tugas Survei Tanah dan Evaluasi Lahan M-2

1. Ada beberapa istilah dalam kuliah ini, dalam kuliah minggu 1 dan 2 ada beberapa istilah yang perlu pemahaman, berikan penjelasan (definisi dan penjelasannya), misalnya:

  • Peta Tanah

Peta tanah adalah suatu peta yang menggambarkan penyebaran jenis-jenis tanah disuatu daerah. Peta ini dilengkapi degan legenda yang secara singkatmenerangkan sifat-sifat tanah dari masing-masing satuan peta. Peta tanah biasanya disertai dengan “Laporan Pemetaan Tanah” yang menerangkan lebih lanjut sifat-sidan kemampuan tanah yang digambarkan dalam peta tanah tersebut. Walaupun pada dasarnya peta ini dibuat untuk tujuan pertanian, namun tidak menutup kemungkinan untuk dimanfaatkan dalam bidang-bidang lain seperti halnya dalam bidang engineering.

  • Skala peta

Skala Peta adalah perbandingan antara jarak  di lapangan dengan jarak di peta. Skala merupakan perbandingan  jarak tertentu pada peta dengan jarak itu di lapangan. Umumnya penempatan skala peta diletakan tepat di bawah judul peta dengan ukuran lebih kecil. Skala peta dapat dinyatakan dalam 3 cara, yaitu:

– Skala angka (numerical scale) atau skala pecahan

– Skala inch – mile

Skala grafis (graphic scale), yaitu skala yang digambar dalam bentuk garis yang dibagi dalam unit-unit yang sama panjang.

  • Delineasi batas tanah (Soil delineation)

Suatu bagian landsekap yang ditunjukan oleh suatu batas yang tertutup pada suatu peta tanah yang menentukan suatu areal tertentu,suatu bentuk tertentu, dan suatu lokasi tertentu dari suatu atau lebih komponen tanah ditambah inklusi,dan atau areal sisa.

  • Poligon

Poligon adalah serangkaian titik-titik yang dihubungkan dengan garis lurus sehingga titik-titik tersebut membentuk sebuah rangkaian (jaringan) titik atau poligon. Pada pekerjaan pembuatan peta, rangkaian titik poligon digunakan sebagai kerangka peta.

  • Satuan Peta (Map unit)

Suatu konsep kelompok dari satu sampai banyak delineasi yang diidentifikasikan dengan nama yang sama dalam survey Tanah yang menunjukan areal landskap yang sama terdiri dari satu jenis komponen tanah yang sama ditambah inklusi.

  • Satuan Peta Tanah

Atas dasar komposisi satuan-satuan tanah yang ada di dalam satuan lahan yang digunakan sebagai satuan pemetaan,  maka dikenal 3 macam staun pemetaan tanah (SPT) yaitu :

Konsosiasi

Satuan pemetaan tanah konsosiasi didominasi oleh satuan tanah dan tanah yang serupa  (similiar soil unit). Dalam konsosiasi paling tidak memmpunyai 50% satu satuan tanah yang sama dan 25% satuan tanah yang serupa. SPT konsosiasi diberinama sesuai dengan satuan tanah yang dominan. Satuan tanah lain yang tidak sejenis dan serupa maksimal  mempunyai persentase 25%. Dua satuan tanah dikatakan sebagai tanah yang serupa apabila mereka hanya berbeda pada satu atau duua kriteria yang menyebabkan keduanya diklasifikasikan kedalam kelompok yanng berbeda. Secara uumum satuan satuan tanah yanng serupa mempunyai potensi yang hampir sama. Sedangkan dua satuan tanah dikatakan tidak serupa apabila keduanya mempunyai perbedaan yang tegas dan lebih dari tiga kriteria yang meenyebabkan keduanya diklasifikasikan ke dalam kelompok yang berbeda. Satuan-satuan tanah  yang tidak serupa mempunyai potensi terhadap penggunaan tertentu yang berbeda secara tegas.

Asosiasi

SPT jenis ini mengandung dua atau lebih satuan tanah yang tidak serupa yang digunakan dalam pennamaan SPT dan mempunyai komposisi yang hampir sama. Satuan-satuan tanah penyusun SPT ini tidak dapat dipisahkkan satu sama lain kedalam  SPT SPT yang berbeda karena keterbatasan skala pemetaan. SPT asosiasi dalam skala pemetaan yang lebih besar dapat dipisahkan kedalam SPT-SPT konsosiasi yang berbeda.

Kompleks

SPT ini mirip dengan SPT asosiasi karena terdapat dua atau lebih satuan-satuan tanah yang tidak serupa yang digunakan dalam penamaan SPT, demikian juga komposisi masing-masing satuan tanahnya serupa dengan SPT asosiasi. Persebaran satuan tanah yang ada pada SPT ini tidak mengikuti pola tertentu sehingga dalam skala pemetaan yang lebih besar, satuan-satuan tanah yang menyusunnya tetap tidak dapat dipisahkan satu sama lain

  • Legenda

Legenda adalah keterangan dari simbol-simbol yang merupakan kunci untuk memahami peta.

  • Foto udara

Foto udara atau peta foto adalah Peta foto didapat dari survei udara yaitu melakukan pemotretan lewat udara pada daerah tertentu dengan aturan fotogrametris tertentu.

  • Stereoskop

Stereoskop adalah alat untuk pengamatan tiga dimensional atas foto udara yang bertampalan. Inti dari stereoskop ini adalah terdiri dari lensa, atau kombinasi antara lensa, cermin, dan prisma. Dalam interpretasi citra, stereoskop menjadi ala utama untuk foto udara atau citra tertentu lainnya yang dapat menimbulkan perwujudan tiga dimensional.

 

2.   Buat halaman yang berisi resume bahan kajian kuliah minggu pertama, yang berisi penjelasan (definisi dan penjelasannya) .

Dari pertemuan minggu pertama diberikan penjelasan mengenai apa itu survei tanah dan evaluasi lahan,selain itu diajarkan juga mengenai peta skala besar dan peta skala kecil. Dimana semakin besar nilai perbandingan maka peta tersebut adalah peta dengan skala besar.

Definisi dari istilah-istilah yang muncul pada materi pertama ini , yaitu :

  • Survei      tanah adalah penelitian tanah di lapangan dan di laboratorium, yang di      lakukan secara sistematis dengan metode-metode tertentu terhadap suatu daerah      (areal) tertentu, yang ditunjang oleh informasi dari sumber-sumber lain      yang relevan.
  • Evaluasi      lahan adalah proses pengukuran, pencatatan, dan pengumpulan keterangan      mengenai suatu areal tanah untuk mengevaluasi kegunaannya.
  • Satuan      peta tanah yaitu dimana kelompok lahan atau tanah yang memiliki      karakteristik yang sama.
  • Legenda      peta  merupakan pengidentifikasian satuan peta serta memberikan      informasi tentang satuan-satuan yang terdapat dalam suatu peta tanah      dimana yang dilambangka dengan berbagai macam bentuk symbol.
  • Foto      udara yaitu dimana pengambilan gambar atau foto melalui udara atau angkasa      dengan menggunakan alat satelit.
  • Peta      tanah merupakan peta yang dibuat untuk memperlihatkan sebaran taksa tanah      dalam hubungannya dengan kenampakan fisik dan budaya dari permukaan bumi.      Setiap peta tanah digambarkan garis-garis batas tanah-tanah yang dijumpai      di lapangan. Dalam setiap peta tanah selalu berisikan lebih dari satu      satuan peta tanah.
  • Skala      Peta adalah dimana menunjukkan perbandingan jarak antara dua tempat titik      pada peta, dengan jarak sebenarnya di lapangan.
  • Delineasi batas tanah yaitu dimana merupakan batasan-batasan tanah atau gars-garis batah tanah yang ada di lapangan.

 

3. Setiap minggu akan muncul istilah-istilah baru dari bahan kajian yang diberikan, tambahkan pada halaman tersebut.

  • Grid adalah penetuan titik yang diterapkan pada survei tanah dengan memperhatikan kedetailan tertentu.
  • Inklusi adalah satuan tanah lain yang terlalu kecil untuk didelineasi tersendiri atau tidak teramati dengan metode survei yang dilakukan sehingga di dalam Legenda Peta Tanah namanya tidak muncul.
  • Glay adalah warna tanah yang keabuan karena tergenang air yang sangat lama.
  • Redoxymorphyl adalah suatu bentuk tanah yang disebabkan proses reduksi dan oksidasi contohnya di daerah Lamongan.
  • Kontur adalah garis khayal untuk menggambarkan semua titik yang mempunyai ketinggian yang sama diatas atau dibawah permukaan laut.
  • Monolit adalah merupakan contoh tanah tidak terganggu yang diawetkan dan sengaja dibuat sebagai alat bantu visual untuk pengajatan tentang sifat-sifat dan jenis tanah.