Kiprah Makanan Cepat Saji McDonald’s

MCD sebagai salah satu perusahaan makanan cepat saji yang cukup tua dan berpengaruh di dunia. Perjalanannya cukup panjang untuk bisa sampai seperti saat ini. Dimana saat ini sudah tersebar di seluruh dunia. Perjalanan panjang tersebut cukup berliku-liku salah satunya yaki:

Sejarah Olimpiade: pada awalnya ada hamburger terbang

Pada tahun 1968 McDonald’s yang keseribu dibuka. Tahun ini juga ditandai dengan kemitraan dengan Komite Olimpiade. Pada Olimpiade Musim Dingin di Grenoble (Prancis), para atlet Amerika mengakui bahwa mereka mendambakan makanan yang biasa mereka makan. McDonald’s mengorganisir sebuah pesawat hamburger dan mengirimkannya kepada para atlet. McDonald’s menandatangani perjanjian sponsor resmi untuk Olimpiade pada tahun 1976.

Kiprah Makanan Cepat Saji McDonald’s
Kiprah Makanan Cepat Saji McDonald’s

Di masa depan, kerajaan makanan meluncurkan program “Olimpiade” dan membantu dalam pelatihan sukarelawan. Pada tahun 1996, restoran McDonald’s pertama dibuka di Olympic Village di Atlanta. Perusahaan ini adalah restoran resmi kompetisi di London (2012), Sochi (2014), Rio (2016), Pyeongchang (2018), tetapi pada tahun 2020 memutuskan untuk meninggalkan status sponsor resmi Olimpiade.

Gagasan munculnya “MacAuto” 

Pada tahun 1956, Fred Turner (Frederick Leo Turner) yang berusia 23 tahun menjadi karyawan perusahaan. Dia akan menjadi perwujudan lain dari Impian Amerika: dia akan memimpin Operasi McDonald’s, menetapkan standar kualitas dan kebersihan, dan pada usia 40 dia akan menjadi CEO baru. Berkat dia, “Golden Arches” menyala di lebih dari 100 negara di dunia. Penampilannya berkat sistem “MacAuto” (Drive-Thru) – melayani pengemudi tanpa melepasnya dari kemudi.

 

Alasan munculnya skema baru untuk melayani pengemudi adalah militer yang ditempatkan di dekatnya. Para prajurit di luar benteng dilarang meninggalkan mobil mereka dan Turner yang pandai pada tahun 1975 membuka restoran pertama dengan tiga jendela: yang pertama menerima pesanan, yang kedua membayar, dan yang ketiga menerima. Butuh waktu 50 detik untuk melayani satu pengendara.

 

Konsep layanan McAuto menyumbang hampir setengah dari omset McDonald’s AS.

 

Pada tahun 1970 perusahaan diwakili di semua negara bagian. Pada tahun 1973, dengan rasa pencapaian, Kroc meninggalkan jabatan CEO, menyerahkan kepemimpinan Turner.

McDonald’s setelah Ray Kroc

Ray Kroc meninggal pada 14 Januari 1984. Pada tahun 2016, film “The Founder” dirilis, yang akan menarik bahkan bagi mereka yang bukan penggemar restoran McDonald’s. Rekaman itu menunjukkan bagaimana waralaba muncul dalam bentuk modernnya dan bagaimana kerajaan restoran cepat saji tumbuh.

 

Pada tahun 1987, hanya dalam satu hari (“Senin Hitam” 19 Oktober), karena jatuhnya pasar saham, harga saham kerajaan makanan turun 22%. Pada pertengahan 90-an. masalah dalam perusahaan, kenaikan harga beli menyebabkan penurunan profitabilitasnya.

 

31 Januari 1990 McDonald’s mulai beroperasi di Moskow. Restoran besar di Lapangan Pushkinskaya, yang dirancang untuk 900 kursi, hampir tidak dapat mengatasi masuknya pengunjung: pada hari pembukaan, itu dikunjungi oleh 30 ribu orang!

 

1996 melihat peluncuran situs web, McDonalds.com.

 

Pada kuartal IV 2002, untuk pertama kalinya sejak IPO, perusahaan merugi. Hingga 2010, McDonald’s adalah rantai makanan cepat saji terbesar di dunia, sekarang berada di belakang Subway dalam hal jumlah restoran.

 

Pada 2017, McDelivery diluncurkan di Federasi Rusia – pengiriman produk ke rumah. Layanan ini muncul pada tahun 1993 di beberapa negara bagian AS. Di Eropa, layanan pengiriman pertama kali diuji di Wina pada 2013.

Kantor pusat Makanan Cepat Saji McDonald’s

Pada Juni 2018, kantor pusat perusahaan Oak Brook pindah ke wilayah Chicago Barat. Kantor McDonald’s yang baru terletak di gedung 9 lantai di 110 North Carpenter Street.

 

Di antara kekurangan kantor Oak Brook adalah isolasi dan kolaborasi yang buruk di antara rekan kerja, sehingga kantor pusat Chicago dilengkapi dengan ruang kerja terbuka. Desain interior kantor pusat dilakukan oleh studio O + A dan Arsitek Interior.

 

Kantor ini juga menampung Museum sejarah perusahaan, pusat budaya, dan Universitas Hamburgerologi.

Kepemimpinan baru

Stephen (Steve) J. Easterbrook, CEO sejak 2015, diberhentikan dari jabatannya pada November 2019 karena pelanggaran kebijakan perusahaan. Terlepas dari kenyataan bahwa selama periode kepemimpinannya, harga saham hampir dua kali lipat (November 2015 – $ 113, November 2019 – $ 197), ia diminta untuk mengosongkan kursi eksekutif karena hubungan romantis dengan seorang rekan.

 

“Mengingat nilai moral perusahaan, saya setuju dengan keputusan Direksi,” aku Steve dalam email kepada bawahannya. Steve, 52, digantikan oleh Chris (Christopher Kempchinski), 51, yang menjabat sebagai presiden McDonald’s AS sebelum dipromosikan.

Apa yang akan terjadi di masa depan: “Big Mac mengawasi Anda”

McDonald’s berencana untuk memperkenalkan teknologi untuk pengenalan plat nomor mobil, yang akan memungkinkan untuk mengingat pilihan pelanggan MacAuto. Juga pada Maret 2019, perusahaan mengakuisisi startup yang memungkinkan memprediksi urutan pengunjung tergantung pada waktu hari, cuaca, antrian, dan bahkan pesanan pelanggan di kafe sebelah. Rencana strategis McDonald’s termasuk kembali ke pertumbuhan lalu lintas pelanggan di pasar AS.

Kritik terhadap perusahaan

Makanan tidak sehat: apa yang ada di burger saya?

Penduduk AS di perusahaan makanan cepat saji menghabiskan $ 100 miliar per tahun, rata-rata 4 porsi kentang goreng dan 3 hamburger seminggu. Permintaan untuk makanan cepat saji belum dilewati oleh populasi Federasi Rusia: di antara hidangan favorit orang Rusia adalah kue kering, burger, dan pancake, dan rata-rata check-in restoran cepat saji anggaran pada tahun 2019 adalah 240 rubel.

 

Sering “jajan” di makanan cepat saji tidak bisa disebut gaya hidup sehat, tetapi semua orang bisa menjawab pertanyaan “mengunjungi makanan cepat saji atau tidak” sendiri. Atau tidak bisa? Lagi pula, seseorang hanya perlu berjalan di sepanjang jalan di pintu masuk McDonald’s, karena aroma menggoda dari makanan yang dimasak menyelimuti dari ujung kepala hingga ujung kaki. Tapi ini adalah rasa khusus yang disemprotkan tidak hanya di dalam, tetapi juga di luar bangunan. Penyedap udara, menggunakan “peningkat rasa” dan “perasa alami” dalam makanan – semuanya agar lidah Anda mengatakan “ya!” makanan beku dan makanan yang dipanaskan. Oleh karena itu, bagi yang terbiasa makan di makanan cepat saji, makanan buatan sendiri pun mungkin terasa hambar, tidak harum seperti masakan di restoran cepat saji.

 

Selama keberadaan restoran, porsi “cola” anak-anak meningkat dari 230 ml menjadi 340 ml, tetapi di suatu tempat harus ada tanggung jawab orang tua, atau tidak?

 

McDonald’s memulai perjalanannya menuju kesehatan pada tahun 1987, ketika salad segar diperkenalkan ke menu pada 15 Mei untuk pelanggan yang sadar tubuh. Pada tahun 2000, berbagai spesialisasi diperluas dengan yoghurt buah rendah lemak. Pada tahun 2008, perusahaan mengumumkan bahwa tidak ada lagi lemak trans pada ayam, ikan, dan kentang gorengnya. Pada tahun 2010, McDonald’s meluncurkan lini McCafe di restoran, di mana Anda dapat menikmati koktail buah segar.

 

Tren makan sehat memperburuk citra McDonald’s. Reputasi kerajaan makanan dirusak oleh publikasi “Fast Food Nation” karya Erik Schlosser (2001), di mana film dengan nama yang sama dirilis pada tahun 2006. Pembaca berkata, “Duduklah selama setengah jam dengan buku ini dan dapatkan diet terbaik.”

 

Sementara perusahaan mengatakan misinya adalah membantu mempertahankan gaya hidup sehat bagi pelanggannya, film dokumenter Double Serve (2004) menyoroti peran McDonald’s dalam obesitas Amerika. Jadi siapa yang berbohong? Eh, Anda tidak bisa mengetahuinya tanpa Coca-Cola.

Gaji karyawan rendah

Setiap pekerja Amerika kedelapan pada satu waktu bekerja di McDonald’s. Pada awal karir bintang mereka di McDonald’s, selebritas seperti Julia Roberts, Sharon Stone, bintang Groundhog Day Andie MacDowell, Rachel McAdams (The Notebook), James Franco (Eat, Pray and Love, Man -spider “), James D ‘Arcy (” Atlas Awan “), Merah Muda.

 

Dua pertiga karyawan McDonald’s berusia di bawah 20 tahun, dengan banyak siswa bekerja di sana karena perusahaannya fleksibel.

 

Menurut Forbes, perusahaan mempekerjakan 210.000 orang. Korporasi mempekerjakan satu juta orang setiap tahun: pergantian staf tinggi. Dan meskipun manajer perusahaan diajari cara memuji karyawan dengan benar dan menjaga harga diri mereka, rata-rata karyawan tidak tinggal di kafe selama lebih dari 4 bulan.

 

Meskipun ada pernyataan di Internet bahwa pemberi kerja terbesar memiliki upah terendah, ini tidak sepenuhnya benar. Pada Mei 2019, ratusan karyawan dari 13 kota di AS mogok, menuntut kenaikan gaji menjadi $ 15 / jam. Eksekutif McDonald’s dalam daftar terbuka menunjukkan bahwa tarif di restoran yang dioperasikan oleh perusahaan rata-rata di atas $ 10 / jam, sedangkan tarif minimum menurut undang-undang adalah $ 7,25 / jam. Perusahaan menekankan bahwa itu tidak dapat mempengaruhi gaji di restoran waralaba, sementara pemegang waralaba mengelola lebih dari 93% rantai restoran.

 

Pada November 2019, karyawan McDonald’s Inggris di 10 kota bersatu dalam pemogokan McStrike menuntut upah minimum £ 15 ($ 19,3 $ / jam) dan memperbaiki kondisi kerja.

 

Douglas Copeland, dalam Generasi X (1991), menggunakan istilah “macSlavery” (McJob), pertama kali diciptakan pada tahun 1986 oleh sosiolog Amitai Etzioni. Berkat buku Copeland, istilah untuk pekerjaan bergaji rendah, tidak menjanjikan, dan low-profile di sektor jasa mendapatkan popularitas dan bahkan dimasukkan dalam Oxford English Dictionary.

 

Manajemen perusahaan dalam pribadi Jim Cantalupo menyebut tindakan penerbit, yang memasukkan kata “Mcjob” dalam kamus, “tamparan di wajah karyawan industri” dan “ludah di wajah.” Bagaimanapun, McDonald’s berusaha untuk “menciptakan pekerjaan di mana karyawan dihargai atas kontribusi mereka dan didorong oleh peluang untuk pertumbuhan profesional.” Perusahaan menunjukkan bahwa itu adalah “salah satu merek paling fleksibel dan demokratis di dunia” dan salah satu perusahaan terbesar di planet ini.