Review Aplikasi dan Informasi Teknologi Terkini Portal Teknologi Universitas Brawijaya

8Feb/22Off

Aplikasi Android Untuk Membuka File Dokumen PDF

aplikasi terbaik di android untuk membuka file pdf

Anda tentu sudah tidak asing lagi dengan file berjenis PDF yang mana merupakan salah satu jenis file yang kerap digunakan untuk berbagai macam jenis dokumen. Bahkan untuk e-book sendiri, berformat Pdf, hingga beragam file lain. Umumnya, kita hanya mengetahui bahwa untuk membaca file dengan format PDF, mesti dilakukan dengan menggunakan komputer atau laptop. Namun seiring perkembangan teknologi yang ada saat ini, mengakses dan membuka file PDF, bisa dilakukan dengan hanya menggunakan smartphone android saja.

Untuk membuka file PDF pada smartphone android, anda bisa mengaksesnya dengan aplikasi yang bisa digunakan untuk membuka file berformat ini. Banyak saat ini aplikasi android yang bisa digunakan untuk membuka file PDF. Aplikasi android ini bisa diinstal tanpa proses root terlebih dahulu, dan tentu saja bersifat offline, sehingga tetap bisa digunaka, walaupun tidak tersambung dengan paket data. Berikut adalah beberapa aplikasi android untuk membuka fle dokumen PDF.

Aplikasi Android Untuk Membuka File Dokumen PDF

aplikasi terbaik di android untuk membuka file pdf

aplikasi terbaik di android untuk membuka file pdf

PDF Reader Lirbi

Yang pertama, ada PDF Reader Lirbi yang merupakan aplikasi besutan dari Ivan Ivenko, dimana bisa digunakan untuk membaca file PDF baik itu melalui smartphone maupun tablet android. Dengan aplikasi PDF reader ini, anda bisa setting orientasi layar baik itu otomatis, maupun landscape. Aplikasi ini juga menyediakan widget untuk buku – buku terbaru, dan juga memiliki beragam keunggulan fitur lainnya, yang bisa mendukung pembacaan file PDF anda via smartphone.

Adobe Acrobat Reader

Aplikasi Adobe Acrobat Reader ini, merupakan salah satu yang bisa dimanfaatkan untuk membaca file PDF sesuai dengan keinginan anda. aplikasi android yang satu ini, merupakan salah satu yang bisa diakses gratis dan tanpa biaya. Terdapat beragam fitur menarik seperti misalnya bisa memperbesar area dokumen yang sedang dibaca, dan mampu mengekspor file dari PDF ke Word, Excel, atau sebaliknya.

PDF Viewer

PDF Viewer juga merupakan salah satu jenis aplikasi android yang disarankan untuk digunakan dalam mendownload file PDF dari internet, dimana aplikais ini merupakan salah satu jenis aplikais yang mudah untuk digunakan dan juga terbilang lebih ringan dan simple. Aplikasi android ini pun selain mudah untuk digunakan,karena hanya setelah menginstal, sudah otomatis mampu membaca file PDF ana, juga merupakan salah satu aplikasi yang bisa diinstal secara gratis.

Radaee PDF Reader

Aplikasi android ini, mampu melakukan rendering file dengan lebih mudah serta cepat. Keunggulan dari aplikasi pembaca file PDF ini antara lain adalah memiliki tampilan setidaknya sebanyak 6 tampilan layout, serta dapat digunakan untuk membaca file PDF tanpa preloading cache. Selain itu, zoom-in denga touch bisa dilakukan dengan aplikasi ini, serta fitur pemilihan teks atau sorot juga bisa anda temui didalamnya.

WPS Office + PDF

Aplikasi ini dikembangka oleh Kingsoft Office Software ang mana sudah digunakan oleh lebih dari 600 juta pengguna smartphone. Anda tidak hanya bisa membacafile PDF saja melalui smartphone android anda, namun juga bisa mengedit, hingga membuat dokumen office melalui smartphone android anda. aplikasi ini memang tidak hanya bisa digunakan untuk membaca file PDF saja, namun untuk format office lainnya, bahkan lembar bentang yang tersedia pun bisa digunakan untuk presentasi.

Lihat juga: Aplikasi Pilot Drone Terbaik untuk Ponsel Android

Itulah beberapa aplikasi android yang bisa digunakan untuk membuka file dokumen PDF yang bisa menjadi rekomendasi menarik untuk anda. semoga bermanfaat sebagai referensi untuk anda. dan selamat mencoba.

27Aug/21Off

4 Cara Mudah Sambungkan HP Android ke TV

full screen handphone xiaomi

Android yang disetting full screen akan memberi sedikit perbedaan luas dibanding sebelumnya. Perbandingannya sangat kecil, tapi dampaknya bagi jempol terasa lebih lapang.

Ada beberapa cara membuat Android menjadi full screen. Setiap merk HP biasanya menerapkan cara yang berbeda. Selain itu, bagian yang difull screen juga bervariasi, ada yang ingin melebarkan tampilan menu, game, hingga tampilan aplikasi full screen.

Temukan caranya di daftar kumpulan membuat Android menjadi full screen di bawah ini:

Kumpulan Cara Membuat Android Menjadi Full Screen

1. Cara Full Screen HP Samsung

Agar tampilan HP Samsung lebih lebar, baik pada tampilan menu, aplikasi dan game. Berikut adalah cara yang bisa dilakukan:

Cara Full Screen Tampilan Menu:

  1. Masuk ke menu pengaturan
  2. Lalu pilih menu Display atau Tampilan
  3. Kemudian pilih opsi 'Navigation Bar'
  4. Selanjutnya pilih 'Swipe Gesture'. Dengan begini tombol navigas 3 di bawah layar akan hilang. Berubah menjadi tombol gesek atau swipe
  5. Lalu aktifkan 'Gesture Hints' supaya tahu letak area yang harus di swipe

Cara Full Screen Aplikasi dan Game:

  1. Masuk ke menu pengaturan
  2. Lalu masuk ke menu Tampilan atau Display
  3. Pilih opsi 'Full Screen Apps'
  4. Kemudian pilih aplikasi yang ingin tampilannya dilebarkan
  5. Jika Anda ingin melebarkan tampilan game, tinggal pilih game di dalam daftar aplikasi tersebut
  6. Setelah mengaktifkan aplikasi yang Anda mau, Anda bisa langsung kembali ke menu utama

2. Cara Full Screen HP Xiaomi

Di deretan HP Xiaomi yang sekarang, terdpat menu pengaturan mode layar penuh (tersedia untuk beberapa tipe HP). Anda dapat memanfaatkan menu pengaturan tersebut:

full screen handphone xiaomi

full screen handphone xiaomi

Cara Full Screen Tampilan Menu:

  1. Buka menu pengaturan
  2. Lalu pilih Setelan Tambahan
  3. Kemudian pilih opsi 'Tampilan Layar Penuh'
  4. Lalu ubah navigasi sistem menjadi: 'Gerakan Layar'
  5. Kemudian Anda akan diminta mempelajari tombol gerakan sebentar. Selamat mencoba

Setelah melakukan cara itu, otomatis Anda sudah membuat tampilan layar Xiaomi full screen semua (seharusnya seperti itu). Lihat juga: Cara Sound of Text WhatsApp di Android

3. Cara Full Screen HP Oppo

Sama dengan cara lainnya, agar tampilan layar lebih lebar, Anda harus menghilangkan tombol navigasi di HP Oppo. Berikut adalah caranya.

Cara Full Screen Tampilan Menu:

  1. Masuk ke menu pengaturan
  2. Pilih opsi 'Convenience Tools'
  3. Lalu klik 'Navigasi Buttons'
  4. Kemudian pilih 'Swipe Gestures from Both Sides'
  5. Ketiga tombol di bawah layar pun hilang, dan layar HP menjadi tampak lebuh luas

Cara Full Screen Aplikasi dan Game:

  1. Masuk ke menu pengaturan
  2. Lalu pilih menu Layar dan Kecerahan
  3. Kemudian pilih 'App Display in Full Screen'
  4. Nanti akan muncul daftar aplikasi dan game Anda. Geser tombol toggle sampai hidup. Aktifkan fitur full screen ini di aplikasi yang diinginkan
  5. Otomatis, semua game atau aplikasi yang Anda pilih tampilannya akan full screen

4. Cara Full Screen HP Vivo

Ikuti langkah berikut untuk memperbesar tampilan layar di HP Vivo untuk 'hampir' semua produk. Ini hanya berlaku pada produk Vivo yang baru, bukan yang jadul atau yang sangat zaman dahulu.

Cara Full Screen Tampilan Menu:

  1. Masuk ke pengaturan
  2. Lalu pilih 'Sistem Navigasi'
  3. Kemudian cari pilihan 'Gesture Navigasi'. Ketiga tombol di bawah layar akan hilang berubah msnjadi tombol gesture
  4. Terakhir pilih No Icon
  5. Layar HP Vivo pun tampak lebuh luas setelah ketiga tombol dihilangkan

Cara Full Screen Aplikasi dan Game:

  1. Masuk ke menu pengaturan
  2. Pilih Display dan Brightness
  3. Lalu cari menu ini: 'Third-Party App Display Ratio'
  4. Lalu pilih aplikasi atau game yang mau tampilannya dilebarkan
  5. Selesai

Lihat juga: Download WA Plus ALL Android Smartphone

Untuk merk HP lainnya, Anda bisa mencari tutorialnya sendiri. Karena yang dibahas di sini hanya sebatas Samsung, Xiaomi, Oppo dan Vivo.

Tagged as: Comments Off