maka langkah berikutnya yaitu tekan tombol synthesize.

  • Tekan Menu Sound

Setelah Anda tekan synthesize maka akan muncul menu sound yang bisa didengarkan terlebih dahulu untuk mengecek suara yang sudah dibuat.

  • Klik Download

Setelah Anda mengecek suara tadi dan sudah yakin, kemudian silahkan di download dengan cara klik download pada halaman yang ditampilkan untuk menyimpan suara Googlenya ke smartphone Anda. Dan selesai deh, maka suara goggle yang telah Anda buat tadi akan tersimpan di smartphone.

Kelebihan yang Dimiliki Oleh Uberduck.ai

Setelah mengetahui bagaimana langkah-langkah cara membuat suara Google Mario Bros melalui Uberduck.ai maka Anda perlu mengetahui kelebihan- kelebihan apa saja yang ditawarkan oleh situs tersebut. Nama situs Uberduck.ai ini tergolong cukup unik dan keunikan tersebut bisa Anda temukan ketika membuka situsnya. Sebab pada halamannya Anda akan melihat gambar atau foto bebek kecil sesuai dengan namanya.

Terlepas dari suara karakter Mario Bros, situs text to speech atau sound of text Uberduck.ai ini menawarkan banyak pilihan suara baik karakter film, rapper, suara anak-anak hingga suara kartun. Banyaknya pilihan tersebut juga menjadi salah satu keunggulan yang dimiliki situs ini. Karena pilihan suaranya yang cukup banyak untuk menandai pilihan suara anak-anak situs ini menuliskan kode chill di dalam kurung, berikut pilihan aplikasi ubah suara dari teks serupa untuk bahasa Inggris dengan suara Google:

Dengan begitu akan memberikan kemudahan bagi setiap penggunanya. Selain itu, untuk memanfaatkannya hanya perlu mengklik tautan atau mengunjungi situs yang disebutkan di atas sehingga Anda tidak membutuhkan sebuah aplikasi. Dengan demikian karena tidak perlu menginstal aplikasi tambahan pastinya tidak akan menghabiskan ruang pada memori penyimpanan milik Anda.

Bagaimana? mudah sekali bukan cara membuat suara Google Mario Bros melalui situs Uberduck.ai seperti cara yang telah di sampaikan di atas? Supaya tahu lebih jelasnya silahkan langsung di coba sendiri dengan mengikuti langkah-langkah tersebut dengan benar. Sekarang Anda sudah bisa menggunakan suara Google yang lucu-lucu tersebut di smartphone. Selamat mencoba dan semoga informasi yang sudah dipaparkan di atas dapat bermanfaat!

1Oct/21Off

Aplikasi Suara Google Robot Voice Untuk Notif WA Terbaik

buat suara google jadi notif whatsapp

Bagi sebagian orang, mengganti nada dering atau notifikasi WA merupakan hal yang menyenangkan. Terutama bagi kamu yang suka mengikuti trend. Karena tidak bisa dipungkiri, bahwa saat ini, notifikasi WA terbilang sangat beragam. Bahkan mungkin, di satu kesempatan kamu pernah mendengar notif yang unik. Ia kan? Nah mungkin, karena hal tersebut lantas membuat kamu penasaran dan bertanya-tanya, kira-kira membuatnya pakai apa ya? Tenang, karena kali ini, kami akan berikan beberapa daftar aplikasi sound of text robot voice untuk notif WA yang bisa banget kamu coba.

Daftar Aplikasi Sound OF Text Robot Voice

Keberadaan aplikasi sound of text tentu sangat menguntungkan bagi sebagian orang. Terutama bagi kamu yang mempunyai kegiatan yang padat. Sehingga ada kalanya membutuhkan nada dering WA yang berbeda-beda setiap grup. Selama ini, sound of text yang kamu dengar mungkin hanya sebatas suara Google.

buat suara google jadi notif whatsapp

buat suara google jadi notif whatsapp

Padahal sebenarnya, dengan menggunakan beberapa situs, kamu bahkan bisa membuat notifikasi WA dengan suara yang unik-unik. Mulai dari suara kartun, politisi, hingga suara binatang loh. Caranya adalah dengan memanfaatkan salah satu situs dari daftar aplikasi sound of text robot voice untuk notif WA berikut.

Vo.codes

Daftar aplikasi sound of text robot voice untuk notif WA yang pertama adalah vo.codes. Siapa yang tidak kenal dengan aplikasi satu ini? Jadi, aplikasi satu ini merupakan aplikasi yang sangat terkenal. Hal ini karena ia menawarkan berbagai keunggulan yang menonjol.

Misal, tampilannya yang sangat ramah user, friendly, dan mudah digunakan. Selain itu, aplikasi satu ini juga menawarkan berbagai macam suara yang bisa kamu manfaatkan. Bahkan, suara-suara yang ada di aplikasi satu ini tergolong sangat lengkap. Sehingga, text yang sudah kamu ubah menjadi text bukan hanya sekedar cocok kamu jadikan sebagai nada dering WA, tapi juga cocok digunakan untuk berbagai keperluan. Konten TikTok mungkin. Nah, jika kamu penasaran, berikut adalah cara mengubah text menjadi suara dengan menggunakan vo.codes.

  • Klik vo.codes di aplikasi pencarian.
  • Lihat menu 'voice', lalu pilih karakter yang akan kamu gunakan.
  • Lalu, masukkan text yang ingin kamu jadikan sound di kolom yang sudah ada.
  • Klik speak ataupun synthetize.
  • Jika ingin mendownload, klik tulisan result.
  • Done.

Sekarang sound nya sudah tersimpan di ponsel kamu. Gampang kan? Jika selama ini kamu penasaran dengan sound Doraemon yang pernah digunakan oleh notif teman kamu, maka aplikasi ini adalah jawabannya.

Voiceoftext.com

Daftar aplikasi sound of text robot voice untuk notif WA kedua adalah voiceoftext.com. Salah satu aplikasi sound of text terkeren adalah voiceoftext.com. Kenapa? Yak arena aplikasi satu ini bukan hanya bisa membantu kamu mengubah text ke sound yang unik-unik saja, tapi juga bisa mengubah text menjadi suara bahasa Jawa dan Sunda loh. Keren kan? Untuk menggunakannya sangat gampang.

  1. Klik sound of text wa pada aplikasi pencarian.
  2. Ketik text yang akan kamu jadikan suara.
  3. Jika sudah, langsung klik pada bagian 'convert to voice'.
  4. Klik tombol play yang sudah ada. Atau bisa juga dengan klik ikon titik 3.
  5. Lalu tinggal download saja tepat pada ikon download yang warna biru.
  6. Selesai.

Voicemaker.in

Aplikasi berikutnya adalah voicemaker.in. Di mana, aplikasi satu ini juga menawarkan kemudan dalam hal penggunaan. Menariknya, voicemaker.in menawarkan berbagai pilihan bahasa yang bisa kamu pilih. Nyaris semua bahasa ada. Fitur pilihan bahasa bisa kamu lihat di bagian bawah. Ketika kamu mengklik salah satu bahasa, maka di sebelahnya akan muncul pilihan model sound yang bisa kamu gunakan. Keren kan? Cara mengubah text menjadi sound di sini adalah.

  1. Buka aplikasi prambanan. Klik voicemaker.in.
  2. Masukkan text yang sudah kamu siapkan ke dalam kolom yang tersedia.
  3. Pilih bahasa dan model soundnya yang terletak di bawah kolom.
  4. Klik convert to speech.
  5. Klik Download.
  6. Seelsai.

Freetts.com

Daftar aplikasi sound of text robot voice untuk notif WA yang terakhir adalah freetts.com. Aplikasi satu ini juga mempunyai tampilan yang sederhana, simple, dan mudah digunakan. Sehingga tidak kalah menariknya dengan aplikasi-aplikasi di atas. Untuk mengubah text menjadi suara, caranya sangat mudah.

  • Kunjungi freetts.com
  • Masukkan text yang sudah kamu siapkan ke kolom yang tersedia.
  • Lalu atur saja bahasa dan sound yang kamu inginkan.
  • Klik convert to MP3
  • Klik Download MP3.

Nah, untuk mengatur bahasa dengan soundnya, kamu bisa memperhatikan fitur yang ada di bawah kolom text. Letaknya persis di bawah kolom. Itulah beberapa aplikasi yang sangat recommendeed untuk membuat notif WA kamu lebih keren yang dikumpulkan oleh tim dari situs Emzeth.com. Selamat mencoba!

20Sep/21Off

Yuk Simak Cara Mudah Buat Suara Google Kartun dari Teks

Suara Google Kartun dari Teks

Bagi para pecinta film kartun SpongeBob SquarePants, pasti tak asing dengan karakter gurita bernama Squidward yang merupakan tetangga Spongebob dan Patrick. Nah, bagi Anda yang ingin mengubah tulisan menjadi suara karakter Squidward, kini hadir sebuah teknologi terbaru sound of text.

Aplikasi sound of text ini mampu mengubah teks menjadi suara unik untuk dijadikan nada dering. Bukan hanya itu, di aplikasi ini juga tersedia dalam berbagai pilihan bahasa dan logat yang bisa Anda pilih untuk digunakan. Yuk, simak ulasannya berikut ini.

Cara Mudah buat Sound of Text Squidward untuk Nada Dering

Ada sebuah situs bernama Vocades yang menyediakan fasilitas kepada audiens untuk mengubah teks menjadi suara yang bervariasi. Di sini Anda bisa membuat suara dari karakter Squidward sesuai teks yang ditulis. Namun, situs ini memiliki sebuah kelemahan berupa linknya hanya bisa dipakai menggunakan bahasa Inggris.

Selain Squidward, ada juga beberapa film kartun yang suara mirip Google-nya bisa dipakai. Misalnya, suara Spongebob, Mr.Krabs, Simpson, Goku Dragon Ball, dan lain-lain. Memang tidak banyak, namun bisa jadi suara yang disediakan adalah karakter favoritmu.  Berikut ini cara membuat suara google teks dari karakter Squidward yang bisa dijadikan pengisi suara Sound of Text Anda disarikan dari situs www.emzeth.com:

  1. Masuk ke situs https://vo.codes pada browser Anda
  2. Kemudian pada tampilan beranda, pada menu “Random Speaker” ubah menjadi “Cartoons and Anime” untuk memudahkan pencarian
  3. Pilih nama “Squidward” pada bagian “Info Speaker”. Di sini Anda juga bisa memilih suara lain dari karakter yang disediakan
  4. Lalu pada bagian kolom kosong, tulislah teks yang ingin Anda ubah suaranya. Kolom ini bisa diisi maksimal 500 karakter kata dan harus menggunakan bahasa Inggris
  5. Kemudian klik “Speak” dan suara kartun Squidward pun akan keluar

Nah, suara dari karakter Squidward ini bisa Anda dengarkan berulang kali, asalkan situs tersebut tidak terefresh. Untuk cara mengunduh suaranya, mungkin sebagian orang merasa kebingungan sehingga harus merekamnya secara manual. Karena memang tombol download ini letaknya sedikit tersembunyi, berikut cara mengunduh file mp3 di Vocodes.

Cara Mengunduh Sound of Text Squidward di Vocodes

  1. Setelah mengubah teks menjadi suara kartun yang diinginkan, Anda bisa mengunduhnya pada menu “Result“ yang terletak di bagian atas
  2. Di menu ini akan muncul angka-angka yang menginformasikan berapa banyak Anda membuat sound of text pada Vocades. Di sana akan tampil pula detail suara karakter yang dibuat dan teks yang ditulis.
  3. Terakhir, klik tombol “Download” untuk mulai mengunduh.
  4. Sebagai catatan, bila Anda meninggalkan situs Vocodes maka sound of text yang Anda buat akan hilang dan terefresh secara otomatis.

Tips Memakai Vocades agar Hasil Suara Kartun Terdengar Mirip

Meski Vocades mampu menyediakan suara mirip kartun sesuai teks yang ditulis, namun Vocades hanyalah sebuah situs yang dijalankan menggunakan teknologi AI. Terkadang, suara yang keluar pelafalannya aneh dan terdengar kurang natural.

Kadang juga, bila teks yang Anda masukkan sulit dibaca oleh sistem, maka intonasi dan nada bicaranya bisa berbeda dari yang Anda inginkan.  Nah, agar suaranya terdengar mirip sesuai karakter aslinya, ada beberapa tips dalam menuliskan teks di Vocades yang bisa Anda terapkan.

  1. Cobalah untuk mengeja kata-kata yang cukup sulit untuk diucapkan. Misalnya, kata “Engineer” susunan katanya bisa diubah menjadi “en juh near”, “Chassis” menjadi “shasee”, “Iron” menjadi “aye en”, dan lain sebagainya
  2. Hindari menulis kata-kata yang terlalu pendek seperti “Good”, “Hi”, “Hello”, atau “Bye” karena kata tersebut dapat berpengaruh pada kualitas audio yang dihasilkan. Namun, jangan terlalu panjang juga karena di Vocades maksimal hanya 500 karakter.
  3. Situs ini hanya tersedia untuk kalimat berbahasa Inggris, jadi pastikan kosakata yang Anda buat terdapat di kamus.

Cara Memasang Nada Dering Sound of Text dari Vocades di Whatsapp

Setelah suara berhasil diunduh, kini saatnya menggunakan suara tersebut untuk nada dering atau notifikasi di WhatsApp Mod APK dari Karinov.co.id, langkahnya yaitu:

  1. Buka aplikasi “File Manager” di androidmu dan pilih “Penyimpanan Internal
  2. Kemudian, pindahkan audio sound of text yang diunduh ke dalam folder “Ringtones
  3. Setelah itu, buka aplikasi WhatsApp dan Anda bisa mengatur nada deringnya pada menu “Nada Notifikasi

Itu tadi beberapa cara membuat suara mirip karakter kartun Squidward di Vocades. Di sana selain tersedia suara kartun dan anime, ada pula suara dari beberapa orang terkenal seperti presiden US, YouTuber, streamer, serta masih banyak lagi. Anda bisa membuat sound of text semenarik mungkin sesuai kreativitas Anda. Semoga bermanfaat!

5Sep/21Off

Apa Itu Teknologi Buat Suara dari Teks?

Teknologi ini pertama kali dipakai oleh Google Translate, kemudian sekarang mulai viral karena banyak dipakai untuk membuat video TikTok dan nada dering di WA.

Dengan sound of text, kita bisa membuat audio hanya modal teks saja. Sudah ada penyiarnya sendiri yang akan membaca teks kita, dan makin ke sini sosok robot yang menjadi penyiar, memiliki kualitas yang hampir menyamai suara manusia. Untuk lebih memahami tentang sound of text dan cara menggunakannya, berikut adalah informasi soal sound of text yang dapat Anda baca.

Apa Itu Sound of Text?

Sound of text adalah sebuah tool/software/teknologi yang bisa mengubah tulisan menjadi suara. Begitulah pengertian yang mudah dipahami.

Sound of text dapat dibuat dengan berbagai Bahasa di dunia. Seperti Bahasa Indonesia, Inggris, Jepang, Korea, Arab, dan lain-lain. Di sini kita juga bisa memilih jenis suara pembicaranya, kita bisa memakai suara wanita, pria, suara robot Google, suara bayi, anime, kartun, artis, presiden dan lain-lain (tergantung tool apa yang Anda gunakan).

Sound of text memiliki banyak kegunaan. Baik untuk iseng-iseng dan pekerjaan, bahkan pengisi suara iklan di TV juga biasanya memakai sound of text.

Namun kali ini, kita hanya akan membahas dan belajar cara membuat sound of text untuk nada dering WhatsApp. Kamu dapat mempelajarinya lebih lengkap pada tautan tutorial berikut ini: https://www.pelita.or.id/situs-sound-of-text-wa/

3Sep/21Off

Cara Buat Suara Robot Cewek dan Cowok tanpa Install Aplikasi

buat suara robot cewek cowok

Selain Anda bisa mengganti bahasa apa yang nanti digunakan dalam ucapan notifikasinya, Anda juga bisa mengatur apakah suara tersebut merupakan suara robot Google Pria maupun Wanita. Anda bisa memilih mana yang sesuai dengan yang diinginkan. Bahkan di beberapa tools, Anda juga bisa menggunakan suara pria dari orang tertentu apakah lembut, terkesan tegas atau lainnya.

Umumnya suara robot Google tersebut sudah memiliki nama dan setiap namanya memiliki karakteristik suara tersendiri. Anda bisa memilih mana yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Baik pria maupun juga wanita, keduanya memiliki beberapa jenis suara yang bisa kamu pilih secara gratis. Namun ada juga yang disediakan secara berbayar.

Cara Membuat Nada Dering WA Suara Robot via soundoftext.com

Setelah memahami beberapa hal diatas, sekarang saatnya kita mulai cara sound of text di Whatsapp. Kali ini kita akan menggunakan tools dari soundoftext.com. Untuk tools di situs lainnya, sebenarnya memiliki cara yang kurang lebih sama. Hanya saja untuk jenis suara robot yang disediakan berbeda dan memiliki penampilannya berbeda.

  1. Pertama, kunjungi situs soundoftext.com / voiceoftext.com baik menggunakan smartphone maupun laptop
  2. Di halaman utama, scroll ke bawah hingga menemukan kotak putih untuk mengisi teks
  3. Ketik teks yang ingin Anda jadikan sebagai nada notifikasi atau nada dering
  4. Apabila Anda ingin mengisi teksnya berupa bahasa asing, seperti bahasa Inggris atau bahasa Korea dan lainnya, gunakan Google Translate terlebih dahulu
  5. Setelah itu, buka pilihan bahasa yang berada di bawah box teks sesuai dengan bahasa yang digunakan dalam teks. Pastikan sama, jika berbeda maka dikhawatirkan suaranya akan aneh.
  6. Langkah terakhir, klik Submit kemudian nanti akan muncul link unduhan di bagian bawah.
  7. Unduh file suaranya ke smartphone atau laptop yang kemudian bisa kita jadikan sebagai nada dering atau nada notifikasi
buat suara robot cewek cowok

buat suara robot cewek cowok

Hanya saja, untuk penggunaan tools dari soundoftext.com hanya dibatasi untuk karakter saja. Sedangkan untuk lebih dari 200 karakter Anda harus membayar biaya langganannya sebesar 50% per tahunnya. Situs ini menyediakan hingga 34 pilihan bahasa yang sayangnya tidak memiliki opsi untuk memilih jenis kelamin pengucap.

Referensi terkait: https://kobi-id.org/cara-mudah-buat-suara-google/

2Sep/21Off

5 Aplikasi Voice Changer Terbaik Untuk Discord di PC (Windows)

discord voice changer

Sejauh ini, discord masih menjadi platform percakapan atau obrolan yang sangat terkenal, Khususnya bagi para gamers. Hal ini karena discord menawarkan kejernihan voice yang luar biasa. Selain kerap digunakan untuk membuat podcast oleh para konten creator, platform satu ini juga kerap dimanfaatkan untuk membuat podcast jarak jauh. Nah, untuk menarik perhatian penonton, ada 5 aplikasi voice changer untuk discord yang bisa Kamu gunakan. Jadi, selain bisa digunakan untuk konten, Kamu juga bebas menggunakannya untuk keperluan lainnya. Termasuk untuk ajang lucu-lucuan belaka.

Aplikasi Voice Changer untuk Discord

Dewasa ini, kejernihan suara dalam sebuah video memang tergolong sangat penting. Namun selain kejernihan suara, ada aspek lain yang juga banyak dicari oleh penonton. Salah satunya adalah suara yang unik-unik. Tidak heran jika akhirnya banyak aplikasi voice changer untuk discord bermunculan. Kehadiran aplikasi-aplikasi ini akan sangat membantu kamu yang ingin berkreasi dengan bebas. Apa saja aplikasinya?

Referensi terkait: https://www.transparansi.or.id/aplikasi-ubah-suara-voice-changer/

Online Voice Changer

Aplikasi pertama adalah online voice changer. Aplikasi satu ini dapat kamu akses menggunakan perangkat dengan sistem operasi apapun. Dengan catatan, perangkat kamu terhubung dengan internet ya. Karena ia hanya bisa bekerja ketika kamu online saja.

Online voice changer merupakan aplikasi yang tergolong banyak digunakan oleh konten creator. Untuk menggunakannya, kamu tidak perlu repot-repot mendownload aplikasi ataupun pihak ke tiga. Karena ia hanya berupa situs saja. Adapun jenis suara yang ditawarkan oleh online voice changer ini adalah sekitar 51 suara, termasuk di dalamnya efek Dalek, Bane, atau yang lainnya. Selain itu, di sini juga telah tersedia opsi untuk melakukan kustomisasi suara secara manual. Yang paling menarik adalah, ada berbagai fitur keren di dalamnya. Salah satunya adalah fitur sound of text, atau mengubah teks menjadi suara. Tenang saja, semua fitur yang ada di dalamnya bisa kamu akses secara gratis loh. Cara memanfaatkannya seperti apa? Cukup kunjungi situs satu ini, lalu buka aplikasi disdordnya.

Super Voice Changer

Aplikasi voice changer untuk discord yang kedua adalah super voice changer. Aplikasi keren satu ini dapat beroperasi di windows 10, 8, dan 7.  Kalau dari segi tampilan, ya tergolong standar. Namun kalau urusan fitur,bisalah kita katakana cukup baik. Karena di dalamnya, ada banyak sekali fitur yang bisa kamu gunakan.

discord voice changer

discord voice changer

Seperti voice smoothing, noice reduction, tone suara, dan lain sebagainya. Selain itu. aplikasi satu ini juga menyediakan pengaturan yang cukup keren. Yaitu pengaturan manual untuk efek suara. Baikan, ia juga bisa mengakomodasi mikrofon yang kualitasnya masih rendah. Hanya saja, Super voice changer ini terbilang agak teknis, ia juga belum dibekali dengan opsi preset. Sehingga di dalamnya seperti lebih mengedepankan kontrol aplikasi.

ClownFish

Aplikasi ClownFish merupakan aplikasi voice changer untuk discord yang sangat disukai oleh para gamers. Tidak heran jika akhirnya para pemain PUBG kerap menggunakannya untuk mengubah suara menjadi suara-suara yang unik dan menarik.

Adapun efek yang ditawarkan cukup banyak. Seperti suara wanita, laki-laki, suara bayi, suara alien, robot, dan lain sebagainya. Menariknya, aplikasi satu ini  menawarkan ratusan efek VST atau virtual studio Technology pihak ke tiga yang sangat kompatibel.

Aplikasi para gamers ini sangat worth it jika kamu gunakan pada sistem operasi windows. Kamu bisa mendownload dan menggunakannya secara gratis. Jika ingin mendownload aplikasi ini, alangkah baiknya jika kamu download lewat situs resmi mereka ya.

MorphVox JR

Aplikasi selanjutnya adalah MorphVox Jr. Aplikasi satu ini merupakan aplikasi untuk mengedit video. Kamu bisa mengedit audio yang sudah kamu persiapkan. Ada banyak sekali efek di dalamnya. Seperti suara alien, anak-anak, perempuan, dan lain sebanyak.

Lihat pula: Cara Sound of text anime Terbaru

Hanya saja, suara di aplikasi ini terdengar palsu. Meskipun demikian, tetap sangat worth it kok untuk kamu gunakan. Hal ini karena efeknya bisa kamu terapkan sesuai dengan kebutuhan. Aplikasi MorphVox Jr tergolong agak rumit, tapi tenang, karena mereka memberikan kamu control secara penuh untuk mengedit suara.

AV Voice Changer Software

Aplikasi voice changer untuk discord yang terakhir adalah AV Voice software. Aplikasi satu ini merupakan aplikasi pengubah suara terbaik loh. Bahkan, ia menempati posisi teratas untuk pengguna windows.

Hal ini karena aplikasi ini mengubah suara yang ada di dalamnya secara real time. Sehingga sangat kompatibel dengan berbagai layanan yang ada pada game. Di dalam aplikasi ini sudah tersedia berbagai macam efek suara keren dan lucu-lucu yang bisa kamu pilih.

Nah, itulah dia  5 aplikasi voice changer untuk discord yang bisa kamu gunakan. Kamu bisa memilih satu, atau lebih, sesuai dengan kebutuhan kamu. Demikian, semoga bermanfaat.