Cari Tahu Gejala hingga Penyebab Penyakit Vitiligo di sini!

Pernahkah Anda mendapati bahwa kulit Anda sekarang ini nampak berbeda dengan bagian kulit di area yang lainnya? Dan apakah area kulit Anda yang terdampak tersebut, memiliki pigmentasi yang berbeda dengan warna sedikit putih dari biasanya?

Semua hal tersebut, bisa jadi kemungkinan bahwa Anda sekarang ini mengalami suatu Penyakit yang biasa memiliki nama medis sebagai Penyakit Vitiligo gan.

Penyakit Vitiligo ini, pada dasarnya merupakan suatu gangguan pada kulit manusia, dimana terdapat bercak berwarna putih yang dapat dilihat dengan mata telanjang. Nah, jika Anda mengenal dengan mendiang Michael Jackson, pastinya Anda sudah tahu bahwa beliau mengidap Penyakit yang serupa.

Cari Tahu Gejala hingga Penyebab Penyakit Vitiligo di sini
Cari Tahu Gejala hingga Penyebab Penyakit Vitiligo di sini

Memang pada dasarnya, terlihat tidak begitu membahayakan, tapi perlu Anda ketahui bahwa Penyakit ini merupakan salah satu Penyakit kronis yang akan semakin sulit untuk dihilangkan seiring dengan berjalannya waktu.

Maka dengan itu, jika kita sudah melihat Gejala dari Penyakit Vitiligo tersebut, tentu ada baiknya untuk mempersiapkan diri kita sendiri dengan sejumlah pengetahuan mengenai Penyakit ini beserta dengan Penyebabnya yang dapat Anda lihat di bawah ini!

Mengenal Penyakit Vitiligo lebih dalam beserta dengan Gejalanya

Sejauh mata memandang, Penyakit Vitiligo adalah suatu penyakit yang membawa dampak pada warna kulit yang memudar hingga berwarna putih. Selain secara langsung mampu menyerang area kulit manapun pada tubuh Anda, warna yang dapat memudar ini juga mampu berjalan pada bagian dalam mulut, mata, bahkan hingga rambut Anda.

Vitiligo tergolong penyakit yang berjalan jangka panjang atau bersifat kronis, dan diperkirakan menimpa 1 berasal dari 100 orang. Meskipun mampu menyerang semua orang, vitiligo kebanyakan berjalan sebelum akan umur 20 tahun, dan lebih memahami terlihat pada orang yang berkulit hitam. 

Biasanya yang pertama kali beralih warna adalah area yang paling kerap terpapar oleh cahaya sinar matahari. Misalnya wajah, punggung tangan, leher, lengan, lutut, hingga bagian siku Anda.

Seiring dengan berjalannya waktu, Penyakit Vitiligo yang diderita oleh seseorang mampu menyebar ke anggota tubuh yang lain atau tambah melebar bersamaan berjalannya waktu.

Dan perlu Anda ketahui, bahwa penyebaran ini mampu berbeda-beda terhadap tiap-tiap orang. Ada yang penyebarannya merata ke seluruh tubuh, dan tentunya ada juga seseorang dengan Penyakit vitiligo yang hanya muncul di anggota tubuh tertentu.

Perubahan kulit yang cukup mendadak ini biasanya tidak menyebabkan rasa nyeri, perih, gatal, atau sejumlah sensasi aneh apapun. Tekstur kulit juga tidak bakal beralih menjadi lebih kasar atau lunak. Yang beralih hanyalah warna kulit Anda.

Vitiligo mampu menyerang siapa saja, dimana kondisi ini tidak memandang type kelamin, ras, atau usia.

Kenali Penyebab Utama yang mengakibatkan munculnya Penyakit Vitiligo

Pada dasarnya, Penyakit Vitiligo bisa muncul karena adanya faktor dari dalam tubuh ataupun dari luar, semisal saja dari Faktor tempat Anda tinggal.

Bagaimanapun juga, seluruh Penyebab Utama terjadinya Penyakit Vitiligo pada seseorang ini, harus Anda hindari sebaik mungkin, yang mana dibahas pada sejumlah poin berikut ini.

Adanya Gangguan terhadap sistem kekebalan tubuh (kondisi autoimun)

Para ilmuwan sangat yakin bahwa adanya kondisi autoimun pada tubuh seseorang memiliki peran yang sangat penting dalam memunculkan Penyakit Vitiligo. Karena secara umum, pada saat itulah sistem kekebalan Anda secara keliru mengidentifikasi anggota tubuh Anda (dalam hal ini sel yang disebut melanosit) yang justru dianggap sebagai benda asing dan mulai menyerang mereka.

Orang dengan penyakit autoimun lainnya, lebih-lebih penyakit Hashimoto (yang pengaruhi kelenjar tiroid) dan Penyakit alopecia (yang membuat rambut rontok), lebih bisa saja terkena vitiligo juga.

Secara khusus, para pakar dari seluruh dunia telah berpikir bahwa jenis Penyakit Vitiligo yang berkenaan dengan kondisi autoimun adalah Penyakit vitiligo non-segmental.

Dimana Penyakit Vitiligo non-segmental ini adalah suatu Jenis Vitiligo yang hanya merusak bagian melanosit di satu segi tubuh para penderitanya. Sejauh ini, kaitan antara Penyakit Vitiligo ini dan adanya gangguan kondisi autoimun lainnya semata-mata memiliki sebuah hubungan.

Namun, kita sejatinya tidak mampu mengatakan yang satu membuat yang lainnya, dan penyembuhan untuk penyakit autoimun lainnya kebanyakan tidak mendukung dalam penyembuhan dari Penyakit Vitiligo ini.

Adanya Faktor Keturunan

Vitiligo mampu diturunkan dalam keluarga, tetapi memang tidak sesering yang bisa saja kami kira. Pasalnya, pada beberapa besar masalah vitiligo, tidak ada riwayat keluarga.

Sementara banyak orang bertanya-tanya apakah Penyakit vitiligo ini merupakan salah satu Penyakit keturunan, masih sukar untuk memprediksi apakah Anda dapat mengembangkan vitiligo atau tidak berdasarkan anggota keluarga dengan suasana tersebut.

Bagaimanapun juga, penyakit autoimun secara lazim tampaknya miliki komponen genetik yang andil jadi penyebab utama terjadinya Penyakit ini.

Terjadinya Trauma fisik

Pada beberapa orang, trauma fisik atau tekanan pada kulit seperti sengatan matahari atau paparan bahan kimia industri tampaknya membuat vitiligo semakin terlihat jelas oleh para penderitanya, atau setidaknya mendahuluinya.

Selain itu, Penyakit ini juga mampu terlihat sama juga di tempat yang dulu mengalami cedera. Tapi, persisnya mengapa masalah itu mampu terjadi tidak diketahui, dan hal yang bisa kita lakukan untuk mencegah hal ini terjadi adalah dengan menghindari cedera sebisa kita.

Stress berat emosional

Seperti layaknya stress fisik, adanya suatu tekanan psikologis juga tampaknya memiliki peran yang cukup besar dalam memperparah vitiligo, seperti yang juga terjadi pada banyak masalah kulit lainnya.

Tapi, sekali lagi, hubungan ini tidak seutuhnya dipahami oleh kebanyakan para peneliti, namun setidaknya yang bisa kita lakukan sekarang ini adalah dengan menghindari Stress Emosional seutuhnya, tentunya untuk berjaga-jaga jika memang Tekanan Psikologis ini memiliki peran yang cukup besar dalam meningkatkan risiko munculnya Penyakit vitiligo.

Mengalami Stress oksidatif

Stress oksidatif mampu terjadi sebab ada ketidakseimbangan radikal bebas dan antioksidan dalam tubuh yang mampu membuat kerusakan sel dan jaringan.

Ketidakseimbangan tersebut mampu disebabkan oleh paparan sinar UV, polutan, atau segi lingkungan lainnya, yang tentunya hanya akan memperparah kondisi Penyakit yang membuat kulit Anda menjadi memutih.

Bahkan jika Anda mau tahu, Area tubuh Anda yang terkena vitiligo juga diketahui sangatlah paling rentan pada Faktor stress oksidatif. Memang pada dasarnya, semua orang pasti mengalami stres oksidatif pada area kulit, tetapi mereka yang secara khusus menderita Penyakit Vitiligo, pasti jauh lebih rentan untuk terkena Penyakit ini.

Maka dengan itu, Radikal bebas yang menjadi biang utama dari terjadinya Stress Oksidatif penyebab Penyakit Vitiligo ini, harus dilawan dengan menjaga asupan Antioksidan yang cukup, tentunya dengan tujuan agar kadar Radikal bebas dalam tubuh menjadi semakin berkurang dan berpotensi setidaknya dapat mengurangi Gejala dari Penyakit ini.

Meskipun begitu, biasanya yang dapat orang lakukan untuk mengatasi Penyakit ini secara total adalah dengan melakukan sejumlah Operasi khusus, ataupun melakukan Terapi Sinar UV dengan kombinasi obat khusus pula yang sudah dirancang oleh sejumlah Dokter spesialis kulit.

Nah, kira-kira seperti itulah info seputar Cari Tahu Gejala hingga Penyebab Penyakit Vitiligo di sini!