Cara Paling Mudah Dapat Kerja Setelah Lulus Kuliah

Setelah Lulus Kuliah biasanya yang diinginkan adalah memiliki pekerjaan yang bergengsi dan memiliki gaji yang cukup. Tidak sedikit para mahasiswa yang belum selesai mengenyam pendidikan di bangku kuliah saja udah ditanyai mau kerja di mana. Padahal masih ada berapa semester sebelum akan lulus. 

Namun, meski begitu Setelah Lulus Kuliah perlu Kamu fikirkan akan melangkah kemana. Karena langkah dan keputusanmu sekarang ini mampu menentukan bagaimana masa depanmu. Kamu harus mempersiapkan planning untuk Setelah Lulus Kuliah nanti. 

Duduk di bangku kuliah dengan tanggung jawab yang besar mengenai masa depanmu sendiri bukanlah perkara yang mudah. Kamu udah bertanggung jawab atas pilihanmu, atas jalan hidup yang dijalani sendiri nantinya. 

Tidak kembali tergantung terhadap orang tua. Apa tujuanmu kuliah? Setelah Lulus Kuliah mau mencari dan mendapatkan pekerjaan bukan? Untuk apa pekerjaan itu? Menghidupi hidupmu sendiri dan syukur andaikata mampu menghidupi keluarga juga bukan?

Kalau terhadap intinya Setelah Lulus Kuliah tujuanmu adalah bekerja, tak heran andaikata banyak mahasiswa saat ini mati-matian kuliah untuk langsung lulus dan memperoleh pekerjaan. Hal yang sangat diinginkan dari pekerjaan itu sendiri adalah gaji. 

Kamu berpikir, “Cepat lulus, mampu pekerjaan bagus, mampu gaji besar lantas hidup layaknya orang kaya,”. Tunggu dulu, Cepat lulus? Dapat pekerjaan bagus? Gaji besar? Tidak semudah itu Ferguso!

Cara Paling Mudah Dapat Kerja Setelah Lulus Kuliah
Cara Paling Mudah Dapat Kerja Setelah Lulus Kuliah

Buatlah Planning Setelah Lulus Kuliah Demi Masa Depanmu

Faktanya, cepat lulus dan mampu mendapatkan pekerjaan bagus tak tetap menanggung bahwa taraf kehidupanmu bakal naik seiring dengan tinggi gaji yang bakal diterima Setelah Lulus Kuliah. Lebih fokusnya lagi, pekerjaan bagus tidak menanggung mampu memberimu gaji yang tinggi. Mengapa? Pertama, persepsi kata ‘bagus’ pada satu dan lainnya tidak sama. 

Tukang sapu merupakan pekerjaan bagus dan lebih mampu dikatakan pekerjaan yang sangat mulia dikarenakan membuat tempat di sekitarmu menjadi bersih dan rapi. Apakah itu persepsi pekerjaan bagus menurut versimu? Mungkin anda berbicara tidak karena gajinya kemungkinan tidak tinggi.

Kedua, lulus cepat tak menjaminmu Setelah Lulus Kuliah mendapat pekerjaan bagus. Iya jikalau nilaimu berlimang A dan B, bagaimana jika lulus cepatmu itu cuma sebatas membawa nilai C? Bukannya merendahkan, namun beragam perusahaan pun kemungkinan enggan untuk menerimamu meski anda berlimang pengalaman aktif di beragam organisasi dan kegiatan baik itu internal maupun eksternal kampus.

Mempertimbangkan dua hal tersebut, selanjutnya ini merupakan trik-trik untuk mendapat pekerjaan dengan gaji yang relatif tinggi sesudah anda lulus kuliah dan telah diwisuda.

 

Setelah Lulus Kuliah, Pertimbangkan Poin Ini Jika Kamu Ingin Langsung Kerja

1. Lihat Rata-rata Gaji Profesi yang Kamu Inginkan

 

Ini nih hal pertama yang mesti diperhatikan. Kamu mesti mengetahui rata-rata gaji profesi yang anda inginkan. Bagaimana caranya? Kamu mampu browsing ke beberapa website seperti JobsDB.com atau Jobstreet.com yang sediakan beragam informasi mengenai rentang gaji untuk suatu kedudukan atau profesi tertentu. Atau kemungkinan banyak share dengan orang-orang yang udah bekerja dengan profesi tersebut.

Mengetahui rata-rata gaji profesi yang anda inginkan Setelah Lulus Kuliah dari satu kantor ke kantor lain mampu menjadi pertimbangan dalam melamar pekerjaan Setelah Lulus Kuliah. Selain itu anda mesti ingat bahwa gaji pertama kemungkinan tidak sebesar gaji-gaji karyawan yang udah bekerja lebih lama di sana. Sehingga di awalnya mampu memperhitungkan cost hidupmu saat udah mendapat pekerjaan sebagai pekerja baru di sebuah kantor.

Hal lain yang menjadi perhatian adalah saat udah melamar dan masuk dalam step wawancara, di sinilah pentingnya informasi mengenai rata-rata pekerjaan di kantor yang dilamar sehingga saat sesi pertanyaan mengenai jumlah gaji yang anda inginkan, jangan sampai terkesan mematok gaji dirimu terlalu mahal untuk ukuran fresh graduate.

Dengan memperhitungkan hal ini, mampu membuat anda diterima di kantor selanjutnya sesuai dengan prediksi dan proyeksimu Setelah Lulus Kuliah.

 

2. Jangan Mudah Tergiur dengan Nama Besar Perusahaan

Hal ini menjadi hal yang khawatirkan oleh beberapa pihak, persepsi mengenai nama kantor yang besar dan kondang bakal menjaminmu untuk memperoleh pekerjaan dengan gaji yang tinggi selepas wisuda. Meski pernah mendengar desas-desus mengenai jumlah gaji yang diterima andaikata bekerja di posisi tertentu dalam kantor itu, kemungkinan saja keadaannya tidak sesuai dengan apa yang didengar.

Perusahaan besar cenderung miliki banyak peminat kerja dan karyawannya. Hal ini justru bakal mengakibatkan perusahaan mesti lebih pintar-pintar dalam menambahkan gaji dan tunjangan kepada para pekerjanya. Kamu lebih-lebih tidak mampu menanggung bahwa kinerjamu tentu bakal ikut memajukan perusahaan.

Sebaliknya, menjadi pekerja di perusahaan kecil termasuk tak menanggung bakal mendapat gaji yang kecil juga. Perusahaan skala kecil menengah biasanya perlu lebih banyak pekerja dan mereka biasanya bersedia membayar lebih tinggi dari perkiraanmu.

Yang mengetahui mereka perlu tenaga dan pengetahuanmu untuk memajukan perusahaan mereka. Bila anda inginkan gaji besar, mesti menjadi orang besar di perusahaan kecil yang mana tugasmu adalah bekerja untuk ikut memajukan perusahaan di mana anda bekerja Setelah Lulus Kuliah.

 

3. Mengukur Kemampuan Diri

Penting untuk disadari dan dianggap bahwa anda mesti mengukur dirimu saat bekerja Setelah Lulus Kuliah. Kamu kemungkinan miliki sederet nilai A dan B dalam transkrip nilai, namun kinerjamu tidak dicerminkan dari ijazahmu itu. Kamu mesti bisa mengukur seberapa mampu anda menjalaninya dikarenakan pekerjaan selanjutnya merupakan kegiatan sehari-hari yang bakal dilaksanakan saat anda udah diterima di sebuah posisi terhadap sebuah kantor yang menjadi tempat impianmu untuk bekerja.

Kemampuan untuk mengukur kekuatan diri menjadi poin yang dilirik oleh para perusahaan. Mengapa? Mereka inginkan privat yang mampu bekerja bersama dengan ikhlas, mampu membagi waktu, mampu membagi kapan mesti betul-betul bekerja kapan mesti santai, dan mampu bekerja di bawah tekanan yang sebetulnya muncul dari dalam diri sendiri saat hadapi beberapa keadaan urgent dan perlu atau mendadak. 

Kemampuan ini mampu menular terhadap rekan-rekan kerjamu nantinya yang bakal menjadi partner kerja Setelah Lulus Kuliah nanti. 

Jangan sampai saat udah diterima sebagai pekerja di perusahaan tertentu, anda justru lebih sering sakit dan tidak masuk akibat terlalu lelah bekerja. Ini justru bakal mencegah kinerja perusahaan. Pada selanjutnya mampu saja anda diundang oleh HRD dan diajak berdiskusi mengenai kelanjutan bekerja di kantor. Bila udah begini keadaannya, baik anda maupun pihak perusahaan sama-sama rugi.

 

4. Jangan Mudah Menyerah

Poin yang satu ini tidak boleh dilupakan Setelah Lulus Kuliah. Paling tidak bekerja untuk dirimu sendiri. Jangan mudah putus asa dan menyerah saat hadapi beberapa keadaan susah di kantor. Memang dunia pekerjaan jauh lebih susah daripada dunia kuliah. Banyak orang udah mengakui keadaan itu. Kamu tidak kembali berurusan soal nilai, tidak mampu protes saat dosenmu memberikanmu nilai C padahal udah belajar mati-matian dan bekerja keras untuk memperoleh nilai A.

Ketika anda dihadapkan pada dunia kerja Setelah Lulus Kuliah, tidak ada orang yang hiraukan bagaimana perjuanganmu saat memperoleh suatu hal yang anda inginkan. Mereka justru bakal berlomba saling menjatuhkanmu – pada beberapa kasus udah sering terjadi. 

Maka, anda tidak boleh gampang menyerah di tengah jalan, sebaliknya lawan keadaan terhimpit itu dengan kemampuanmu saat bekerja dengan lebih keras dan giat lagi. 

Sikap tidak mudah menyerah ini termasuk bakal menambahkan poin and tersendiri yang bakal d perhatikan oleh perusahaan, sehingga bukannya tidak kemungkinan sikap ini bakal membawamu terhadap promosi pekerjaan yang lebih baik dan lebih cepat dengan taraf kehidupanmu yang mampu makin meningkat.

 

5. Percaya Diri

Kamu udah miliki ilmu dan kekuatan diri yang begitu memukau di dalam daftar riwayat hidup. Sekarang saatnya anda menyatakan terhadap dunia jikalau dua perihal itu bukan cuma soal teori yang anda dapatkan di bangku kuliah namun mampu anda laksanakan di dunia kerja Setelah Lulus Kuliah.

Polanya nyaris sama, anda mesti bekerja dengan keras dan pintar yang dapat dukungan oleh ilmu mengenai teori dan praktek yang pernah anda dapatkan semasa kuliah. Kamu mesti yakin diri dalam melakukannya. Dengan yakin diri, orang bakal lebih memandang dan yakin bahwa anda mampu diandalkan untuk tugas-tugas yang ada.

 

 

Ilmu Itu Penting, Tapi Karakter Lebih Berpengaruh Setelah Lulus Kuliah

Memiliki ilmu yang anda dapatkan selama duduk di bangku kuliah sebetulnya akan membantu apa yang bakal menjadi pekerjaan impianmu nantinya Setelah Lulus Kuliah (sesuai dengan jurusan kuliah yang anda jalani) namun beberapa hal mesti diperhatikan bahwa dunia kerja tak menanggung yang miliki pamor bakal menambahkan pamor.

Kamu mesti mampu berjuang dengan memakai taktik yang bakal mempermudahmu menggapai tujuanmu bekerja dan mendapat gaji sesuai impianmu yang mampu menghidupi hidupmu sendiri maupun keluargamu kelak, namun bukan bermakna menghalalkan segala cara. 

Integritas diri tetaplah menjadi hal yang perlu dalam perihal apa-pun termasuk pekerjaan, termasuk karakter baik yang anda miliki.

Kecuali jika anda malas bekerja dan tidak ingin keras dalam bekerja namun ingin memiliki uang yang banyak. Lebih baik Anda bermain judi online saja Setelah Lulus Kuliah. Dijamin bisa kantongi uang dengan mudahnya. 

 

11 Pekerjaan Menarik Buat Anda Para Lulusan SMA

Ada banyak orang yang mengambil keputusan untuk langsung bekerja sesudah lulus SMA maupun Setelah Lulus Kuliah. Namun, bekerja sesudah lulus SMA tentu terlalu berlainan dengan bekerja Setelah Lulus Kuliah, sebab kebolehan dan skill yang dimiliki juga tentu berlainan pula. 

Namun jangan khawatir, ada banyak juga pekerjaan yang bisa dipilih meski cuma lulusan SMA saja. Bahkan jika ternyata miliki skill di bidang tertentu, anda dapat lebih mudah untuk mendapatkan sebuah pekerjaan di bidang tersebut.

Tidak perlu takut dikala dapat jadi mencari pekerjaan di usia yang tetap terlalu muda seperti usia Setelah Lulus Kuliah, di luar sana ada banyak sekali kesempatan kerja yang cocok dengan usia kamu. Awalnya mungkin dapat sedikit kebingungan untuk mencari sebuah pekerjaan, namun jika jelas minat dan kelebihan apa yang dimiliki, maka dapat mudah mendapatkan sebuah pekerjaan yang paling tepat untuk dijalankan.

 

Setelah Lulus Kuliah atau SMA, Inilah Pekerjaan Yang Cocok Untukmu

Beberapa pekerjaan di bawah ini mampu dijadikan sebagai pertimbangan dalam menentukan sebuah pekerjaan setela lulus SMA:

1. Operator Produksi

Jika berminat untuk masuk ke didalam sebuah perusahaan industri, maka mampu  menentukan pekerjaan ini untuk dijalankan. Indonesia adalah negara berkembang yang miliki banyak industri di bermacam bidang, dan seluruh perusahaan selanjutnya tentu dapat perlu operator memproses di dalam menjalankan usaha yang mereka lakukan.

Kamu mampu mencoba jadi salah satu operator memproses disebuah perusahaan atau pabrik, sebab pekerjaan ini umumnya dilakukan oleh para lulusan SMA. Ada banyak sekali perusahaan industri di luar sana yang memberikan kesempatan untuk anda miliki banyak sekali kesempatan di bidang ini.

 

2. Customer Service

Menjadi customer service juga mampu jadi pilihan, khususnya untuk yang perempuan, sebab pada umumnya perusahaan dapat mempekerjakan staf perempuan dalam bidang ini. Hampir seluruh kantor dapat miliki staf customer service, yang tugasnya tentu saja menangani bermacam keluhan dan juga urusan yang berkenaan dengan pelanggan atau klien perusahaan. 

Dengan begitu, anda dapat miliki banyak kesempatan bekerja sebagai customer service pada kantor-kantor tersebut. Meski nampak sederhana, namun pekerjaan customer service juga dapat perlu sejumlah ilmu yang lumayan luas. Hal ini umumnya berkenaan erat dengan product atau sarana yang dikeluarkan oleh perusahaan, jadi siap-siap untuk mempelajari hal selanjutnya sejak awal dan Setelah Lulus Kuliah.

 

3. Polisi

Mendaftar di Akademi Kepolisian juga mampu jadi pertimbangan untukmu, khususnya bagi yang sebetulnya miliki minat atau cita-cita di bidang tersebut Setelah Lulus Kuliah. Ini tentu perlu sejumlah syarat dan juga keputusan yang ketat, jadi pastikan telah memenuhi seluruh syarat-syarat yang telah ditentukan, sehingga jalanmu jadi seorang polisi mampu ditempuh dengan lancar.

 

4. Asisten Pilot

Tidak pernah berpikir sebelum saat ini dengan kesempatan kerja di bidang penerbangan hanya dengan cuma mengandalkan ijazah SMU, bukan? Atau Setelah Lulus Kuliah?

Jika anda lulusan SMU jurusan IPA, maka Anda bisa memiliki kesempatan jadi asisten pilot meski cuma lulusan SMA saja. Saat ini, ada sebagian perusahaan maskapai penerbangan yang terhubung pelatihan pilot untuk lulusan SMA, jadi anda mampu miliki kesempatan kerja di bidang ini sesudah lulus SMA.

 

5. Tenaga Data Input

Pekerjaan ini dapat tepat untuk Anda yang miliki ketelitian yang terlalu tinggi dan juga kesabaran tentunya. Anda dapat melakukan pekerjaan menginput sejumlah information ke dalam proses yang telah ditentukan, di mana kejelian dan juga ketelitian Anda dapat terlalu diperlukan dalam pekerjaan ini.

 

6. Penulis

Pekerjaan ini sangat tepat untuk yang sebetulnya miliki hobi menulis, lebih-lebih jika selama ini telah miliki kebiasaan mengembangkan hobi tersebut. Menjadi penulis mampu dijadikan sebagai pekerjaan sesudah lulus SMA, sebab waktu ini ada banyak sekali fasilitas online yang mau terima penulis lepas, di mana anda mampu bekerja secara online dengan mereka. Ini dapat menyenangkan, khususnya jikalau anda sebetulnya terlalu menyukai bidang tulis menulis.

 

7. Anak Buah Kapal (ABK)

Ini pekerjaan yang dapat perlu kebolehan fisik dan juga mental, sebab bisa saja berbulan-bulan anda dapat meninggalkan tempat tinggal dan berada jauh di lautan. 

Menjadi seorang ABK dituntut untuk miliki skill di bidang tertentu, sebab di dalam selama berlayar kapal dapat perlu bermacam macam tenaga dan juga keahlian dari para pekerjanya / ABK. Ini mampu saja bukan sebuah pekerjaan yang tidak mudah untuk Anda, jadi pastikan dengan jelas bidang yang dapat ditangani selama bekerja di kapal tersebut.

Menjadi seorang ABK dapat membawa anda mampu bepergian ke banyak daerah atau lebih banyak negara sekaligus, bergantung pada kapal daerah anda bekerja nantinya. Siapkan mental untuk bepergian jauh dan jarang pulang ke rumah.

 

8. Staf Agrikultur

Menjadi seorang staf agrikultur, maka anda dapat bekerja pada sebuah perusahaan peternakan, pertanian, atau mungkin perikanan. Pekerjaan ini sangat pas untuk penggemar alam, dunia tumbuhan dan juga hewan, sebab pekerjaan ini terjalin erat dengan hal-hal tersebut. Negara kami miliki potensi alam yang terlalu baik, sehingga kamupun miliki kesempatan yang baik untuk bekerja di bidang ini.

 

9. Asisten Dokter Gigi

Pekerjaan ini spesifik untuk yang tidak takut pada dokter gigi. Menjadi seorang asisten dokter gigi, anda dapat ditugaskan untuk membantu pekerjaan si dokter tersebut. Biasanya pekerjaan ini adalah mengurus pasien, pendaftaran dan juga bermacam hal lainnya yang tidak begitu merepotkan.

 

10. Pengajar Bimbingan Belajar

Pekerjaan ini mampu dilakukan, jika sebetulnya miliki kebolehan akademik yang lumayan baik, biarpun tidak seluruhnya, setidaknya 1 mata pelajaran di atas kebanyakan seperti bahasa atau matematika. 

Setelah Lulus Kuliah kamu mampu mendapatkan pekerjaan sebagai pengajar di daerah bimbingan belajar yang terdapat di wilayah daerah tinggalmu, umumnya anak-anak yang dapat diajar adalah pelajar SD dan juga SMP.

 

11. Berbisnis Sendiri

Setelah lulus SMA, tidak ada salahnya jika mengawali untuk berbisnis sendiri dan menciptakan lapangan kerja sendiri. Ini dapat jauh lebih mudah, khususnya jika selama ini anda sebetulnya miliki minat di bidang tersebut.

Ada banyak kesempatan usaha yang mampu dipilih, jadi dari yang berskala rumahan, online, atau yang berskala besar. Hal ini tentu perlu direncanakan dengan matang, sebab usaha dapat perlu sejumlah rencana yang kompleks dan juga terukur. Jangan takut untuk mengawali usaha di usia muda, di luar sana ada banyak sekali pebisnis yang telah meraih kesuksesan di usia yang muda Setelah Lulus Kuliah.

 

Setelah Lulus Kuliah Bekerja Sesuai Minat dan Kemampuan

Memutuskan bekerja sesudah lulus SMA tentu bukanlah sebuah pilihan yang salah, khususnya jika sebetulnya telah miliki rencana dan juga kebolehan untuk hal tersebut. Ada banyak pekerjaan yang mampu ditemukan, menentukan dan melakukan pekerjaan yang cocok dengan minat dan kemampuan. Dengan begitu, anda lebih nyaman dan santai didalam menjalani pekerjaan tersebut Setelah Lulus Kuliah.

Jangan berpikir untuk mendapatkan sebuah pekerjaan yang jauh di luar kemampuan / skill yang dimiliki Setelah Lulus Kuliah, hal ini dapat membebani diri sendiri, sebab biarpun anda mendapatkan pekerjaan tersebut, besar mungkin tidak mampu menjalankannya sebab kurangnya keahlian di bidang tersebut. 

Pilihlah sebuah pekerjaan yang mampu dilakukan dengan baik dan sudah pasti cocok dengan skill yang dimiliki Setelah Lulus Kuliah.