5 Kegunaan Vitamin B12 Untuk Kesehatan

5 Kegunaan Vitamin B12 Untuk Kesehatan – Suplemen vitamin B12 banyak beredar belakangan ini. Baik di di dalam wujud permen yang mampu dikunyah atau kapsul, Anda barangkali pernah melihatnya di mini market atau etalase apotek. Tapi barangkali tak banyak yang tahu, apa sebetulnya fungsi seputar nutrisi perlu ini? Pada artikel ini, kami mampu memberikan deskripsi singkat tentang apa itu Vitamin B12 dan termasuk meninjau beberapa fungsi kebugaran berasal dari nutrisi ini.

5 kegunaan Vitamin B12 untuk Kesehatan

Apa itu Vitamin B12?

Vitamin B12 termasuk dikenal sebagai Cobalamin. Menurut Mayo Clinic, nutrisi ini mempunyai peran di di dalam pembentukan sel darah merah, fungsi saraf, dan pembuatan DNA. Mayo Clinic mencatat bahwa terlampau jarang berlangsung seseorang mengalami kekurangan vitamin B12 dikarenakan tubuh kami mampu menyimpannya sepanjang beberapa tahun. Namun, jikalau Anda mengikuti diet produk low-fat, seperti pola makan vegan atau vegetarian, Anda barangkali berisiko lebih tinggi mengalami defisiensi. Selain itu, orang dewasa yang sudah berusia tua termasuk mampu condong mengalami kekurangan vitamin B12.
Menurut National Health Service (NHS) Inggris, gejala kekurangan vitamin B12 melingkupi kelelahan, lemah otot, persoalan mood (seperti depresi atau kebingungan), dan persoalan memori. Oleh dikarenakan itu, perlu untuk memastikan bahwa Anda raih lumayan Vitamin B12 di di dalam diet.

Sumber Utama B12
Menurut Mayo Clinic, sumber paling baik Vitamin B12 adalah produk hewani, seperti unggas, daging, ikan, dan produk susu. Beberapa makanan mempunyai Vitamin B12 yang ditambahkan sepanjang pemrosesan juga. Sereal sarapan merupakan salah satu perumpamaan berasal dari fenomena ini.
Mengingat fakta bahwa Vitamin B12 beberapa besar berasal berasal dari sumber hewani, mereka yang mengikuti diet vegetarian atau vegan yang ketat barangkali mengalami susah mencukupi keperluan nutrisi ini. Dalam persoalan ini, Vitamin B12 mampu ditambahkan. Dua cara umum suplementasi B12 di luar diet adalah bersama mengfungsikan suplemen oral atau injeksi.

Berikut adalah 5 fungsi kebugaran vitamin b12 yang di dukung oleh pengetahuan pengetahuan.

1. Mengurangi Risiko Anemia
Menurut Mayo Clinic, anemia adalah suatu kondisi di mana tubuh Anda tidak mempunyai lumayan sel darah merah yang sehat. Ini artinya bahwa darah tidak mampu mengangkut oksigen bersama baik ke semua anggota tubuh Anda, yang mampu sebabkan gejala seperti kelelahan, tangan dan kaki dingin, sesak napas, atau kelemahan otot.
Mengingat perannya di di dalam pembentukan sel darah merah, masuk akal jikalau salah satu fungsi Vitamin B12 adalah menghindar anemia. Ketika Anda kekurangan Vitamin B12, sel darah merah di di dalam tubuh menjadi terlampau besar dan bentuknya tidak beraturan. Ini sebabkan mereka tidak mampu bergerak bersama baik ke semua tubuh Anda, sebabkan tipe anemia spesifik yang disebut “anemia megaloblastik.”

2. Dapat Mengurangi Risiko Osteoporosis
Mengingat fakta bahwa Vitamin B12 terlampau perlu di di dalam fungsi DNA, masuk akal jikalau vitamin B12 termasuk menjadi komponen kunci pembentukan tulang.
Satu studi yang diterbitkan di di dalam Journal of Bone and Mineral Research mendapatkan bahwa individu bersama kandungan Vitamin B12 yang lebih tinggi termasuk mempunyai kepadatan mineral tulang yang lebih tinggi. Kepadatan mineral tulang yang lebih rendah merupakan indikator terjadinya osteoporosis. Studi ini menunjukkan bahwa individu yang tidak mempunyai simpanan vitamin B12 yang lumayan barangkali berisiko terkena osteoporosis.

3. Dapat Meningkatkan Kesehatan Jantung
Homosistein adalah asam amino atau penyusun protein. Ketika protein dipecah, homosistein adalah salah satu isinya. Penelitian sudah menunjukkan bahwa mempunyai kandungan homosistein yang tinggi merupakan segi risiko untuk mengembangkan penyakit kardiovaskular, atau jantung. Pada manusia, kandungan homosistein yang tinggi biasanya menunjukkan kekurangan asam folat (Vitamin B9) atau Vitamin B12.
Menurut National Institutes of Health (NIH), Vitamin B12 (bersama bersama vitamin B lainnya seperti asam folat dan Vitamin B6) mampu menurunkan kandungan homosistein Anda. Namun, perlu untuk dicatat bahwa NIH melaporkan bahwa mengonsumsi suplemen B12 tidak mengurangi risiko terkena penyakit kardiovaskular.
Jika Anda melacak suplemen untuk secara spesifik menambah kebugaran jantung, barangkali mampu lebih baik jikalau Anda mengonsumsi suplemen asam lemak Omega-3 sebagai gantinya.

4. Dapat Mengurangi Risiko Cacat Lahir
Wanita hamil disarankan untuk memberikan lebih banyak vitamin B12 ke di di dalam makanan mereka daripada biasanya orang dewasa. Ini dikarenakan kekurangan vitamin B12 sudah dikaitkan bersama cacat lahir, seperti cacat tabung saraf, dan komplikasi terhadap kehamilan. Oleh dikarenakan itu, ibu hamil perlu memastikan bahwa mereka mencukupi asupan vitamin B12 harian yang disarankan untuk menghindar cacat lahir terhadap anak mereka.

5. Dapat Mengurangi Risiko Depresi
Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), depresi terlampau umum dan sudah pengaruhi lebih berasal dari 264 juta orang di semua dunia. Penyakit kebugaran mental ini mampu menyerang individu berasal dari segala usia.
Studi Kesehatan dan Penuaan Wanita Amerika mendapatkan bahwa kekurangan vitamin B12 banyak ditemukan terhadap wanita dewasa bersama depresi daripada mereka yang tidak mengalami depresi. Faktanya, mereka mendapatkan bahwa orang-orang bersama defisiensi vitamin B12 lebih berasal dari dua kali lebih barangkali mengalami depresi dibandingkan rekan-rekan mereka yang tidak kekurangan vitamin.
Studi lain yang dilaksanakan menunjang hasil ini terhadap populasi individu lanjut usia. Studi Rotterdam menunjukkan bahwa subjek lanjut usia yang kekurangan vitamin B12 lebih barangkali mengalami depresi.
Penelitian termasuk menunjukkan bahwa suplementasi Vitamin B12 mampu jalankan perbaikan gejala depresi. Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan di di dalam Open Neurology Journal, 100% individu depresi yang diobati bersama suplementasi Vitamin B12 menunjukkan penurunan gejala depresi setelah tiga bulan mengonsumsinya.