Kesalahan Umum Menyusun Rencana Bisnis yang Kadang Lupa

Saya tahu banyak tentang perencanaan bisnis. Dia merencanakan dan memulai 3 bisnis keluarga. Membuat 4 rencana bisnis untuk menerima hibah dan satu subsidi dari Employment Center. Membantu beberapa teman untuk merumuskan ide mereka, mengedit puluhan dokumen untuk klien, mempelajari ratusan materi dari pelamar bisnis yang mengajukan pinjaman.

 

Selama dua tahun saya bekerja di lembaga pemberi pinjaman yang membiayai bisnis. Pemula dan pengusaha berpengalaman mengajukan permohonan dana, dan kami menilai prospek dan pengembalian ide, membuat rencana bisnis atau menyesuaikan perhitungan klien yang ada. Informasi tentang pemohon disajikan pada pertemuan komite kredit, di mana mereka secara kolektif membuat keputusan untuk mengeluarkan jumlah yang diminta atau menolak.

 

Untuk meyakinkan semua petugas pinjaman untuk memilih pembiayaan “untuk”, perlu untuk menganalisis semua kemungkinan risiko proyek dan menemukan solusi untuk situasi apapun, melindungi uang pemberi pinjaman dari semua sisi, dan memperkirakan opsi untuk penarikan jika semuanya berjalan sesuai rencana..

Kesalahan Umum Menyusun Rencana Bisnis yang Kadang Lupa
Kesalahan Umum Menyusun Rencana Bisnis yang Kadang Lupa

Menjadi komisi yang ketat untuk proyek Anda sendiri dan melalui semua titik lemah bisnis untuk menemukan rencana B dan C untuk setiap perkembangan situasi. Lakukan sesi diskusi dan brainstorming dengan teman-teman. Lebih baik menemukan kemungkinan masalah dan memikirkan solusi mereka di atas kertas bahkan sebelum memulai sebuah perusahaan daripada mengambil risiko dan mengeluarkan biaya tambahan nanti.

 

Situasi sehari-hari yang cukup dapat berubah menjadi bencana bagi bisnis mikro dan masalah bagi perusahaan besar. Pertimbangkan ini saat merencanakan, agar nanti tiba-tiba Anda tidak masuk ke wilayah negatif.

 

Pengalaman saya akan membantu Anda menyusun rencana bisnis dan mendapatkan pembiayaan untuk itu. Ini dapat digunakan ketika menghubungi investor swasta, meminta pinjaman bank, atau menerima hibah untuk pengusaha pemula dari pemerintah setempat.

 

Sebelum membahas kesalahan dalam pembuatan rencana bisnis, sebaiknya pahami dulu apa itu rencana bisnis.

Apa itu Rencana Bisnis?

Rencana bisnis adalah dokumen yang secara komprehensif menggambarkan suatu ide, proyek, pekerjaan dan hasil pekerjaan tersebut. Ini memperhitungkan segala sesuatu mulai dari jadwal peluncuran dan perekrutan hingga skenario pengembangan dan periode pengembalian yang berbeda. Versi lengkap dokumen mencantumkan kemungkinan risiko dan opsi untuk meminimalkannya.

Apa Perbedaan Dengan Studi Kelayakan?

Studi kelayakan adalah studi kelayakan untuk peluncuran suatu proyek. Perhitungan didalamnya hanya terkait dengan investasi yang diperlukan, biaya yang akan datang, pendapatan yang diharapkan, periode pengembalian modal. Ini menghitung manfaat finansial dari kegiatan yang direncanakan. Studi kelayakan dapat dibuat ketika masalah terpisah sedang diselesaikan, misalnya, tentang transfer akuntansi ke outsourcing .

 

Rencana bisnis, dibandingkan dengan studi kelayakan, mencakup masalah yang lebih luas, termasuk promosi dan pemasaran proyek, pengaturan organisasi, dan penilaian risiko. Komponen sosial dari sebuah startup juga dipertimbangkan di sini. Rencana bisnis adalah dokumen yang lebih kompleks, diperlukan saat membuka restoran atau toko.

Mengapa Anda membutuhkan rencana bisnis?

Rencana bisnis menunjukkan keseriusan niat pengusaha dan kedalaman perendamannya dalam topik. Dia membutuhkan ini sendiri untuk memahami apa yang menunggu dalam proses, bagaimana menghindari masalah dan menghasilkan keuntungan .

 

Tetapi dokumen ini paling penting saat mengumpulkan dana. Tanpa rencana bisnis, seorang investor, petugas pinjaman atau pegawai administrasi tidak akan membahas kemungkinan mengeluarkan pinjaman atau dana anggaran.

 

Mari kita kembali ke bengkel kita. Saya dan suami saya memerlukan rencana bisnis untuk penggunaan internal – untuk memahami biaya awal apa yang akan dibutuhkan, berapa banyak dan apa yang harus dibeli, apa dan bagaimana mengatur pekerjaan hukum, pendapatan apa yang mungkin, apa yang harus diproduksi dan cara menjual.

 

Tetapi tujuan lain dari menyusun BP adalah untuk mengajukan hibah. Di tingkat kabupaten, dana anggaran dialokasikan untuk mendukung wirausahawan pemula. Dimungkinkan untuk menerima hingga 300.000 rubel gratis setelah lulus seleksi kompetitif, di mana komisi mengevaluasi rencana bisnis dan indikatornya. Untuk melewati pesaing dan mendapatkan uang, Anda harus menyusun dokumen ini dengan benar dan mempresentasikan proyek Anda dengan benar.

Apa Jenis Rencana Bisnis yang Ada

Internal – untuk membuat keputusan manajemen. Seorang pengusaha membutuhkan dokumen seperti itu untuk dirinya sendiri, untuk mitra, untuk karyawan.

 

Eksternal – untuk menarik dana dan dukungan negara, cari investor. Itu disusun untuk berkomunikasi dengan bank, mengajukan permohonan ke pemerintah kabupaten / kota untuk hibah atau subsidi, bernegosiasi dengan mitra potensial.

 

Tugas yang diselesaikan oleh rencana bisnis yang berbeda berbeda. Anda tidak dapat membuat satu dokumen dan menggunakannya untuk pinjaman, dan untuk dukungan anggaran, dan untuk mencari investor swasta.

1. Uang dari anggaran

Tugas rencana bisnis saat menarik dana anggaran:

 

  • Tunjukkan visi Anda tentang proyek, yakinkan pejabat yang mendistribusikan dana bahwa Anda memahami area yang dipilih dan memahami dari mana harus memulai. Mereka tidak peduli bagaimana dan apa yang akan Anda lakukan selama bekerja, yang utama adalah bisnis Anda akan tetap bertahan setidaknya selama 3-5 tahun. Ini adalah berapa lama mereka melacak nasib penerima dukungan.
  • Pilih arah prioritas pembangunan: lakukan dan jual apa yang dibutuhkan pasar, terlibat dalam pelayanan yang kurang di wilayah tersebut, memenuhi permintaan dari berbagai kategori populasi. Ini penting, sekali lagi, untuk meningkatkan statistik di kawasan, sehingga pihak berwenang dapat melaporkan bahwa pasar konsumen berkembang.
  • Konfirmasi signifikansi sosial proyek: penciptaan lapangan kerja dan lapangan kerja bagi pengangguran, pemuda, penyandang cacat, orang tua dengan banyak anak – semakin banyak pekerja yang dibutuhkan bisnis, semakin baik. Banyaknya pekerjaan baru merupakan salah satu kriteria penilaian suatu proyek.
  • Hitung efisiensi anggaran bisnis – volume pendapatan pajak dan bukan pajak, termasuk premi asuransi untuk karyawan dan pajak penghasilan pribadi , semakin banyak Anda berencana untuk membayar kepada negara, semakin tinggi kemungkinan hibah. Idealnya, hasil ini harus menutup biaya pemberian hibah kepada Anda dalam beberapa tahun, dan kemudian menutupinya.

 

Pertimbangkan semua poin ini saat menyusun rencana bisnis untuk menempatkan aksen dengan benar.

 

Semua indikator rencana bisnis dan perkiraan akan diperiksa setelah pengeluaran dana anggaran – sekali seperempat, enam bulan atau setahun, komisi akan pergi ke situs dan meminta dokumentasi dan pelaporan keuangan dari Anda, periksa indikator dengan yang direncanakan yang.

 

Jika Anda tidak mempekerjakan karyawan atau mulai mengirim ke toko lokal seperti yang dijanjikan, Anda mungkin terpaksa mengembalikan uang Anda karena Anda gagal memenuhi kontrak. Karena itu, di atas kertas, jangan melebih-lebihkan angka dan jangan membumbui apapun, lakukan pendekatan perencanaan dengan lebih realistis.

2. Pinjaman bank

Jika Anda memutuskan untuk mengajukan uang ke bank, maka rencana bisnis untuk pinjaman akan melakukan tugas-tugas lain:

 

  • Buktikan pemahaman proyek oleh pengusaha itu sendiri, berikan jadwal yang akan membantu menyusun jadwal pembayaran utang.
  • Hitung jumlah pendapatan dan pengeluaran, dengan mempertimbangkan pembayaran wajib untuk membayar kembali pinjaman.
  • Buat daftar risiko gagal bayar pinjaman dan sarankan cara yang mungkin untuk meminimalkannya – jaminan, asuransi, gadai properti.

 

Pemberi pinjaman membutuhkan klien untuk mencapai pendapatan yang direncanakan dan dapat memenuhi kewajiban mereka tanpa penundaan dan gangguan, bahkan dalam keadaan darurat. Dalam rencana bisnis bank, perlu untuk fokus pada hal ini. Jumlah pekerjaan yang diciptakan atau jumlah pajak yang dibayarkan tidak mengganggunya, yang lebih penting adalah stabilitas keuangan peminjam.

3. Dana investor

Bagi investor, komponen keuangan proyek juga penting, ia membutuhkan informasi tentang profitabilitas dan periode pengembalian investasi. Ketika menginvestasikan uangnya, dia harus memahami seberapa cepat dia akan mendapatkan beberapa hasil – pengembalian uang, bagian dari keuntungan.

 

Rencana bisnis harus segera menyediakan opsi untuk mendistribusikan keuntungan di antara investor, memberi mereka bagian dalam perusahaan, dan tingkat keterlibatan dalam pekerjaan.

4. Sumber daya internal

Sebuah rencana bisnis “untuk diri sendiri” dapat melakukan tugas apa pun dan berisi berbagai macam informasi tentang masa depan atau perusahaan saat ini. Dengan bantuannya, Anda dapat menyiapkan laporan untuk manajemen dan pemegang saham dengan perhitungan dan argumen yang mendukung perluasan produksi, pembukaan outlet baru, memasuki pasar wilayah lain, mengembangkan lini produk.

 

Dalam dokumen seperti itu, Anda dapat mempelajari detailnya, melukis semua nuansa dan memperhitungkan tidak hanya masalah keuangan, tetapi juga pekerjaan organisasi, kebijakan pemasaran, masalah produksi.

 

Tidak ada rencana bisnis universal, Anda selalu perlu memahami mengapa dan untuk siapa itu dimaksudkan dan, dengan mengingat hal ini, buatlah.

 

  • Untuk menerima hibah, rencana bisnis bengkel harus memberi tahu lebih banyak tentang apa yang akan diberikannya kepada kabupaten, bagaimana anggaran akan mendapat manfaat dari pembukaannya.
  • Jadi, pastikan untuk menunjukkan bahwa bengkel terdekat terletak di area lain di wilayah tersebut, 200 km jauhnya, sehingga pembukaan perusahaan baru akan memberi penduduk setempat produk yang terjangkau. Dan itu akan cocok untuk kebutuhan rumah tangga dan memenuhi kebutuhan semua kategori populasi – peralatan perangkat keras, barang-barang interior, furniture.
  • Perlu ditegaskan bahwa pada tahun pertama akan dipekerjakan pengusaha pandai besi, dan pada tahun kedua direncanakan mempekerjakan pegawai lain sebagai asisten. Ini akan menciptakan 2 pekerjaan.
  • Penting juga untuk menghitung secara rinci berapa banyak premi asuransi yang akan dibayarkan oleh wirausahawan wiraswasta untuk dirinya sendiri, dan berapa banyak untuk seorang karyawan tahun depan.
  • Gaji seorang karyawan tentu harus melebihi gaji rata-rata di industri terkait di wilayah tersebut. Jadi, di wilayahnya, statistik mengatakan bahwa pekerja di sektor produksi menerima rata-rata UMR. Pembayaran kepada karyawan dalam perhitungan harus ditunjukkan setidaknya jumlah ini.
  • Ini perlu disebutkan dalam deskripsi singkat proyek – bagian dari rencana bisnis yang akan dibaca dan dipelajari oleh semua anggota komite kompetisi.
  • Jika kami pergi ke bank untuk mendapatkan pinjaman, kami akan fokus pada detail lainnya – pengembalian, pendapatan stabil, profitabilitas, yang memungkinkan kami untuk membayar kembali jumlah yang diminta dengan bunga.

Kesalahan Saat Membuat Rencana Bisnis

  • Sangat optimis. Kurangnya pengetahuan pasar. Kurangnya penilaian risiko yang memadai.
  • Menyalin perhitungan orang lain Menggunakan data tanpa mengacu pada kenyataan dan spesifik bisnis.
  • Tanpa memperhatikan tujuan dan penerimanya. Kurangnya indikator penting. Banyak informasi yang tidak perlu dan “air”.
  • Desain yang buruk, penyajian informasi yang buta huruf, kecerobohan dalam perhitungan. Presentasi yang membingungkan dan kurangnya struktur yang jelas.

Cara Mendapatkan Uang Untuk Rencana Bisnis

Studi persyaratan desain

Saat menghubungi bank atau pemerintah kota untuk mengumpulkan dana, tanyakan aturan aplikasinya. Seringkali ini adalah daftar dokumen yang diperlukan yang sederhana dan mudah dipahami, serta daftar persyaratan untuk konten dan desain rencana bisnis. Kadang-kadang bahkan template untuk dokumen ini diberikan dengan bagian dan subbagian yang sudah ditunjukkan. di mana Anda hanya perlu memasukkan informasi Anda. Ada juga keinginan untuk volumenya, daftar pertanyaan untuk menganalisis proyek, daftar indikator penting yang harus Anda hitung.

Perlindungan rencana bisnis

Dalam beberapa kasus, perlu tidak hanya untuk menyusun dokumen ini, tetapi juga untuk melindunginya sebelum komisi. Karyawan bank akan membuat keputusan tentang pemberian pinjaman. Pejabat akan menilai tingkat pengetahuan Anda untuk menilai partisipasi dalam seleksi kompetitif untuk hibah, subsidi . Investor akan berkenalan dengan rencana Anda dan memutuskan apakah dia perlu berpartisipasi dalam hal ini.

 

Dengan perlindungan seperti itu, cukup dengan menceritakan kembali bagian “Ringkasan Proyek” dan berbicara dengan lantang tentang indikator bisnis utama, menjawab pertanyaan anggota komisi untuk meyakinkan mereka tentang kesiapan dan kemampuan Anda untuk menggunakan dana yang terkumpul sesuai dengan rencana.

Petunjuk Langkah Demi Langkah Untuk Membuat Rencana Bisnis

  • Tentukan tujuannya – menarik sumber daya, meramalkan perkembangan perusahaan, menemukan mitra.
  • Pilih penerima – lembaga kredit, badan pendukung bisnis negara, investor swasta, pemegang saham, dan karyawan perusahaan.
  • Kenali pesaing dan nilai pasar penjualan.
  • Buat daftar barang, pekerjaan, jasa.
  • Tentukan aset yang diperlukan untuk menghasilkan produk atau menyediakan layanan. Cari tahu harga dan buat perkiraan untuk peralatan, peralatan, aset tetap, dan bahan habis pakai.
  • Buat daftar spesialis dan kontraktor yang dibutuhkan. Hitung biaya upah dan pembayaran untuk layanan pihak ketiga.
  • Pikirkan opsi untuk mempromosikan produk, klarifikasi biaya iklan, logistik, penjualan.
  • Hitung biaya produk dan layanan, dengan mempertimbangkan semua biaya bahan baku, bahan, sumber daya tenaga kerja, penjualan. Menyusun daftar harga.
  • Hitung jumlah yang dibutuhkan untuk memulai bisnis – biaya awal peralatan, aset lainnya. Memiliki, meminjam dan meminjam dana.
  • Buatlah jadwal peluncuran dan cari tahu kapan dan berapa banyak uang yang Anda perlukan, kapan Anda bisa mendapatkan keuntungan pertama Anda.
  • Hitung volume produksi yang optimal untuk menggunakan sumber daya secara efisien. Cari tahu nilai profitabilitas, periode pengembalian.
  • Memberikan solusi yang mungkin untuk situasi masalah dan meminimalkan risiko.
  • Buat ringkasan rencana bisnis, dengan mempertimbangkan informasi di semua bagian.

Pertanyaan Seputar Perencanaan Bisnis

Bagaimana cara menyusun rencana bisnis jika Anda masih tidak mengerti apa-apa tentang bisnis baru?

 

Ambil rencana bisnis yang sudah jadi untuk perusahaan serupa sebagai dasar dan temukan detail Anda untuk setiap poin. Lebih mudah untuk bertindak seperti ini daripada membentuk dokumen ini dari awal.

 

Anda dapat menemukan rencana bisnis yang sudah jadi baik untuk perusahaan dari kota dan bidang kegiatan Anda, serta dari daerah tetangga atau industri serupa. Penjual waralaba mengirimkan informasi yang berguna kepada calon mitra. Anda tidak perlu membeli waralaba untuk melihat perhitungan ROI dan daftar biaya awal. Portal dukungan bisnis memiliki rencana bisnis yang khas dan contoh untuk bisnis yang berbeda.

 

Mengapa pergi ke perusahaan konsultan untuk mengembangkan rencana bisnis ketika saya bisa melakukannya sendiri?

 

Mempelajari spesifikasi pasar lokal, bertemu pesaing, menemukan pemasok, menganalisis harga, dan menghitung harga pokok dapat memakan waktu – hingga beberapa minggu. Agensi khusus seringkali sudah memiliki data awal seperti itu, mereka hanya perlu mempertimbangkan kekhususan perusahaan Anda untuk menyesuaikan rencana dan perhitungan. Layanan mereka akan membantu Anda menghemat waktu dan menyiapkan dokumen Anda hanya dalam beberapa hari.

 

Berapa biaya untuk memesan rencana bisnis?

Harga rencana bisnis biasa, di mana nomor Anda dan informasi standar minimum tentang pasar, tanpa menganalisis pesaing dan nuansa lokal lainnya, sekitar 500 ribuan namun itu juga tergantung. Biaya rencana bisnis individu untuk toko kecil, kafe, penata rambut, pertanian, dengan mempertimbangkan kekhasan regional, itu juga berbeda. Untuk perusahaan besar dengan proses bisnis yang kompleks, itu bisa lebih mahal karena lebih rumit.

Penutup

Rencana bisnis berbeda – untuk Anda sendiri dan untuk penerima pihak ketiga. Dengan bantuannya, perlu untuk menggambarkan proyek selengkap mungkin dan menilai semua resikonya.

 

Anda dapat membuat rencana bisnis sendiri dari awal, menggunakan template dan contoh umum, atau memesan studi individu dari dokumen ini oleh spesialis.

 

Untuk menarik pembiayaan – pinjaman dari bank, investasi investor, hibah atau subsidi dari anggaran – perlu untuk menyoroti poin-poin kunci dalam dokumen dengan benar, menunjukkan indikator penting, karena mereka berbeda untuk tujuan yang berbeda.

 

Dokumen semacam itu harus berisi informasi tentang pengusaha itu sendiri, tujuan proyeknya, investasi dan sumber daya yang diperlukan – peralatan dan personel, pasar penjualan dan promosi produk, jadwal peluncuran, indikator keuangan – laba, periode pengembalian modal, profitabilitas, sebagai serta risiko dan cara untuk meminimalkannya.