Begadang Tidak Baik Untuk Kesehatan! Ini Dia Beberapa Fakta Tentang Dampak Begadang!

Begadang jangan begadang, kalau tiada artinya! Ya, sepenggal lirik dari lagu Rhoma Irama ini mungkin dapat mewakili para ahli kesehatan tentang bahaya dari begadang. Meskipun terkesan sepele, namun begadang ternyata mampu mendatangkan banyak bahaya bagi tubuh manusia.

Dampak Begadang untuk Kesehatan

Dampak Buruk dan Fakta Begadang

Apa saja? Simak jawabannya dalam ulasan tentang beberapa fakta dampak begadang untuk kesehatan di bawah ini ya!

1. Sulit Konsentrasi

Apabila anda sering begadang, maka siap-siap saja tubuh akan kehilangan konsentrasi dan kesadaran. Hal ini tentu saja sangat merugikan bagi anda seorang pelajar atau karyawan kantor yang memerlukan konsentrasi tinggi dalam beraktivitas.

Kurangnya waktu istirahat bagi tubuh akan mengurangi kemampuan tubuh dalam berfikir dan berkonsentrasi penuh. Oleh karena itu, sangat dianjurkan bagi anda untuk menghindari begadang ini dan segeralah mencari cara cepat tidur yang efektif.

2. Memicu Penyakit Akut

Setiap hal di dunia ini seperti mesin canggih sekalipun tentu memerlukan waktu istirahat agar dapat bekerja maksimal esok hari, tak terkecuali dengan tubuh manusia. Begitu rentan terhadap penyakit, tubuh memerlukan waktu istirahat yang cukup dan berkualitas.

Dengan begadang, tentu waktu istirahat tubuh akan berkurang yang hasilnya tentu akan berdampak pada kesehatan. Terbukti berdasarkan beberapa penelitian yang dilakukan oleh ahli, begadang ini mampu memicu munculnya penyakit akut atau serius lain.

Sebut saja penyakit jantung, darah tinggi, stroke, diabetes, dan masih banyak lagi penyakit serius yang mengintai kesehatan karena begadang ini.

3. Menurunkan Gairah Seksual

Dalam kehidupan rumah tangga, kegiatan seksual tentunya menjadi hal yang cukup penting untuk dilakukan demi menjaga keharmonisan. Lalu apa jadinya jika gairah seksual menjadi berkurang atau bahkan hilang? Tentu sangat tidak menyenangkan bukan?!

Tahukah anda ternyata dengan begadang, gairah seksualitas anda akan berkurang? Kurangnya waktu istirahat bagi tubuh dan pikiran akan menurunkan libido yang hasilnya ketertarikan akan hubungan seksual menjadi hilang.

Kebanyakan energy yang tersisa dari tubuh akan terkuras habis karena rasa kantuk pada siang hari akibat begadang. Tak hanya untuk pria saja, hal ini juga dapat terjadi untuk wanita loh!

4. Meningkatkan Risiko Obesitas

Apakah ada korelasi antara begadang dan obesitas? Tentu saja ada! begadang yang artinya tubuh tetap terjaga akan membuat organ tubuh tetap bekerja seperti saat siang hari. Nah, dengan itulah rasa lapar dan haus tetap akan muncul meskipun pada malam hari ketika anda begadang.

Banyaknya asupan makanan dan minuman yang masuk ke dalam tubuh dan tidak diimbangi dengan olahraga teratur, tentu akan menyebabkan tumpukan lemak berlebih di bawah lapisan kulit. Hal inilah yang menyebabkan begadang mampu meningakatkan risiko obesitas pada seseorang.

Nah, demikianlah beberapa fakta mengenai dampak begadang bagi kesehatan. Agar terhindar dari segala macam penyakit seperti di atas, sebaiknya hindari aktivitas begadang dan cari cara cepat tidur yang efektif dan efisien. Demikian artikel ini dibuat, semoga dapat menambah wawasan anda. Terima kasih!