Hal yang Perlu Diperhatikan dalam Membina Rumah Tangga

Pernikahan adalah salah satu momen terindah dalam hidup manusia. Betapa tidak, sebab itulah salah satu tanda memulai babak baru dalam hidup untuk memutuskan tinggal bersama dengan orang yang paling disayangi. Nah, sesungguhnya keindahan hidup dari pernikahan dimulai ketika kita menjalani kehidupan dari pernikahan tersebut.

Ternyata ada banyak hal yang masih perlu dipelajari dari pasangan untuk bisa hidup bersamanya sampai seumur hidup kita.

Berikut ini beberapa tips yang perlu diperhatikan oleh pasangan suami istri selama mengarungi bahtera rumah tangga nya.

Uang Bukan Alasan Untuk Menomorduakan Keluarga

Setelah menikah, memang sudah dunia pria dihadapkan pada tanggungjawab untuk memenuhi kebutuhan finansial keluarga dengan cara bekerja. Kebutuhan tersebut tentunya semakin besar hari demi hari seiring dengan perjalanan usia pernikahan, terutama ketika sudah memiliki anak. Apalagi di era modern ini bahkan semakin banyak seorang istri ikut bekerja demi membantu suami dalam memenuhi kebutuhan hidup tersebut.

Dalam beberapa hal, terkadang pasangan suami istri seringkali memprioritaskan pekerjaan ketimbang kebersamaan bersama keluarga, dengan alasan mencari uang.

Sebaiknya pasangan suami istri bisa membuat komitmen bersama supaya mindset tersebut bisa diubah menjadi lebih banyak menghabiskan waktu bersama pasangan dan anak-anak ketimbang menghabiskan uang tapi kehilangan waktu bersama orang yang disayangi.

Tidak Membandingkan Pekerjaan dengan Pasangan

Menjadi seorang suami dan seorang istri yang baik sama-sama bukanlah hal yang mudah. Sebab leduanya  memiliki hak dan kewajiban nya sendiri. Jangan sampai membandingkan pekerjaan suami dengan istri untuk mencari pembenaran siapa yang lelah dari siapa. Sebab faktanya, kedua pasutri tersebut sama-sama lelah!

Kita bisa lakukan jika pasangan memang benar-benar tidak melakukan kewajiban sebagaimana mestinya. Jika mengalami situasi seperti ini, diperlukan kesabaran, menenangkan diri sejenak dan berusaha memahami serta bertoleransi bahwa apa yang dilakukan masing-masing untuk kebaikan kehidupan pernikahan.

Jangan Kritik Pasangan di Depan Orang Lain

Saling menghargai dan menjaga perasaan pasangan kita merupakan hal yang harus diingat terus menerus. Termasuk diantaranya tidak mengkritik dia di depan orang lain meski hati sudah sangat panas.

Sejatinya tak ada gading yang tidak retak, tentu saja pasangan kita juga memiliki kekurangan dibalik banyak kelebihan yang kita banggakan.

Dengan demikian sebaiknya tidak juga membicarakan keburukan pasangan di depan orang lain, bahkan jika mereka teman atau keluarga.

Bagi kita mungkin hal tersebut biasa, tapi membicarakan kejelekan pasangan di depan umum sama saja membuka aib keluarga sendiri untuk dikonsumsi publik.

Lebih baik kita mengkritik pasangan dengan komunikasi berdua bersama pasangan dengan meninggalkan ego masing-masing dan mengedepankan kebaikan bersama di rumah tangga.

Kerapkali komunikasi bisa dilakukan di ranjang sebelum tidur malam, sehingga bila waktunya tiba biasanya akan dilanjutkan hubungan intim yang tentu saja semakin menambah keharmonisan suami istri.

Tidak Bandingkan Kesuksesan Rumah Tangga dengan Orang Lain

Melihat kesuksesan orang lain, kerapkali membuat kita membandingkan nya dengan rumah tangga sendiri. Janganlah membandingkan kesuksesan yang diperoleh orang lain, entah itu kekayaan, ketampanan maupun kecantikan. Apalagi menuntut pasangan untuk bisa seperti mereka.

Terkadang kesuksesan sering dilihat pada saat orang lain sudah mencapainya, kita tidak melihat dari perjuangan apa yang sudah mereka lakukan dalam memperolehnya.

Daripada membandingkan keberhasilan orang lain, mengapa tidak mulai mencoba bersama pasangan untuk mewujudkan lebih giat lagi mimpi besar yang ingin diraih dalam kehidupan rumah tangga bersama pasangan.

Demikian 4 hal yang perlu diperhatikan agar kehidupan pernikahan pasangan suami istri semakin baik. Intinya membangun dinamika rumah tangga yang harmonis adalah komunikasi yang berjalan lancar disertai dengan bertoleransi terhadap pasangan hidup. Semoga bermanfaat.