Bagaimana Menghindari Menjadi Korban Penipuan Iklan Facebook

https://blog.ub.ac.id/rubikmbs/ – Facebook berbicara tentang masalah global iklan penipuan di platform. Siapa pun bisa menjadi korban, terutama mereka yang berisiko yang suka mengklik janji-janji freebie yang luar biasa.

Apa yang terjadi?

Facebook menarik perhatian pengguna pada masalah iklan palsu. Penipu telah belajar bagaimana melewati larangan jaringan sosial untuk mempromosikan beberapa jenis konten dengan menggunakan penyelubungan – penyamaran konten di depan robot yang secara otomatis memeriksa. Pengguna melihat judul clickbait alih-alih memeriksa iklan secara otomatis yang disetujui oleh sistem, dan tautan mengarah ke halaman dengan konten terlarang. Perusahaan ILikeAd Media yang berbasis di Hong Kong, bersama dengan dua warga negara China, Chen Xiao Tsun dan Huang Tao, menggunakan cloaking untuk menyebarkan perangkat lunak phishing yang mendapatkan akses ke akun pengguna. Pada tanggal 5 Desember, Facebook melaporkanbahwa perusahaan sedang digugat di pengadilan California, tetapi mengatakan bahwa ada banyak penipu di seluruh dunia, mereka sering bertindak bersama atau setidaknya mendiskusikan cara untuk menghindari hukuman. Dan untuk mengatasi masalah tersebut, Anda memerlukan keterlibatan pengguna.

Baru-baru ini, jejaring sosial melakukan wawancara telepon dengan jurnalis dari seluruh dunia, di mana dia berbicara tentang masalahnya, tindakannya, dan bagaimana melindungi dirinya dari itu.

Baca: Powerbank ZMI Terbaik

Seperti apa tampilan iklan scam?

Menurut untuk Business Insider, iklan yang terdapat iklan untuk pil diet, investasi cryptocurrency, dan konten seksual. Seringkali selebriti atau tokoh masyarakat lainnya muncul dalam iklan semacam itu. Facebook mengatakan bahwa ini menyulitkan untuk mengotomatiskan pencarian dan penghapusan iklan semacam itu – lagipula, orang-orang publik sering disebutkan dalam iklan normal, misalnya, media menulis tentang mereka.

Menurut Rob Leserne, direktur manajemen produk , konten iklan dan cara kerja scammer terus berubah untuk menjauh dari sistem deteksi yang dibuat Facebook. Bertahun-tahun sebelumnya, sering kali merupakan tawaran untuk menggunakan masa percobaan gratis di beberapa layanan, dan scammers menggunakan bintang dunia untuk menarik perhatian. Sekarang topik iklan seringkali adalah cryptocurrency, dan bintang-bintang menjadi lebih sederhana, lokal. Ini, meskipun kurang efektif, memungkinkan penipu untuk tetap tidak diketahui lebih lama.

Iklan tersebut mendistribusikan akun palsu atau yang disusupi (yaitu, akun pengguna biasa yang telah diretas). Dalam kasus ILikeAd Media, total biaya “kampanye” mencapai jutaan dolar. Dan biaya ini dibebankan pada dompet para korban itu sendiri, akses ke akun siapa yang didapat penyerang setelah mereka menginstal perangkat lunak phishing.

Baca: Earbud Nirkabel Indoor Terbaik

Apa yang Facebook lakukan?

Pengumuman serupa didistribusikan di seluruh dunia. Skema atau konten mungkin sedikit berbeda dari satu negara ke negara lain, tetapi Facebook mengatakan masalahnya bersifat global. Dan bahkan jika sebuah perusahaan menemukan seseorang untuk disalahkan, ia tidak dapat menghukumnya secara pribadi – ini membutuhkan instrumen legislatif. Dan mereka tidak ditemukan di semua negara. Oleh karena itu, selain meningkatkan algoritme untuk mendeteksi konten semacam itu dan meningkatkan moderasi manual, Facebook bekerja sama dengan otoritas lokal di negara-negara keberadaannya. Nah, dia mengajukan tuntutan hukum. Gugatan terhadap ILikeAd Media bukanlah yang pertama atau satu-satunya.

Baca: eBook Terbaik

Bagaimana agar tidak terjebak dalam iklan scam?

  • Jangan mengklik iklan untuk pil diet ajaib dan kekayaan cryptocurrency yang luar biasa dan berita utama clickbait lainnya.
  • Jika Anda mengklik dan sampai ke situs yang tidak dapat dipahami, jangan menginstal apa pun (secara umum, tentu saja, Anda tidak boleh mengunduh dan menginstal apa pun dari sumber yang mencurigakan) dan pergi sesegera mungkin.
  • Laporkan iklan Facebook yang mencurigakan. Sayangnya, formulir lengkap untuk keluhan tentang pengumuman tersebut masih tersedia di AS dan akan segera muncul di sejumlah negara yang saat ini sedang dalam tahap pengujian. Tapi setidaknya Anda bisa mengeluh tentang iklan sekarang.