Ide Membangun Tim Kantor

Permainan perusahaan dan kompetisi dalam ruangan bukan hanya pelatihan profesional.

Pencarian kantor

Sebuah permainan kelompok sederhana namun kreatif. Tim dibagi menjadi beberapa tim. Presenter menyembunyikan suatu objek (bisa berupa hadiah untuk pemenang atau apa pun, lebih disukai yang memiliki makna simbolis). Ada beberapa petunjuk untuk menemukan item. Akses ke masing-masing akan diberikan kepada tim yang menyelesaikan tugas yang diusulkan lebih cepat daripada yang lain.

Ide Membangun Tim Kantor
Ide Membangun Tim Kantor

Tugas-tugas ini dilakukan dengan analogi dengan kontes pernikahan untuk mempelai pria: Anda perlu menebak peribahasa terenkripsi, mengumpulkan potongan-potongan gambar dengan benar, mengingat frasa dari film terkenal, dan sebagainya – ada banyak pilihan yang Anda suka. Inti dari permainan ini adalah bahwa pemenang biasanya adalah mereka yang lebih mampu menggunakan pengetahuan kolektif. Quest, seperti membangun tim intelektual lainnya, bekerja untuk menyatukan karyawan,

Ladang Ranjau (“Penyapu Ranjau”)

Di ruangan besar (ruang konferensi, koridor panjang, foyer, dll.), Benda diletakkan di lantai atau dinding tanpa sistem – botol, kertas atau plastik kerucut, bola dan lain-lain. Ini adalah “tambang”. Peserta dibagi menjadi pasangan – harus dengan lot atau lebih sehingga perwakilan dari, misalnya, dua departemen yang berbeda berpasangan.

 

Satu orang ditutup matanya, dan yang lain harus menunjukkan jalan tanpa menyentuh pasangannya dengan tangannya dan hanya menggunakan beberapa frasa. Beberapa pasangan diundang ke lapangan permainan sekaligus, menghasilkan sedikit kekacauan, dan menjadi sangat sulit untuk dilewati tanpa menginjak “tambang”. Acara ini membantu dengan baik untuk mengenal divisi yang berbeda jika terjadi penggabungan dua perusahaan atau reorganisasi struktur perusahaan.

Yin dan Yang (“Garam dan Lada”)

Gim korporat yang luar biasa untuk “pemanasan” para peserta acara membangun tim (jumlah yang paling nyaman adalah 10 hingga 50 orang). Setiap karyawan mendapatkan nomornya sendiri. Pemimpin dengan nomor mengundang para peserta dan menempelkan gambar di punggung mereka. Gambar berpasangan – Yin dan Yang, Tom and Jerry, pengocok garam dan merica, pria dan wanita.

 

Tugas peserta adalah belajar dari rekan mereka menggambar sendiri dan menemukan pasangan dengan menjawab pertanyaan orang lain. Hanya pertanyaan utama yang diperbolehkan, tidak ada yang spesifik. Batas waktu ditetapkan. Melalui permainan ini, karyawan saling mengenal, belajar bagaimana mengajukan pertanyaan dengan benar dan menemukan orang yang bertanggung jawab untuk tugas tertentu.

Diskusi saat makan siang

Sebuah tema untuk sebuah organisasi di mana mayoritas karyawannya makan di kantin atau kafe yang sama. Pengundian dilakukan antara karyawan untuk menentukan siapa yang duduk di meja yang sama dengan siapa (manajemen juga harus berpartisipasi di dalamnya). Secara alami, perusahaan makan biasa bubar dan yang baru terbentuk. Kemudian setiap orang diberi topik umum untuk didiskusikan – misalnya, perubahan penting dalam perusahaan, sistem motivasi baru, proyek yang memengaruhi semua orang, dan sebagainya. Karyawan tidak hanya mengenal satu sama lain lebih baik, tetapi juga menerima banyak informasi baru. Acara semacam itu direkomendasikan untuk dilakukan di perusahaan di mana personelnya kekurangan informasi, karyawan terlalu terisolasi atau dibagi ke dalam kelompok yang bersaing. Sebelum melakukan membangun tim seperti itu, Anda harus meminta pendapat karyawan dan dalam hal apa pun, karena bagi sebagian orang, makan adalah hal yang sangat intim. Yang terbaik adalah “memikat” personel dengan prospek memperoleh informasi eksklusif dari pejabat tinggi.

Menggambar sebuah karya

Ini bukan kompetisi, tetapi kerja sama: tim dibagi menjadi beberapa tim, yang masing-masing menggambar beberapa bagian dari gambar (seringkali peserta tidak diberi tahu jenis kanvas apa yang harus dibuat). Pada akhirnya, semua bagian terhubung menjadi satu. Acara semacam itu membantu staf untuk memvisualisasikan konsep kerja tim, dalam bentuk alegoris yang menunjukkan isi dan hasil kegiatan di tempat kerja dan di setiap departemen.

Ide Membangun Tim Outdoor

Bepergian ke luar kota dengan seluruh tim tidak hanya persembahan bersama, tetapi juga banyak peluang untuk reli tim dengan cara lain.

Kursus tali

Pelatihan paling terkenal, yang sangat disukai oleh para pemimpin banyak perusahaan. Baginya, Anda membutuhkan banyak tali (bisa juga menggunakan tali, palang, peralatan panjat), beberapa kelompok yang terdiri dari 8 hingga 12 orang dan pelatih yang berkualitas, yang bukan pertama kali ditemukan dalam membangun tim jenis ini. Inti dari kursus tali adalah dalam latihan yang dilakukan oleh tim “di atas tanah” – pada ketinggian hingga 2 meter (“rendah”) dan hingga 15 meter (“tinggi”). Berikut adalah contoh dari beberapa latihan ini:

 

  • “Perangkap” – 4 pohon diikat dengan tali seperti cincin, tim ada di dalam. Tugasnya adalah semua pemain meninggalkan “cincin” di atas tali tanpa menyentuhnya dan hampir tanpa berbicara satu sama lain. Pada saat yang sama, peserta tidak boleh mengambil risiko (Anda tidak dapat mengayunkan pemain dan membuangnya). Dibutuhkan upaya mental dan fisik dari seluruh tim untuk menentukan dengan benar baik metode “melaksanakan” para peserta dan urutan meninggalkan “perangkap”.
  • “Sarang laba-laba” – kisi dengan jumlah sel sesuai dengan jumlah peserta direntangkan secara vertikal. Tim harus berpindah dari satu sisi “jaring” ini ke sisi lainnya. Sebagian besar sel tidak dapat keluar sendiri, diperlukan bantuan peserta lain. Jika seseorang menyentuh tali, seluruh tim kembali. Anda tidak dapat berbicara pada saat transisi.
  • “Labyrinth” – labirin diletakkan dari tali di tanah. Setiap peserta harus melewatinya dengan mata tertutup, hanya menggunakan prompt tim (jumlah dan format prompt terbatas). Sekop apa pun akan menyebabkan seluruh tim kembali ke posisi semula. Latihan ini membutuhkan banyak kohesi dan kesabaran dari para peserta.

 

Keunikan dari pelatihan tali adalah bahwa mereka tidak memiliki batas waktu. Suatu latihan dianggap selesai jika peserta terakhir telah menyelesaikannya. Kursus membentuk tanggung jawab kolektif untuk keputusan yang dibuat oleh tim.

Pulau Gurun (Hilang)

Seperti namanya, inti dari acara ini adalah menempatkan sekelompok karyawan dalam kondisi ekstrim dengan seperangkat alat minimum yang diperlukan untuk bertahan hidup. Anda dapat memasukkan tugas tambahan untuk setiap anggota tim. Pelatihan dapat berlangsung hingga beberapa hari. Tapi, tentu saja, perlu untuk memastikan keselamatan para peserta dan kemampuan untuk keluar dari permainan kapan saja.

Hari Olahraga

Pembentukan tim olahraga sangat beragam dan hanya dibatasi oleh anggaran dan imajinasi penyelenggara. Anda dapat mengatur balapan estafet, memancing dengan tongkat raksasa, berlari bersama dalam tas. Dan jika keuangan memungkinkan – arung jeram, balap mobil salju, panjat tebing, dan sebagainya. Hal utama adalah bahwa kompetisi sesuai dengan kemampuan fisik dan ide estetika tim. Tidak setiap akuntan berusia 50 tahun Maryivanna ingin mengenakan pakaian renang di depan manajer mengejek berusia 20 tahun.

Orchestra drum

Acara seperti itu dapat diadakan di dalam ruangan, tetapi jika tim besar, itu lebih baik di alam. Paling sering, agen khusus tertarik untuk membangun tim musik, yang bisa mendapatkan lusinan drum. Tugas tim adalah menjalankan beberapa ritme yang diketahui secara serempak. Konduktor memberikan peran (berbagai jenis drum digunakan, dan setiap bagian harus dibunyikan secara serempak). Setelah beberapa waktu, tim menangkap ritme tunggal. Mereka yang tertarik dapat mencoba sendiri sebagai konduktor, mempercepat dan memperlambat kecepatan dan kekuatan suara. Ini adalah bagaimana perasaan mengelola sekelompok besar orang ditanamkan, seseorang disetel ke emosi umum kelompok.

Membangun tim ekologis

Ini menyatukan orang tidak hanya dengan rekreasi bersama, tetapi juga dengan kerja bersama demi tujuan yang baik. Oleh karena itu, pengelola dapat mengorganisir (dan berperan aktif) membersihkan bantaran sungai dari sampah, penanaman rumpun, penataan taman bermain, dan sebagainya. Dalam kerja kolaboratif yang tidak terkait dengan pekerjaan utama, peran dalam tim sering kali didistribusikan secara berbeda, dan ini membuka perspektif baru bagi tim.

Efek membangun tim: bergantung pada apa?

Anda perlu memahami bahwa bahkan acara yang paling sukses pun hanyalah satu episode dalam kehidupan perusahaan, yang dapat bermanfaat bagi tim, atau dapat tetap menjadi kenangan yang menyenangkan. Psikolog percaya bahwa untuk mencapai efek, nilai-nilai tim tidak hanya harus dideklarasikan, tetapi juga diimplementasikan dalam aktivitas sehari-hari. Pemimpin dapat memeluk peserta kursus tali sebanyak yang dia inginkan, tetapi jika, setelah kembali ke kantor, dia secara terbuka mempermalukan bawahan atau menghina mereka, tidak akan ada artinya dari peristiwa masa lalu.

 

Membangun tim tidak boleh didasarkan pada mantra tentang perusahaan sebagai sebuah keluarga, tetapi tindakan yang lebih spesifik: pengakuan atas keberhasilan karyawan, prospek pengembangan dalam profesi, penyelesaian konflik yang adil, dukungan untuk inisiatif. Maka orang tersebut akan memiliki motivasi yang cukup untuk terus bekerja di perusahaan tersebut,

 

Ada beberapa situasi di mana membangun tim hanya akan memperburuk keadaan organisasi:

 

  • jika manajer menganut gaya manajemen murni administratif dan percaya bahwa bawahannya harus menerima begitu saja (membangun tim dalam hal ini berubah menjadi upaya untuk menyesuaikan tim dengan nilai-nilai direktur, yang sangat jarang memberikan hasil) ;
  • jika pencapaian individu dianggap sebagai nilai utama perusahaan, dan sistem motivasi dikonfigurasi untuk memberi penghargaan kepada mereka (programmer bekerja sebagian dari jarak jauh pada proyek individu, tidak ada gunanya membentuk tim);
  • pergantian staf yang tinggi meskipun fakta bahwa manajemen tidak melihat ada yang salah dengan itu;
  • ketakutan manajemen akan persaingan dari karyawan bawahan;
  • perusahaan tidak memiliki sistem motivasi yang jelas, manajemen mengevaluasi karyawan berdasarkan perasaan internal (dalam kondisi ini sulit untuk merumuskan arah pembentukan tim, karena karyawan tidak tahu kompetensi apa yang perlu mereka kembangkan untuk karir dan pertumbuhan profesional) ;
  • tim sudah ada dan bekerja secara normal (kasus ketika yang terbaik adalah musuh dari yang baik).

Kesimpulan

Team Building sering dikacaukan dengan pesta perusahaan dan acara bersama lainnya. Tetapi ada perbedaan yang sangat besar di antara mereka. Membangun tim disebut demikian karena tujuannya bukan hanya untuk menjalin pertemanan di antara karyawan, tetapi untuk mendapatkan sinergi – untuk menggabungkan keterampilan dan kemampuan mereka untuk mencapai hasil baru yang lebih tinggi.

 

Paling sering, membangun tim digunakan di perusahaan yang baru didirikan, selama reorganisasi, serta jika konflik tidak memudar dalam tim atau karyawan bekerja dengan inersia, tanpa inisiatif.

 

Ada banyak sekali jenis membangun tim tim, yang paling populer telah kami bahas dalam artikel ini. Acara diadakan di kantor, ruang kerja, kafe, kolam renang dan gym, di hutan terdekat dan di Goa. Ini bisa berupa kursus tali yang terkenal atau kompetisi drumbeat yang aneh.

 

Tetapi metode membangun tim apa pun yang Anda pilih, terlepas dari bagaimana Anda mengatur acara – secara mandiri atau dengan keterlibatan spesialis – penting untuk mendukung gagasan yang diumumkan pada pelatihan dalam kegiatan sehari-hari perusahaan. Kalau tidak, ternyata Anda menghabiskan banyak uang untuk kumpul-kumpul biasa, yang artinya tidak lebih dari kumpul-kumpul ramah sepulang kerja.