Mengenal Jenis-Jenis Splitter Audio Dan Kisaran Harganya

Bagi kamu yang seorang gamers, pasti sudah tidak asing dengan alat yang bernama ‘splitter’ kan? Namun bagi yang masih pemula, tentu belum tahu dan mengenal apa itu splitter, dan juga belum mengenal jenis-jenis splitter audio beserta kisaran harganya. Nah, splitter ini dibutuhkan oleh seorang gamers untuk mendukung headset gamingnya. Sesuai dengan namanya, splitter atau yang disebut dengan converter ini adalah alat bantu konektor jack 3,5 mm dari headset ke laptop ataupun ke ponsel kamu. Dari satu colokan ke 2 colokan, ataupun sebaliknya.

Ketika akan membeli splitter, kamu meski menyesuaikannya dengan bentuk portnya. Baik itu yang terdapat pada ponsel atau komputer, atau bahkan yang terdapat pada headset yang kamu gunakan. Pokoknya, jangan sampai salah deh ketika mengkoneksikannya. Karena jika sampai salah, tentu akan membuat beberapa hal tidak berfungsi. Misal, ketika kamu memasukkan colokan yang ada pada splitternya ke port jack speaker, maka dipastikan tidak akan adas suara yang keluar. Maka, agar alat tersebut benar-benar berfungsi, kamu memang harus memasangnya dengan baik dan benar. Bagi kamu yang masih penasaran seputar splitter ini, yuk simak penjelasan mengenal jenis-jenis splitter audio beserta kisaran harganya.

Fungsi Audio Splitter

Adapun fungsi dari audio splitter ini adalah untuk menyatukan colokan yang terdapat pada headphone. Nah biasanya kan, pada headphone itu terdapat 2 colokan, yakni untuk mic dengan audio, menjadi hanya 1 colokan saja. Sehingga dapat kamu gunakan untuk dua fungsi sekaligus.

Yakni untuk mic dengan audio. Selain itu, alat satu ini juga dapat kamu gunakan ketika akan menambahkan mic external. Biasanya, penambahan mic external ini agar mendapatkan suara yang jauh lebih bagus dan jernih ketimbang suara yang berasal dari headsetnya. Keduanya (headset dan mic) akan berfungsi di ponsel kamu. Menariknya, alat ini bukan hanya bisa kamu colokkan ke ponsel, tapi juga bisa digunakan ke laptop atau PC loh.

Lihat juga: Cara Sound of Text Doraemon Terbaru

Jenis-jenis splitter audio

Nah sebenarnya, apa saja jenis-jenis splitter audio ini? Secara umum, hanya ada 2 jenis  splitter audio. Yakni ada yang splitter male to 2 female dengan splitter female to 2 male. Kamu pasti bingung ya dengan istilah male dengan female ini. Sederhananya, male ini untuk menunjukkan colokan yang terdapat tonjolannya. Sementara female untuk menunjukkan port jack yang mempunyai lubang. Daripada bingung, berikut adalah jenis-jenis splitter audio secara khusus yang bisa kamu temukan di pasaran.

FireWire

Splitter audio satu ini dikembangkan oleh pihak Apple tahun 90-an. Pada tahun 1999, ia pertama kalinya disematkan ke komputer. Kabel ini pernah Berjaya di zamannya. Karena nyaris seluruh hardware audio dengan video profesional memakai Fireware ini dulunya. FireWare hadir dengan beberapa macam kabel.

Kabel

Jenis-jenis splitter audio yang kedua adalah adat. Di mana, kabel satu ini kerap disebut dengan nama Optic.  Jenis satu ini merupakan jenis splitter audio yang sering digunakan oleh para gamer. Karena ia memungkinkan kamu untuk melakukan expand input audio interface atau memperbanyak input.

Tip Sleve

Yang selanjutnya ada Tipe Sleve. Tip Sleve merupakan konektor mono atau unbalance. Kabel Tip Sleve ini kerap disebut dengan kabel Jack.

Harga Splitter Audio

mengenal jenis audio splitter
mengenal jenis audio splitter

Untuk harga splitter audionya sendiri sangat beragam ya. Tergantung dengan merk dan tipe yang kamu beli. Agar mempunyai gambaran terkait dengan kisaran harga splitter audionya, simak beberapa daftar harga berikut.

  • Splitter Audio Mic Kabel AUX Jack 3,5 mm, 1 male 2 female. Untuk harganya sendiri adalah sekitar Rp. 117.000.
  • Audio Splitter / Audio Splitter / Audio Splitter 2-1 Mic Audio, Rp. 9000
  • Audio Splitter U shape 2 in 1 Mic & audio jack 3,5mm, Rp. 18.000
  • Splitter Jack 3.5mm Audio Microphone Dual Female Adapter Converter Mic, Rp. 12.000.
  • Kabel Audio Splitter 3 Ring Panjang splitter hp audio Mic – 64975, Rp. 35.000.
  • green Audio Splitter Extension Cable Jack Audio, Rp. 108.000.
  • Yichuang YC-ZH02 Audio Splitter Cable, Rp. 75.000
  • Yichuang Yc-Zh01 Audio Splitter Cable, Rp. 75.000.
  • Splitter U Aux 3.5mm Ke Audio Headset & Mic Splitter For Gaming Audio Splitter, Rp. 10.000
  • Mediatech Kabel Audio Splitter Panjang Silver / Headphone Splitter Silver – 64975, Rp. 32.000.
  • U Shape 3.5mm Audio Splitter Headphone and Microphone, Rp. 23.000.
  • Elite 6-Way 3.5mm Stereo Audio Splitter Adapter, Rp. 60.000.
  • Splitter Audio Multifunction Splitter Mic Mic / Mic Audio / Dual Audio kabel audio multifungsi, Rp. 150.000.

Harga tersebut berdasarkan harga yang ditawarkan di beberapa marketplace ya. Dari beberapa data di atas, kita bisa melihat bahwa harganya sangat random. Ada yang di atas Rp. 100.000 ribu, dan banyak juga yang di bawahnya. Untuk ulasan lengkap, kamu bisa juga mengacu pada tutorial sound of text whatsapp dari tim Fedora Audio.