Produksi Keju – Rencana Bisnis Susu Keju

Produksi keju dan makanan adalah salah satu bidang bisnis yang paling menguntungkan. Kelaparan dan kepuasannya adalah salah satu kebutuhan dasar umat manusia, yang dulu, sedang, dan akan ada. Oleh karena itu, kebutuhan pangan akan selalu tetap tinggi.

Produksi keju merupakan lini bisnis yang dapat mendatangkan pendapatan yang cukup besar bagi penciptanya dan menjadi dasar yang baik untuk ekspansi. Namun, kesuksesan dalam bisnis ini dapat dicapai, terutama dalam lingkungan yang sangat kompetitif, hanya dengan perencanaan proyek yang jelas.

Produksi Keju, Rencana Bisnis Susu Keju
Produksi Keju, Rencana Bisnis Susu Keju

Dalam rencana bisnis untuk produksi keju ini, kami akan memberikan perhitungan keuangan yang diperlukan, kami akan memberikan informasi utama dan tahapan memulai bisnis. Informasi yang diberikan akan membantu Anda membentuk opini Anda tentang ide tersebut, membuat keputusan untuk berinvestasi di bidang ini.

Analisis Pasar Dari Produksi Keju

Situasi menarik telah berkembang di pasar Rusia sehubungan dengan sanksi balasan yang diterapkan yang meminimalkan penjualan produk keju asing. Hal ini membuka peluang bagi pendatang baru untuk masuk ke dalam industri, karena pasar masih memiliki potensi pertumbuhan yang cukup besar.

 

Ada lebih dari 150 perusahaan dalam negeri yang memproduksi keju dan produk keju lebih dari 500 jenis dan 2 ribu varietas. Pangsa barang-barang buatan Rusia di industri ini sekitar 80%. Pertumbuhan pasar – 5-5,5% pada tahun 2020.

 

Namun, meskipun tawarannya besar, ada masalah dengan mengisi konter dengan barang-barang berkualitas. Sebagian besar keju mengandung pewarna, aditif, dan bahan pengisi tidak alami lainnya. Meskipun permintaan orang Rusia tumbuh justru untuk keju berkualitas tinggi.

Baca Juga: Olahan Ikan ini Pasti Dijamin Enak untuk Dibuat saat Pandemi

Registrasi

Dibolehkan membuka usaha perah keju baik yang berbentuk perseorangan maupun yang berbentuk badan hukum. Meskipun, ketika mengatur bisnis dengan omset tinggi, lebih baik segera memulai sebagai LLC (bentuk badan hukum yang paling nyaman)

 

Kode OKVED – 10.51.3 “Produksi keju dan produk keju”.

 

Proyek ini akan membutuhkan banyak izin, karena kita berbicara tentang produksi pangan.

 

Selain sertifikat pendaftaran negara dan sertifikat NPWP, kertas-kertas berikut sedang disiapkan:

 

  • Perjanjian sewa tempat 
  • Daftar peralatan yang digunakan;
  • Diagram alir produksi;
  • Sertifikat bahan baku;
  • Dokumen yang mengkonfirmasi pemeriksaan kesehatan yang dilakukan oleh karyawan.

 

Bahkan, kesimpulan SES dikeluarkan, yang memungkinkan untuk melakukan bisnis.

 

Berbicara tentang pajak, sistem pajak yang disederhanakan digunakan: 6% dari pendapatan atau 15% dari keuntungan.

Pemilihan Tempat

Kamar seluas 100-120 sq. Cocok untuk sebuah proyek. m. Ini akan dibagi menjadi area produksi dan penyimpanan, akan memiliki kantor administrasi dan kamar untuk staf.

 

Di antara persyaratan dasar adalah:

 

  • Pasokan air (air panas dan dingin);
  • Pemanasan;
  • Sistem ventilasi dan saluran pembuangan;
  • Siang hari;
  • Dilengkapi dengan sarana keselamatan kebakaran;

 

Permukaan dinding harus diberi ubin atau dilapisi dengan cat non-toksik. Kabel yang lewat harus diisolasi untuk melindungi dari kemungkinan kerusakan.

 

Peralatan untuk susu keju mini tidak memakan banyak ruang, dan dengan pengaturan ruang yang kompeten, bengkel benar-benar dapat ditempatkan di area yang cukup terbatas.

Teknologi Produksi Keju

Sebelum menjelaskan peralatan yang dibutuhkan, kami akan menjelaskan secara singkat tentang standar teknologi pembuatan keju. Keju adalah dadih (butir) susu yang dikentalkan yang telah melalui serangkaian operasi.

 

  • Susu dalam mesin pembuat keju disiapkan untuk produksi, dipasteurisasi dan didinginkan.
  • Bahan baku susu ditambahkan: kultur starter, rennet, kalsium klorida. Campuran kemudian matang sampai mengeras. Tergantung pada proses dan peralatannya, ini membutuhkan waktu mulai dari 20 menit hingga beberapa jam.
  • Gumpalan protein terbentuk; massa yang dihasilkan dipotong dan dimasukkan ke dalam rendaman keju, di mana whey dikeringkan; dan biji-bijian itu sendiri dituangkan ke dalam bentuk-bentuk khusus, di mana mereka mengeras, ditekan, memperoleh penampilan akhir.
  • Keju ditempatkan dalam wadah khusus dengan larutan air garam untuk pengasinan.
  • Pada akhirnya, keju yang sudah jadi berakhir di ruang pematangan, di mana ia bertahan untuk waktu tertentu, tergantung pada varietasnya.

Peralatan Produksi Keju

Untuk pembuatan keju, Anda perlu membeli peralatan khusus.

 

  • Pembuat keju – untuk pemrosesan awal dan pembentukan biji-bijian.
  • Mandi keju dengan pemisah – untuk membentuk kepala keju.
  • Ruang pematangan – untuk mematangkan produk.

 

Selain itu, lemari es, rak, timbangan, furniture, gerobak, dll. akan diperlukan.

 

Menemukan peralatan yang diperlukan bukanlah masalah, ada peluang untuk membeli semuanya secara turnkey.

 

Untuk perhitungan lebih lanjut, sebagai contoh, kami akan mengambil garis untuk produksi 150 kg / jam senilai 3 juta rubel. Jumlah tersebut sudah termasuk biaya pekerjaan pemasangan dan pembelian dua buah lemari es. Secara umum, peralatan untuk organisasi produksi menengah akan membutuhkan 3,5 juta rubel. bersamaan dengan pembelian Gazelle untuk pengiriman barang.

Rekrutmen Staf

Tugas utama mengatur dan meluncurkan, tentu saja, jatuh pada startup itu sendiri. Penting untuk menemukan personel yang memenuhi syarat untuk bekerja.

 

Penting untuk menemukan teknolog profesional yang bertanggung jawab atas kualitas dan kontrol proses produksi keju. Sebagai spesialis dengan pengalaman, pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan, ia terlibat dalam persetujuan dokumentasi peraturan dan teknis, menyusun peta dan peraturan teknologi.

 

Akan ada tiga pekerja di pabrik, salah satunya akan menjadi mandor bengkel (posisi mandor dan teknolog dapat digabungkan).

 

Cara terbaik adalah untuk menyewa perwakilan penjualan yang memenuhi syarat untuk menemukan penjualan. Pengiriman produk ke rantai ritel akan menjadi pendorong di Gazelle yang dibeli. Seorang akuntan dapat dialihdayakan ke perusahaan khusus. Seorang pembersih disewa akan terlibat dalam membersihkan bengkel.

 

Di bawah ketentuan rencana bisnis susu keju, dana upah akan berjumlah 250 ribu rubel. per bulan.

Bahan Baku

Bahan baku utamanya adalah susu mentah. Tergantung pada jenis produk, susu sapi, domba atau kambing yang digunakan. Itu harus tidak dipasteurisasi, bersih dan segar; ada baiknya membeli dari peternakan, yang paling baik terletak di dekat pabrik.

 

Susu yang dipasteurisasi pabrik (apa yang dijual di toko) tidak cocok – proses koagulasi tidak akan dimulai. Tentu saja, Anda dapat menambahkan kalsium klorida untuk memulai reaksi, tetapi lebih baik mengambil bahan mentah segar dari petani. Jika tidak ada susu yang tidak dipasteurisasi, produk yang dipanaskan juga cocok, yaitu, dipasteurisasi dalam mode lembut.

 

Suhu tidak lebih tinggi dari 12 derajat Celcius. Susu keju harus memiliki nilai keasaman yang diperlukan – setidaknya 6,8, kandungan lemak – tidak lebih dari 3,5%, protein – di atas 3%.

 

Bahan utama kedua adalah rennet, yang diperlukan untuk pembekuan butiran keju di masa depan.

Jenis Produk Jadi

Ada banyak jenis dan varietas keju di dunia – lebih dari 2 ribu nama.

 

  • Padat. Kandungan lemak 45-55%. Paling populer di kalangan orang Rusia. Mereka memiliki struktur padat karena penuaan yang lama. Contoh: Edam, Cheddar, Parmesan, Emmental, dll.
  • Lembut. Kandungan lemak 45-60%. Krim ditambahkan ke komposisi, oleh karena itu keju ini dicirikan oleh rasa krim yang lembut, tekstur yang lembut. Contoh: Adyghe, Mascarpone, Mozzarella, Ricotta, dll.
  • Tergabung. Ini adalah produk keju: selama pembuatannya, berbagai aditif bioaktif makanan, zat pembentuk struktur, zat penyedap, dan terkadang keju cottage ditambahkan. Ini digunakan baik secara langsung maupun sebagai komponen untuk salad, sup, dan hidangan lainnya.
  • Suluguni. Salah satu keju Georgia yang paling terkenal, terbuat dari susu, penghuni pertama dan bakteri termofilik. Ini memiliki struktur elastis, sedikit kenyal. Potongan menunjukkan bahwa produk terdiri dari banyak lapisan.
  • Elite. Ada banyak jenis keju yang elit. Mereka dibedakan oleh metode produksi yang unik, struktur dan rasa khusus. Contoh: Camembert, Danable, Pecorino, dll.

 

Sesuai rencana bisnis, perusahaan akan bergerak di bidang produksi dan penjualan keju keras dan keju olahan.