Praktikkan 6 Cara Turunkan Dampak Penyakit Alzheimer ini

Penyakit Alzheimer tentunya merupakan salah satu penyakit yang tak boleh kita remehkan, apalagi pada saat kita sudah beranjak tua di atas 60 tahun.

Itu karena Penyakit ini dapat langsung mempengaruhi kinerja Otak para penderitanya, yang dapat membuat kesehariannya menjadi sangat sulit untuk dilakukan. Layaknya seperti Bermain Judi Online, melakukan aktivitas rutin seperti mandi, makan hingga menonton TV pun kerap kali sulit sekali untuk dilakukan.

Kurang lebih, salah satu Penyakit Degeneratif ini dapat menyebabkan penderitanya menjadi tidak peka terhadap lingkungan sekitar ataupun dirinya sendiri.

Praktikkan 6 Cara Turunkan Dampak Penyakit Alzheimer ini
Praktikkan 6 Cara Turunkan Dampak Penyakit Alzheimer ini

Sungguh sangat menjengkelkan bukan?

Maka dengan itu, perlu dilakukan tindakan pencegahan paling efektif saat usia kalian masih muda, agar tidak mudah terjangkit Penyakit Alzheimer ini. Kalaupun sudah terlanjur kena, paling tidak para penderitanya dapat menurunkan Dampak dari Penyakit ini secara perlahan dengan berbagai Cara paling efektif.

Nah, semua cara efektif tangani Penyakit Alzheimer tersebut, akan dikupas secara tuntas pada segmen berikut ini!

Pilihan Cara efektif kurangi Dampak dari Penyakit Alzheimer

Secara umum, Penyakit Alzheimer yang merupakan salah satu tipe Penyakit demensia (Pikun) paling umum, adalah kelainan progresif yang mengakibatkan sel-sel otak menyusut dan mati. Penyakit ini bisa turunkan kebolehan berpikir, perilaku, dan sosial seseorang. Seiring waktu, tanda-tanda penyakit Alzheimer ini akan jadi kritis dan bisa mengakibatkan seseorang kehilangan kebolehan untuk jalankan kesibukan sehari-hari.

Namun Anda tidak mesti cemas, tersedia beberapa cara yang ternyata bisa mendukung Anda untuk menghambat pertumbuhan penyakit Alzheimer di sesudah itu hari, layaknya selanjutnya ini.

Berhenti merokok sejak dini

Merokok mengimbuhkan pengaruh tidak baik terhadap kebugaran tubuh, juga otak. Oleh sebab itu, tindakan pencegahan untuk penyakit Alzheimer bisa awali dengan berhenti dari tradisi tidak baik ini.

Rokok diketahui mempunyai kandungan bermacam macam bahan kimia yang bisa mengakibatkan peradangan dengan menimbulkan stres oksidatif terhadap sel-sel tubuh. Peradangan inilah yang nantinya bisa mengakibatkan penyakit Alzheimer.

Selalu Rajin mengkonsumsi buah dan sayur bernutrisi Tinggi

Buah-buahan masuk dalam daftar makanan sehat yang mesti Anda mengkonsumsi tiap-tiap hari untuk menjaga kebugaran otak. Studi yang baru diterbitkan terhadap sebuah jurnal berjudul American Journal of Clinical Nutrition di bulan April 2020, perlihatkan potensinya.

Studi selanjutnya mengamati tradisi makan buah terhadap 2.800 partisipan yang berusia di atas 50 tahun. Hasilnya perlihatkan bahwa orang yang jarang makan buah punya risiko 2 sampai 4 kali terkena penyakit Alzheimer dalam rentang pas 20 tahun agar bisa dijadikan tindakan pencegahan terhadap penyakit tersebut.

Potensi makan buah untuk turunkan risiko Alzheimer juga mendapat dukungan dengan studi lain, yaitu yang diterbitkan terhadap jurnal Neurology. Hasil studi perlihatkan mengkonsumsi flavonoid (senyawa polifenolik terhadap buah dan sayur) bisa menghambat terjadinya penyakit Alzheimer.

Ahli kebugaran berpendapat bahwa potensi buah dalam kurangi risiko penyakit Alzheimer sebab terdapatnya flavonoid. Senyawa yang terdapat terhadap buah ini punya sifat anti radang yang bisa menjaga otak dari peradangan.

Selain buah, beberapa makanan lainnya juga punya banyak nutrisi yang ikut menyehatkan otak. Sebut saja beberapa diantaranya buah stroberi, jeruk, apel, bayam, cokelat, hingga minuman seperti teh. Kesemua makanan pencegah penyakit Alzheimer ini mempunyai kandungan asam ellagic, resveratrol, dan antosianin agar bisa menjaga sel-sel otak dari kerusakan akibat radikal bebas.

Memperbaiki pola tidur menjadi lebih baik selama minimal 8 jam sehari

Tindakan pencegahan penyakit Alzheimer sesudah itu yang bisa Anda terapkan adalah menjaga pola tidur selamanya baik. Perlu diingatkan kembali bahwa tidur adalah pas bagi tubuh Anda untuk beristirahat, juga otak.

Dalam jangka panjang, situasi ini bisa mengimbuhkan pengaruh tidak baik terhadap sel-sel di otak dan tingkatkan risiko masalah kejiwaan, layaknya depresi. Depresi itu sendiri merupakan salah satu penyebab tingginya risiko dari para Lansia untuk mengidap penyakit Alzheimer.

Jadi, pastikan Anda memadai tidur di malam hari. Jika Anda mengalami insomnia (susah tidur), cobalah untuk merelaksasikan diri dengan meditasi, jalankan latihan pernapasan, mandi dengan air hangat, mendekorasi kamar tidur menjadi lebih nyaman, dan hindari bermacam hal yang bisa mengganggu tidur, layaknya main ponsel.

Jika cara di atas tidak memadai ampuh mendukung Anda untuk tidur lebih baik, udah saatnya Anda minta perlindungan dokter maupun psikolog.

Rutin olahraga setiap harinya tanpa memaksakan diri

Selain memperhatikan pola makan, cara menghambat penyakit Alzheimer mesti sempurnakan dengan menjalani olahraga secara rutin. Ini sebab olahraga bisa mendukung kebugaran otak melalui bermacam cara.

Pertama, olahraga bisa mendukung Anda mengendalikan berat badan sebab obesitas merupakan salah satu segi risiko dari penyakit ini.

Kedua, olahraga mendukung kurangi stres dan bermacam masalah kejiwaan yang bisa memperburuk kebugaran otak. Terakhir, olahraga bisa mendukung memperbaiki kualitas tidur Anda dan ini sudah pasti bisa menjaga otak Anda selamanya sehat.

Selalu Memperhatikan pola makan yang seimbang dan baik

Tindakan pencegahan penyakit Alzheimer tidak sekadar tingkatkan mengkonsumsi buah dan sayur saja, tetapi Anda juga mesti menerapkan pola makan yang sehat. Penerapan diet yang sehat untuk jantung ternyata juga bisa menjaga kebugaran otak.

Ada dua diet untuk jantung yang udah diteliti manfaatnya terhadap otak oleh peneliti, yaitu diet Dash dan diet mediterania.

Pada diet Dash, Anda diharuskan mengkonsumsi sayur, buah, produk susu bebas lemak, biji-bijian, ikan, unggas, kacang-kacangan, dan minyak nabati. Selain itu, Anda juga mesti halangi penggunaan garam terhadap makanan serta kurangi mengkonsumsi makanan manis dan daging merah.

Sementara terhadap diet mediterania, Anda dibolehkan makan sedikit daging merah dan ditambah dengan biji-bijian, buah, sayur, ikan, kerang, dan lemak sehat dari kacang-kacangan dan minyak zaitun.

Menerapkan ke dua diet di atas sebagai cara untuk menghambat penyakit Alzheimer kemungkinan tidak mudah. Jadi, Anda jangan sungkan untuk konsultasi terhadap dokter maupun ahli gizi.

Selalu Aktif secara mental dan sosial

Sebuah studi perlihatkan bahwa risiko penyakit Alzheimer lebih rendah terhadap orang yang aktif secara mental dan sosial. Peneliti sesungguhnya belum paham secara pasti, bagaimana mekanisme dari temuan ini.

Akan tetapi, beberapa ilmuwan yakin bahwa kemungkinan tersedia rangsangan yang memperkuat pertalian antar sel-sel saraf di otak terhadap orang yang aktif secara mental dan sosial.

Nah, bermacam hal yang bisa mengakibatkan Anda aktif secara mental dan sosial antara lain seperti membaca buku, koran, atau bahan bacaan lainnya, mempelajari bahasa asing, belajar dan memainkan alat musik, menjadi anggota komunitas atau relawan dalam sebuah organisasi, dan bisa juga dengan mencoba kesibukan atau hobi baru. 

Percaya gak percaya, dengan aktif seperti ini artinya Anda akan selalu melatih otak Anda agar tidak menjadi kaku dan tetap selalu bugar, meskipun di usia yang sudah tua sekalipun!

Nah, bukankah cara-cara di atas merupakan cara Paling Simpel yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi Penyakit Alzheimer ini?

Maka dengan itu, tak ada salahnya untuk mencobanya sekarang juga, tentunya dengan tujuan agar Anda terbebas dari Penyakit Alzheimer yang kerap kali menyerang warga Lansia ini!

Semoga artikel Praktikkan 6 Cara turunkan Dampak Penyakit Alzheimer ini bermanfaat buat Anda, dan selamat Beraktivitas seperti biasanya ya!