5 Tips Membangkitkan Semangat Belajar Anak Didik dengan Baik

Disaat kesibukan proses pembelajaran, pengaruh dari sebuah motivasi sangat besar. Bila seseorang memiliki semangat yang tinggi dalam belajar, maka hasil yang didapatkan bisa maksimal. Motivasi sendiri bisa beasal dari dalam diri sendri dan sekitar kita. Setiap siswa yang mendapatkan stimulus untuk belajar akan berusaha berjuang dalam mengejar prestasi terbaik.

Membangkitkan Semangat Belajar Anak Didik dengan Baik

Siapakah yang memberikan stimulus? Tentuny adalah para pengajar atau guru. Mereka memiliki peran yang cukup besar dalam membimbing dan mengarahkan murid-muridnya. Terutama dalam proses belajar mengajarkan, seorang guru harus bisa menjaga motivasi belajar anak didiknya.

Untuk bisa memberi sebuah dorongan semangat belajar kepada para murid. Setiap guru jugu harus memahami beberapa jenis model pembelajaran yang paling efektif. Supaya apa-apa yang disampikannya tidak membuat anak didik jenuh dan bosan. Selain itu, dengan menggunakan model dari pembelajaran yang terbaik, waktu belajar mengajar dalam efisien. Serta tujuan dari kegiatan tersebut bisa tercapai dengan baik, semisal prestasi murid meningkat.

Pada ulasan kali ini penulis bagikan beberapa bentuk model untuk meningkatkan motivasi anak didik, sebegai berikut ini:

1.Memberikan apresiasi penuh kepada Murid

Sebuah apresiasi atau penghargaan kepada anak didik memiliki efek yang cukup besar dalam kegiatan belajar mengajar. Seorang Murid yang mendapatkan pujian dari gurunya akan semakin meningkatkan belajarnya karena merasa dirinya dihargai. Oleh sebab itu, murid berharap mendapatkan apresiasi dari gurunya, contoh sederhananya adalah berharap mendapatkan nilai yang bagus.

Memberikan nilai kapada murid bukan semata-mata untuk memberikan angka terhadap tugasnya. Namun lebih dari itu sebuah nilai yang bagus bisa mendorong anak yang mendapatkannya untuk semakin giat belajar. Dan bagi yang mendapatkan angka yang kurang memuaskan, juga bisa mendorong anak didik untuk memperbaiki diri.

2.Hadiah untuk murid

Untuk mendorong murid semakin rajin belajar bisa juga dengan menggunakan hadiah. Dengan begitu setiap anak didik akan berlomba-lomba dalam merebutkan hadiah tersebut.

Yang diberikan tidak perlu benda yang memiliki harga yang mahal, namun memiliki manfaat. Agar murid yang mendapatkannya akan selalu ingat bahwa barang tersebut adalah hasil dari prestasi belajarnya.

3.Kompetisi antar murid

Dengan diadakan sebuah kompetisi atau lomba antar anak didik. Maka akan mendorong mereka untuk mempersiapkan diri sebaik mungkin. Sehingga secara tidak langsung mereka akan semakin giat belajar. Perlu diperhatikan juga, setiap anak didik diajarkan bagaimana berkompetisi dengan baik. Jangan sampai dibiarkan melakukan tindakan yang merugikan diri sendiri dan orang lain.

4.Membangun kepercayaan diri anak didik

Dengan membangun rasa percaya diri pada murid, maka akan dengan mudah mereka menyampaikan pendapatnya. Selain itu, bisa membuat anak didik semakin kreatif saat kegiatan belajar mengajar. Sikap ini secara tidak langsung mendorong siswa siap dalam menjalankan tugas apapun dari guru. Karena Dia sendiri yakin dengan kemampuan yang dimilikinya.

5.Diberikan tugas yang menarik

Sebuah tugas kadang dianggap sesuatu yang menakutkan bagi sebagian murid. Sebab bila tidak mengerjakan tugas dengan baik, maka mereka tidak akan mendapatkan nilai yang bagus pula. Namun ada cara untuk mengubah dari yang tidak disuka menjadi hal yang dinanti-nantikan. Semisal dengan memberikan tugas yang menarik dan unik.

Tugas ini berbeda dengan pekerjaan yang dilakukan di bangku sekolahan. Seperti apakah itu? Yaitu tugas yang menekankan murid untuk terjun ke lapangan atau masyarakat. Dengan cara ini anak-anak akan lebih semangat karena tidak lagi belajar di dalam kelas yang cenderung membuat jenuh.

Anak didik akan belajar mengeeksplor pengetahuannya di lapangan, berkenalan dengan masyarakat. Hal tersebut bisa menambah semangat setiap anak didik. Dan yang paling terpenting, mereka akan semakin semangat dalam belajar. Bisa karena menemukan hal baru atau model belajar yang menarik.

Nah, sekian tips mengenai cara membangkitkan semangat dengan metode pembelajaran yang unik.