Mahasiswa Wajib Kenali Konsep Tri Dharma Perguruan Tinggi!

TRI DHARMA PERGURUAN TINGGI

Perguruan Tinggi baik negeri maupun swasta dituntut untuk senantiasa melakukan yang terdepan dalam pelaksanaan Tri Dharma Perguruan tinggi. Namun kesuksesan kampus ini tidak akan terlepas dari peran serta civitas academika dalam membangun citra kampus tersebut. Pemerintah saat ini telah mencanangkan juga program Merdeka Belajar – Kampus Merdeka yang sangat erat kaitannya dengan penerapan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Ada baiknya kita kenali lebih lanjut konsep Tri Dharma Perguruan Tinggi berikut.

Pengertian Tri Dharma Perguruan Tinggi

Konsep Tri dharma perguruan tinggi berasal dari bahasa sansekerta. “Tri” yang berarti tiga dan “Dharma” yang diartikan kewajiban. Jika didefinisikan secara istilah tri dharma perguruan tinggi merupakan suatu asas atau prinsip yang dipegang oleh setiap perguruan tinggi, baik negeri maupun swasta yang ada di Indonesia. Tridharma Perguruan Tinggi yang selanjutnya disebut Tridharma adalah kewajiban Perguruan Tinggi untuk menyelenggarakan Pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat (UU No. 12 Tahun 2012, Pasal 1 Ayat 9). Seluruh sivitas akademika wajib dan bertanggung jawab dalam mewujudkan Tridharma tersebut. Sivitas akademika sendiri menurut Undang-Undang merupakan komunitas yang memiliki tradisi ilmiah dengan mengembangkan budaya akademik. Sivitas akademika yang dimaksud disini adalah dosen dan mahasiswa.

1. Pendidikan

Pendidikan merupakan usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa, dan negara.  Hal ini sangat penting dalam satu proses belajar pada institusi pendidikan manapun. Di Indonesia sendiri, undang-undangan pendidikan tinggi menjelaskan tentang arti pendidikan.

Tanpa proses belajar yang baik, tentunya SDM unggul dan berkualitas akan minim dihasilkan dan tentunya akan berefek kepada proses pembangunan bangsa. Orang-orang hebat yang mengelola dan memberikan dampak kemajuan bagi Indonesia, tentu saja berawal dari proses belajar yang baik. Dengan pengelolaan pendidikan yang baik perguruan tinggi dapat menghasilkan mahasiswa yang berprestasi dan juga lulusan unggul yang berkompeten dan berdaya saing dalam dunia kerja.

Walaupun memang proses belajar tidak selalu di lembaga formal seperti perguruan tinggi, tetapi usaha belajar di perguruan tinggi harus benar-benar berkualitas dan memastikan hasilnya akan baik. Selain itu, undang-undang dasar 1945 juga mendukung hal tersebut. Disampaikan bahwa negara harus ikut serta pada proses mencerdaskan kehidupan bangsa. Untuk itu, pendidikan dan pengajaran adalah poin penting yang harus dituju oleh perguruan tinggi.

2. Penelitian

Penelitian atau riset dapat diartikan sebagai kegiatan yang dilakukan menurut kaidah dan metode ilmiah secara sistematis untuk memperoleh informasi, data, dan keterangan yang berkaitan dengan pemahaman dan/atau pengujian suatu cabang ilmu pengetahuan dan teknologi. Penerapan kurikulum dan kultur kampus termasuk juga dosen dan mahasiswa yang berbasis pada penelitian dan pengembangan, akan menghasilkan SDM yang cerdas, kritis, kreatif, dan tentu tidak sekedar bekerja ketika nanti berada di lapangan karirnya

Sering kali kita dengar, negara-negara maju yang ada di dunia, memiliki kultur riset yang sangat tinggi. Perkembangan teknologi yang sangat cepat, inovasi baru, dan bahkan produk-produk penyelesaian masalah yang mutakhir, lahir dari penelitian dan pengembangan. Jadi penelitian merupakan hal yang harus senantiasa dilakukan oleh bangsa ini jika ingin maju dan berkembang. Melaksanakan penelitian tentunya akan berdampak kepada majunya ekonomi, pendidikan, sosial, dan sektor-sektor lainnya di masyarakat.

Mahasiswa perguruan tinggi pada umumnya adalah individu yang dididik di kampus dan terbiasa untuk melaksanakan penelitian, membuat laporan, melaksanakan tugas sesuai dengan ilmu yang dipahami, bukan hanya sekedar mengikuti kebiasaan saja dan asal-asalan. Mahasiswa yang cerdas dalam melaksanakan penelitian, kedepannya akan menjadi agent of change, social control, pemimpin masa depan yang memiliki keahlian yang komplit dan mampu memecahkan masalah. Jadi keahlian dalam melaksanakan penelitian akan membantu para mahasiswa untuk berprestasi.

3. Pengabdian

Pengabdian kepada Masyarakat bisa diartikan sebagai kegiatan sivitas akademika yang memanfaatkan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi untuk memajukan kesejahteraan masyarakat dan mencerdaskan kehidupan bangsa. Jika kamu pernah mengetahui atau mendengar adanya mahasiswa tingkat akhir yang melakukan kerja lapangan di berbagai daerah pelosok Indonesia Hal tersebut tentunya bukan sekedar formalitas atau aktivitas biasa. Kegiatan tersebut merupakan salah satu contoh penerapan kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang juga bagian dari Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Dalam penyelenggaraan perguruan tinggi, ilmu yang bermanfaat tentunya bukan hanya ilmu yang disimpan untuk diri atau kepentingan sendiri, melainkan ilmu yang diamalkan sesuai fungsinya dan memberikan manfaat untuk khalayak. Akan menjadi percuma jika sivitas akademika suatu perguran tinggi memiliki ilmu yang sangat tinggi, namun tidak memberikan dampak perubahan yang signifikan bagi masyarakat.

Menurut Undang-Undang pendidikan tinggi, dijelaskan bahwa pengabdian kepada masyarakat adalah kegiatan sivitas akademika yang memanfaatkan ilmu pengetahuan dan teknologi untuk memajukan kesejahteraan masyarakat dan mencerdaskan kehidupan bangsa. kegiatan pengabdian masyarakat dapat dimulai dengan menjadi relawan disebuah kegiatan sosial. Menerapkan hasil penelitian bersama dosen kepada sekolah, komunitas, yayasan maupun perusahaan merupakan contoh pengabdian kepada masyarakat. Mahasiswa diharapkan  besar mampu tumbuh, berkembang, dan menjadi harapan masa depan bangsa.

Bagi mahasiswa tentunya masih banyak hal-hal lain yang bisa dipahami dari Tri Dharma Perguruan Tinggi ini. Perguruan tinggi terbaik merupakan perguruan tinggi yang mampu mengamalkan Tri Dharma Perguruan Tinggi dengan baik. Selamat menimba ilmu dan mengamalkan Tri Dharma Perguruan Tinggi lebih lanjut dan menjadi bagian dari kemajuan bangsa dan negara.