Kiat Untuk Merasa Bahagia Saat Bekerja

Merasa Bahagia sangat diperlukan untuk membuat Anda menjadi lebih mudah menjalani hari-hari. Apalagi saat bekerja, Merasa Bahagia itu sangat penting agar jadi tidak stress dengan tasklist yang harus Anda kerjakan setiap hari. Kali ini kami akan bagikan untuk Anda cara yang tepat untuk bisa Merasa Bahagia saat bekerja. Simak sampai habis artikel ini ya. 

Kiat Untuk Merasa Bahagia Saat Bekerja
Kiat Untuk Merasa Bahagia Saat Bekerja

Banyak orang yang bekerja lebih dari 8 jam sehari dikarenakan pekerjaan sebagai sesuatu yang harus mereka lakukan untuk mememnuhi kebutuhan hidup mereka. Walau demikian, Anda sudah dapat nikmati hidup jika mempunyai perspektif positif yang membuat Anda ingin Merasa Bahagia walau tertekan ketika bekerja. 

Dengan membentuk rutinitas pagi dan jadwal kerja yang menyenangkan, pekerjaan dan hubungan di tempat kerja dapat lebih bermakna. Dan Merasa Bahagia pun akan mudah Anda dapatkan. 

 

Agar Merasa Bahagia, Awali Hari dengan Cara yang Menyenangkan

Biasakan bangun pagi satu jam sebelum akan berangkat ke tempat kerja. Sediakan waktu untuk nikmati saat-saat menyendiri sebelum akan memulai rutinitas pagi. Tidur malam adalah waktu yang istimewa, tetapi memberikan sedikit waktu kepada diri sendiri tanpa merasa terbebani. Sediakan cukup waktu untuk nikmati sarapan pagi, membaca buku, joging, atau lakukan apa saja yang Anda sukai. 

Memberikan waktu kepada diri sendiri sebelum akan berangkat ke kantor adalah langkah terbaik memulai hari dengan langkah yang menyenangkan.

Biasakan tidur malam 1/2 jam lebih awal. Sepulang kerja, menggunakan waktu sebaik mungkin sehingga Anda perlu tidur sangat malam. Jika sampai di rumah Anda hanya berbaring sambil saksikan TV berjam-jam dikarenakan lelah, Anda dapat tidur larut malam tanpa meluangkan waktu kepada diri sendiri.

Perhatikan penampilan 

Berangkat ke kantor dengan penampilan yang rapi dan siap bekerja membuat keseharian Anda merasa menyenangkan. Jika Anda boleh berbusana kasual atau harus mengenakan seragam kantor, jangan Mengenakan accessories atau riasan secara berlebihan. Biasakan mandi pagi, membersihkan rambut, dan berdandan rapi. Penampilan yang menarik membuat orang lain lebih menghormati Anda sehingga Anda merasa lebih senang berada di tempat kerja.

Meskipun Anda merasa lelah saat tiba di kantor, memandang diri sendiri dengan penampilan yang rapi akan membuat Anda bersemangat memulai hari dengan langkah yang menyenangkan.

 

Jangan mencampuri urusan pribadi dengan kantor

Salah satu langkah Merasa Bahagia kala bekerja adalah memisahkan antara persoalan pribadi dan pekerjaan, meskipun Anda merasa risau dikarenakan baru saja bertengkar dengan pacar, ibu yang sedang tidak cukup sehat, atau konsep pernikahan yang tiba-tiba berubah. Apa pun persoalan yang sedang terjadi, katakan kepada diri bahwa Anda harus bekerja dalam kondisi tenang sampai jam kerja usai lalu bekerjalah sebaik mungkin.

Pada kenyataannya, Anda dapat menyelesaikan lebih banyak tugas dengan menyisihkan dahulu persoalan pribadi asalkan Anda berasumsi pekerjaan sebagai langkah menanggulangi masalah, alih-alih sebagai kendala

Jangan mengurusi persoalan pribadi sepanjang jam kerja. Jika Anda harus menelepon atau mengirim surel pribadi, lakukan di luar jam kerja atau saat istirahat siang. Bekerja sambil menyelesaikan masalah pribadi menyebabkan Anda tambah tertekan dikarenakan lakukan dua hal secara seiring menyebabkan Anda merasa risau dapat kekurangan waktu.

 

Berangkat sepuluh menit lebih awal

Persiapan yang terburu-buru di pagi hari akan menyebabkan suasana kerja dan keseharian Anda tidak cukup menyenangkan. Jika terlambat masuk kerja, Anda dapat merasa terlambat sepanjang hari dan kekurangan waktu untuk menyelesaikan pekerjaan yang tertunda. Alih-alih, biasakan berangkat ke kantor 15 menit lebih awal, atau lebih pagi lagi, tergantung suasana perjalanan menuju kantor Anda. 

Mungkin Anda ingin menghemat saat menunda berangkat sebagian menit, tetapi pada kenyataannya, Anda tambah merasa tidak cukup senang kala bekerja.

Ketahui bahwa pertalian yang positif bersama atasan dan teman kerja berpengaruh besar terhadap kebahagiaan Anda di tempat bekerja. Jika Anda dikenal sebagai karyawan yang sering terlambat, orang lain dapat remehkan Anda dikarenakan diakui pemalas dan hubungan di tempat kerja Anda dapat bermasalah.

 

Sapalah rekan-rekan kerja 

Saat memasuki ruang kerja, sapalah teman-teman sebelum akan merasa bekerja. Cara ini menyebabkan Anda merasa lebih terhubung bersama orang lain dan menambah kekuatan positif. Walaupun Anda sendiri sedang tertekan, tergesa-gesa, atau kesal, jauhi orang lain bukanlah langkah yang membuat Anda merasa senang kala bekerja. Alih-alih, bersikaplah ramah di area kerja, meskipun Anda sedang merasa tidak cukup nyaman.

Masih ingat langkah yang memberi saran sehingga Anda berangkat lebih awal ke area kerja? Salah satu alasannya adalah sehingga Anda tetap mempunyai kala untuk menegur teman kerja. Jika datang terlambat, sepertinya Anda tidak sempat ulang menegur siapa pun. Dengan datang lebih awal, Anda tetap mempunyai waktu sebagian menit untuk berinteraksi bersama orang lain tanpa kudu tergesa-gesa.

Jika Anda segera menuju meja kerja tanpa menegur teman-teman, Anda dapat diakui orang yang antisosial, padahal belum pasti benar.

 

Merasa Bahagia dengan Membuat Pekerjaan Terasa Lebih Ringan

Ciptakan suasana kerja yang nyaman. 

Biasakan menata dan merapikan meja atau area kerja sehingga Anda tahu letak semua yang Anda butuhkan dan tidak kehabisan waktu dikarenakan mencari sesuatu yang hilang. Terapkan proses penyimpanan file atau menggunakan rak untuk menyimpan berkas berdasarkan tanggal dengan memisahkan tugas yang kudu diselesaikan hari ini, minggu depan, atau akhir bulan. Merapikan meja kerja 10 menit tiap-tiap hari akan membuat Anda merasa senang saat bekerja. Selain itu, Anda dapat merasa nyaman dan tidak tertekan kala berada di area kerja.

Lakukan penataan meja atau ruang kerja sehingga merasa lebih personal. Jika diizinkan, tempatkan tanaman di dalam pot kecil, foto orang-orang terdekat, dll. yang personal untuk menambah kepuasan kerja dan menyebabkan suasana kerja merasa layaknya di rumah.

 

Selesaikan tugas kecil secepatnya

Balaslah surel yang dapat segera ditanggapi dan kirimkan dokumen secepatnya. Setelah itu, masukkan tugas lain didalam kategori “urgen: harus ditanggapi akhir minggu” dan seterusnya. Ingatlah bahwa tugas yang diselesaikan tanpa menunda menyebabkan Anda merasa sudah raih sebuah pencapaian yang menyebabkan rasa senang kala bekerja.

Alih-alih kudu cepat-cepat menelepon atau mengirim surel dikarenakan kuatir terlambat, berusahalah menyelesaikan tugas secepatnya. Dengan demikian, Anda merasa lebih tenang dikarenakan dapat melanjutkan kesibukan tanpa merasa terbebani.

 

Berbanggalah atas pekerjaan Anda

Bekerja secara profesional saat menyelesaikan tugas kecil atau tugas besar membuat Anda layak terima pujian dan penghargaan dari teman kerja dan manajemen, seumpama saat Anda menyiapkan laporan, memasak makanan yang lezat, atau mengajarkan materi kuliah berkenaan karya Shakespeare. Apa pun yang Anda lakukan, berbanggalah atas pekerjaan Anda dan manfaatnya bagi orang lain. Setiap orang yang bekerja dengan baik layak dipuji, merasa bahagia, dan berbangga atas keberhasilannya.

Temukan alasan untuk merasa bangga atas pekerjaan Anda, meskipun Anda menganggapnya sebagai sesuatu yang biasa. 

Jika Anda seorang atasan, pastikan anak buah Anda merasakan penghargaan atas hasil kerja mereka, Gene Linetsky, pendiri perusahaan rintisan dan perekayasa perangkat lunak, mengatakan, “Semua ini berujung pada motivasi. Saya coba meyakinkan semua karyawan tahu posisi mereka di dalam organisasi, terhitung apa yang dilakukan tim kita untuk perusahaan yang lebih besar. Mereka harus tahu betapa jalur karier mereka seiring dengaan peran tim dalam perusahaan.”

 

Hargai klien dan pelanggan

Berikan layanan sebaik mungkin pada klien juga pada pelanggan Anda, mereka pasti akan Merasa Bahagia. Mereka tentu akan mengucapkan terima kasih jika Anda memberikan layanan terbaik. Kita dapat merasa senang jika bermanfaat bagi orang lain dan disaat mereka berterima kasih dikarenakan kita sudah bekerja dengan baik atau memberikan wakt lebih daripada yang mereka harapkan. 

Di mana pun Anda bekerja, di kantor atau di restoran, tidak ada manfaatnya bersikap kasar atau merendahkan orang lain. Walaupun Anda merasa kesal atau merasa ingin marah, hubungan yang negatif dengan orang lain menyebabkan Anda merasa tidak nyaman. Alih-alih, bangunlah hubungan yang positif dengan semua orang yang Anda temui di area kerja sehingga Anda merasa senang kala bekerja.

Jika seseorang bersikap tidak baik kepada Anda, pastinya Anda akan sulit tersenyum. Walau demikian, belajar untuk bersabar dan mengendalikan diri menyebabkan Anda dapat melakukan perbaikan sikap kala bekerja.

 

Bergeraklah sesering mungkin sepanjang bekerja

Jika Anda lebih banyak duduk atau lakukan postur tertentu, ada sebagian langkah menambah kesibukan fisik sepanjang bekerja. Anda dapat lebih bersemangat dan merasa senang jika tambah banyak lakukan kesibukan fisik. Mulailah bergerak dalam perjalanan ke tempat kerja, seperti jalan kaki atau bersepeda. 

Jika jaraknya cukup jauh, carilah cara lain untuk pergi ke tempat kerja yang perlu gerak fisik, seumpama jalan kaki sampai halte bus tertentu. Setelah sampai di kantor, lakukan sebagian kesibukan selanjutnya sehingga Anda lebih banyak bergerak:

  • Gunakan tangga, alih-alih menggunakan lift
  • Temui teman kerja di ruangan lain untuk menanyakan sesuatu, alih-alih mengirimkan surel
  • Berjalan kaki terlihat kantor dan menyeberang jalur untuk membeli kopi
  • Pergi ke area lain untuk makan siang
  • Menggunakan meja yang agak tinggi sehingga Anda dapat bekerja sambil berdiri untuk membakar lebih banyak kalori

 

Sempatkan beristirahat

Agar Anda merasa senang selama bekerja, sempatkan rehat sekali-sekali untuk menahan stres atau menyingkirkan perasaan tidak dapat meninggalkan meja kerja dan terlihat ruangan sampai jam kerja usai. Penelitian menyatakan pentingnya beristirahat tiap 90 menit jauhi pc atau meninggalkan meja kerja untuk rehat sepanjang 10 menit sambil merilekskan mata, lakukan peregangan, terjadi santai, atau membaca buku. 

Jika Anda boleh nikmati istirahat saat bekerja, anggaplah hal ini sebagai sebuah kemewahan yang membuat Anda merasa bahagia.

Jika Anda bekerja di dalam gedung, pergilah ke luar gedung 1-2 kali sehari, jika diizinkan. Merasa terkurung di dalam ruangan dengan pendingin ruangan dan lampu pijar dapat berdampak negatif terhadap suasana hati. Sisihkan waktu bersama meninggalkan ruangan, terpapar sinar matahari, dan nikmati udara fresh sekali-sekali sehingga Anda Merasa Bahagia sepanjang hari.

 

Jangan bermain judi online selama bekerja

Melakukan hobi atau memainkan permainan yang Anda sukai memang tidak ada saalahnya, seperti bermain game. Namun, alangkah baiknya jika tidak memainkan permainan judi online selama Anda bekerja. Selain bisa membuyarkan fokus dan konsentrasi Anda selama bekerja, juga akan membuat Anda jadi sentimen apalagi jika Anda kalah dalam permainan judi online yang Anda pilih. Untuk itu, alangkah baiknya jika tidak bermain game judi online selama di kantor ya. 

 

Jangan lakukan beberapa tugas secara bersamaan

Banyak orang berasumsi langkah ini membuat mereka dapat bekerja lebih cepat, tetapi bukan saja lebih lambat, mereka tidak dapat mengerjakan tugas dengan sepenuh hati. Mulailah bekerja dari mengecek surel, membalas surel penting, sehabis itu menyelesaikan proyek A, lalu menyebabkan laporan B, dan setelah itu sehingga Anda dapat mencoret tugas yang sudah selesai. Mengerjakan 5 tugas secara seiring 1setengah jalan menyebabkan Anda merasa tidak cukup sukses daripada hanya 1 atau 2 tugas, tetapi Anda Mengerjakan sampai tuntas.

Buatlah daftar tugas sebelum akan bekerja lalu coretlah tugas yang sudah selesai. Cara ini menyebabkan Anda merasa sudah raih keberhasilan dan mencapai rasa senang sepanjang bekerja.

Jangan menyia-nyiakan waktu hanya untuk membaca surel yang tidak berguna. Saringlah surel masuk lalu hapuslah semua surel berisi lelucon dan gosip dari teman-teman. Mintalah mereka mengirimkan surel ke alamat pribadi. Menyia-nyiakan waktu kerja yang bernilai dapat menyebabkan stres dan merusak kebahagiaan kerja. 

Oleh dikarena itu, menggunakan waktu untuk berfokus mengerjakan tugas satu per satu sehingga Anda terbebas berasal dari stres dan Merasa Bahagia kala bekerja.

 

Berinteraksi dengaan Rekan Kerja

Jangan terlibat dalam grup yang membicarakan teman kerja dan manajemen dikarenakan sikap negatif dapat menguras kekuatan yang menghambat kebahagiaan dan kebolehan berpikir positif. Bertemanlah bersama semua teman kerja, alih-alih bergabung bersama sebagian orang di dalam grup yang senantiasa memisahkan diri. Jangan bergabung di dalam group dan membiarkan bagian group pengaruhi Anda. Bersikap baik kepada siapa saja tanpa terikat oleh grup merupakan salah satu langkah menumbuhkan rasa bahagia.

Ingatlah bahwa kepuasaan sementara dikarenakan merasa diterima oleh sekelompok orang dapat berakhir dengan drama yang ingin Anda tinggalkan.

 

Berikan pujian

Jangan hanya mengkritik. Sampaikan petunjuk jika ada yang harus diperbaiki di tempat kerja, tetapi jangan lupa menghormati prestasi teman kerja dan keberhasilan perusahaan. Apakah Anda dapat terus bekerja jika perusahaan lakukan hal-hal yang salah? Selain mengemukakan saran, memberikan pujian terhadap kala yang pas sehingga Anda senantiasa bersemangat dan menghormati semua kebaikan didalam pekerjaan Anda. Jadi akan mudah untuk Anda Merasa Bahagia. 

Kebiasaan mengeluh dan bersikap negatif dapat merusak reputasi Anda. Berteman bersama semua teman kerja adalah salah satu langkah Merasa Bahagia saat bekerja, jadi, jagalah reputasi yang baik.

 

Bertemanlah dengan teman kerja. 

Penelitian menyatakan bahwa berteman bersama semua teman kerja membuat tempat kerja dan tempat lain sama-sama merasa menyenangkan. Selain membawa banyak teman, berusahalah mengenal teman kerja lebih dekat sehingga tambah akrab dan Anda merasa lebih terhubung bersama mereka kala bekerja, seumpama ingin bantuan, mengobrol, dan mempererat hubungan. Anda boleh berteman bersama siapa saja, tetapi bersikaplah selektif didalam menjalin persahabatan.

Biasakan bersosialisasi di area kerja, jika bersama menyiapkan secangkir kopi untuk teman, berkumpul bersama rekan-rekan kala rehat, atau turut makan siang bersama mereka di luar kantor. Jangan terus menyendiri, jika Anda sedang bekerja.

Perasaan terhubung dengan orang lain menyebabkan Anda betah di area kerja, alih-alih merasa sedang dihukum. Pada akhirnya, mungkin Anda lebih bersemangat bangun pagi sehingga dapat pergi bekerja lebih awal dikarenakan menghendaki makan siang bersama teman kerja.

 

Bahasa tubuh perlu diperhatikan

Jangan menyilangkan lengan kala berkata dengan teman kerja atau klien. Selain mengirimkan tanda negatif, secara tidak sadar, Anda menahan kebolehan diri sendiri untuk bersikap terbuka saat berkomunikasi. Keterbukaan di dalam berkomunikasi mengingatkan faktor kemanusiaan di dalam diri kita yang menyebabkan kita merasa bahagia. Anda dapat Merasa Bahagia kala bekerja jika menyatakan bahasa tubuh yang positif dikarenakan hal ini menyebabkan teman kerja lebih senang berinteraksi bersama Anda. 

Menjaga postur tubuh senantiasa tegak dan menatap ke depan (bukan ke bawah) adalah langkah menyatakan keyakinan diri yang Anda butuhkan sehingga dihargai dan merasa senang di area kerja.

 

Jauhi orang-orang negative

Rekan yang senantiasa mengeluhkan persoalan privat atau pekerjaan menyebabkan kekuatan Anda terkuras sehingga tempat kerja tidak lagi merasa menyenangkan. Oleh dikarenakan itu, bertemanlah bersama orang-orang yang bersikap positif, bersemangat, dan mempunyai optimisme kerja. Rekan yang mengeluh pekerjaannya sangat berat condong menyebabkan Anda terpancing untuk mencari sisi negatif pekerjaan Anda. Observasi pasti saja diperlukan, tetapi jangan biarkan orang lain mengurangi kebahagiaan Anda. Tipe orang seperti akan membuat Anda sulit Merasa Bahagia.

Jangan bergosip. Agar kantor tetap terasa menyenangkan, jangan terlibat drama di kantor atau bergosip. Bahaslah hal-hal yang bermanfaat dan membahagiakan. Jika Anda dikenal sebagai tukang gosip, Anda sendiri dapat menjadi bahan gosip dan perihal ini pasti tidak menyenangkan.

 

Jangan memaksakan diri

Anda baru dapat Merasa Bahagia jika dapat menampik dikala Anda merasa tidak sanggup. Walaupun Anda senantiasa ingin membantu, anggapan kebolehan diri sendiri disaat Anda tahu bahwa tanggung jawab Anda pun cukup berat. Alih-alih merasa terbebani dan tidak dapat menyelesaikan tugas, katakan dengan jujur kepada atasan atau teman kerja jika pekerjaan Anda sudah cukup banyak. 

Dengan demikian, Anda dapat Merasa Bahagia dikarenakan bekerja sesuai dengan kemampuan, bukannya berupaya menggembirakan orang lain.  

Jika Anda ingin membantu seseorang, tetapi tidak sempat, katakan bahwa saat ini Anda belum dapat memenuhi permintaannya dan dapat menunjang di lain kala jika diperlukan.

 

Merasa Bahagia Itu Perlu

Itulah beberapa kita agar Anda bisa Merasa Bahagia selama berada di tempat kerja atau di kantor. Karena Merasa Bahagia itu sangat perlu untuk membantu Anda untuk menjadi lebih produktif selama menyelesaikan pekerjaan Anda. Semoga membantu!