Cara Mudah Jadi Kurus Hanya Seminggu!

Bagi beberapa besar orang, menurunkan berat badan hingga 1 kg dalam seminggu merupakan target yang masuk akal dan aman. Sah-sah saja loh jika Anda memiliki target seperti itu dalam menurunkan berar badan. Menurunkan berat badan lebih dari jumlah itu dalam satu minggu tentunya tidak mudah dan dapat berakibat buruk pada kesehatan kalau tidak dilakukan dengan hati-hati. 

Akan tetapi, misalnya Anda terburu-buru ingin menurunkan berat badan atau mengurangi lingkar pinggang beberapa sentimeter, Anda dapat lakukan beberapa tips berikut ini. Salah satu langkah termudah dan tercepat untuk menurunkan berat badan adalah mengurangi cairan tubuh. Jadi, coba membuat perubahan gaya hidup secara simpel untuk meminimalkan jumlah cairan yang disimpan oleh tubuh. 

Cara Mudah Jadi Kurus Hanya Seminggu
Cara Mudah Jadi Kurus Hanya Seminggu

Anda juga dapat menghilangkan sedikit lemak dalam seminggu dengan mengurangi asupan kalori dan lebih banyak berolahraga. Tanpa berlama-lama, langsung saja simak artikel ini sampai selesai ya. Apalagi untuk Anda yang ingin menurunkan atau mengurangi lingkar pinggang hanya dalam waktu seminggu saja. 

 

Mengurangi Cairan Tubuh

Minum lebih banyak air putih untuk mengeluarkan cairan yang berlebihan. Mungkin ini sulit dipahami, namun makin lama banyak air putih yang diminum, makin lama sedikit cairan yang tertahan di dalam tubuh. Minum air putih atau cairan lain, seperti jus buah atau kaldu dengan sedikit sodium supaya cairan yang berlebihan dalam tubuh dapat keluar. Anda juga dapat menaikkan asupan cairan dengan menyantap makanan yang banyak punya kandungan air, misalya sayuran dan buah berair.

Jangan mengkonsumsi minuman isotonik, yang memuat sodium dan pemanis sebab dapat mengakibatkan tubuh menghambat cairan.

Hindari minuman yang mengakibatkan tubuh mengeluarkan cairan, misalnya teh, alkohol, dan kopi. Apabila Anda sulit berhenti minum alkohol (walaupun sementara), berkonsultasilah dengan dokter. Dia akan memberi anjuran mengenai bagaimana caranya untuk berhenti meminumnya atau mengurangi kebiasaan tersebut.

Salah satu kebiasaan yang juga sulit dihilangkan adalah minum kopi. Cobalah menghentikan kebiasaan ini secara perlahan selama beberapa hari sebelum saat Anda benar-benar dapat meninggalkannya.

Kurangi mengkonsumsi garam supaya tubuh tidak banyak menghambat cairan. Ketika Anda mengkonsumsi banyak garam, tubuh akan terdorong untuk menyimpan cairan. Jangan mengkonsumsi makanan yang banyak punya kandungan garam, seperti keripik asin, cracker, daging olahan, dan minuman isotonik. Ketika memasak atau menyantap makanan, tahan keinginan Anda untuk memakai banyak garam.

 

Perhatikan Asupan Makanan

Konsumsi makanan yang banyak punya kandungan kalium, misalnya pisang, ubi jalar, dan tomat untuk mendukung tubuh menyingkirkan garam yang berlebihan.

Lakukan eksperimen dengan coba bahan pengganti garam saat memasak, seperti bubuk bawang putih, lada hitam, atau minyak sayur yang beraroma (misalnya minyak wijen).

Penggunaan garam yang berlebihan dapat dihindari dengan memasak sendiri memakai bahan yang segar, bukan olahan.

Hindari karbohidrat supaya Anda dapat mengurangi cairan dengan cepat. Mengonsumsi makanan yang kaya karbohidrat dalam jumlah besar dapat mengakibatkan tubuh menghambat cairan. Karena hal ini, banyak orang yang menghilangkan cairan dengan cepat sementara pertama kali berubah ke diet rendah karbohidrat. Usahakan menjauhkan makanan seperti pasta, roti putih, kentang, dan kue manis panggang.

Gantilah makanan tinggi karbohidrat dengan sayuran dan buah-buahan yang banyak punya kandungan serat, seperti berry, sayuran hijau, dan legum (bean dan kacang-kacangan).

Menghindari karbohidrat benar-benar baik untuk menurunkan berat badan dalam jangka pendek, namun tidak bagus untuk jangka panjang. Agar Anda dapat menjalani diet yang sehat, mengkonsumsi sumber makanan dengan karbohidrat kompleks, misalnya roti dan pasta dari gandum utuh, beras merah, dan bean (kacang-kacangan).

 

Gerakkan Tubuhmu

Lakukan olahraga untuk mengeluarkan keringat. Ketika berolahraga, Anda akan mengeluarkan banyak air dan garam melalui keringat. Cobalah bersepeda, berlari, atau berjalan cepat untuk memompa darah dan mengeluarkan keringat.

Cobalah latihan sirkuit atau latihan intensitas tinggi yang lain untuk mengeluarkan cairan secara lebih cepat.

Jangan lupa meminum banyak air putih saat berolahraga. Jika mengalami dehidrasi, Anda justru akan menghambat lebih banyak cairan!

Tubuh dapat menghambat banyak cairan sebab keadaan kesehatan tertentu. Apabila Anda sulit mengeluarkan cairan, pergilah ke dokter dan tanyakan penyebab kasus tersebut. Dokter mungkin dapat mengobati penyebab yang mendasarinya dan beri tambahan obat supaya tubuh tidak benar-benar banyak menghambat cairan.

Mungkin dokter akan memberi obat diuretik (water pill) atau suplemen magnesium untuk meminimalkan jumlah cairan yang disimpan oleh tubuh.

Beberapa penyebab lazim yang membuat tubuh menghambat cairan di antaranya PMS (sindrom sebelum saat haid), kehamilan, kasus ginjal atau lever, penyakit jantung, dan beberapa keadaan paru-paru tertentu. Sejumlah obat juga dapat mengakibatkan tubuh menghambat cairan.

 

Mengurangi Lemak dengan Mengubah Pola Makan dan Gaya Hidup

Konsumsi protein tanpa lemak supaya Anda cepat kenyang. Mengonsumsi banyak protein dapat menaikkan metabolisme supaya Anda akan membakar kalori secara lebih efisien. Ini juga dapat mengakibatkan Anda kenyang dalam waktu yang lebih lama daripada makanan lain supaya Anda tidak lapar di sela-sela waktu makan. Cobalah mengkonsumsi 0,7 gram protein tanpa lemak untuk tiap 1 pound (0,45 kg) berat badan per hari supaya Anda dapat menurunkan berat badan.

Beberapa sumber protein tanpa lemak yang sehat di antaranya unggas berdaging putih, ikan, legum (misalnya lentil, bean, dan kacang polong), serta yoghurt Yunani.

Hindari kalori bersifat cair. Anda dapat memasukkan banyak kalori dengan mudah tanpa menyadarinya dari minuman yang dikonsumsi. Apabila Anda ingin menurunkan berat badan secara cepat, jangan mengkonsumsi minuman yang banyak kandungan gula dan kalori, misalnya alkohol, jus, soda manis, atau teh dan kopi manis.

Tetap minum air putih untuk mencukupi kebutuhan cairan tubuh. Selain mengurangi berat cairan, air putih juga dapat membuat Anda menjadi merasa sedikit kenyang.

Makanlah tiga kali sehari dalam porsi kecil untuk mendorong tubuh supaya membakar kalori. Daripada makan beberapa kali dalam porsi kecil di selama hari, santaplah makanan yang mengenyangkan dalam porsi kecil sebanyak 3 kali dalam sehari di waktu Anda tengah berupaya keras untuk menurunkan berat badan. Makanan selanjutnya harus memiliki protein tanpa lemak, buah atau sayuran, dan biji-bijian utuh. Setelah makan, tahanlah keinginan untuk menyantap camilan hingga sementara makan berikutnya.

Jika Anda dapat menghambat keinginan untuk menyantap camilan di pada waktu makan, tubuh akan membakar lemak dan mengubahnya menjadi energi.

Jika Anda tidak menyantap camilan sesudah makan malam, tubuh akan cenderung membakar lemak saat Anda tidur.

 

Ajak Tubuh Latihan Interval Tinggi

Tingkatkan metabolisme dengan latihan interval intensitas tinggi. Dengan melaksanakan latihan intensitas tinggi, Anda dapat menaikkan metabolisme dan mendorong tubuh supaya membakar lemak. Berkonsultasilah dengan dokter, terapis fisik, atau pelatih teristimewa apakah Anda boleh melaksanakan latihan interval intensitas tinggi supaya jantung lebih banyak memompa dan membakar kalori lebih cepat.

Lakukan 8 latihan intensitas tinggi selama 4 menit. Setiap latihan perlu dilakukan dalam waktu 20 detik, yang diikuti dengan istirahat selama 10 detik.

Beberapa latihan intensitas tinggi yang bagus di antaranya burpee, jump squat, dan mountain climber.

Latihan kemampuan juga bagus untuk membakar lemak dan membentuk otot. Akan tetapi, jangan khawatir kalau berat badan belum juga turun, mungkin massa otot Anda bertambah!

Bertanyalah kepada dokter mengenai diet rendah kalori. Apabila Anda ingin menghilangkan lemak secara terburu-buru, opsi yang bagus adalah diet rendah kalori. Diet ini kebanyakan mengharuskan Anda untuk mengkonsumsi tidak lebih dari 800 hingga 1500 kalori dalam sehari. 

Ingat, ini bukan opsi yang bagus untuk menurunkan berat badan dalam jangka panjang. Hanya melaksanakan diet rendah kalori di bawah pengawasan dokter atau pakar diet yang terdaftar, dan jangan menjalankannya lebih lama dari waktu yang disarankan.

Mengonsumsi makanan rendah kalori dapat beresiko pada orang hamil, menyusui, atau menderita keadaan kesehatan tertentu, misalnya masalah makan atau kekurangan vitamin.

 

Tips untuk Turunkan Berat Badan

Berpikirlah realistis. Mungkin Anda tidak dapat menurunkan berat badan dalam jumlah besar selama seminggu. Selain itu, menurunkan berat badan dalam jumlah besar secara singkat merupakan hal yang tidak sehat.