UTS E COMMERCE

Posted: 23rd April 2010 by taufik ginting in Uncategorized
Comments Off on UTS E COMMERCE

1. Jelaskan bagaimana hubungan E-Commerce terhadap supply chain management?

Jawab : E-commerce merupakan proses pembelian, penjualan, atau pertukaran informasi, produk dan jasa melalui jaringan komputer. Dengan adanya E-commerce ini perusahaan memperoleh manfaat salah satunya adalah peningkatan dalam rantai pasokan (supply chain). Sebelum adanya E-commerce, supply chain dilakukan secara sederhana atau tradisional, dan terakhir Retailer ,Wholesaler ,Producer , yaitu dari Supplier adalah Konsumen. Namun dengan adanya E-commerce rantai tersebut tidak berlaku lagi karena beberapa elemen dapat dihilangkan oleh E-commerce, antara lain: Consumer, proses ini disebut Disintermediation Producer Supplier in Direct Marketing, karena menghilangkan atau mengeliminasi semua komponen pihak penyalur yaitu Wholesaler dan Retailer. Consumer, yaitu proses wholesaler , Producer , Supplier Disintermediation of the Retailer. Dalam proses ini, Retailer dihilangkan. Electronic Intermediation on the Internet Producer Supplier Consumer, disebut Reintermediaton. Dalam proses ini, komponen-komponen penyalur digantikan fungsinya dengan saluran internet. Dengan adanya model baru supply chain melalui E-commerce perusahaan memperoleh beberapa manfaat, yaitu:

a) Dapat meningkatkan hubungan atau relasinya dengan konsumen secara langsung,

b) Mengurangi biaya dalam pengiriman atau penyaluran barang dari produsen konsumen.

c) Mengurangi waktu menunggu (idle time) karena baik barang baku maupun barang jadi

memiliki waktu lebih cepat.

d) Mengurangi biaya-biaya lain, seperti biaya komunikasi.

2. Jelaskan bagaimana E-Commece dapat mengurangi siklus waktu, meningkatkan kinerja karyawan dan memberikan dukungan terhadap fasilitasi pelanggan?

Karena E-commerce dilakukan melalui jaringan komputer, waktu dan tempat bukan lagi menjadi halangan dalam melakukan perdagangan. Seperti yang sudah diketahui oleh banyak orang, dengan suatu jaringan komputer, apapun itu jenisnya, kita sudah dapat berhubungan dengan banyak orang seberapapun jauhnya orang itu. Bila jarak sudah bukan menjadi halangan, maka secara otomatis masalah waktu pun juga teratasi. Hal ini juga terjadi dalam dunia perdagangan. Dengan adanya E-commerce, kita dapat melakukan transaksi perdagangan dengan siapa saja dan di mana saja sehingga masalah waktu dan jarak pun teratasi .
Bagi pekerja, E-commerce pun sangat membantu dalam memperbaiki kualitas para pekerja. Mungjin sebelum adanya E-commerce, para pekerja harus berangkat ke kantor pagi sekali, dan pulang larut malam. Namun dengan adanya E-commerce, mereka tidak perlu berangkat pagi-pagi. Pekerjaan kantoran dapat dilakukan di rumah atau selama perjalanan ke kantor. Mereka juga tidak perlu lembur, karena pekerjaan dapat dilanjutkan di rumah atau dimana saja mereka terhubungolehinternet.
Bagi pelanggan, adanya E-commerce sangat membantu mereka di tengah-tengah kesibukan akitivitasnya. Dengan E-commerce, dalam memenuhi kebutuhannya, baik itu untuk keperluan sehari-hari atau keperluan untuk liburan, mereka tidak perlu repot-repot mendatangi langsung pasar atau toko atau supermarket yang menyediakan kebutuhannya. Cukup memesan di Internet, semua dapat terpenuhi. Mulai dari makanan, minuman, camilan, pakaian, mainan anak, keperluan rumah tangga, alat elektronik, gadget, hingga pemilihan paket liburan.

3. 3.Bandingkan antara “marketplaces” dengan “marketspaces”. Apa keunggulan dan keterbatasan masing-masing!

A. Marketplaces
Marketplaces ialah tempat di mana transaksi perdagangan dengan sejumlah uang atau pertukaran antara penjual dan pembeli atas barang dan jasa terjadi. Proses transaksi perdagangan terjadi secara langsung (face to face) dan komunikasi juga dilakukan secara langsung (2 arah).

· Kelebihan:
1) Pembeli dan penjual bertemu langsung dan bertransaksi secara langsung.
2) Tidak perlu menggunakan alat bantu dalam berhubungan seperti jaringan atau koneksi internet dalam melakukan transaksi.
3) Pembeli menerima barang dan penjual menerima uang pembayaran saat itu juga, ketika transaksi sedang berlangsung.
4) Mengurangi risiko terjadinya tindak kejahatan baik yang dilakukan pembeli ataupun penjual.

· Kelemahan:
1) Memakan cukup banyak waktu, biaya dan tempat. Dengan kata lain tidak efisien.
2) Tidak fleksibel, karena pembeli dan penjual wajib bertemu di tempat yang disebut sebagai pasar.

B. Marketspace
marketplaces yang dilakukan melalui media elektronik di mana terjadi perubahan dalam beberapa proses dalam perdagangan dan rantai persediaan baik transaksi, pertukaran informasi, maupun pembayarannya.

· Kelebihan:
1) Efisien dan fleksibel karena pembeli dan penjual tidak saling bertemu secara langsung. Atau dengan kata lain penjual dan pembeli dapat bertemu di mana saja, kapan saja.
2) Berazaskan kepercayaan yang tinggi.
3) Produk yang dibeli merupakan barang atau jasa dengan standar kualitas yang terbaik.
4) Kaya akan informasi
5) Mengurangi biaya perolehan atas suatu informasi yang berharga.

· Kelemahan:
1) Risiko terjadinya tindak kejahatan yang dilakukan bai k pembeli maupun penjual sangat tinggi.
2) Ketika transaksi sudah berlangsung, pembeli tidak langsung menerima barang yang dibeli, sedangkan penjual juga tidak menerima uang secara langsung.
3) Ancaman dari pihak-pihak luar sangat tinggi.
4) Perlu adanya tambahan biaya untuk alat-alat khusus sperti koneksi internet, modem, dan sebagianya.
5) Perlu adanya pihak ketiga.

4. Bandingkan harga Sony digital Camera pada: shopping.com, mysimon.com, bottomdollar.com, bizrate.com, dan pricescan.com. Situs mana yang memberikan harga terbaik? Dimana anda mendapatkan informasi terbaik?

Jawab : Pada situs shopping.com harga yang ditawarkan adalah mulai $108 – $274 dari kurang lebih 7 toko online. Dari mysimon.com harga yang ditawarkan adalah serendah-rendahnya $149,99. Sedangkan dari bottomdollar.com harga yang ditawarkan adalah serendah-rendahnya $135, yang sama dengan harga yang ditawarkan bizrate.com. Dan dari pricescan.com harga yang ditawarkan adalah mulai dari $135.

Seluruh situs ini merupakan situs-situs yang memberikan perbandingan harga dari online store satu dengan online store lain. Dan tentunya mereka menampilkan harga-harga terendahnya. Semua memiliki fitur pencarian barang, barang yang paling dicari, dan kategori-kategori barang. Namun secara layout, saya lebih menyukai berbelanja di shopping.com. Selain layoutnya yang lebih menarik, shopping.com juga memberikan opsi browse product by brand sehingga konsumen tidak perlu mencari-cari via seach engine di situs tersebut.

5. Jelaskan bagaimana trust, kepuasan, loyalitas konsumen pada E-commerce (Tunjukkan berdasarkan riset yang termuat di jurnal http://sciencedirect.com sebagai rujukan)

Cara mengukur trust, kepuasan, dan loyalitas konsumen pada E-Commerce, semua tergantung dari pengalaman konsumen ketika bertransaksi melalui internet dan pihak produsen atau situs yang menyediakan transaksi lewat internet yang dimaksud.Karena E-commerce adalah Space Market atau Pasar Maya maka yang menjadi satu kunci yang sangat penting adalah Kepercayaan yang tinggi.Jadi,apa bila satu kepercayaan dari konsumen sudah dilanggar oleh produsen maka konsumen dapat saja berali pada produsen marketspace yang lain atau bahkan bisa saja kembali ke Pasar Fisik.jadi disini dapat saya tarik kesimpulan Bahwa sebenarnya ada suatu faktor yang dapat mempengaruhi konsumen dalam melakuakn suatu transaksi E-commerce yaitu :

  • Bagaimana Produsen dapat memberikan suatu kepercyaan pada konsumennya untuk membeli produknya menggunakan E-cmommerce
  • Bagaimana keamanan dan Privasi yang diberikan pada konsumen dalam melakukan transaksi
  • Akses terhadap Internet masih relatif mahal bagi beberapa masyarakat
  • Kebanyakan dari Konsumen masih lebih memilih untuk bertransaksi menggunakan Pasar fisik dibandingkan dengan Pasar maya karena tingkat kejahatan bisa diminmalisir

6. 6. Jelaskan bagaimana penerapan segmentasi pada E-Commerce.

Dalam segmentasi bila diterapkan melalui e-commerce meliputi beberapa hal baik segmentasi produk,segmentasi pasar, segmentasi pelanggan dan lainnya. Proses segmentasi yang disain oleh vendor online pada pinsipnya sama dengan vendor offline yang telah ada. Tetapi dalam e-commerce ini dituntut untuk melakukan inovasi layanan mengenai kemudahan online yang ditawarkan oleh vendor online tersebut. Segmentasi pada e-commerce akan memudahkan para vendor online untuk bisa melakukan bidikan secara tepat dalam aktivitas B2B dan B2C yang telah mereka terapkan. Sehingga vendor tersebut bisa mempertahankan bisnis mereka secara terus menerus.

7. Cari contoh 3 situs yang menerapkan B2B menggunakan E-Commerce. Berikan gambaran tentang situs-situs tersebut.
ü www.alibaba.com
dalam situs tersebut memberikan penawaran baik untuk aktivitas sell or buy, serta untuk supplier yang akan bergabung. Kita bisa melakukan join secara free dan bisa melakukan cek barang yang tersedia dengan memasukkan barang yang akan kita cari dengan juga menentukan tempat barang tersebut tersedia. Baik secara region maupun semua negara. Dalam situs ini menawarkan berbagai keperluan, mulai keperluan agriculture, teknologi dan sebagainya.
ü www.eceurope.com
ECeurope dalam profilnya menyatakan bahwa mereka adalah sumber terbesar the international trade lead. Dimana lebih dari 560.000 bisnis telah terdaftar untuk meningkatkan penjualan mereka, menurunkan biaya supplier, dan menemukan kontak bisnis baru. Kategori Trade lead yang mereka tawarkan mulai aerospace sampai utilities. Berbeda dengan www.alibaba.com, situs ini dalam search engine mereka juga bisa mencari berdasarkan rating, public atau private sectore dan lain sebagainya. Sehingga informasi yang kita dapatkan lebih fokus dan terarah.
ü www.ecplaza.net
Dalam situs ini dasarnya sama dengan kedua situs diatas. Mereka menawarkan konsep B2B di site mereka. Tetapi dalam disain dan fitur webnya cukup sederhana dibandingkan dengan kedua site diatas. Akan tetapi dalam site ini memperlihatkan history dalam kegiatan B2B yang telah dilakukan dan dilengkapi dengan hot keywords yang tentunya memudahkan para pengunjung site ini. Kategori yang ditawarkan yaitu mulai dari animal&vegetables sampai services.

Hello world!

Posted: 19th March 2010 by taufik ginting in Uncategorized

Selamat datang di Student Blogs. Ini adalah posting pertamaku!

Posted: 19th March 2010 by taufik ginting in Uncategorized
Comments Off on

>

Pengertian

Elektronic Mall (E-Mall) adalah Pusat Pertokoan Elektronik yang menyediakan fasilitas mirip dengan mall di dunia nyata, pada mall eletronik ini ditampilkan produk-produk dari berbagai toko, dan jika pengunjung mall tersebut tertarik untuk membeli, pada mall elektronik ini juga disediakan berbagai fasilitas sampai termasuk transaksi. Pembayaran biasanya dilakukan dengan kartu kredit dan pengirimin barang melalui pos atau jasa kurir. Dengan kata lain, E-mall adalah web site yang menampilkan katalog elektronik maupun barang-barang lainnya dari beberapa pemasok, dan biaya komisi dari mereka untuk pendapatan penjualan dihasilkan di situs tersebut.

Kelebihan E-mall

Akses luas. Dengan terhubung lewat internet maka dapat mengkses semua barang yang diinginkan yang ditawarkan di internet tersebut serta waktu yang tidak terbatas. Karena pada waktu kapan pun asalkan kita terhubung dengan internet, kita bisa mengaksesnya tanpa ada batasan hari libur atau semacamnya

Hemat. Hemat meliputi hemat waktu, biaya, dan tenaga. Karena dengan E-mall kita sebagai konsumen akan mudah mendapatkan apa yang kita inginkan hanya dengan mengakses internet. Tanpa mencari lokasi toko kita bisa langsung memesan apa yang kita butuhkan.

Kekurangan E-mall

Tidak dapat mengetahui bentuk asli barang secara langsung. Karena yang ditampilkan berupa foto dan detail produk, maka kita tidak mengetahui bentuk asli barang tersebut seperti apa. Waktu pengiriman. Waktu pengiriman tidak selalu tepat waktu.

Keamanan. Karena biasanya pembayaran dilakukan dengan mentransfer sejumlah uang ke nomor rekening tertentu, hal ini bisa dimanfaatkan pihak yang bertanggung jawab untuk menyalahgunakan hal tersebut.

GENERAL DAN SPESIALIS E-MALL

General E-Mall

General E-Mall di dalamnya menyediakan berbagai macam produk, seperti : elektronik, pakaian, automotif, dll. Salah satu web site yang berupa E-mall adalah Amazon.com. Amazon.com ini adalah salah satu online store yang memang memudahkan kita dalam membeli bahkan menjual berbagai macam produk di internet. Amazon ini seperti kebanyakan online store lainnya, memberikan kenyamanan dalam berbelanja karena seperti yang saya bilang diatas kita tidak perlu ke mall untuk berbelanja, sehingga dapat menghemat waktu dan biaya transportasi. Cukup melakukan pembayaran dan mereka akan mengirimkan produk yang anda beli.

Kelebihan amazon.com :

-Kenyamanan

keuntungan yang utama ketika kita berbelanja di amazon adalah dalam hal kenyamanan. karena cukup duduk dengan manis di rumah, kantor bahkan warnet lalu browsing di komputer atau laptop kita untuk mencari produk yang kita inginkan di amazon. tinggal klik!. dan barang yang kita pesan datang sendirinya.

-Ketersediaan Barang

Di Amazon tersedia berbagai macam barang dan produk, dari peralatan rumah tangga, barang electronik, buku, majalah, dvd, software, peralatan olah raga, airsoftgun dan lain2.

-Pilihan Produk

Amazon memberikan berbagai macam pilihan produk dan informasi mengenai produk tersebut, sehingga kita dapat membandingkan baik dari segi harga, kualitas maupun testimonial dari orang2 yang membeli produk tersebut, sebelum memutuskan untuk membeli produk yang kita inginkan. Kekurangan amazon.com :

-Tidak Bisa Memegang Atau Mencoba Produk

Kekurangan yang paling utama yang kita rasakan ketika membeli produk di Amazon adalah kita tidak bisa secara langsung melihat secara kasat mata produk yang akan kita beli. Dalam artian kita tidak bisa memegang atau bahkan mencoba produk tersebut sebelum memutuskan untuk membeli. This mean, ketika produk tersebut sampai ke tangan kita, bisa saja produk tersebut tidak sesuai dengan harapan kita, walaupun barang tersebut memang produk yang kita pesan.

-Informasi Produk Yang Tidak Terlalu Detail

Kekurangan yang lain adalah disamping kita tidak melihat penjual produk tersebut, beberapa seller di Amazon tidak menyediakan informasi yang cukup detail dan akurat mengenai produk yang mereka jual. Sehingga ketika produk tersebut telah dikirimkan ke kita, produk tersebut bisa tidak sesuai dengan apa yang kita harapkan.

-Produk Yang Kita Beli Bisa Menjadi Mahal

Membeli suatu produk di Amazon akan bisa menjadi lebih mahal jika kita harus membayar ongkos kirim.

Spesialis E-Mall

Pada dasarnya sistem pada Spesialis E-mall sama dengan pada general, namun yang membedakan berada pada jenis produk yang ditawarkan hanya satu jenis saja. Misalkan menjual handphone, salah satu website yang menyediakannya adalah http://www.mallponsel.com/

Sumber :

http://www.total.or.id

http://www.daemors.web.id

http://www.amazon.com

http://www.mallponsel.com/

http://www.mallponsel.com/

>Tugas 1

Posted: 12th March 2010 by taufik ginting in Uncategorized
Comments Off on >Tugas 1

>

Berikut ini beberapa definisi mengenai electronic commerce yang mungkin dapat membuka gambaran lebih jauh mengenai apa yang dimaksud dengan electronic commerce.
“Pada saat Internet memberdayakan seluruh penduduk dan mendemokratisasikan kehidupan sosial (societies), itu juga akan mengubah paradigma ekonomi klasik. Model baru interaksi komersial berkembang sewaktu kalangan bisnis dan kustomer/pelanggan-pelanggannya berpartisipasi dalam suatu pasar elektronik dan mencapai manfaat bersama. GII (Global Information Infrastructur) secara potensial telah mengubah dengan cepat bidang komersil dan bidang-bidang lainnya dengan mengurangi biaya secara dramatis dan memberi suatu sarana baru untuk melakukan transaksi komersial. Internet bakal mengubah pemasaran retail secara revolusioner. Komersialisasi di Internet bakal mencapai 10 milyar dollar samapi akhir abad ini. ” (U.S. Executive Office of the President, 1997)
“Elektronic Commerce adalah transaksi komersial dari jasa dalam format elektronik” (Transatlantic Business Dialogue Electronic Commerce White Paper, 1997)
“Electronic Commerce merujuk secara umum kepada semua bentuk transaksi yang berkaitan dengan aktifitas komersial, baik organisasi maupun individual, yang berdasarkan pada pemrosesan dan transmisi data yang digitalisasikan, termasuk teks, suara, dan gambar” (OECD, 1997)
“Electronic Commerce berkaitan dengan melakukan bisnis secara elektronik. E-commerce didasarkan pada pemrosesan elektronik dan transmisi data, termasuk teks, bunyi dan video. E-commerce mencakup segala macam aktifitas termasuk perdagangan elektronik baik barang ataupun jasa, pengiriman secara online dari isi digital, transfer dana secara elektronik, electronic share trading, electronic bil of landing, commercial auctions, kolaborasi desain dan rekayasa, online sourcing, public procurement, direct consumer marketing, dan layanan purna jual. Termasuk juga produk (consumer good, peralatan medis) atau jasa (layanan informasi, keuangan dan hukum); aktivitas tradisional (kesehatan, pendidikan) dan aktivitas-aktivitas baru (virtual malls)” (European Commission, 1997)
“Electronic Commerce adalah melakukan aktifitas bisnis yang diarahkan pada pertukaran nilai melalui jaringan telekomunikasi.” (European Information Technology Observatory, 1997)
“..elektonik commerce, yang saat ini baru diterapkan secara terbatas pada beberapa perusahaan saja, adalah memasuki suatu era baru dimana beberapa orang yang tidak spesifik misalnya pelanggan umum terkait dalam suatu jaringan. Sebagai tambahan, isinya tidak hanya berupa transaksi data untuk menempatkan atau menerima order yang sederhana namun juga menyangkut kegiatan komersial umum seperti publikasi, iklan, negosiasi, kontrak dan fund settlements.” (Ministry of Int’l. Trade and Industry, Japan, 1996)
Dari berbagai definisi dan gambaran mengenai e-commerce di atas dapat dilihat adanya kesamaan pandangan tentang e-commerce yaitu berkaitan dengan infrastruktur, format, lingkup , bentuk transaksi dan representasi produk yang dikomersialisasikan. Namun, dari beberapa gambaran di atas, satu hal penting yang cuma disinggung oleh pernyataan Gedung Putih adalah yang berkaitan dengan sasaran dari e-commerce yaitu mengurangi biaya dan merupakan suatu sarana baru untuk melakukan aktivitas komersial.

E-commerce atau bisa disebut Perdagangan elektronik atau e-dagang adalah penyebaran, pembelian, penjualan, pemasaran barang dan jasa melalui sistem elektronik seperti internet atau televisi, www, atau jaringan komputer lainnya. E-commerce dapat melibatkan transfer dana elektronik, pertukaran data elektronik, sistem manajemen inventori otomatis, dan sistem pengumpulan data otomatis.

Industri teknologi informasi melihat kegiatan e-dagang ini sebagai aplikasi dan penerapan dari e-bisnis (e-business) yang berkaitan dengan transaksi komersial, seperti: transfer dana secara elektronik, SCM (supply chain management), e-pemasaran (e-marketing), atau pemasaran online (online marketing), pemrosesan transaksi online (online transaction processing), pertukaran data elektronik (electronic data interchange /EDI), dll.

E-dagang atau e-commerce merupakan bagian dari e-business, di mana cakupan e-business lebih luas, tidak hanya sekedar perniagaan tetapi mencakup juga pengkolaborasian mitra bisnis, pelayanan nasabah, lowongan pekerjaan dll. Selain teknologi jaringan www, e-dagang juga memerlukan teknologi basisdata atau pangkalan data (databases), e-surat atau surat elektronik (e-mail), dan bentuk teknologi non komputer yang lain seperti halnya sistem pengiriman barang, dan alat pembayaran untuk e-dagang ini.

E-commerce pertama kali diperkenalkan pada tahun 1994 pada saat pertama kali banner-elektronik dipakai untuk tujuan promosi dan periklanan di suatu halaman-web (website). Menurut Riset Forrester, perdagangan elektronik menghasilkan penjualan seharga AS$12,2 milyar pada 2003. Menurut laporan yang lain pada bulan oktober 2006 yang lalu, pendapatan ritel online yang bersifat non-travel di Amerika Serikat diramalkan akan mencapai seperempat trilyun dolar US pada tahun 2011.

Dalam banyak kasus, sebuah perusahaan e-commerce bisa bertahan tidak hanya mengandalkan kekuatan produk saja, tapi dengan adanya tim manajemen yang handal, pengiriman yang tepat waktu, pelayanan yang bagus, struktur organisasi bisnis yang baik, jaringan infrastruktur dan keamanan, desain situs web yang bagus, beberapa faktor yang termasuk:

1. Menyediakan harga kompetitif
2. Menyediakan jasa pembelian yang tanggap, cepat, dan ramah.
3. Menyediakan informasi barang dan jasa yang lengkap dan jelas.
4. Menyediakan banyak bonus seperti kupon, penawaran istimewa, dan diskon.
5. Memberikan perhatian khusus seperti usulan pembelian.
6. Menyediakan rasa komunitas untuk berdiskusi, masukan dari pelanggan, dan lain-lain.
7. Mempermudah kegiatan perdagangan

Beberapa aplikasi umum yang berhubungan dengan e-commerce adalah:

* E-mail dan Messaging
* Content Management Systems
* Dokumen, spreadsheet, database
* Akunting dan sistem keuangan
* Informasi pengiriman dan pemesanan
* Pelaporan informasi dari klien dan enterprise
* Sistem pembayaran domestik dan internasional
* Newsgroup
* On-line Shopping
* Conferencing
* Online Banking

Perusahaan yang terkenal dalam bidang ini antara lain: eBay, Yahoo, Amazon.com, Google, dan Paypal. Untuk di Indonesia, bisa dilihat tradeworld.com, bhineka.com, fastncheap.com, dll.

Electronic Commerce (E-Commerce) didefinisikan sebagai proses pembelian dan penjualan produk, jasa dan informasi yang dilakukan secara elektronik dengan memanfaatkan jaringan komputer. Salah satu jaringan yang digunakan adalah internet[3, 13].
Sementara itu Kalakota dan Whinston mendefinisikan E-Commerce dari beberapa perspektif, yaitu[13]:
1) dari perspektif komunikasi, E-Commerce adalah pengiriman informasi, produk/jasa, atau pembayaran melalui jaringan telepon, atau jalur komunikasi lainnya;
2) dari perspektif proses bisnis, E-Commerce adalah aplikasi teknologi menuju otomatisasi transaksi bisnis dan work flow;
3) dari perspektif pelayanan, E-Commerce adalah alat yang digunakan untuk mengurangi biaya dalam pemesanan dan pengiriman barang; dan
4) dari perspektif online, E-Commerce menyediakan kemampuan untuk menjual dan membeli produk serta informasi melalui internet dan jaringan jasa online lainnya.
Selanjutnya Yuan Gao dalam Encyclopedia of Information Science and Technology (2005), menyatakan E-Commerce adalah penggunaan jaringan komputer untuk melakukan komunikasi bisnis dan transksaksi komersial. Kemudian di website E-Commerce Net, E-Commerce didefinisikan sebagai kegiatan menjual barang dagangan dan/atau jasa melalui internet. Seluruh komponen yang terlibat dalam bisnis praktis diaplikasikan disini, seperti customer service, produk yang tersedia, cara pembayaran, jaminan atas produk yang dijual, cara promosi dan sebagainya.
Seluruh definisi yang dijelaskan di atas pada dasarnya memiliki kesamaan yang mencakup komponen transaksi (pembeli, penjual, barang, jasa dan informasi), subyek dan obyek yang terlibat, serta media yang digunakan (dalam hal ini adalah internet).
Perkembangan teknologi informasi terutama internet, merupakan faktor pendorong perkembangan e-commerce. Internet merupakan jaringan global yang menyatukan jaringan komputer di seluruh dunia, sehingga memungkinkan terjalinnya komunikasi dan interaksi antara satu dengan yang lain diseluruh dunia. Dengan menghubungkan jaringan komputer perusahaan dengan internet, perusahaan dapat menjalin hubungan bisnis dengan rekan bisnis atau konsumen secara lebih efisien. Sampai saat ini internet merupakan infrastruktur yang ideal untuk menjalankan e-commerce, sehingga istilah E-Commerce pun menjadi identik dengan menjalankan bisnis di internet.
Pertukaran informasi dalam E-Commerce dilakukan dalam format dijital sehingga kebutuhan akan pengiriman data dalam bentuk cetak dapat dihilangkan. Dengan menggunakan sistem komputer yang saling terhubung melalui jaringan telekomunikasi, transaksi bisnis dapat dilakukan secara otomatis dan dalam waktu yang singkat. Akibatnya informasi yang dibutuhkan untuk keperluan transaksi bisnis tersedia pada saat diperlukan. Dengan melakukan bisnis secara elektronik, perusahaan dapat menekan biaya yang harus dikeluarkan untuk keperluan pengiriman informasi. Proses transaksi yang berlangsung secara cepat juga mengakibatkan meningkatnya produktifitas perusahaan.
Dengan menggunakan teknologi informasi, E-Commerce dapat dijadikan sebagai solusi untuk membantu perusahaan dalam mengembangkan perusahaan dan menghadapi tekanan bisnis. Tingginya tekanan bisnis yang muncul akibat tingginya tingkat persaingan mengharuskan perusahaan untuk dapat memberikan respon. Penggunaan E-Commerce dapat meningkatkan efisiensi biaya dan produktifitas perusahaan, sehingga dapat meningkatkan kemampuan perusahaan dalam bersaing.

Daftar Pustaka
http://www.myindo.co.id/productservice/20/index.html1