Review Aplikasi dan Informasi Teknologi Terkini Portal Teknologi Universitas Brawijaya

9Apr/22Off

10 Fitur Terbaru YouTube Studio Agar Konten Semakin Cuan

Menu video di YouTube Studio juga tidak kalah penting untuk dipelajari saat ingin sukses menjadi Youtuber dan mendapatkan banyak adsense. Simak apa saja bagian yang harus diketahui dari menu Videos di bawah ini.

cara pakai youtube studio untuk cari cuan adsense

#1 Kategori Konten

Pada bagian ini akan berisi kategori konten yang anda unggah ke YouTube diantaranya :

  1. Uploads: Konten video yang anda upload
  2. Live: Video live streaming yang disimpan
  3. Stories: konten StoryYouTube yang belum expired

#2 Kotak Pencarian

Bagian ini bisa anda gunakan untuk mencari video yang sudah diunggah ke channel YouTube, untuk mengoptimasi video YouTube di kolom pencarian atau search engine, kamu butuh optimasi yang dinamakan SEO YouTube. Selain itu ada juga fitur Filter Video, bagian ini berguna untuk menyaring video anda berdasarkan kategori yang sudah tersedia. Filternya sendiri terdiri dari :

  • Copyright Claims: filter yang akan menyaring video berdasarkan status hak cipta. Ini berguna untuk mencari unggahan mana saja yang bermasalah dengan UU hak Cipta.
  • Description : untuk menyaring video berdasarkan deskripsinya.
  • Monetization : filter ini berguna untuk menyaring video berdasarkan status monetisasinya. Pilihan yang ada dalam bagian ini adalah Monetized, Not Monetized dan Limited.
  • Title : berguna untuk menyaring unggahan berdasarkan judul.
  • Views : bagian ini akan menyaring unggahan berdasarkan jumlah viewers.
  • Visibility : Filter ini menyaring unggahan berdasarkan status penayangan video.
  • Detail Video

Bagian ini berisi keterangan dari video yang anda unggah, misalnya judul dan deskripsi video, status penayangan video, status monetisasi, apakah unggahan terkena masalah UU Hak Cipta atau tidak, tanggal publikasi vodeo, jumlah viewers dan komentar serta jumlah penonton yang suka dan tidak suka dengan unggahan anda.

Lihat juga: Kalkulator YouTube Studio untuk hitung Penghasilan AdSense

#3 Menu Playlist

cara pakai youtube studio untuk cari cuan adsense

Ini juga merupakan bagian yang penting untuk dipelajari. Jika dapat menggunakan menu Playlist ini dengan benar, dapat memperbesar kemungkinan video yang anda unggah ditemukan pada hasil pencarian YouTube. Menu ini terbagi dalam tiga bagian penting yaitu :

  • Buat Playlist : bagian ini untuk membuat playlist yang baru.
  • Edit Playlist : bagian ini untuk menambahkan video ke playlist. Disini juga berguna untuk mengganti nama dan deskripsi playlist.
  • Kembali ke YouTube Studio : ini berguna untuk kembali ke halaman administrasi channel YouTube anda.

#4 Menu Analytics

cara pakai youtube studio untuk cari cuan adsense

Pada menu ini para Youtuber pemula akan belajar mengenai informasi mengenai data dari konten yang diunggah ke YouTube. Dari data yang tertera disini anda dapat melihat berapa banyak penghasilan dari YouTube di setiap video dan video apa saja yang disukai di channel anda.

#5 Menu Comments

Semua komnetar yang masuk ke channel YouTube akan berada di bagian ini. Anda bisa menyaring semua komentar dengan filter khusus. Contohnya menyaring komentar apa saja yang belum sempat dibalas. Bagian ini penting untuk menjalin relasi dan komunikasi dengan para viewers dan subscribers.

#6 Menu Subtitles

Bagian ini berisi informasi mengenai caption video atau subtitle yang ada pada video unggahan anda. Bagian ini juga bisa disetting agar orang lain dapat membuat caption atau subtitle di video anda maka pilihan untuk menerapak moderasi subtitle ada di bagian ini.

#7 Cara Pakai YouTube Studio Untuk Cari Cuan Adsense Memakai Menu Setting

Cara pakai Youtube Studio untuk cari cuan adsense berikutnya adalah dengan mempelajari menu Setting. Dengan menguasai menu ini anda akan mendapatkan banyak viewers yang akan meningkatkan adsense. Menu ini harus dikuasai bahykan sebelum anda mengunggah video pertama di YouTube.

Pada menu ini anda dapat melaporkan orang-orang yang mengunggah ulang video anda tanpa izin. Para pengunggah ulang ini disebut re-uploader. Dengan demikian video yang anda unggah akan terlindungi.

#9 Cara Pakai YouTube Studio Untuk Cari Cuan Adsense Memakai Menu Monetization

Untuk mendapatkan cuan dari adsense di YouTube, anda harus memperhatikan bagian ini. Bagian ini memang akan sering dikunjungi oleh para pemula yang channelnya belum di monetisasi. Pada menu ini anda akan mengetahui apakah channel yang anda miliki sudah memenuhi syarat monetisasi atau belum.

Sebagai informasi bahwa syarat sebuah chanel untuk dimonetisasi adalah 1000 subscriber dan memiliki 4000 jam tayang selama 365 hari terakhir. Karena itu, rajinlah memeriksa di bagian ini apakah channel anda sudah memenuhi syarat atau belum.

#10 Menu Audio Library dan Menu Create

Jika anda membuka menu ini Audio Library maka anda akan terhubung dengan halaman berisi aneka music gratis yang dapat digunakan di video unggahan anda. Sementara jika mengklik menu Create, maka anda akan masuk ke halaman berisi bagian saat ingin mengunggah video, memulai live streaming atau membuat postingan di halaman Community di channel YouTube anda.

Demikian ulasan kali ini mengenai cara pakai YouTube Studio untuk cari cuan adsense. Dengan menguasai halaman adiminsitrasi manajemen channel YouTube ini, maka para Youtuber akan menguasai banyak hal termasuk mendapatkan viewers untuk mendongkrak adsense yang berarti pendapatan dari YouTube meningkat.

Sumber referensi:

Tagged as: Comments Off