Inilah Hal yang Harus Kita Ketahui Sebelum Menyewa Jasa Arsitek

“Kok kedengarannya repot sekali untuk membangun rumah? Apakah itu “harga mati” untuk menyewa Arsitek jika saya ingin membangun rumah?”

gambar rencana arsitek

Apakah hal seperti di atas tiba-tiba muncul di benak Anda? Walaupun menyewa Arsitek bukan merupakan harga mati untuk membangun sebuah rumah, namun ada hal-hal penting yang sangat menguntungkan Anda jika membangun rumah melalui jasa Aristek, berikut penjelasannya.

Rumah merupakan tempat tinggal yang menjadi kebutuhan pokok setiap orang. Entah itu tinggal di rumah kontrakan atau numpang di Komplek Mertua Indah. Namun, dalam hati kecil setiap orang tentunya mendambakan tinggal di rumah sendiri. Lalu, bagaimana caranya mewujudkan impian tersebut di saat kemampuan keluarga sudah memungkinkan? Tidak lain dan tidak bukan tentunya dengan menyewa jasa seorang Arsitek, sehingga hasil akhir rumah impian Anda nantinya akan memuaskan.

Rumah yang akan Anda bangun merupakan investasi jangka panjang. Jika di kemudian hari Anda terdesak untuk mendapatkan dana dalam jumlah yang tidak sedikit, maka rumah tersebut dapat menjadi jalan keluarnya. Ibarat pedagang, tentunya tidak menjual barang dagangan yang asal-asalan kualitasnya, bahkan tampilan barang dagangan pun dirancang sedemikian rupa agar menarik para pembeli. Nah, begitu juga dengan rumah investasi Anda ini. Tentunya tampilan yang menawan dan kualitas material rumah yang baik akan membuat harga jualnya melambung setelah sekian tahun.

Selain dari segi keuntungan investasi, rumah impian Anda ini tentunya akan ditempati oleh Anda dan keluarga, bukan? Apakah Anda mau tinggal di rumah yang tampilan dan mutu materialnya asal-asalan? Tentu tidak, bukan? Anda tentunya telah mengimpikan rumah dengan model begini, interior begitu, taman begini, pagar begitu, dan lain-lain. Maka sang Arsitek lah yang dapat membantu Anda dalam mewujudkan impian-impian Anda di atas lahan yang Anda miliki. Jadi, jangan mau rumah yang “asal-asalan” untuk Anda dan keluarga tercinta, ya!

Rumah hunian juga memiliki nilai prestise bagi pemiliknya di mata kerabat dan teman-temannya. Untuk mendukung hal ini, maka desain fasad rumah tentulah harus terlihat indah dan asri sehingga orang-orang yang melihatnya menjadi terpikat. Anda juga menginginkan hal demikian, bukan? Desain fasad rumah Anda akan terlihat memikat jika mendapat sentuhan tangan dari sang Arsitek sehingga tampilannya tidak amburadul dan membosankan. Selain itu, dengan sentuhan tangan sang Arsitek yang profesional, maka desain bagian rumah yang lainnya juga akan mendukung keindahan dan keasrian bagian fasad rumah Anda. Lebih lanjut hal ini nantinya berkaitan dengan kedua alasan di atas, yaitu akan menguntungkan Anda dari segi investasi jangka panjang serta kenyamanan Anda dan keluarga tercinta yang tinggal di dalamnya.

Hal yang tidak kalah pentingnya dari ketiga poin di atas sebagai alasan mengapa Anda harus menyewa jasa desain rumah adalah sebagai kendali biaya dalam pembangunan rumah impian Anda. Anda tidak mau bukan jika anggaran dana yang Anda buat di awal, ternyata jebol di tengah jalan saat Anda membangun rumah? Atau mungkin Anda baru menyadarinya saat rumah telah berdiri? Ibarat pepatah penyesalan kemudian tiada berarti. “Lalu, bagaimana mungkin menyewa jasa desain rumah dapat menjadi kendali biaya dalam pembuatan rumah saya?” Sang Arsitek yang profesional dapat membantu Anda dalam membuat anggaran biaya pembangunan rumah tersebut disertai dengan memilihkan material yang baik untuk rumah Anda.

Mengingat kondisi tersebut, tentunya akan sangat melegakan jika Anda memiliki kenalan atau saudara yang berprofesi sebagai arsitek. Anda tidak perlu bersusah payah lagi mencari dan menyewa jasa desain rumah dalam rangka pembangunan rumah Anda. Selain itu, dari segi biaya tentunya juga akan memberi keuntungan tambahan. Sebut saja istilah “harga saudara” atau “harga teman” untuk istilah diskon yang bisa didapatkan nantinya, atau bahkan mungkin akan diberikan gratis terutama jika sesama saudara sendiri. Oleh karena itu, ada baiknya jika Anda mengembahkan pertemanan sehingga bisa mendapatkan teman yang berprofesi sebagai Arsitek. Bagaimanapun juga, cepat atau lambat Anda tentunya akan memerlukan jasanya nantinya.

Jika Anda memang belum punya kenalan atau saudara Arsitek, sedangkan rencana pembangunan rumah impian Anda sudah sangat dekat, maka Tim Konsultan dari Arsitek Online dapat menjadi pilihan bagi Anda. Sepengetahuan penulis, Konsultan dari Arsitek Online ini merupakan sebuah Biro Arsitektur di Jakarta yang banyak dipercayai oleh orang-orang yang akan membangun rumahnya.

Tentunya Anda akan bertanya mengapa begitu banyak orang yang mau mempercayakan pembangunan rumah impian mereka dengan biro jasa Arsitek ini, bukan? Alasan utama menurut penulis tentunya karena bagusnya kualitas desain rumah yang dihasilkan dan sesuai dengan harapan. Selain juga dikarenakan Tim Arsitek Online sangat ramah dan sabar dalam melayani klien-kliennya saat berkonsultasi (walaupun konsultasinya free, Anda tetap dilayani dengan ramah!). Keunggulan-keunggulan Tim Arsitek dari Arsitek Online tersebut tentunya menunjukkan tingkat profesionalitas dan pengalaman yang mumpuni. Jasa desian rumah seperti inilah yang sangat baik untuk menjadi pilihan Anda dalam membangun rumah. Untuk membuktikan hal tersebut, Anda bisa mencoba iseng-iseng masuk ke official website-nya di ArsitekOnline [dot] com, sekedar untuk berkonsultasi atau hanya tanya-tanya saja. Anda akan rasakan pelayanan yang baik dari biro Arsitek tersebut dan jangan khawatir akan biaya konsultasinya, karena free!

Setelah mengetahui keuntungan-keuntungan yang Anda dapatkan jika menyewa jasa desain rumah untuk pembangunan rumah impian Anda, maka Anda harus mengetahui hal-hal berikut ini sebelum menyewa jasa Arsitek tersebut sehingga proses pembangunan rumah nantinya berjalan dengan lancar.

Tarif atau Fee Jasa Arsitek  

 

Penghitungan tarif jasa desain rumah dapat dilakukan dalam beberapa cara, yaitu:

Berdasarkan persentase dari total biaya pembangunan  

 

  • Penghitungan ini merupakan peraturan yang ditetapkan oleh organisasi pemerintah resmi yang mengayomi profesi Arsitek, yaitu IAI (Ikatan Arsitek Indonesia). Besarnya persentase tersebut adalah 5% – 7% dari total biaya pembangunan suatu bangunan yang di-desain. Jika nilai suatu proyek tergolong besar seperti bangunan bertingkat tinggi atau high-rise building, maka persentase jasa tersebut bisa saja di bawah angka 5% dari total biaya pembangunan.

Berdasarkan luas bangunan yang di-desain 

 

  • Tarif ini bervariasi berdasarkan tingkat kerumitan dari bangunan yang di-desain. Sebagai perkiraan kasar adalah Rp. 120.000,- s/d Rp. 200.000,- per meter persegi luas bangunan.

SPK (Surat Perjanjian Kerja) 

 

  • SPK merupakan jaminan kedua belah pihak dalam penggunaan jasa Arsitek ini, yaitu bagi pihak pemilik/owner rumah dan bagi pihak jasa desain rumah sendiri sehingga saling merasa nyaman dan percaya dalam proses pen-desain-an proyek tersebut. Kedua belah pihak akan merasa terayomi akan hak dan kewajiban mereka masing-masing. Pemilik/owner tidak perlu khawatir akan desain rumahnya yang terbengkalai atau di luar harapan. Demikian juga halnya dengan Arsitek yang tidak khawatir lagi akan mangkirnya pemilik/owner dari kewajiban membayar jasa desain rumah saat seluruh gambar telah selesai dan diserahkan.

Uang Muka (DP/Down Payment) 

 

  • Uang Muka atau DP merupakan hal yang lumrah dalam suatu usaha, termasuk usaha di bidang jasa desain rumah. Jadi, tidak mengherankan jika nantinya Arsitek yang Anda percayai untuk mengerjakan desain rumah Anda meminta DP kepada Anda sebelum proyek dimulai.

Revisi Gambar Desain 

 

  • Dalam proses pengerjaan desain rumah Anda, terkadang Anda merasa ada yang tidak pas atau harus diperbaiki dari desain tersebut. Atau mungkin di tengah jalan Anda berubah fikiran mengenai penataan bagian-bagian rumah yang awalnya ingin seperti A lalu berubah ingin seperti B. Perbaikan gambar desain tersebut dinamakan revisi. Tanyakanlah kepada Arsitek yang Anda pilih mengenai revisi ini. Berapa kali revisi yang di-cover oleh jasa desain rumah tersebut selama pengerjaan gambarnya dan apakah ada biaya tambahan revisi ini atau bisa saja Arsitek tersebut memberikan pelayanan gratis untuk revisi gambarnya.

Garansi

 

  • Salah satu tolok ukur seorang Arsitek yang profesional dan berkualitas adalah memberikan garansi terhadap klien-klien yang memilih menggunakan jasanya. Garansi ini berupa pelayanan konsultasi tentang gambar yang telah rampung dan diserahkan ke pemilik/owner pada saat pembangunan rumah tersebut sedang berjalan. Jadi, jika ada hal-hal yang Anda tidak pahami tentang gambar tersebut atau terdapat kendala yang terkait di lapangan, Anda dapat berkonsultasi dengan jasa desain rumah yang Anda percayai tersebut.

Sudah jelas bukan mengenai hal-hal yang harus Anda ketahui sebelum menyewa jasa Arsitek? Mudah-mudahan ulasan ini memberikan manfaat untuk Anda. Selamat men-desain rumah impian Anda!