5 Aneka Pohon yang Bermanfaat Bagi Kesehatan

Tahukah Anda bahwa banyak sekali tanaman di dunia ini yang dapat digunakan sebagai bahan pengobatan alami segala penyakit? Ada berbagai jenis tanaman yang sangat efektif menyembuhkan berbagai penyakit yang tergolong parah, sebagian kecil bisa Anda temukan di beberapa jenis pohon. Selain merawat dan menanamnya untuk memberikan kesejukan pohon-pohon tersebut bisa Anda kembangbiakkan untuk dimanfaatkan berbagai khasiatnya.

Apa Manfaat Pohon Secara Umum?

Jika Anda melihat beragam jenis pohon yang tersebar di dunia tentu mengetahui bahwa mereka memiliki bentuk dan jenis yang berbeda. Hal tersebut membuat setiap pohon berpotensi memiliki manfaat dan khasiat yang berbeda. Namun, secara umum semua pohon tersebut merupakan bagian dari ekosistem yang harus dijaga untuk melestarikan alam.

Manfaat pohon secara umum sangat banyak, akarnya bisa menahan air sehingga cadangan air di dalam tanah memiliki volume lebih banyak dengan banyaknya pohon. Selain itu, akarnya juga mampu menahan erosi sehingga mencegah dari berbagai risiko bencana alam. Pohon juga memiliki manfaat yang tidak hanya diambil dari akarnya saja, tetapi juga daun, buah, bunga, bahkan batangnya.

Inilah 5 Pohon yang Memiliki Manfaat Untuk Kesehatan

Berikut adalah aneka jenis pohon yang memiliki banyak khasiat untuk menyembuhkan penyakit sekaligus penambah kesehatan.

1. Akar Bajakah

Pohon satu ini mungkin kurang dikenal oleh masyarakat luas, namun beberapa waktu lalu cukup populer karena penemuan baru yang mengagumkan pada khasiat pohon ini. Akar bajakah merupakan pohon yang hidup di belantara hutan di Pulau Kalimantan yang telah dipercaya sebagai obat mujarab untuk menyembuhkan kanker payudara.

Tanaman ini telah digunakan manfaatnya sejak lama oleh suku Dayak lokal yang ada di sana. Kemudian secara ilmiah melalui berbagai uji lab, ternyata akar bajakah memang mengandung senyawa yang bisa menghasilkan sel anti kanker melawal sel kanker. Khasiatnya bahkan dapat menyembuhkan penyakit kanker ganas di stadium akhir hanya dalam waktu beberapa minggu saja.

2. Pohon Pule

Selanjutnya yakni pohon Pule, yang namanya juga cukup jarang dikenal secara luas. Tanaman ini memiliki banyak sekali untuk pengobatan berbagai penyakit parah, seperti malaria, demam, dan sebagainya. Untuk menggunakannya sebagai obat malaria atau demam Anda bisa mengambil kulit kayunya.

Sementara untuk menyembuhkan penyakit beri-beri, Anda dapat mengambil daun tanaman ini. Kemudian kulit akarnya bisa Anda jadikan sebagai obat penurun darah tinggi, vertigo dan insomnia. Batang pohon pule memiliki tekstur lunak, berbeda dari pohon pada umumnya sehingga dapat digunakan sebagai material bangunan atau kerajinan.

Jangan bingung saat mencari pohon ini karena pada saat ini ada banyak orang yang jual pohon pule. Anda bisa mencarinya di penjual berbagai macam bibit tanaman untuk mendapatkannya.

3. Pohon Sirih

Tanaman ini tentu telah dikenal oleh masyarakat luas baik bentuk fisiknya maupun beragam khasiatnya. Pohon ini memiliki daun yang merambat, dan khasiat terbesarnya memang berasal dari daun tersebut yang besar khasiatnya untuk beberapa penyakit. Seperti penurun kadar gula dalam darah dan sebagai minyak atsiri.

Daun sirih umumnya sering digunakan untuk menyembuhkan mimisan, gatal-gatal alergi, diare hingga gusi berdarah. Tanaman ini sering ditemui di berbagai area penduduk, namun saat ini hanya tinggal beberapa saja orang yang menanamnya.

4. Pohon Sirsak

Terakhir adalah pohon sirsak, selain buahnya dapat dimanfaatkan sebagai minuman nikmat atau dimakan secara langsung, bagian lain dari pohon ini berkhasiat untuk banyak hal. Daun sirsak, sangat ampuh untuk menyembuhkan beberapa jenis penyakit, salah satunya yakni infeksi kelenjar getah bening.

Anda bisa memanfaatkan salah satu khasiat dari beberapa pohon di atas sesuai dengan penyakit yang diderita. Mengingat cara meramunya pun cukup sederhana sehingga Anda pun tidak perlu repot mengeluarkan biaya untuk berobat..