Membuat Rencana Bisnis, Bagian yang Harus Anda Perhatikan

Rencana bisnis apapun harus berisi deskripsi proyek yang komprehensif agar tidak ketinggalan informasi penting. Bagian utama dapat disebut berbeda, digabungkan atau dibagi menjadi subbagian tambahan, tetapi kontennya harus ada dalam dokumen.

Membuat Rencana Bisnis, Bagian yang Harus Anda Perhatikan
Membuat Rencana Bisnis, Bagian yang Harus Anda Perhatikan

Bagian apa yang termasuk dalam rencana bisnis?

  • Deskripsi bisnis. Di sini, secara singkat tentang pengalaman seorang wirausahawan, tanggal berdirinya perusahaan, bidang kegiatan, maksud dan tujuan pekerjaan, basis dan sumber daya yang tersedia.
  • Analisis Pasar. Daftar pesaing dan penawaran mereka, penilaian permintaan dan daya beli penduduk, pilihan untuk promosi dan penjualan.
  • Rencana bisnis sektor produksi. Daftar produk (layanan yang disediakan) dan volumenya, proses teknologi, peralatan dan bahan yang diperlukan, perhitungan biaya .
  • Rencana bisnis sektor organisasi. Daftar karyawan yang dibutuhkan, organisasi kerja, distribusi fungsi dan tugas dalam tim, keterlibatan organisasi pihak ketiga dan spesialis, biaya personil. Jadwal kegiatan untuk peluncuran proyek.
  • Rencana bisnis sektor pemasaran. Saluran iklan dan biaya untuk itu, cara mempromosikan perusahaan dan produk (layanan), efek pemasaran yang diprediksi – volume penjualan, jumlah pelanggan dan transaksi.
  • Indikator keuangan. Sisi keuangan bisnis Anda tercermin di sini, yaitu: pengeluaran yang akan datang (pembelian produk, sewa, perekrutan personel, dll.), pendapatan , laba bersih, profitabilitas, dan pengembalian proyek.
  • Tugas beresiko. Daftar masalah utama yang mungkin dihadapi perusahaan, kemungkinan konsekuensinya, dan rencana bisnis tindakan untuk meminimalkannya.
  • Ringkasan proyek. Bagian terpenting adalah presentasi ringkas dari konten seluruh dokumen pada beberapa halaman, di sini penting untuk menempatkan aksen dengan benar, dengan mempertimbangkan penerima dan tujuan menyiapkan rencana bisnis.

Konten Detail Dari Bagian Rencana Bisnis

Apa yang harus ditulis dalam paragraf utama dokumen ini untuk mendapatkan gambaran lengkap tentang perkembangan perusahaan?

Deskripsi Bisnis

Tanggal pembuatan, pendaftaran resmi pengusaha perorangan atau badan hukum. 

Distribusi saham di perusahaan antara mitra, co-founder, investor.

 

Pengalaman seorang pengusaha sebelum itu, pendidikan, pengalaman sebagai karyawan. Tidak perlu menunjukkan seluruh riwayat pekerjaan dan melampirkan ijazah, kecuali jika ini berhubungan langsung dengan proyek baru. Jadi, ketika seorang pengusaha yang berencana membuka kafe telah bekerja selama beberapa tahun sebagai manager di catering publik, ini akan menjadi nilai plusnya.

 

Jika dia lulus dari universitas dengan gelar Manajemen di Bisnis Restoran, maka ini adalah poin lain dalam kumpulan pengalamannya. Dan jika dia telah memutar mur dalam bengkel mobil sepanjang hidupnya, setelah belajar menjadi dokter hewan dan kemudian tiba-tiba mengajukan pembukaan bar. Informasi tentang pendidikan dan pengalaman akan berlebihan.

 

Tempat pendaftaran, bidang usaha. Anda perlu menunjukkan tidak hanya alamatnya, tetapi juga cakupan keseluruhan wilayah tersebut.

 

Tujuan dan sasaran proyek. Di sini Anda perlu menggambarkan bidang kegiatan, dan juga hasil yang terukur – untuk membuka 1 kafe dengan 30 kursi, menjual 500 kg makanan panggang setiap hari, dll.

 

Saya akan menunjukkan kepada Anda bagaimana menggambarkan suatu perusahaan dalam rencana bisnis, menggunakan contoh bengkel. Bagian “Deskripsi Proyek” akan berisi informasi berikut:

 

  • Tanggal pendaftaran IP adalah Mei 2018.
  • Bisnis – pengusaha akan berjalan secara mandiri, tanpa melibatkan mitra. Karyawan yang dipekerjakan akan dipekerjakan pada musim semi 2019.
  • Pengusaha menghabiskan satu tahun melakukan penempaan di bengkel rumahnya. Pada musim semi 2018, ia menyewa kamar untuk bengkel di lokasi produksi, melengkapinya dan terus bekerja.
  • Pada akhir 2017, ia menyelesaikan kursus tiga bulan “Penempaan seni tangan” di Akademi Pengerjaan Logam dan menerima kualifikasi “pandai besi” (salinan sertifikat pendidikan terlampir).
  • Tujuan dari proyek ini adalah untuk membuka bengkel di wilayah distrik N untuk produksi dan penjualan produk kepada penduduk.
  • Pada 2019, direncanakan untuk menghasilkan produk bulanan senilai 250 juta.

Analisis Pasar

Penilaian pasar. Anda perlu memperkirakan ukuran pasar, populasi, dan jumlah pelanggan potensial. Cukup sulit untuk melakukan ini tanpa riset pemasaran yang lengkap. Karena itu, ada baiknya mencari hasil siap pakai dari penilaian semacam itu untuk wilayah Anda. Dalam kasus ekstrim, Anda dapat memprediksi permintaan efektif secara perkiraan.

 

Hal utama adalah merumuskan tugas penjualan untuk diri Anda sendiri: apakah Anda akan bekerja hanya di dalam distrik mikro, membuka gerai ritel di seluruh kota, mengambil produk untuk dijual di seluruh distrik, atau akankah Anda memasok di luar itu.

 

Bagaimana tepatnya Anda berencana untuk menjangkau audiens target Anda, bagaimana Anda akan memilih saluran promosi yang sesuai, Anda akan menjelaskan secara rinci di bagian “Rencana bisnis bagian pemasaran”, sekarang tinggal tunjukkan arahnya.

 

Tidak hanya pesaing langsung yang menawarkan barang dan jasa serupa yang diperhitungkan, tetapi juga perusahaan yang memproduksi produk pengganti dan menyediakan layanan alternatif. Jika tidak ada butik teh khusus di kota Anda, ini tidak berarti bahwa pasarnya bebas dari pesaing: Anda harus berebut pelanggan dengan department store dan supermarket yang juga menjual berbagai jenis teh.

 

Pesaing. Daftar pesaing Anda yang sudah ada di pasar ini.

Tidak hanya pesaing langsung yang menawarkan barang dan jasa serupa yang diperhitungkan, tetapi juga perusahaan yang memproduksi produk pengganti dan menyediakan layanan alternatif. Jika tidak ada store teh khusus di kota Anda, ini tidak berarti bahwa pasarnya bebas dari pesaing: Anda harus berebut pelanggan dengan department store dan supermarket yang juga menjual berbagai jenis teh.

Rencana produksi

Proses bisnis. Tulis daftar peralatan, perkakas, bahan mentah, dan bahan yang diperlukan untuk membuat rangkaian barang dan jasa yang dipilih. Hitung volume produksi optimal untuk peralatan Anda. Tunjukkan karyawan mana dan dengan beban kerja apa yang Anda perlukan.

 

Produk. Buat daftar produk, layanan, dan karya yang akan Anda tawarkan kepada klien Anda. Perhitungan biaya pengorganisasian proses bisnis akan memungkinkan Anda untuk mengetahui harga biaya dan menyusun daftar harga.

 

Lampiran awal. Hitung berapa banyak uang yang akan dibutuhkan untuk meluncurkan proyek. Jumlahkan biaya semua aset, aset tetap, perbaikan, bahan, dan biaya lain yang akan diperlukan untuk memulai produksi.

 

Misalnya, bagian ini mungkin terlihat seperti ini:

 

  • Agar bengkel berfungsi, perlu melengkapi ruangan dengan ventilasi, bengkel, landasan dengan palu, wakil, meja untuk memotong logam, bilik semprotan untuk memproses produk jadi dengan cat tahan panas, anti karat dan pelapis lainnya. Semua ini sudah dilakukan oleh pengusaha sendiri.
  • Peralatan dan alat berikut akan meningkatkan efisiensi dan produktivitas peralatan dan alat berikut: penggiling untuk mengasah pisau, penggiling untuk memotong logam , penggiling untuk memproses produk palsu, mesin las, palu mekanis. Lalu jumlah total.
  • Dalam pembuatan produk, logam digunakan – profil, lembaran logam, fitting, kawat. Bahan baku dibeli dalam grosir kecil di gudang logam di daerah tetangga, pengiriman dilakukan oleh transportasi pemasok. Biaya batch bahan baku dan bahan termasuk pengiriman adalah bisa ditulis Dalam sebulan, dengan mempertimbangkan beban dan jumlah pekerjaan, bisa ada 2-4 pihak.
  • Penempaan membutuhkan batubara dan gas dalam silinder. Tungku gabungan memungkinkan Anda memproses logam dengan memanaskannya dengan batu bara atau gas. Konsumsi bulanan rata-rata dari jenis bahan bakar ini adalah masing-masing 1.500 rubel dan 2.000 rubel.
  • Ventilasi pasokan dan pembuangan, listrik. Ini digunakan untuk mempertahankan suhu yang diperlukan dalam tungku dan menghilangkan produk pembakaran dari ruangan. Konsumsi listrik dicatat pada meteran terpisah di bengkel dan mencapai 2.500 rubel sebulan.
  • Selama 9-10 bulan pertama, pandai besi akan bekerja sendiri, maka perlu mempekerjakan seorang pekerja sebagai asisten.
  • Bengkel terletak di wilayah toko pertukangan, sehingga tidak akan ada masalah dengan pembuatan produk campuran – dari kayu dengan elemen palsu.
  • Daftar produk: bangku, meja, kursi bar, dudukan bunga, set perapian (poker, sendok, dudukan untuk mereka), gantungan lantai dan dinding, kait untuk pakaian, kait dan engsel untuk gerbang dan gerbang, gagang pintu dan kabinet, lampu , tatakan gelas untuk dapur untuk hidangan panas atau untuk talenan, sabit, parang, pengikis, pisau.
  • Bengkel sudah beroperasi, tetapi belum beroperasi penuh. Dana hibah diperlukan untuk pembelian peralatan tambahan. Pengisian kembali aset lancar dan pembayaran pengeluaran saat ini akan dilakukan dengan biaya sendiri.

Rencana organisasi

Bentuk organisasi dan hukum. Apakah pengusaha perorangan atau LLC cocok untuk implementasi proyek yang dipilih, atau bentuk organisasi lainnya. Apa alasan pemilihannya. Sistem perpajakan apa yang dipilih, mengapa cocok.

 

Pembagian peran para pendiri. Jika ada banyak mitra, peran mereka dalam manajemen dan operasi perusahaan dijelaskan. Apa yang akan mereka lakukan, apa yang akan mereka pertanggungjawabkan.

 

Staf. Karyawan seperti apa yang akan dibutuhkan, siapa yang perlu dikerjakan dalam staf, siapa yang akan direkrut sementara, fungsi apa yang dapat dialihdayakan atau dilakukan secara mandiri.

 

Penyelesaian dengan rekanan. bagaimana direncanakan untuk menerima uang dari klien, apakah perlu membuka rekening giro di bank, membeli meja kas online, atau apakah ada opsi untuk melakukan penyelesaian dengan cara lain.

 

Jadwal proyek. Apa yang harus dilakukan dan kapan, masalah apa yang harus segera diselesaikan, apa. Disarankan untuk menghitung biaya setiap tahap untuk menunjukkan dengan jelas kapan dan sejauh mana pendanaan diperlukan.

 

  • Untuk bengkel, pandai besi wiraswasta harus menjadi pengusaha perorangan. Ini menyederhanakan akuntansi dan pelaporan. Pengusaha sendiri melakukan pembukuan menggunakan layanan online yang sesuai yang disediakan oleh bank.
  • Untuk penyelesaian dengan pelanggan dan pemasok, akun giro digunakan, mesin kasir juga akan dibeli, meskipun mungkin untuk menjual barang di pameran tanpa itu. Saat membeli mesin kasir, potongan khusus akan digunakan.
  • Setelah mempekerjakan seorang karyawan, perlu untuk mendaftar dengan dana ekstra-anggaran sebagai pemberi kerja; sebelum itu, cukup membayar premi asuransi secara teratur ke dana ekstra-anggaran.
  • Kegiatan sudah berlangsung. Setelah menerima hibah, peralatan akan dibeli, yang akan meningkatkan volume produksi.
  • Ketika dana anggaran dikeluarkan pada bulan Juli, dalam sebulan semua peralatan yang diperlukan akan dibeli dan dipasang sesuai dengan daftar, mulai Agustus produktivitas bengkel akan meningkat beberapa kali lipat. Perekrutan seorang karyawan direncanakan pada musim semi tahun depan – pada bulan Maret-April, sebelum itu pandai besi akan bekerja secara mandiri.

Rencana pemasaran

Bagian ini didedikasikan untuk saluran dan metode promosi, tindakan yang diperlukan untuk meningkatkan penjualan, dan biaya iklan.

 

Saluran promosi. Iklan di surat kabar, video di radio dan TV, iklan online, pembuatan situs web dan grup Anda sendiri di jejaring sosial, iklan di publik dan forum lokal, partisipasi dalam pameran dan pekan raya.

 

Target audiens. Siapa yang harus dibimbing saat mengatur penjualan. Siapa klien Anda – berdasarkan usia, jenis kelamin, pekerjaan, tingkat pendapatan. Dimana menemukannya dan bagaimana menghubunginya.

 

Biaya promosi. Berapa biaya untuk mencari dan menarik audiens target? Seberapa sering Anda harus meluncurkan iklan, opsi apa yang disarankan untuk dipilih.

 

Dalam contoh rencana bisnis kami, bagian ini akan terlihat seperti ini:

 

  • Pembeli produk adalah penduduk pedesaan dengan tingkat pendapatan rata-rata, penduduk musim panas dan wisatawan, penduduk kota dengan pendapatan menengah ke atas, serta pengusaha yang memiliki kafe, pusat rekreasi, dan tempat lain dimana wisatawan diterima. Untuk setiap kategori pelanggan – jenis barangnya sendiri: untuk penduduk desa – peralatan dan barang-barang rumah tangga, untuk penduduk perkotaan dan pengusaha – barang interior dan produk tempa seni.
  • Anda dapat memasuki pasar penjualan untuk penduduk distrik secara gratis – menggunakan iklan di grup lokal di jejaring sosial dan di papan pengumuman, menempatkan produk itu sendiri di toko pusat distrik (pengiriman untuk dijual).
  • Untuk menarik penduduk kota, situs kartu nama, profil Instagram, akan dibuat sendiri, mereka perlu dipromosikan dengan memposting contoh pekerjaan. Pesanan akan diterima di sana dan produk jadi akan dijual. Iklan berbayar akan dibeli beberapa kali sebulan di grup kota dan di forum.
  • Pengiriman produk akan dilakukan baik secara mandiri oleh pandai besi di wilayah tersebut, dan dengan ongkos kirim berdasarkan prabayar – biaya paket dan pengemasan dibayar oleh penerima.
  • Anda perlu mencetak kartu nama dan memikirkan gaya korporat konter untuk berpartisipasi dalam pameran kerajinan. Anda akan membutuhkan kain pendukung untuk pemotretan produk, tenda untuk tenda perdagangan bergaya abad pertengahan , karena wilayah ini sering menyelenggarakan acara khusus untuk turis dengan gaya klasik.
  • Penawaran komersial akan disiapkan untuk klien bisnis. Daftar harga terpisah dengan foto-foto produk jadi akan dibuat untuk pemilik pemandian dan sauna (perapian, gantungan, kait), pusat rekreasi (barang dekorasi – pagar palsu, lampu, furnitur taman), kafe luar ruangan (barbekyu dengan poker, gazebo palsu, bangku dan meja ), bar bergaya loteng (aksesori palsu asli dan barang interior). Produksi dan pencetakan penawaran iklan tersebut (lembar A4 dengan foto dan harga berkualitas tinggi).

Kinerja Keuangan

Penting untuk menghitung biaya produksi, volume penjualan yang direncanakan, biaya yang diperlukan, pendapatan dan laba yang diproyeksikan, profitabilitas proyek. Jika ada banyak dan produk yang berbeda, tidak perlu memasukkan semua perhitungan dalam rencana bisnis, mereka dapat diambil dalam aplikasi terpisah, dan semua indikator dapat dihitung berdasarkan harga biaya rata-rata.

 

Anda perlu menunjukkan kontribusi Anda sendiri pada proyek, kebutuhan akan dana pinjaman. Jika Anda perlu membayar kembali pinjaman – perkiraan jadwal pembayaran. Saat membayar kepada investor – perhitungan bagian keuntungannya.

Melihat Risiko

Faktor eksternal. Keadaan darurat dan bencana alam, dampak negatif otoritas lokal, pesaing baru, perubahan situasi ekonomi dan penurunan pendapatan penduduk.

 

Faktor internal. Penilaian pasar yang salah, keterlambatan pengiriman, masalah personel, kesalahan produksi, masalah dengan sewa tempat, kecelakaan industri.

 

Opsi minimalisasi risiko. Asuransi jiwa, kesehatan, properti, tanggung jawab pihak ketiga. Peluang untuk menurunkan harga, mengubah bermacam-macam, beralih ke produk lain, mengubah lingkaran pelanggan potensial, memperluas pasar penjualan dan menemukan pembeli baru di luar wilayah, wilayah, atau negara. Perjanjian dengan mitra dan kontraktor, hubungan pribadi yang baik dengan pihak berwenang, sejumlah besar pekerja berkualitas di pasar yang mencari pekerjaan, dll.

 

Sesuatu seperti ini akan terlihat seperti penjabaran dari beberapa risiko untuk bengkel:

 

  • Pada awalnya, pendapatan menempa akan sepenuhnya tergantung pada pengusaha itu sendiri. Masalah kesehatan atau cedera akan berdampak negatif pada beban kerja dan laba. Keadaan darurat dalam produksi dapat dicegah dengan memperhatikan tindakan pencegahan keselamatan. Kemudian direncanakan untuk mempekerjakan seorang karyawan yang akan meringankan beban kerja yang meningkat dari pandai besi itu sendiri.
  • Kebakaran, kecelakaan, kerusakan peralatan, bencana alam – kerusakan akibat kecelakaan ini akan ditanggung oleh asuransi properti, yang akan dikeluarkan untuk tempat yang disewa, peralatan dan peralatan di bengkel dengan nilai pasarnya. Bengkel telah melewati pemeriksaan kebakaran, dan ada perwakilan dari perusahaan energi, mereka memeriksa kabel listrik, kap mesin di bengkel, ventilasi, dan alarm kebakaran. Ada beberapa komentar, tetapi semua kekurangan segera dihilangkan. Ruangan itu sendiri dengan pintu masuk terpisah terletak di bangunan bata dan memenuhi persyaratan umum untuk keselamatan industri.
  • Jika Anda memiliki masalah dengan penyewaan, Anda dapat dengan cepat memindahkan bengkel ke tempat lain – ada cukup area produksi kosong yang sesuai di area tersebut, peralatan mudah dibongkar dan dapat dipasang di tempat lain dalam waktu 1-2 hari.
  • Dengan permintaan produk yang rendah dan omset perdagangan yang rendah, pasar penjualan akan diperluas, kesepakatan telah diperoleh untuk pasokan produk untuk dijual ke toko perangkat keras di distrik lain di wilayah ini, barang paling populer telah dipilih, dan kebijakan bermacam-macam telah direvisi. Pada saat yang sama, Anda tidak perlu mengganti peralatan atau membangun kembali pekerjaan – cukup membeli bahan baku dan bahan lain untuk produksi produk lain, misalnya, pagar palsu, kisi-kisi untuk jendela, gerbang dan gerbang, kelompok pintu masuk dan kanopi di atas beranda.
  • Jika pesaing lain muncul di pasar, maka pengusaha akan memilih ceruk yang paling menguntungkan dan akan menghasilkan produk yang tidak akan dimiliki oleh pelaku pasar baru, atau mengubah strategi penjualan dan memasok produk jadi ke pasar lain.

Ringkasan proyek

Bagian ini berisi hal-hal terpenting: esensi proyek, investasi yang diperlukan, hasil setelah peluncuran, prospek pengembangan, kemungkinan risiko, dan cara untuk menguranginya. Bagian selanjutnya dengan perincian hanya akan dibaca jika ringkasan rencana bisnis menarik bagi investor, pemberi pinjaman, atau pejabat. Oleh karena itu, ingat kembali apa tujuan proyek Anda dan tunjukkan indikator penting yang memenuhi tujuan ini. Ulangi apa yang akan Anda hasilkan, berapa banyak pendapatan yang Anda rencanakan untuk diterima, pengeluaran apa yang akan dibutuhkan, berapa banyak uang yang Anda investasikan sendiri, dan berapa banyak yang perlu Anda tarik.