10 Teknik Dasar Permainan Tenis Meja yang Wajib Dikuasai Pemula

Berolahraga ping- pong perlu ketangkasan serta fokus besar. Pelajari metode bawah tenis meja serta penjelasannya buat para pendatang baru!

Di bermacam golongan warga, ada salah satu game berolahraga yang diketahui secara luas. Game tersebut merupakan tenis meja ( table tennis) ataupun ping- pong.

Tenis meja merupakan permainan olahraga yang dimainkan oleh 2 orang( game tunggal) ataupun 2 pasang orang( game ganda) dengan menggunakan bet( raket tenis meja), bola tenis, meja tenis, serta net.

Game berolahraga tenis meja sudah jadi aktivitas yang terkenal dicoba oleh banyak orang semenjak dini tahun 1900- an. Mulanya, tenis meja dimainkan oleh warga Inggris. Sebutannya kala itu adalah wiff waff.

Sehabis itu, game tersebut mulai diketahui warga global di bermacam belahan dunia. Ketenaran tenis meja bukan cuma sebatas game yang menyenangkan saja, namun pula aktivitas yang bisa menyehatkan badan.

Sebab tenis meja memerlukan gerak badan yang lincah serta koordinatif, dan akurasi yang pas. Walhasil, otot badan, saraf, serta intuisi terus menjadi terlatih bersamaan aktivitas tenis meja.

Semacam berolahraga lain, tenis meja pula mempunyai teknik- teknik bawah yang wajib dipelajari, paling utama untuk para pemain pendatang baru. Tujuannya, pasti supaya game bisa berjalan mudah, nyaman serta mengasyikkan.

Nah, kalian wajib mengenali metode bawah game tenis meja saat sebelum melaksanakan game berolahraga ini. Apa saja metode bawah tenis meja?

Ayo, cek penjelasannya selaku berikut!

Metode Bawah Tenis Meja& Penjelasannya

1. Metode Memegang Bet (Grip)

Selaku sesi dini buat mengawali game, kalian wajib ketahui metode memegang bet ataupun raket tenis meja. Wujud serta dimensi bet terbilang unik, sehingga dibutuhkan pengetahuan terpaut metode buat memahami serta memakainya.

Kalian bisa melaksanakan salah satu dari 3 metode memegang bet yang terdapat, yakni shakehand grip, seemiller grip, dan penhold grip.

Teknik Shakehand Grip

Teknik shakehand grip merupakan metode multiguna yang sangat kerap dipakai oleh beberapa pemain.

Salah satu alibi yang menjadikan metode ini selaku metode memegang bet terbaik, ialah metode ini bisa berikan kesempatan kepada pemain buat melaksanakan pukulan backhand secara gampang serta kilat.

Metode melaksanakannya juga tidak begitu menyulitkan. Kalian cuma butuh memosisikan tanganmu di gagang bet semacam wujud jabat tangan saja, sedangkan kepala bet diposisikan ke atas.

Teknik Seemiller Grip

Teknik seemiller grip masih mirip dengan metode tadinya. Pada metode ini, kalian cuma butuh memosisikan telunjukmu di bagian sisi bet seakan telunjukmu jadi penyangga kepala bet.

Sedangkan posisi jari yang lain menyamai wujud jabat tangan.

Teknik Penhold Grip

Teknik penhold grip merupakan metode yang dicoba dengan metode meniru wujud posisi tangan kala memegang pena ataupun sejenisnya.

Umunya, metode ini terkenal digunakan oleh pemain yang terletak di kawasan Asia. Pergerakan kaki serta badan pemain yang lincah juga diperlukan supaya metode ini terus menjadi maksimal.

Buat melaksanakan metode ini, kalian wajib memosisikan jari- jarimu semacam wujud memegang pena. Sedangkan itu, kepala bet menuju ke dasar ataupun letaknya ke arah dasar.

2. Perilaku ataupun Posisi Badan (Stance)

Sehabis menekuni metode memegang bet, kalian wajib memahami perilaku ataupun posisi badan dalam bermain tenis meja.

Perihal itu bermanfaat buat penyesuaian diri dengan style serta metode bermain yang di idamkan. Ada 2 perilaku siap siaga yang bisa kalian jalani, yakni side stance dan square stance.

Side Stance

Pada posisi ini, badan pemain wajib terletak di sisi meja sekalian menyamping ke kiri ataupun kanan. Posisi ini umumnya kerap berhubungan dengan posisi buat melanda.

Square Stance

Posisi square stance membutuhkan ketepatan positioning yang baik. Kalian wajib terletak di posisi tengah, sedangkan badanmu menghadap ke net. Posisi ini umumnya digunakan untuk blocking dan membalikkan servis.

3. Gerakan Kaki (Footwork)

Banyak pemain pendatang baru yang tidak menyadari kalau gerakan kaki sangatlah mempengaruhi terhadap metode serta posisi badan yang digunakan.

Terlebih lagi, gerak kaki bisa membatasi aksi tertentu, misal gerakan attacking dan blocking. Umumnya, metode yang diandalkan pada footwork adalah teknik two- step.

Metode tersebut bisa dicoba dengan metode menekuk sedikit bagian lutut, setelah itu menumpukan serta menyeimbangkan berat badan pada tiap- tiap kaki.

4. Metode Servis (Serve)

Aksi awal yang dicoba buat menunjukkan mulainya game berolahraga tenis meja merupakan servis.

Pada game berolahraga tersebut, diketahui 3 servis yang kerap digunakan oleh beberapa pemain, yakni forehand fast serve, forehand pendulum serve, dan backhand sidespin serve.

Teknik Forehand Fast Serve

Metode ini bisa dicoba buat memojokkan lawan main serta memberinya servis kejutan.

Metode melaksanakan metode servis ini, ialah pukullah bola tenis meja sekuat- kuat serta secepat- cepatnya dengan teknik forehand atau pukulan dari posisi samping badan.

Teknik Forehand Pendulum Serve

Salah satu metode bawah tenis meja terbaik adalah forehand pendulum serve. Metode servis tersebut gampang dipelajari, tetapi susah dipahami secara penuh. Walaupun demikian, kalian masih senantiasa bisa melaksanakannya.

Triknya, pukullah bola dengan ujung ataupun pinggiran kepala bet, kemudian balikkan sisi betnya.

Teknik Backhand Sidespin Serve

Bila kalian mau membalikkan kondisi, lakukanlah teknik backhand sidespin serve. Nanti, jalannya game hendak berpihak padamu.

Supaya bisa melaksanakan metode ini, kalian wajib memukul bola dengan pinggiran kepala bet dari dasar dada ataupun badan. Sehabis itu, bet wajib diputarbalikkan.

5. Metode Serbuan (Attacking)

Supaya kalian mencetak skor lebih gampang, kalian bisa melaksanakan gerakan melanda pastinya.

Sesungguhnya, terdapat bermacam- macam metode serbuan tenis meja yang digunakan oleh para pemain, tetapi kalian cuma butuh menekuni 2 metode bawah serbuan tenis meja saja.

Teknik Forehand Attack

Teknik forehand attack dapat dicoba dengan metode memukul bola dari samping ataupun zona luar badan secara kokoh.

Teknik Backhand Attack

Metode ini berbalikan dengan metode serbuan tadinya. Slot8et Pukullah bola dari dalam ataupun dasar dada secara kokoh buat memakai teknik backhand attack.

6. Metode Pertahanan (Block)

Apabila kalian diberi serbuan, kalian wajib lekas menangkisnya dengan metode pertahanan atau blocking.

Sama halnya dengan teknik attacking, metode bawah pertahanan terdiri atas forehand block dan backhand block.

Teknik Forehand Block

Teknik forehand block dapat dicoba dengan metode menggerakkan bet ke arah depan net terlebih dulu, kemudian bersiagalah buat memukul bola yang tiba.

Teknik Backhand Block

Teknik backhand block dapat dicoba dengan metode menggerakkan bet dari sisi dasar ataupun kiri badan, kemudian gerakkan ke depan net buat melemparkan kembali serbuan bola lawan.

7. Metode Pukulan Drive

Pukulan drive adalah hasil pukulan dari ayunan panjang yang kokoh serta kilat. Metode pukulan ini terbilang lumayan gampang. Tidak hanya itu, pukulan drive efektif buat membagikan kejutan kepada lawan mainmu.

8. Metode Pukulan Push

Pukulan push hanya dicoba buat memantulkan balik bola lawan. Walaupun terkesan seperti blocking, metode pukulan push nyatanya berbeda. Kalian bisa melaksanakan metode ini baik dengan cara forehand maupun backhand pada biasanya.

Inti dari metode ini merupakan posisikan bet ke arah depan net serta jam secara mendesak bola yang tiba.

9. Metode Pukulan Flick

Barangkali, sebagian pemain merasa kalau metode ini agak susah buat dicoba. Perihal tersebut bisa dikatakan benar. Soalnya, metode pukulan flick atau flip telah dikira selaku metode lanjutan oleh sebagian pemain.

Hendak namun, metode ini ialah metode bawah di golongan pemain asia, dan bisa dicoba dengan cara forehand dan backhand pada biasanya.

Pukulan flick dapat dicoba dengan metode memukul bola ke arah lawan, tetapi bola wajib terpantul ke zona meja pemukul terlebih dulu saat sebelum bola menyeberangi net ke zona meja lawan.

10. Teknik Chop

Metode bawah game tenis meja terakhir yang butuh dipelajari merupakan teknik chop. Pada dasarnya, teknik chop memiliki prinsip yang sama dengan metode bertahan.

Tetapi, teknik chop cenderung dicoba kala posisi tengah genting. Misalnya, bola lawan hendak lekas melandas ke zona bermainmu.

Bila perihal tersebut terjalin, kalian wajib bersiaga sembari membuka pukulanmu supaya bisa lekas menangkis bola yang tiba.

Gerakan yang dicoba hendak menyamai gerakan menebang tumbuhan. Guna metode ini merupakan bola hendak melambung kembali ke zona lawan.

Seperti itu sebagian metode bawah game tenis meja yang bisa kalian jalani. Supaya bisa menguasainya secara penuh, kalian juga wajib terus berlatih. Kalian pula bisa memodifikasinya cocok alterasi style permainanmu.

Lengkapi pula aktivitas game tenis meja dengan sepatu, baju dan aksesoris berolahraga. Beli produk favoritmu di Tokopedia!

Hilangkan rasa bosan serta buat waktu luang lebih seru dengan bermacam game menarik dan kekinian di mari!