5 Penyakit Berbahaya Pada Anak, Anda Harus Tahu!

Sakit yang menyerang anak, biasanya dianggap wajar karena mereka masih dalam perkembangan. Sehingga sistem imun mereka pun belum berkemang dengan sempurna dan itulah yang membuat anak rentan terinfeksi virus dan bakteri.

Meskipun itu dianggap sebagai hal yang wajar, Anda tetap harus menjaga kesehatan anak, terutama di seribu hari awal kehidupannya agar tumbuh kembangnya bisa optimal. Lantas, apa saja penyakit yang sering menyerang balita?

5 Penyakit Berbahaya Pada Anak

Penyakit Berbahaya Pada Anak
Penyakit Berbahaya Pada Anak

Simak 5 Penyakit Berbahaya Pada Anak yang harus Anda tahu berikut ini!

1. Bronkopneumonia

Bronkopneumonia pada anak merupakan salah satu infeksi pernapasan yang sering menyerang anak 0-2 tahun atau bahkan lansia yang sudah berusia 65 tahun ke atas. Penyakit ini sering juga disebut sebagai pneumonia lobularis, yakni pneumonia akibat infeksi dan peradangan di saluran napas utama yakni bronkus yang disebabkan oleh bakteri, virus, atau jamur.

Faktor seperti usia terlalu muda atau tua, lingkungan kotor, paparan asap rokok, lifestlye, kondisi kesehatan tertentu, misalnya kurang gizi, hingga penggunaan obat penekan sistem kekebalan tubuh, bisa menjadi pemicu bronkopneumonia dan meningkatkan resiko anak terkena penyakit ini lebih tinggi. Hati-hati ya!

2. Diare

Diare, merupakan penyakit yang bisa dikatakan sering terjadi pada anak. Anak dapat dikatakan diare jika buang air besar (BAB) lebih dari tiga kali sehari, apalagi jika feses yang dikeluarkan cenderung encer. Penyebabnya yakni antara lain, infeksi saluran pencernaan, keracunan atau alergi makanan, infeksi parasit, hingga penyakit iritasi usus.

Jika tidak segera ditangani, si kecil bisa mengalami dehidrasi. Tahukah Anda, dehidrasi yang disebabkan oleh diare ini merupakan pemicu kematian akibat diare, terutama pada anak-anak.

3. Campak

Campak, tentu Anda tidak asing dengan penyakit ini. Campak merupakan penyakit yang mudah disembuhkan namun mematikan jika tidak segera ditangani. Penyakit ini biasanya mudah menyerang anak-anak terutama di negara berkembang. Virus Campak ini juga dapat menginfeksi orang dewasa.

Efek dari terkena campak sangat berbahaya, karena dapat menyebabkan kerusakan otak, kebutaan, dan anak-anak rentan terhadap diare dan pneumonia. Lebih fatalnya lagi, adalah kematian. Bahkan, angka kematian yang disebabkan oleh penyakit ini diperkirakan mencapai 1.400 jiwa perharinya. Penyakit ini dapat dicegah dengan memberikan vaksin campak.

4. Difteri

Difteri merupakan penyakit yang disebabkan oleh bakteri. Penyakit ini merupakan salah satu penyakit yang bisa mengancam nyawa anak dengan cepat. Diawali dengan demam serta sakit tenggorokan hingga tombul bercak putih di tenggorokan. Jika penyakit ini tidak segera ditangani, ini dapat mengancam jiwa si kecil, karena difteri ini dapat menyumbat saluran pernapasan, jantung, sehingga dapat dengan cepat mengancam jiwa karena komplikasi tersebut.

5. TBC

Tentu Anda tidak asing dengan penyakit Tuberkulosis atau TBC. Penyakit yang paling banyak menyebabkan kematian ini, dapat menjangkit anak. Bakteri Mycobacterium tuberkulosis yang menyebabkan TBC ini menyerang paru-paru dan hampir semua organ tubuh seperti tulang, selaput otak, kelenjar getah bening, mata, hingga ginjal.

Pada anak, TBC memiliki gejala umum meliputi batuk hingga lebih dari tiga minggu, batuk berdarah, sakit dada, lemas, demam, berkeringat di malam hari dan penghambatan pertumbuhan.

Nah, itulah 5 Penyakit Berbahaya Pada Anak yang harus Anda tahu. Semoga bermanfaat!