2020
12.03

Jika Anda ingin tetap dalam bisnis, Anda perlu belajar mengikuti perubahan. Mengadaptasi diri anda dengan perubahan teknologi dapat membantu Anda tetap bertahan melawan persaingan.

clear wine glass on table

Teori evolusi menyatakan kembali pada waktunya bahwa hidup adalah semua tentang kelangsungan hidup yang terkuat.

Tapi, dunia yang kita jalani saat ini adalah orang yang cukup responsif terhadap perubahan adalah orang yang bertahan dalam kompetisi. Fakta ini cukup berlaku dalam kasus transformasi digital. Jadi, apa saja area utama yang perlu Anda fokuskan ketika menyangkut transformasi digital?

Apa itu Transformasi Digital?

Sebelum kita dapat pindah ke diskusi ke bidang-bidang utama transformasi digital, kita akan mencoba untuk memahami apa transformat ini adalah semua tentang. Pengetahuan tambahan ini dapat membantu Anda memahami konsep fitur teknik terbaik.

Transformasi Digital mengacu pada integrasi teknologi digital di hampir semua bidang bisnis merek. Menurut definisi, bagaimanapun, Transformasi Digital adalah pendekatan di mana perusahaan mendorong perubahan dalam model bisnis dan ekosistem mereka dengan memanfaatkan kompetensi digital.

Teknologi digital terutama akan digunakan untuk mengoptimalkan operasi internal Anda, meningkatkan komunikasi dalam organisasi dan tentu saja, datang dengan produk dan layanan yang pelanggan Anda nantikan.

Baca juga :

Apa empat bidang utama Transformasi Digital?

Nah, memahami bidang-bidang utama dalam hal transformasi digital bisa menjadi tugas yang rumit dan berat dalam dirinya sendiri.

Ada berbagai skenario untuk bidang fokus utama yang dikemukakan oleh berbagai organisasi dan analis. Hampir semua area utama menunjukkan integrasi yang lebih baik dari struktur transisi, pelanggan, produk (atau layanan) dan operasi dalam organisasi. Perbedaannya terletak pada penanganan parameter yang berbeda.

Area 1 – Proses Bisnis

Area ini akan mencakup dan melibatkan kolaborasi berbagai aspek dalam organisasi Anda. Anda perlu meningkatkan kolaborasi antara orang, proses, dan aplikasi dalam organisasi Anda. Anda harus menggunakan proses, layanan, dan model sehingga Anda dapat meningkatkan keterampilan dan peluang dalam organisasi Anda. Menerapkan teknologi digital ke semua area fungsional dalam organisasi Anda akan meningkatkan kinerja.

Area 2 – Model Bisnis

Area penting kedua adalah menerapkan teknologi digital dalam model bisnis. Namun, daripada menerapkan teknologi baru hanya demi menerapkannya, ada baiknya untuk fokus pada peningkatan pendapatan dan meningkatkan pengalaman pelanggan. Anda adalah beberapa industri dan bisnis yang telah berkembang secara konsisten. Anda mungkin melihat beberapa industri seperti Sony yang terdiversifikasi dari industri elektronik ke industri hiburan.

Area 3 – Transformasi Domain

Transformasi domain mengacu pada diversifikasi bisnis. Contoh di atas di mana kami mengutip Sony di atas juga harus berlaku dalam konteks ini. Contoh lain dari jenis teknik transformasi ini dapat mencakup Microsoft, yang diversifikasi ke beberapa area, seperti penyimpanan cloud. Amazon mengembangkan layanan streaming bersama dengan layanan komputasi awan dapat menjadi salah satu solusi praktis yang dapat sangat efektif dan efisien dengan haknya sendiri.

Area 4 – Fokus Budaya

Organisasi Anda dan karyawannya dapat berasal dari latar belakang yang berbeda. Mendapatkan semua orang di halaman yang sama bisa menjadi pengalaman yang sangat menantang. Transformasi di wilayah budaya dan organisasi dapat terbukti efektif dalam memberikan tingkat efisiensi yang lebih baik bagi pelanggan Anda. Ini akan membantu karyawan memiliki pola pikir, sikap, dan perilaku yang tepat untuk menangani preferensi pelanggan.

Apa bidang Transformasi Digital lainnya?

Ada berbagai sekolah pemikiran yang telah dikemukakan untuk mendefinisikan berbagai bidang konsep.

Microsoft menentukan empat area utama untuk transformasi digital sesuai pemikiran yang dikemukakan oleh CEO Microsoft Satya Nadella

Memberdayakan karyawan Anda – Meningkatkan motivasi dan keterampilan karyawan dapat menjadi pilihan yang bagus untuk transformasi digital kelas atas.

Libatkan pelanggan Anda – Bisnis harus mampu kepuasan yang efisien dari pelanggan dan menerapkan tingkat teknik yang tepat untuk memenuhi harapan pelanggan yang berubah.

Operasi yang dioptimalkan – Penerapan teknik yang tepat dalam struktur organisasi Anda dapat membantu meningkatkan efisiensi organisasi Anda dan meningkatkan produktivitas.

Layanan dan produk yang lebih baik – Opsi transformasi yang efektif yang diterapkan pada teknik produksi dapat efektif dalam meningkatkan posisi pasar Anda dan tetap relevan dengan pasar.

Pikiran Penutup

Intinya, transformasi digital akan melibatkan fokus pada area utama yang ingin Anda kerjakan. Ketika Anda bergerak maju untuk menerapkan teknik yang tepat di organisasi Anda, area yang perlu Anda fokuskan harus relevan dengan masalah yang ingin Anda selesaikan.

Pilih area yang tepat berdasarkan kekurangan organisasi Anda atau apa yang ingin ditingkatkan oleh organisasi Anda. Setelah itu selesai, Anda dapat fokus pada area utama yang relevan dengan area tersebut.

Baca juga :