Cara Membiarkan Virus HP Secara Mudah

July 5th, 2019

Virus ponsel, layaknya virus penyakit terus berkeliaran mencari korban. Jika ponsel sudah terserang virus aktfitas komunikasi pun jadi terhambat. Misal ada virus yang membuat ponsel jadi tak bisa mengirim SMS sama sekali. Kerugian lain, kita harus segera membawa ponsel yang terkena virus ke tempat reparasi yang tentunya akan menambah pengeluaran. Berikut ini merupakan tips untuk mencegah ponsel terserang virus. Meskipun dampaknya mungkin kecil, namun cara ini patut di coba.

Tips aman dari virus ponsel :

  1. Pastikan proses transfer file menggunakan ponsel yang bebas virus dari virus baik ponsel pengirim maupun penerima. Jika tidak minimal kedua ponsel tersebut memiliki antivirus yang up to date. Antivirus gratis bisa didapatkan di internet.
  2. Perbarui database, virus definition dari anti virus yang digunakan secara berkala.
  3. Segera matikan Bluetooth setelah proses transfer file selesai. Ini untuk mencegah infeksi virus dari ponsel lain yang mungkin mengaktifkan bluetooth.
  4. Untuk lebih meyakinkan, pasang antivirus yang telah berpuluh tahun eksis dalam dunia virus PC. Sekarang antivirus tersebut sudah ada versi mobilenya. Contohnya : Symantec Mobile anti virus, Antivir Mobile, Kapersky mobile anti virus, F-Secure mobile, Panda mobile, dll.

Untuk saat ini hanya ponsel yang memiliki system operasi yang bisa dijangkiti virus seperti system operasi Symbian yang kebanyakan dipakai oleh Nokia. Jadi ponsel dengan dukungan Java M1DP, tidak akan terkena virus. Meskipun virus tersebut berhasil masuk, namun didalam ponsel virus tersebut tak akan bisa beraksi.

Lumpur Dijadikan Media Untuk Mengendalikan Hama Tikus

June 27th, 2019

Tikus adalah binatang pengerat pengganggu tanaman pangan sejak dulu. Petani mencoba berbagai cara mengatasi gangguan tikus mulai dari pengasapan (pengemposan), pengumpanan, penggalian lubang tikus, pengoplosan oli bekas dengan racun tikus, hingga kawat listrik. Pak Daipin (45), petani Cikalong, Kecamatan Cilamaya, Karawang, mencoba anjuran Pak Zambani dari Kantor Organisasi Pangan dan Pertanian PBB yang ada di Jakarta, menggunakan cara murah, mudah, dan tidak merusak lingkungan yaitu dengan lumpur. Berikut ini langkah-langkah pengendalian tikus menggunakan lumpur.

Alat dan bahan

  1. Bambu besar
  2. Kayu bulat bekas sapu ijuk
  3. Ember
  4. Palu
  5. Karet bekas sandal
  6. Paku
  7. Gergaji

Cara

  1. Ambil satu ruas potong bambu;
  2. Potong karet bekas sandal sesuai ukuran diameter atau lubang bambu bagian dalam;
  3. Kayu bekas gagang sapu ijuk dipotong sesuai dengan panjang ruas bambu di tambah satu jengkal sebagai pegangan
  4. Karet bekas sandal yang telah dipotong bundar dipakukan ke kayu bekas sapu sebagai alat untuk memompa
  5. Cari lubang tikus, lubang masuk dan lubang keluar;
  6. Masukkan lumpur ke dalam ruas bambu;
  7. Pompakan lumpur dari dalam bambu hingga ke dalam lubangsemua lubang tikus benar-benar tertutup lumpur

Berdasarkan pengalaman Daipin, induk dan anak-anak tikus mati karena tidak bisa bernafas.

Pengendalian cara seperti ini telah dicoba oleh Kelompok Srimulya Desa Tegalsari, Kelompok Sempurna Desa Cikalong, dan Kelompok Laboratorium Desa Rawagempol Wetan. Hasilnya sangat nyata mengurangi populasi tikus di wilayah-wilayah itu.

Kelebihan cara pengendalian tikus dengan lumpur adalah:

  1. Tanggul dan pematang tidak rusak;
  2. Tidak menggunakan racun tikus kimia (rodentisida)
  3. Tidak merusak lingkungan;
  4. Murah dan mudah dilakukan.

Kendala

Selama ini kegagalan pengendalian tikus bukan di caranya tetapi lebih pada petani kurang kompak, petani ingin serba praktis. Apa pun caranya, pengendalian hama tikus harus dilakukan secara berkelompok dalam satu hamparan luas.