Ternyata Anda Bisa Buat Tongsis dari Pipa Lho! Begini Caranya!

Tongsis adalah alat yang digunakan untuk foto selfie agar terlihat lebih luas sehingga dapat memperlihatkan seluruh pemandangan. Biasanya tongsis digunakan untuk foto secara bersama-sama agar semua orang terlihat dan tentunya praktis untuk digunakan. Bagi Anda yang memiliki pipa dapat menyulapnya menjadi tongsis untuk berfoto. Penasaran bagaimana? Simak di bawah ini yuk!

Alat dan Bahan Buat Tongsis dari Pipa

Cara Buat Tongsis dari Pipa

Alat dan bahan pembuatan tongsis dari pipa sangat mudah Anda hanya butuh pipa dan lem pipa saja yang dapat ditemukan di sekitar lingkungan Anda. Tidak hanya itu, Anda juga bisa menggunakan barang-barang bekas dirumah untuk disulap menjadi tongsis yang dapat digunakan untuk berfoto bersama orang tersayang. Anda juga dapat mendesain tongsis sesuai dengan keinginan.

Alat:

  • Gergaji
  • Gunting
  • Bor tangan
  • Lem pipa super permanen

Bahan:

  • Pipa pvc diameter ½ inch atau diameter lain maksimal 1 inch
  • Kabel earphone yang dapat digunakan
  • Alumunium dengan tebal mm
  • Casing handphone berbahan dasar silicon

Cara Buat Tongsis dari Pipa

Setelah memiliki bahan dan alat untuk membuat tongsis dari pipa, lakukan langkah-langkah di bawah ini. Pada dasarnya pembuatan tongsis ini sangat mudah dan anti gagal. Sehingga Anda tidak perlu takut mempraktikkannya karena pembuatannya sangat praktis dan cepat. Tidak hanya itu, beberapa bahan dan alat yang telah dituliskan di atas dapat diganti menggunakan bahan lain dengan fungsi yang sama lho!

  1. Potong pipa pvc dengan panjang ½ meter atau lebih sesuai keinginan Anda
  2. Cat pipa sesuai warna tongsis yang diinginkan, Anda dapat menyamakan warnanya dengan semua bahan yang ada atau mengecatnya secara manual. Hal ini berpengaruh pada keindahan tongsis yang nantinya Anda gunakan
  3. Gunting plat tipis sebesar 1 mm dengan ukuran panjang 13 cm x 10 cm
  4. Tekuk plat dengan sudut 75֯ kemudian rekatkan pada bagian ujung atas pipa sehingga membentuk bagian siku
  5. Buat 2 lubang untuk disekrupkan pada ujung batang sehingga membentuk mata pada bagian atas
  6. Rekatkan casing handphone pada bagian plat agar handphone yang digunakan untuk berfoto, Anda dapat merekatkannya dengan lem pipa yang kuat sehingga ketika digunakan handphone Anda aman dan tidak terjatuh. Pastikan casing yang digunakan sesuai dengan tipe handphone Anda ya!
  7. Jika ingin tongsis Anda dapat diklik dengan kamera jarak jauh, pastikan untuk membuat lingkarkan kabel earphone pada bagian tubuh pipa kemudian masukkan bagian ujungnya ke smartphone Anda agar terhubung dengan kabel earphone
  8. Anda dapat merekatkan kabel earphone ini menggunakan lem agar tetap menjaga keindahan dari tongsis itu sendiri
  9. Tongsis siap digunakan

Bagaimana? Cara membuat tongsis dari pipa sangat mudah, bukan? pastikan untuk mencobanya dirumah agar dapat foto selfie bersama teman-teman secara praktis dan mudah. Selamat mencoba!