Bagaimana Sih Cara Membeli Bitcoin?

Bitcoin adalah sistem mata uang online alternatif, yang berguna sebagai uang digital. Bitcoin digunakan sebagai investasi maupun sebagai metode pembayaran barang dan jasa, dan digembar-gemborkan sebagai sistem keuangan yang tidak butuh keterlibatan pihak ketiga mana pun. 

Namun, kendati popularitasnya terus meningkat, masih banyak bisnis yang tidak menerima Bitcoin. Manfaatnya sebagai investasi pun masih amat dipertanyakan tidak hanya potensi risiko. 

Sebelum lanjut belanja Bitcoin, penting untuk paham sistem baru ini lalu pahami juga beraneka kelebihan dan kekurangannya. Simak dibawah ini ya.

Bagaimana Sih Cara Membeli Bitcoin
Bagaimana Sih Cara Membeli Bitcoin

Memahami Bitcoin

Bitcoin adalah mata uang yang semuanya virtual sangat mungkin pelanggan melakukan penukaran mata uang secara gratis, tanpa memanfaatkan pihak ketiga (seperti bank, perusahaan kartu kredit, atau lembaga keuangan lainnya).

Bitcoin tidak diatur atau dikendalikan oleh otoritas bank sentral semacam Federal Reserve dan semua transaksi Bitcoin secara online, agar para pengguna tidak diketahui namanya dan hampir tidak bisa dilacak.

Bitcoin adalah penukaran uang secara instan dengan siapa saja di seluruh dunia, tanpa wajib memberikan rekening dagang, atau memanfaatkan bank maupun lembaga keuangan.

Transfer uang tidak mensyaratkan nama. Artinya, risiko pencurian identitas amat kecil.

 

Pelajari Penambangan Bitcoin

Untuk paham Bitcoin, penting pula untuk paham penambangan Bitcoin, yaitu sistem diciptakannya Bitcoin. Konsep penambangan ini sendiri lumayan kompleks, tetapi dasarnya adalah tiap kali terjadi transaksi Bitcoin pada dua orang, transaksi itu dicatat secara digital oleh komputer dalam suatu catatan transaksi yang mengatakan semua rincian transaksi.

Berbagai transaksi ini selanjutnya dibagikan secara publik dalam wujud “rantai blok”, yang membuktikan tiap transaksi dan siapa yang punya masing-masing Bitccoin.

Para penambang Bitcoin adalah pemilik-pemilik komputer yang secara konstan memverifikasi rantai blok untuk menegaskan kebenaran dan kekiniannya. Mereka adalah orang-orang yang mengonfirmasi macam-macam transaksi dan mendapatkan imbalan dalam wujud Bitcoin. 

Karena Bitcoin tidak diawasi oleh otoritas sentral, penambangan menegaskan bahwa tiap orang yang melakukan transfer punya lumayan Bitcoin, jumlah yang ditransfer sesuai dengan yang udah disepakati, dan saldo masing-masing bagian pascatransfer udah benar.

Biasakan diri Anda dengan isu-isu hukum seputar Bitcoin. Baru-baru ini, badan federal AS yang bertanggung jawab dalam memerangi pencucian uang memberitakan panduan baru bagi mata uang virtual. 

Panduan yang udah diperbarui selanjutnya akan mengatur pertukaran Bitcoin, tetapi melewatkan semua hal lain dalam ekonomi Bitcoin, setidaknya sampai saat ini.

Jejaring Bitcoin cenderung melawan keputusan pemerintah, dan mata uang virtual ini punya loyalis dari kalangan orang-orang yang ada dalam macam-macam kegiatan ilegal seperti perdagangan obat terlarang dan perjudian sebab Bitcoin bisa dipertukarkan tanpa nama.

Penegakan hukum federal AS pada kelanjutannya kemungkinan akan menyimpulkan bahwa Bitcoin adalah fasilitas pencucian uang dan bisa jadi cara untuk menutupnya. Menutup Bitcoin secara keseluruhan adalah tantangan tersendiri, tetapi keputusan federal AS yang amat kuat bisa menghimpit sistemnya ke bawah tanah. Dengan demikian, nilai Bitcoin sebagai mata uang yang tepercaya pun akan terhapus.

 

Mempelajari Keuntungan dan Kerugian Menggunakan Bitcoin

Keuntungan utama Bitcoin adalah biaya rendah, trehidar dari pencurian identitas, terhindar dari penipuan, dan penyelesaian secara langsung.

Biaya rendah: Berbeda dengan sistem keuangan tradisional, yang membebankan kompensasi biaya (seperti Paypal atau bank), Bitcoin melalui semua sistem itu. Jejaring Bitcoin dilakukan oleh para penambang yang mendapat imbalan bersifat Bitcoin baru.

Perlindungan dari pencurian identitas: Pemakaian Bitcoin tidak mensyaratkan nama atau informasi pribadi apa saja. Berbeda dengan kartu kredit yang sangat mungkin pedagangnya semuanya mengakses identitas dan lini kredit Anda.

Perlindungan terhadap penipuan: Karena bersifat digital, Bitcoin tidak bisa dipalsukan agar terlindung dari penipuan dalam pembayaran. Selain itu, transaksi Bitcoin tidak bisa dibalik sebagaimana yang terjadi dalam tolak bayar kartu kredit.

Ketiadaan pihak ketiga berarti uang bisa segera ditransfer antar-orang dengan gampang tanpa keruwetan, penundaan, dan biaya yang berkenaan dengan pembelian pada dua pihak yang memanfaatkan mata uang dan penyedia yang berbeda.

 

Pahami Kekurangan Bitcoin

Dalam perbankan tradisional, jika seseorang melakukan transaksi curang kartu kredit Anda atau bank Anda mengalami kebangkrutan, ada hukum yang menanggung kerugian konsumen. Berbeda dengan bank tradisional, Bitcoin tidak punya jaring pengaman kalau Bitcoin Anda hilang atau dicuri. Tidak ada kekuatan perantara yang mengganti kerugian Bitcoin Anda yang hilang atau dicuri.

Suatu penelitian membuktikan bahwa 18 dari 40 bisnis yang tawarkan pertukaran Bitcoin ke mata uang lainnya udah bangkrut, dan cuma enam bisnis yang tawarkan ganti rugi bagi para pelanggannya.

Memahami risiko Bitcoin sebagai suatu investasi. Salah satu pemakaian Bitcoin adalah untuk tujuan investasi. Oleh sebab itu, dibutuhkan ada peringatan spesifik sebelum melakukannya. Risiko utama berinvestasi dalam Bitcoin adalah volatilitas nilainya yang ekstrem. Harga Bitcoin naik dan turun dengan cepat, dan ada risiko kerugian yang besar.

Selain itu, sebab nilai Bitcoin ditentukan oleh keinginan dan penawaran, jika Bitcoin kelanjutannya dikenakan keputusan pemerintah dalam wujud apa saja maka jumlah orang yang ingin memanfaatkan Bitcoin akan berkurang. Secara teoretis hal itu akan menjadikan mata uang ini tak lagi bernilai.

 

Mengatur Penyimpanan Bitcoin

Simpan Bitcoin Anda secara online. Supaya bisa belanja Bitcoin, awal mulanya Anda wajib membawa suatu tempat penyimpanan bagi Bitcoin-Bitcoin Anda. Saat ini ada dua cara untuk menaruh Bitcoin secara online:

Simpan kunci-kunci Bitcoin Anda dalam suatu dompet daring. Dompet yang dimaksud adalah berkas komputer yang akan menaruh uang Anda, sama dengan dompet sungguhan. Anda bisa membawa dompet Bitcoin dengan memasang klien Bitcoin, sebuah perangkat lunak yang menggerakkan mata uang ini. 

Namun, jika komputer Anda diretas oleh virus ataupun peretas, atau Anda salah memasang berkasnya, Bitcoin Anda bisa hilang. Selalu cadangkan dompet Anda ke cakram keras eksternal untuk menjauhi hilangnya Bitcoin.

Simpan Bitcoin Anda melalui pihak ketiga. Anda bisa membawa dompet dengan memanfaatkan dompet online melalui website pihak ketiga semacam Coinbase atau blockchain.info, yang akan menaruh Bitcoin Anda di drive. Pengaturan cara ini lebih mudah, tetapi Anda akan memercayakan Bitcoin Anda pada pihak ketiga. Kedua website yang disebutkan itu adalah website pihak ketiga yang paling besar dan lebih bisa diandalkan, tetapi tidak ada yang menanggung keamanan ke dua website tersebut.

 

Menukarkan Bitcoin

Mendapatkan Bitcoin melalui penukaran adalah cara termudah mendapatkan Bitcoin. Mekanisme penukaran sama saja dengan penukaran mata uang lainnya: Anda mendaftar dan mengonversi apa pun mata uang yang Anda punya jadi Bitcoin. Terdapat ratusan fasilitas penukaran Bitcoin, tetapi yang lebih tenar adalah:

CoinBase: Layanan dompet dan penukaran yang tenar ini menjual dolar Amerika dan euro untuk Bitcoin. Perusahaan ini punya aplikasi website dan selular untuk menjual membeli Bitcoin yang lebih nyaman.

Circle: Layanan penukaran ini tawarkan fitur untuk menyimpan, mengirimkan, menerima, dan menukarkan dana bagi pengguna. Saat ini, cuma warga AS yang bisa menautkan rekening bank mereka ke dana yang disimpan.

Xapo: Penyedia dompet dan kartu kredit Bitcoin ini tawarkan penyimpanan dalam mata uang fiat yang lantas dikonversi jadi Bitcoin ke rekening Anda.

Beberapa fasilitas penukaran juga mengizinkan Anda untuk memperdagangkan Bitcoin. Layanan penukaran lainnya berguna sebagai fasilitas dompet dengan kekuatan menjual dan belanja yang terbatas. Mayoritas penukaran dan dompet akan menaruh jumlah mata uang digital atau fiat Anda, hampir sama dengan rekening bank biasa. 

Belilah Bitcoin dengan rekening penukaran Anda. Begitu Anda selesai membawa rekening Anda melalui fasilitas penukaran, Anda wajib menautkannya dengan rekening bank yang udah ada dan mengatur pindahan dana pada rekening bank dan rekening baru Bitcoin Anda. Biasanya ini dilakukan dengan transfer bank dan dikenakan biaya.

Beberapa fasilitas penukaran sangat mungkin Anda untuk menabung secara pribadi ke rekening bank mereka. Prosesnya dilakukan secara tatap muka, bukannya melalui ATM.

Jika Anda disyaratkan untuk menautkan rekening bank untuk bisa memanfaatkan fasilitas penukaran, kemungkinan cuma bank dari negara tempat fasilitas penukaran itu berasal yang diizinkan. Ada juga sejumlah fasilitas yang sangat mungkin Anda untuk mengirimkan uang ke rekening-rekening luar negeri, tetapi biaya yang dikenakan jauh lebih tinggi dan bisa jadi ada penundaan dalam merubah Bitcoin ke mata uang lokal.

 

Tertarik dengan Bitcoin?

Itulah pengenalan dasar mengenai Bitcoin, memang belum begitu populer namun bagi sebagian orang Bitcoin merupakan investasi yang menjanjikan menskipun tidak sedikit juga yang masih belum paham dengan Bitcoin. Dengan membaca artikel ini, apakah Anda tertarik untuk membeli Bitcoin?