Review Aplikasi dan Informasi Teknologi Terkini Portal Teknologi Universitas Brawijaya

8Apr/22Off

Google Text to Speech: Pengubah Teks jadi Suara Gratis dan Terbaik

Aplikasi google text to speech yang satu ini biasanya sudah otomatis terinstal di perangkat android. Aplikasi pengubah teks ke suara dari google ini bisa digunakan untuk berbagai layanan pihak ketiga, seperti di google map, menu pesan, google penelusuran, dan aplikasi text to speech lainnya yang membutuhkan google text to speech ini.

Google text to speech ini hanya bisa dipakai di perangkat android, dan biasanya terinstal otomatis di perangkat namun untuk bisa menggunakannya kamu harus mengaktifkannya terlebih dahulu lewat menu pengaturan di Hp androidmu.

Cara Pakai Google Text to Speech App

Screenshot 47
Google text to speech

Berikut langkah-langkah cara pakai google text to speech di android:

  1. Langkah 1: Pastikan google text to speech sudah terinstal di hp, bila belum kamu bisa instal lewat playstore.
  2. Langkah 2: Buka menu pengaturan di hp
  3. Langkah 3: Pilih General atau Umum
  4. Langkah 4: Pilih aksesibilitas
  5. Langkah 5: Klik vision, tergantung dari merk perangkat
  6. Langkah 6: Pilih ‘select to speak’
  7. Langkah 7: Klik OK

Screenshot 48
Google text to speech

Fitur-fitur yang Ada di Google Text To Speech

Google text to speech dilengkapi dengan berbagai fitur, seperti:

#1 Ragam Pilihan Suara dan Bahasa

Screenshot 50
Google text to speech

Aplikasi Google Text to Speech menawarkan banyak jenis suara dan bahasa. Dengan didukung lebih dari 220 suara dan juga 40 jenis bahasa.

#2 Deteksi Suara

Fitur yang satu ini dapat mendeteksi suara yang dihasilkan. Lewat  fitur ini, maka perintah suara dapat dipahami google dengan lebih baik, sehingga saat mencari informasi yang dibutuhkan akan ditampilkan dengan maksimal

#3 SSML dan Dukungan Teks

Fitur ini dapat membantu pengguna dalam melakukan custom suara mereka saat menambahkan nomor, waktu atau untuk melakukan pause dan mengatur ulang perintah pelafalan kata.

#4 Pengaturan Nada/ Pitch Tuning

Fitur untuk mengatur nada atau Pitch tuning ini akan membantu pengguna dalam mengatur pitch pada pilihan suara. Dengan didukung oleh lebih dari 2- jenis suara yang bisa dipilih.

#5 Kecepatan Suara/Speaking Rate Tuning

Fitur untuk mengatur kecepatan suara atau Speaking rate tuning ini akan membantu pengguna dalam mengatur kecepatan suara mereka menjadi lebih lambat atau lebih cepat dari pengaturan awal. Lewat fitur ini sistem akan memberikan respons lebih maksimal.

Aplikasi terkait: Natural Reader App

Dengan fitur di atas menjadikan aplikasi Google text to Speech ini sebagai aplikasi yang mampu diandalkan untuk mencari informasi dengan mudah. Tentunya, akan ada fitur terbaru yang pasti tersedia seiring adanya pembaruan yang terus dilakukan.

Keunggulan Google Text to Speech

Google Text to Speech muncul memberikan varian teknologi baru yang mampu mencari informasi lewat smartphone. Selain fitur-fitur menarik pastinya aplikasi ini juga memiliki keunggulan lainnya. Diantara keunggulannya yakni dengan menggunakan program API atau Application Programming Interface yang menjadikan aplikasi ini sangat mudah digunakan.

Lewat Google Text to Speech, kamu akan mendapatkan informasi yang fleksibel dalam  melakukan pencarian dan  juga melakukan panggilan yang interaktif.

Selain itu, aplikasi ini juga menyediakan lebih dari 30 jenis suara dalam berbagai bahasa serta varian. Dengan banyaknya pilihan suara tersebut tentunya kamu bisa mengintegrasikan aplikasi dengan perangkat apapun lebih mudah. Bukan hanya di Hp saja, tapi juga di PC, laptop, dan sebagainya.

Dengan berbagai fitur serta keunggulan yang ditawarkannya,  tak ada salahnya kamu pilih Google text to speech ini untuk memaksimalkan pemakaian android kamu. Kamu bisa menginstal dan menggunakannya pun secara gratis.

Sumber refeensi: Sound of text Jawa