Cara Membuat Promosi Produk yang Menarik untuk Bisnis Digital Kamu

Cara Membuat Promosi Produk yang Menarik untuk Bisnis Digital Kamu – Pernah nggak sih kamu saat lagi ingin menabung dan nggak rela membeli apa-apa, tiba-tiba ada iklan promosi yang muncul di media sosial atau marketplace yang membuat kamu jadi ingin sekali membeli sebuah produk?

Nah trick ini yang dinamakan promosi, memicu orang yang melihatnya jadi tertarik untuk membeli apa saja yang ditawarkan. Apalagi zaman sekarang terlalu mudah untuk berbelanja online, hanya mengakses smartphone untuk checkout dan membayar, maka transaksi bisa dilakukan hanya dalam hitungan menit.
Mungkin banyak dari kamu yang sedang berjualan tetapi masih bingung untuk pilih cara promosi yang tepat. Nah pas banget kamu sampai ke artikel ini, simak sampai akhir ya.

Cara Membuat Promosi Produk yang Menarik untuk Bisnis Digital Kamu

Kenapa Harus Promosi Bisnis Digital?

1. Meningkatkan Brand Awareness
Mengapa orang saat ini mengenal dengan jelas Samsung adalah brand elektronik dan Adidas adalah brand baju olahraga? Bahkan orang dapat mengingat nama, logo, dan warna brand mereka. Itu karena brand awareness pelanggan terhadap ke-2 brand tadi sudah terlalu tinggi. Nah pasti kamu sebagai pemilik brand baru, promosi adalah cara untuk tingkatkan brand awareness. Minimal supaya orang-orang paham apa nama brand kamu dan apa yang kamu tawarkan.

2. Mampu Menarik Pembeli dan Audience
Pasti ada orang yang tertarik untuk membeli product kamu, tetapi tidak banyak. Nah dengan melakukan promosi, misi kamu adalah menarik orang-orang yang belum tertarik dengan product kamu. Dengan melakukan promosi, dapat saja satu orang yang menyaksikan iklan kamu tidak tertarik. Namun satu orang tadi menyebarkan iklan kamu kepada 10 orang temannya, bisa saja 10 orang berikut tertarik dengan product kamu.

3. Menjaga Loyalitas Konsumen
Sebagai pemilik brand baru, pasti kamu ingin memiliki pelanggan yang loyal pada produk-produk kamu. Promosi dapat melindungi kesetiaan pelanggan supaya senantiasa membeli product di toko kamu. Jika kamu jarang atau tidak memicu promosi barang sekali, dapat saja pelanggan kamu bakal pindah ke toko lain yang tawarkan promo lebih banyak.

4. Meningkatkan Penjualan Produk
Dalam bisnis digital pasti kamu bakal beroleh keuntungan dari setiap product yang terjual. Nah dengan melakukan promosi yang efektif, pasti bakal tingkatkan penjualan product kamu. Apalagi kamu menjajakan product mudah basi seperti makanan, maka kamu kudu menghabiskan stok product secepatnya dengan promo-promo yang sesuai.

Tips dan Cara Promosi Bisnis Digital Yang Menarik

1. Memberikan Diskon
Memberikan diskon atau potongan harga dapat jadi pilihan pertama, gara-gara orang pasti tertarik dengan apa pun yang terkait dengan harga. Kamu dapat menambahkan diskon di hari raya seperti lebaran, natal, imlek, dan sebagainya. Biasanya di hari raya orang-orang banyak yang berbelanja, maka dengan kamu memberikan diskon akan membuat pelanggan memilih berbelanja di tempat kamu.

2. Memberikan Gratis Ongkir
Pada pembelian online, umumnya ada cost ongkir yang dibebankan kepada pelanggan untuk mengirim barang. Nah kamu bisa menambahkan gratis ongkir, telah lumayan memicu orang tertarik untuk berbelanja pada bisnis digital kamu.

3. Mengadakan Flash Sale
Flash sale saat ini sedang jadi trick promosi yang kerap digunakan, karena ternyata masyarakat antusias dengan trick ini. Flash sale umumnya tawarkan potongan harga yang terlalu besar, tetapi terhadap jangka saat yang terlalu singkat. Biasanya hanya satu hari, atau lebih-lebih hanya satu jam saja. Ini bisa jadi tak tik pemasaran bisnis digital kamu.

4. Beli 2 Gratis 1
Beli 2 gratis 1 seringkali jadi trick promosi untuk produk-produk yang kerap dibeli sehari-hari, jika makanan, minuman, pakaian, kebutuhan tempat tinggal tangga, dan sebagainya. Orang bakal menjadi lebih sepadan, gara-gara mereka dapat tiga product dengan hanya membayar dua produk.

5. Memberikan Hadiah, Souvenir atau Sticker
Nggak harus mengimbuhkan hadiah atau souvenir yang terlalu mahal, lebih-lebih dengan hanya mengimbuhkan sticker saja itu telah artinya bagi sebagian orang. Tentukan hadiah atau souvenir yang berkesan bagi konsumen, pastikan mereka menjadi dihargai setelah membeli product kamu dan membuat mereka melakukan order ulang.

6. Mengadakan Mystery Box
Konsep Mystery Box yaitu pelanggan membeli sebuah box yang isinya tidak mereka ketahui, mereka dapat saja beroleh mengisi dengan nilai harga yang tinggi atau rendah. Misalnya kamu menjajakan Mystery Box dengan harga 50 ribu rupiah yang berisi product dengan nilai harga 25 ribu hingga 100 ribu rupiah. Nah umumnya pelanggan penasaran dengan rencana ini, gara-gara mereka berharap beroleh barang yang memiliki nilai lebih tinggi dari harga Mystery Box-nya.

7. Memberikan Garansi
Memberikan garansi untuk sebuah product bakal tingkatkan rasa safe bagi konsumen, lebih-lebih terhadap produk-produk dengan harga yang tinggi dan rawan mengalami kerusakan. Misalnya seperti barang elektronik, kendati umumnya brand elektronik telah tawarkan garansi, kamu bisa menambahkan garansi personal rubah baru dalam jangka waktu yang lebih singkat.

8. Harga Khusus untuk Grosir
Berjualan secara grosiran bakal memberikan besar untungkan kamu, gara-gara kamu dapat beroleh keuntungan dari sekian banyak product yang terjual. Nah supaya pelanggan kamu senang, kamu dapat menambahkan harga tertentu untuk pembelian grosiran. Kamu dapat tawarkan harga yang lebih murah untuk pembelian minimal 50 produk, 100 produk, dan sebagainya.

9. Gunakan Ads di Facebook atau Instagram
Menggunakan fitur ads untuk bisnis digital kamu, gara-gara nyaris semua orang memiliki akun media sosial seperti Facebook dan Instagram. Fitur ads dapat mengiklankan product kamu kepada orang-orang yang ditargetkan cocok syarat-syarat kamu. Kamu dapat menargetkan rentang usia, model kelamin, lokasi, dan sebagainya. Fitur ini dapat efektif kecuali kamu menentukan syarat-syarat tujuan pasar dengan benar.

10. Gunakan Caption yang Unik
Caption-caption yang unik dapat jadi senjata kamu untuk memberikan promosi dengan efektif pada bisnis digital. Biasanya orang akan tertarik dengan caption unik seperti “beli sekarang, sebelum kehabisan” atau “hari ini terakhir, jangan sampai ketinggalan.”
Kamu manfaatkan kalimat-kalimat yang mendesak itu supaya orang jadi ingin segera membeli produk bisnis digital kamu.

11. Program x Orang Pertama
Menawarkan promosi untuk kuantitas orang yang terbatas dapat kamu gunakan, gara-gara orang pasti bakal terdesak untuk segera membeli product kamu. Misalnya kamu dapat tawarkan diskon 25% untuk 50 orang pertama, 50 orang selanjutnya hanya diskon 10%. Orang-orang pasti bakal berlomba-lomba jadi 50 orang pertama.

12. Menggunakan Jasa Influencer
Pasti kamu telah mendengar kata endorse atau endorsement. Nah ini dapat jadi cara promosi paling baik kecuali kamu rela mengeluarkan uang yang agak banyak. Kamu dapat melacak influencer di sosial media seperti Instagram dengan followers yang banyak. Kemudian kamu dapat tawarkan product kepada mereka untuk diiklankan, umumnya konten promosi bakal diunggah di Instastory mereka. Tentu ada harga lumayan tinggi yang kudu dibayarkan, terkait dengan berapa followers si influencer dan berapa konten yang bakal diunggah di bisnis digital kamu.

Ayo Mulai Jalankan Bisnis Digital Sesuai Passion Kamu
Untuk kamy yang masih menjalani perkuliahan dan tidak ingin mengganggu jadwal kuliah kamu, bisnis digital adalah pilihan terbaik. Mulai aja dulu, mulailah jalani yang sesuai dengan kesukaan atau passion