Mau Untung Besar? Ini Ide Usaha Untuk Mahasiswa Tahun 2021

Ide usaha dan membuka usaha merupakan jawaban ketika ingin menambah penghasilan, apalagi bagi mahasiswa. Memulai buka usaha adalah ide yang sangat bagus untuk mengisi waktu luang di sela – sela waktu perkuliahan. Selain itu juga bisa menambah penghasilan dan menyiapkan mental kamu di kemudian hari untuk bersaing di dunia usaha. 

Walaupun membuka usaha bukan hal yang mudah, tapi bukan jadi batasan untuk anda tidak mempertimbangkannya. Apalagi jika anda berhasil mengembangkan usaha, akan ada kepuasaan dan kebanggan tersendiri pada diri kamu.

Biar anda makin termotivasi untuk merintis usaha, kami udah buat rekomendasi ide usaha dengan modal kecil beserta tips – tipsnya yang dapat anda jadikan referensi untuk berbisnis di tahun 2021 ini. 

Pokoknya jangan ragu lagi deh, biarpun modalnya kecil tapi keuntungan yang di dapatkan bisa berkali-kali lipat. Makanya jangan sampai anda lewatkan artikel ini, yuk simak sampai akhir ya.

Mau Untung Besar, Ini Ide Usaha Untuk Mahasiswa Tahun 2021
Mau Untung Besar, Ini Ide Usaha Untuk Mahasiswa Tahun 2021

Rekomendasi Ide Usaha 2021 Modal Kecil Untung Besar

  1. Usaha Angkringan

Pasti anda suka melihat tempat nongkrong yang di datangi banyak orang, salah satunya adalah angkringan. Memang angkringan adalah salah satu tempat nongkrong yang asyik, anda dapat memperhitungkan untuk mendirikan ide usaha ini. 

Angkringan amat khas dengan tempatnya yang sederhana dan punya harga yang ramah di kantong. Jika anda ingin mendirikan usaha angkringan, pastikan anda dapat menawarkan harga yang murah, supaya orang-orang tertarik untuk nongkrong lebih lama dan jajan lebih banyak.

 

  1. Usaha Kopi

Memang usaha kopi udah sangat merebak, apalagi di kota-kota besar. Jika anda ingin memulai dengan ide usaha kedai kopi, pastikan anda perlu hati-hati untuk menemukan wilayah yang strategis tapi masih sedikit persaingan. Atau terkecuali anda inginkan menjadikan usaha kopi sebagai usaha sampingan, anda dapat berjualan kopi susu kemasan literan secara online tanpa perlu mendirikan kedai kopi. 

Kamu dapat menyasar keluarga atau teman-teman anda sebagai pembeli, dikarenakan sebagian dari mereka tentu ada yang menyukainya.

 

  1. Usaha Sablon

Zaman saat ini usaha sablon kaos di-branding sangat menarik untuk menjangkau anak-anak muda, supaya mereka dapat berkreasi mendesain gambar yang sesuai dengan keinginan. Nah anda juga dapat sediakan kaos-kaos polos dengan beragam pilihan bahan dan ketebalan untuk disablon, supaya pelanggan anda dapat sekaligus meraih apa yang mereka butuhkan. 

 

  1. Usaha Laundry Kiloan

Sebagian orang sibuk dan tidak punya banyak waktu untuk mencuci busana sendiri, apalagi di kota-kota besar di daerah perkantoran yang sibuk. Nah anda dapat meringankan beban mereka dengan sediakan usaha laundry kiloan, dikarenakan mereka tentu akan perlu jasa laundry untuk membasuh busana mereka. 

Sayangnya usaha laundry perlu modal yang tidak sedikit, tapi keuntungan yang di dapatkan bisa amat besar loh. Ini bisa jadi ide usaha bagi Anda, jangan lupa untuk sisihkan uang jajan demi kumpulkan modal ya. 

 

  1. Usaha Laundry Sepatu

Sama seperti laundry pakaian, jasa laundry sepatu juga sangat diperlukan orang. Nggak diperlukan modal banyak kok untuk menjalankan usaha ini, dikarenakan anda dapat menggunakan alat-alat yang sederhana saja. 

Mungkin modal terbesar yang perlu anda keluarkan adalah untuk belanja sabun cuci yang bagus supaya sepatu tidak rusak. Yang perlu anda pelajari terutama dahulu beragam bahan-bahan sepatu dan bagaimana langkah mencucinya supaya tidak rusak.

 

  1. Usaha Wallpaper

Sekarang memasang wallpaper bukanlah hal sulit, apalagi seluruh orang udah dapat memasang wallpaper sendiri. Nggak heran angka penjualan wallpaper amat tinggi pada toko-toko di marketplace. 

Jika anda siap berkompetisi, anda dapat memperhitungkan untuk menjalankan ide usaha ini. Namun anda perlu mencari supplier yang punya harga termurah supaya anda dapat menawarkan harga yang kompetitif. 

Target pasar wallpaper amat luas, supaya anda dapat mengincar rekan atau keluarga anda yang baru saja membangun atau merenovasi rumah.

 

  1. Usaha Petshop

Selanjutnya adalah usaha pet shop yang bisa saja tidak terpikirkan oleh banyak orang, padahal nyaris setiap orang tentu punya hewan peliharaan. Supaya anda tidak perlu mengeluarkan modal besar, anda dapat berjualan secara online melalui marketplace. 

Sediakan keperluan hewan peliharaan yang paling lazim seperti makanan, vitamin, alas tidur, kandang, shampo, dan lain-lain. Jangan lupa untuk sediakan makanan yang berkualitas, dikarenakan pemilik hewan peliharaan tentu akan menentukan yang terbaik.

 

  1. Usaha Aquascape

Walaupun baru, usaha Aquascape mulai dikenal dan amat menguntungkan. Bisa dibilang Aquascape adalah seni merangkai tanaman di dalam akuarium memuat air, supaya orang mau membayar mahal untuk sebuah seni. 

Nah untuk menjalankan usaha ini, diperlukan skill dan taste yang bagus supaya bisa membuat Aquascape yang menarik dan disukai orang. Kamu perlu mempelajarinya dahulu supaya skill dan taste itu terbangun sendiri untuk dapat membuahkan karya yang keren.

 

  1. Ide Usaha Menjadi Jasa Titip

Usaha jastip tidak perlu menawarkan barang-barang dari luar negeri, anda pun juga dapat menawarkan barang-barang yang tersedia di mall. Misalnya seperti fashion, kosmetik, skin care, dan tas, sepatu, dan lain sebagainya. 

Apalagi jastip juga tidak perlu modal, dikarenakan anda baru membelikan barangnya sesudah pelanggan anda memesan dan membayar. Tugas anda hanyalah berkeliling mall untuk mencari barang-barang yang tengah diskon, sesudah itu tinggal anda menawarkan di media sosial atau marketplace.

 

  1. Usaha Vape

Pesatnya pertumbuhan pengguna vape di Indonesia mengakibatkan usaha vape dapat jadi ide usaha yang amat menjanjikan. Pasalnya banyak sekali anak-anak muda dan orang dewasa dari beragam kalangan yang menggunakan vape. 

Apalagi beragam komponen vape seperti liquid, cotton, dan coil jadi keperluan primer bagi para vapers, supaya komponen tadi tentu akan dicari secara rutin. Nah jangan sampai anda nggak menggunakan kesempatan ini, segera cari supplier vape terpercaya yang dapat membantu anda untuk berbisnis.

 

  1. Usaha Kosmetik

Bisa dibilang kosmetik adalah keperluan bagi sebagian banyak wanita, apalagi saat ini udah banyak brand kosmetik lokal maupun impor yang menawarkan harga terjangkau. Langsung aja deh anda cari tau model dan brand kosmetik apa yang paling kerap dicari, supaya anda dapat sediakan produk-produknya dan menarik banyak pelanggan. 

Pastikan anda berjualan kosmetik yang original dan bersertifikat, dikarenakan banyak sekali kosmetik palsu yang membahayakan bagi kulit. Jangan sampai ide usaha Anda justru membahayakan pelanggan ya, guys. 

 

Tips Mengembangkan Ide Usaha 

  1. Pilih Sesuai Passion Kamu

Terkadang passion dapat membawa untuk lebih bersemangat dalam lakukan sesuatu, begitupun untuk menjalankan ide usaha. Pikirkan apa passion yang ada di diri anda dan jadikan uang sebagai motivasi, dikarenakan anda akan meraih uang dari sesuatu yang anda sukai. 

Misalnya anda adalah seorang vapers, anda dapat menjalankan usaha vape. Kamu tinggal menjalankan usaha yang mana anda udah tahu dasarnya, sisanya anda tinggal pelajari bagaimana langkah berbisnis supaya dapat berkembang.

 

  1. Analisa Pasar Lebih Mendalam

Setiap barang atau jasa yang ditawarkan tentu punya segmentasi pasar masing-masing, untuk itu pastikan anda tahu segmentasi pasar dari usaha kamu. Lakukan analisa kurang lebih siapa saja yang jadi pelanggan kamu. 

Misalnya anda berjualan kosmetik, tentu pasar anda adalah wanita. Nah, anda udah mengetahuinya, anda dapat buat persiapan beragam trick yang tepat untuk menjangkau para wanita, terutama trick pemasaran yang ampuh.

 

  1. Promosi

Jangan remehkan promosi, dikarenakan anda perlu mengenalkan usaha anda kepada orang-orang dan membangun brand awareness. Bahkan anda perlu buat persiapan modal yang besar untuk promosi supaya usaha anda cepat diketahui oleh orang-orang. 

Promosi adalah investasi yang besar, dikarenakan anda akan mendatangkan pelanggan dan mengakibatkan usaha anda laku. Manfaatkan beragam platform untuk berpromosi secara online maupun offline, tentu menyesuaikan juga segmentasi pasar anda supaya tidak salah sasaran.

 

  1. Jangan Pernah Menyerah

Tips terakhir yang paling perlu dan perlu anda terapkan adalah jangan pernah menyerah. Bisnis memang sebuah pekerjaan yang menuntut anda selamanya kreatif dan memutar otak untuk mencari solusi, supaya diperlukan mental yang kuat untuk menjalankannya. 

Tidak ada yang instan untuk raih kesuksesan, diperlukan keringat dan kerja keras supaya usaha anda dapat bertahan dan berkembang. Maka itu berusahalah semaksimal bisa saja sampai tujuan anda tercapai, jangan sampai anda menyerah dan berhenti di tengah jalan.

 

10 Tips Untuk Jadi Pebisnis Sukses

Mengembangkan ide usaha perlu kesiapan mental dan fisik, selain itu juga modal. Nah, agar Anda siap dalam membangun usaha dan bisnis Anda, berikut ini adalah tips – tips yang diberikan dari para pebisnis sukses yang bahkan sudah dikenal di dunia. Agar Anda juga bisa sukses memulai ide usaha Anda, jangan lupa untuk terapkan 20 tips berikut ini ya.

 

  1. Konsisten dan Punya tekad tinggi

Pertama, yang membedakan orang sukses dengan yang belum sukses adalah gak mempunyai kedisiplinan dan tekad tinggi dalam meniti sesuatu termasuk dalam memulai ide usaha. Seringkali orang selanjutnya putus asa dan terpaksa meninggalkan apa yang telah dibuat di tengah jalan.

Padahal, bisa saja saja sebentar lagi yang ia lakukan selanjutnya adalah langkah jadi orang sukses yang tepat. Hanya saja gara-gara kurangnya konsisten dan gak mempunyai tekad yang tinggi jadi gagal.

 

  1. Mau konsisten belajar

Selain terus menerus dan mempunyai tekad yang tinggi, kamu juga mesti mempunyai konsisten belajar dari waktu ke waktu. Perkembangan zaman yang begitu cepat jadi landasan utama kenapa tips yang satu ini mesti diperhatikan.

Bahkan banyak orang sukses layaknya Elon Musk dan Bill Gates hobi untuk membaca gara-gara dirasa masih banyak pengetahuan yang mesti mereka pelajari lebih jauh dari sekedar kesuksesan materi.

 

  1. Belajar dari kesalahan

Selanjutnya adalah belajar dari kesalahan atau pengalaman. Beberapa anak muda mulai penat dan menentukan untuk berhenti di tengah jalan dalam mendirikan usaha, padahal itu adalah usaha pertamanya dalam berbisnis.

Untuk bisa pantas jadi orang sukses kamu mesti beberapa kali jatuh dan lumayan sekali untuk berhasil. Namun, jangan menyerah jika sudah terjatuh, itu adalah tempaan Anda untuk bisa maju, belajar dan mulai lagi. Maka dari itu, belajar dari kesalahan adalah pelajaran paling baik yang bisa kamu dapatkan.

 

  1. Mendengarkan wejangan orang lain

Karakter setiap orang sesungguhnya berbeda-beda, ada yang puas mendengarkan wejangan orang lain dan ada juga yang keras kepala dengan apa yang diinginkannya. Kalau kamu orangnya demokratis sih gak masalah, namun sebaliknya ada baiknya untuk memengaruhi sikap tersebut.

Sebab yang namanya wejangan itu tujuannya adalah melakukan perbaikan kekurangan yang sebelumnya terjadi. Entah berasal dari siapapun orangnya dan jabatannya, kamu mesti perhitungkan wejangan orang lain agar jadi lebih baik.

 

  1. Memiliki jiwa pemimpin yang baik

Cara jadi orang sukses yang kelima adalah mempunyai jiwa pemimpin yang baik. Hampir seluruh miliarder di dunia ini sukses menciptakan perusahaan gara-gara mempunyai sifat leadershipnya yang terasah selama duduk di bangku sekolah maupun bekerja.

Jika dirasa kamu belum mempunyai poin yang satu ini, coba mulai dari sekarang dengan memimpin sebuah tim kegunaan mengerjakan proyek kecil lebih-lebih dahulu.

 

  1. Mulai dulu

Poin keenam adalah mulai aja dulu, apa maksudnya? Ada segelintir orang mempunyai konsep besar untuk membangun usaha atau perusahaan besar, hanya ia takut memulainya gara-gara bermacam faktor.

Untuk bisa menjadi orang yang sukses dengan ide usaha yang dimilikinya, kamu hanya perlu satu jawaban: mulai aja dulu!

Sedangkan di lain kesempatan ada juga orang nekat yang melakukan usaha bermodalkan rasa kepercayaan diri dan persiapan yang minim. Siapa yang bakal lebih dekat dengan kesuksesan? Tentu aja yang memulainya lebih-lebih dahulu meski persiapannya minim.

Jadi jangan terlalu banyak berpikir untuk mulai sesuatu, gara-gara nyaris melakukan jadi gak sama sekali.

 

  1. Mempunyai relasi luas dan baik

Poin ketujuh untuk langkah jadi orang sukses yang gak kalah penting adalah mempunyai relasi yang luas dan baik dengan orang lain. Ini bakal memudahkan kamu dalam melakukan banyak hal, mulai dari pekerjaan sampai membangun sebuah ide usaha.

Selain kedua hal tersebut, mempunyai banyak relasi juga bagus untuk mengembangkan pengetahuan kamu dan berbagi pengalaman berkenaan suatu hal. Relasi menjadi sangat penting di era sekarang ini apalagi dalam mengembangkan ide usaha. Relasi dapat menjadi keuntungan tersendiri demi keberlangsungan usaha kamu juga dapat membuat usaha kamu di kunjungi banyak pelanggan.

 

  1. Rutin melakukan evaluasi

Cara jadi orang sukses selanjutnya adalah rutin melakukan evaluasi tim pada ide usaha yang sedang kamu jalani. Ketika kamu menyelesaikan sebuah proyek besar, tentu saja ada lebih dari satu hal kecil yang jadi kekurangan saat dilakukan dalam ide usaha kamu. 

Evaluasi berguna untuk menghindar kesalahan atau kegagalan yang sudah berlalu berlangsung kembali dan meningkatkan kinerja yang telah baik agar hasilnya lebih maksimal lagi. Untuk itu jangan sungkan untuk melakukan evaluasi ya. 

 

  1. Disiplin dan bertanggung jawab

Cara jadi orang sukses salah satunya adalah disiplin dan bertanggung jawab. Belajar disiplin untuk hal-hal yang ingin kamu capai salah satunya dalam mengembangkan ide usaha. 

Mulai punya kebiasaan mengerjakan sesuatu dengan lebih terorganisir, contohnya datang kerja tepat waktu, tidak terlambat, dan bertanggung jawab terhadap deadline.

 

  1. Berdoa dan bersyukur

Berdoa dan bersyukur jadi kunci langkah jadi orang sukses yang terakhir. Kedua hal ini bakal mendekatkan diri kamu kepada kesuksesan secara rohani. Percuma kan kamu mempunyai banyak duit namun kurang mensyukurinya.

Bisa-bisa duit itu habis entah kemana untuk hal-hal yang gak penting.  

 

Itulah ide usaha yang bisa jadi rekomendasi kamu beserta hal yang perlu kamu perhatikan sebelum dan saat menjalankan usaha yang kamu inginkan. Jangan lupakan juga kebiasaan para orang dan pengusaha sukses agar menjadi motivasi kamu ya.