Senyawa Dopamine Yang Memiliki Peran Penting Bagi Manusia

Senyawa Dopamine Yang Memiliki Peran Penting Bagi Manusia – Dopamin adalah neurotransmitter. Bertanggung jawab untuk mentransmisikan sinyal antara sel-sel saraf otak, dopamin sering disebut pembawa pesan kimia. Ini memainkan peran penting dalam tubuh dan memiliki dampak langsung pada sistem saraf pusat kita. Sementara dopamin sering disebut sebagai “bahan kimia kesenangan,” ini adalah keliru, karena dopamin tidak benar-benar menghasilkan kesenangan. Namun, itu memperkuat perasaan senang dengan menghubungkan sensasi kesenangan dengan perilaku tertentu. 

Dopamin juga hadir dalam respons fight-or-flight. Ketika mengalami ancaman yang dirasakan, nyata atau imajiner, sistem saraf simpatik (SNS) diaktifkan, memicu pelepasan dopamin dan katekolamin lainnya, yang membantu dalam menanggapi stres. Dopamin diproduksi di sejumlah tempat berbeda di otak, kata James Giordano, MD, MPhil, profesor neurologi dan biokimia di Georgetown University Medical Center, termasuk substantia nigra, area tegmental ventral, kelenjar pituitari, dan di jalur otak hipotalamus.

Senyawa Dopamine Yang Memiliki Peran Penting Bagi Manusia
Senyawa Dopamine Yang Memiliki Peran Penting Bagi Manusia

Peran Dopamin Dalam Tubuh

Dopamin memiliki dampak langsung pada banyak fungsi neurologis, kognitif, dan perilaku di dalam tubuh, kata Dr. Giordano, termasuk:

  • Pergerakan
  • Penguatan dan penghargaan
  • Pikiran dan emosi
  • Gairah
  • Regulasi hormon dan kelenjar tertentu

Dopamin memengaruhi segalanya mulai dari cara kita berpikir dan bergerak hingga cara kita mengingat dan berperilaku. Kita semua mengalami dopamin secara berbeda dan ketidakseimbangan kadar dopamin mungkin sulit dideteksi, tetapi hal itu dapat secara langsung memengaruhi kesehatan dan kesehatan mental kita. 

Terlalu sedikit atau terlalu banyak dopamin dapat menyebabkan banyak masalah. Dengan kekurangan dopamin, Anda bisa mengalami sejumlah gejala, seperti:

  • Kehilangan keseimbangan
  • Perubahan berat badan
  • Kram otot
  • Energi rendah
  • Kecemasan
  • Perubahan suasana hati
  • Gairah seks rendah
  • Sembelit
  • Tremor
  • Sulit tidur
  • Halusinasi

Sementara tingkat dopamin yang tinggi dapat meningkatkan konsentrasi, energi, dorongan seks, dan kemampuan Anda untuk fokus, hal itu juga dapat menyebabkan perilaku kompetitif dan agresif dan menyebabkan gejala termasuk kecemasan, kesulitan tidur, dan stres. 

Gangguan Kesehatan dan Mental

Ketika Anda memiliki gangguan dopamin, Anda mungkin mengalami penurunan fungsi neurokognitif, yang berhubungan dengan memori, perhatian, dan kemampuan memecahkan masalah Anda. Seperti neurotransmitter serotonin, yang membantu mengatur suasana hati, dopamin terlibat dalam banyak penyakit psikologis. Reseptor dopamin yang berfungsi tidak normal berperan dalam beberapa gangguan kesehatan dan mental. 

Penyakit Parkinson

Penurunan kadar dopamin dapat terjadi pada penyakit neurodegeneratif tertentu, seperti penyakit Parkinson, di mana sel-sel saraf yang bertanggung jawab untuk memproduksi dan melepaskan dopamin sedang sekarat, Dr. Giordano menjelaskan.

Gangguan Defisit Perhatian (ADHD)

Penelitian telah menunjukkan bahwa gangguan dopamin ada pada mereka dengan ADHD, berhubungan dengan gejala kurangnya perhatian dan impulsif. Individu dengan ADHD mungkin mengalami defisit penghargaan dan motivasi, membuat mereka tidak dapat mengubah perilaku mereka untuk beradaptasi dengan perubahan kondisi penghargaan.

Skizofrenia 

Skizofrenia dikaitkan dengan perubahan reseptor dopamin otak, serta jalur pensinyalan dopamin. Obat antipsikotik sebenarnya dapat bertindak sebagai antagonis dopamin, membantu beberapa pasien dengan skizofrenia. 

Gangguan Dan Ketergantungan Penggunaan Zat

Respons terkondisi yang dipicu dopamin yang dihasilkan dari perilaku tertentu, seperti minum alkohol, atau berjudi, dapat menyebabkan kecanduan . Mengapa beberapa orang berjuang dengan kecanduan lebih dari yang lain bisa dilakukan dengan perbedaan yang sudah ada sebelumnya di sirkuit dopamin.

Baca Juga: Kumpulan Pasangan Anime Paling Romantis dan Bikin Baper

Gangguan Depresi Mayor (MDD)

MDD adalah salah satu gangguan kesehatan mental yang paling umum dan kekurangan dopamin dapat menyebabkan anhedonia, ketidakmampuan untuk merasakan kesenangan, yang sering merupakan gejala MDD.

“Penurunan fungsi dopamin dapat terjadi setelah stres dan pada jenis gangguan depresi tertentu,” kata Dr. Giordano. Penurunan efektivitas dalam metabolisme dopamin dan pensinyalan dapat menghasilkan tanda dan gejala seperti:

  • Kehilangan energi
  • Nafsu makan berkurang
  • Mengidam makanan berlemak atau manis
  • Berkurangnya keinginan untuk dan kenikmatan berbagai aktivitas
  • Perubahan libido

Dalam kasus seperti itu, Dr. Giordano menjelaskan, pasien dapat diobati dengan obat antidepresan, yang dapat memperpanjang efek dopamin yang tersedia di situs reseptornya, dan dengan cara ini, memperkuat efek yang dimediasi dopamin untuk mengurangi tanda dan gejala tersebut. 

Jika Anda menderita gangguan kesehatan fisik atau mental akibat ketidakseimbangan dopamin, pengobatan akan tergantung pada gangguan tersebut. Jika Anda menderita gejala tertentu, sebaiknya bicarakan dengan dokter Anda tentang gaya hidup, pola makan, dan riwayat kesehatan Anda untuk menentukan langkah terbaik berikutnya.

Cara Alami Untuk Menyeimbangkan Tingkat Dopamin 

Kadar dopamin sulit dipantau karena terjadi di otak, tetapi ada cara untuk menyeimbangkan kadar dopamin Anda tanpa obat. Cara terbaik untuk menyeimbangkan kadar dopamin Anda adalah dengan fokus pada kebiasaan sehat. 

Jika Anda terlalu terlibat dalam aktivitas penghasil dopamin tertentu seperti seks, teknologi, atau perjudian, maka Anda ingin beristirahat sejenak, tetapi jika Anda mengalami kesulitan berkonsentrasi, merasa tidak termotivasi atau lelah, maka Anda pasti ingin melakukannya. meningkatkan produksi dopamin Anda. 

Konsumsi Makanan Bergizi

“Nutrisi dalam makanan tertentu berjalan ke otak dan berkontribusi pada produksi dopamin,” kata Peterson. Makan banyak buah dan sayuran, terutama pisang, dapat meningkatkan produksi dopamin. 

Peterson juga merekomendasikan protein, termasuk daging tanpa lemak, ikan, kacang-kacangan, dan protein nabati, serta makanan yang kaya asam lemak omega-3 seperti salmon, mackerel, tiram, biji rami, biji chia, dan kenari. 

Berolahraga secara teratur 

Berjalan kaki singkat, berlatih yoga, menari di dapur, atau berolahraga di rumah dapat membantu menghasilkan kadar dopamin yang sehat. Berolahraga juga meningkatkan kebiasaan tidur, yang juga mendukung kadar dopamin yang seimbang. 

“Lakukan aktivitas fisik apa pun yang Anda sukai. Memaksa diri Anda untuk melakukan sesuatu yang Anda benci hanya demi olahraga dapat membawa manfaat fisik, tetapi untuk manfaat kesehatan mental penuh yang terkait dengan dopamin khususnya, pilih gerakan yang menurut Anda menyenangkan,” kata Peterson.

Rayakan Momen Kecil

“Melakukan sesuatu yang kecil yang Anda nikmati dan dengan sengaja menghubungkan tindakan itu dengan pencapaian atau sesuatu yang luar biasa yang Anda perhatikan memberi tahu otak Anda bahwa sesuatu yang hebat sedang terjadi dan Anda yang mendorongnya,” kata Peterson. 

Ini dapat mencakup sesuatu yang sederhana seperti memperhatikan bunga di taman, mendengarkan lagu favorit Anda, mencium biji kopi, atau meniup gelembung. Ini akan meningkatkan produksi dopamin, Peterson menjelaskan, dan Anda akan mendapatkan peningkatan kesehatan mental yang bertahan lama.

Dopamin Dan Kecanduan

Kokain dan amfetamin menghambat pengambilan kembali dopamin. Kokain adalah penghambat transporter dopamin yang secara kompetitif menghambat penyerapan dopamin untuk meningkatkan keberadaan dopamin. Amfetamin memiliki struktur yang mirip dengan dopamin, sehingga dapat memasuki neuron prasinaps melalui pengangkut dopaminnya. Dengan masuk, amfetamin memaksa molekul dopamin keluar dari vesikel penyimpanannya. Dengan meningkatkan kehadiran dopamin, keduanya mengarah pada peningkatan perasaan dan kecanduan yang menyenangkan. Kita tahu bahwa dopamin dapat melayani banyak fungsi kognitif yang vital dan neurologis. Meskipun banyak sekali penelitian, masih banyak yang harus dipelajari lebih dalam lagi tentang interaksi dopamin dengan hormon lain dan neurotransmiter.

Segera konsul dengan dokter anda jika Anda mempunyai kelainan gejala gangguan pada tubuh anda, kelainan dalam gerakan, atau  Anda mengalami kecanduan .