5 Aplikasi Pengolah Kata Gratis dan Terbaik untuk PC (Offline dan Online)

Selama ini saat melakukan pengetikan atau pengolahan kata, orang akan menggunakan Microsoft Word. Sayangnya, aplikasi ini tidak gratis sehingga seseorang harus membeli lisensi nya terlebih dahulu apabila ingin menggunakan secara penuh. Jika tidak, mereka akan menggunakan aplikasi bajakan.

Daripada menggunakan aplikasi bajakan kenapa tidak memakai aplikasi pengolahan kata lain yang gratis. Apalagi jenis aplikasi ini cukup banyak dan bisa dipasang secara langsung ke komputer atau laptop yang dimiliki. Untuk rekomendasi aplikasi apa saja yang bisa digunakan simak artikel berikut:

Referensi terkait: Cara Pakai Google Translate Inggris-Indonesia

Rekomendasi Aplikasi Olah Kata PC

Software Pengolah Kata
Software Pengolah KataSoftware Pengolah Kata

Aplikasi olah kata atau pengetikan sangat dibutuhkan saat. Apalagi jika seseorang bekerja di kantor atau memiliki profesi sebagai penulis. Daripada memakai aplikasi bajakan lebih baik menggunakan aplikasi gratis berikut:

1. WPS Office Writer

Bagi pengguna ponsel Android aplikasi ini mungkin sudah sangat terbiasa digunakan. Ternyata WPS juga tersedia pada versi PC sehingga bisa digunakan untuk melakukan pengetikan dengan lebih nyaman. Jadi, tidak perlu menggunakan Microsoft Office bajakan seperti yang sering dilakukan banyak orang.

Dengan menggunakan aplikasi ini, proses pengetikan atau pengolahan kata bisa dilakukan dengan lebih mudah dan cepat. Apalagi antarmuka dari aplikasi ini hampir sama dengan Word standar sehingga tidak akan ada ketidaknyamanan saat memakainya.

Aplikasi ini juga terlihat seperti website single akan lebih membuat pengguna nyaman saat berjam-jam harus memakainya. Untuk pengguna yang sudah memiliki file yang sudah jadi, aplikasi ini bisa langsung digunakan untuk membukanya karena WPS sudah mendukung berbagai jenis format dokumen.

2. LibreOffice

tampilan lebre office alternatif ms word gratis 100 persen
tampilan lebre office alternatif ms word gratis 100 persen

Aplikasi ini menyediakan berbagai jenis pengolahan data mulai dari kata hingga angka. Tidak mengherankan jika menggunakan aplikasi ini, pengguna bisa melakukan pengolahan dokumen dengan lebih baik tanpa harus membayar terlebih dahulu seperti Microsoft Word.

Dengan menggunakan aplikasi ini proses pengolahan kata bisa berjalan dengan baik. Bahkan, seluruh dokumen bisa langsung disimpan sesuai dengan format. Selain itu, berbagai jenis format dokumen bisa dibuka. Jadi, tidak hanya dokumen dengan ekstensi docx saja. Lebih dari itu, PDF pun juga bisa dibuka.

3. Openoffice Writer

Aplikasi selanjutnya yang bisa digunakan untuk melakukan pengolahan kata secara gratis adalah OpenOffice writer. Aplikasi ini memiliki kualitas yang hampir sama dengan Microsoft Word, bahkan menu yang ada didalamnya hampir mirip.

Apabila sudah terbiasa menggunakan Microsoft Word dan takut tidak akan nyaman menggunakan aplikasi. Tidak perlu khawatir Karena aplikasi ini memiliki antarmuka yang cukup intuitif, sehingga bisa dengan mudah melakukan pengaturan dalam teks sesuai dengan keinginan.

Satu hal lagi yang harus diketahui oleh calon pengguna yang akan memasang aplikasi. Open Office writer tidak terlalu berat sehingga kemungkinan untuk membebani RAM pada komputer atau PC akan rendah. Jadi, meski spesifikasi komputer yang dimiliki tidak terlalu baik aplikasi masih di bisa dipasang.

Satu hal lagi yang kemungkinan jarang diketahui oleh para pengguna aplikasi ini adalah penyuntingan secara online. Jadi, seseorang bisa melakukan penyuntingan dari manapun sesuai dengan kebutuhan. File akan tersimpan secara online sehingga bisa diakses kapanpun diinginkan.

4. Free Office Textmaker

Secara fungsi aplikasi ini hampir sama dengan tiga yang sudah dibahas di atas. Jadi, bisa digunakan untuk melakukan pembuatan dokumen yang nantinya akan disimpan dalam bentuk atau docx. Selanjutnya juga bisa membuka berbagai jenis file dokumen sesuai dengan kebutuhan.

Aplikasi ini bisa langsung dari penyedia, jangan pakai situs sharing, ya! Pengguna tidak perlu khawatir Karena aplikasi ini menyediakan banyak sekali fitur yang sama dengan Microsoft Word sehingga pengolahan data tidak akan berjalan terlambat.

Baca juga: Cara Membuat Suara Google Tanpa Aplikasi di HP Android

Bahkan aplikasi ini cocok untuk berbagai jenis komputer atau laptop meski spesifikasinya standar. Jadi, tidak ada salahnya untuk mencoba terlebih dahulu aplikasi ini untuk melakukan pengolahan kata sesuai dengan kebutuhan.

5. Dropbox Paper

Ternyata aplikasi cloud Dropbox juga memiliki fitur yang hampir sama dengan Google dokumen. Tapi seseorang bisa melakukan pengetikan dan contoh pengolahan sampah secara langsung menggunakan aplikasi tersebut.

Hadirnya layanan ini akan membuat aplikasi tersambung secara langsung dengan cloud. Artinya proses pengolahan bisa dilakukan dari manapun sesuai dengan keinginan dari pengguna. Bahkan jika ingin melakukan penyuntingan melalui ponsel sekalipun masih bisa dilakukan.

Aplikasi ini juga memiliki fitur yang cukup lengkap di dalamnya. Jadi, pengolahan akan berjalan secara lancar dan pengguna tidak akan menggunakan aplikasi bajakan.

Aplikasi pengolah kata gratis yang tersedia pada PC bisa dimanfaatkan secara maksimal. Dengan begitu pengguna tidak akan merasa bersalah karena terus menggunakan aplikasi palsu. Apalagi aplikasi tersebut bisa saja berbahaya untuk komputer atau laptop yang digunakan.

Alternatif lain selain menggunakan aplikasi yang terpasang pada komputer atau PC adalah memakai Google Docs. Dengan menggunakan platform ini seseorang bisa melakukan proses pengetikan kata langsung dari situs. Jadi, proses penyimpanan berjalan secara otomatis dan bisa juga digunakan secara offline.

Referensi utama: https://nadadering.readthedocs.io/