Tata kelola informasi, (Information governance) atau IG, adalah strategi keseluruhan untuk informasi di suatu organisasi. Tata kelola informasi menyeimbangkan risiko yang disajikan informasi dengan nilai yang diberikan informasi. Tata kelola informasi membantu kepatuhan hukum, transparansi operasional, dan mengurangi pengeluaran terkait dengan penemuan hukum. Suatu organisasi dapat membangun kerangka kerja yang konsisten dan logis bagi karyawan untuk menangani data melalui kebijakan dan prosedur tata kelola informasi mereka. Kebijakan-kebijakan ini memandu perilaku yang tepat mengenai bagaimana organisasi dan karyawan mereka menangani informasi yang disimpan secara elektronik.

 

Tata kelola informasi mencakup lebih dari sekadar manajemen catatan tradisional. Ini mencakup keamanan dan perlindungan informasi, kepatuhan, tata kelola data, penemuan elektronik, manajemen risiko, privasi, penyimpanan dan pengarsipan data, manajemen pengetahuan, operasi dan manajemen bisnis, audit, analitik, manajemen TI, manajemen data master, arsitektur perusahaan, intelijen bisnis, data besar, ilmu data, dan keuangan.

 

Manajemen catatan berhubungan dengan pembuatan, penyimpanan dan penyimpanan serta pengaturan catatan. Catatan dapat berupa fisik, objek berwujud, atau informasi digital seperti database, data aplikasi, dan email. Daur hidup secara historis dipandang sebagai titik penciptaan untuk pembuangan catatan. Ketika generasi data meledak dalam beberapa dekade terakhir, dan peraturan dan masalah kepatuhan meningkat, manajemen catatan tradisional gagal mengimbangi. Platform yang lebih komprehensif untuk mengelola catatan dan informasi menjadi perlu untuk mengatasi semua fase siklus hidup, yang mengarah pada munculnya tata kelola informasi.

 

Pada tahun 2003 Departemen Kesehatan di Inggris memperkenalkan konsep tata kelola informasi berbasis luas ke dalam National Health Service, menerbitkan versi 1 alat penilaian kinerja online dengan panduan pendukung. NHS IG Toolkit yang sekarang digunakan oleh lebih dari 30.000 NHS dan organisasi mitra, didukung oleh platform e-learning dengan sekitar 650.000 pengguna.

 

Pada tahun 2008, ARMA International memperkenalkan Principles Recordkeeping Principles, atau “The Principles” yang diterima secara umum dan selanjutnya Model Kematangan Tata Kelola Informasi “The Principles”. “Prinsip” mengidentifikasi ciri kritis tata kelola informasi. Dengan demikian, mereka berlaku untuk semua ukuran organisasi, di semua jenis industri, dan di sektor swasta dan publik. Organisasi multi-nasional juga dapat menggunakan “Prinsip” untuk membangun praktik yang konsisten di berbagai unit bisnis. ARMA International mengakui bahwa pernyataan yang jelas tentang “Prinsip-prinsip Pembukuan yang Diterima Secara Umum” (“The Principles”) akan memandu CEO dalam menentukan cara melindungi organisasi mereka dalam penggunaan aset informasi; Legislator dalam menyusun undang-undang dimaksudkan untuk meminta pertanggungjawaban organisasi; dan Profesional manajemen catatan dalam merancang program manajemen catatan yang komprehensif dan efektif.

Tata kelola informasi melampaui retensi dan disposisi untuk memasukkan privasi, kontrol akses, dan masalah kepatuhan lainnya. Dalam penemuan elektronik, atau penemuan elektronik, data yang relevan dalam bentuk informasi yang disimpan secara elektronik dicari oleh pengacara dan ditempatkan pada ruang hukum. IG mencakup pertimbangan tentang bagaimana data ini disimpan dan dikendalikan untuk e-discovery, dan juga menyediakan platform untuk disposisi dan kepatuhan yang dapat dipertahankan. Selain itu, metadata sering menyertai data yang disimpan secara elektronik dan dapat sangat bermanfaat bagi perusahaan jika disimpan dan dikelola dengan benar.

 

Dengan semua pertimbangan tambahan ini yang melampaui manajemen catatan tradisional, Itjen muncul sebagai platform bagi organisasi untuk mendefinisikan kebijakan di tingkat perusahaan, di berbagai yurisdiksi. IG kemudian juga memberikan penegakan kebijakan-kebijakan ini ke dalam berbagai repositori informasi, data, dan catatan.

 

show link paper:
https://drive.google.com/open?id=1zatcUx_BBH0bLqnMFNcCrxIm23s6-wVa