Usaha Yang Cocok Untuk Bisnis Mahasiswa, Untungnya Besar Loh!

Bisnis mahasiswa bisa menjadi solusi bagi kamu mahasiswa yang ingin menambah penghasilan ataupun uang jajan, jadi tidak hanya mengandalkan kiriman orang tua saja. Kamu mau mulai usaha tapi masih bingung mau bisnis mahasiswa apa yang cocok ya. Jangan khawatir!

Berikut ini akan kami berikan deretan yang pas untuk kamu jadikan rujukan bisnis mahasiswa. Namun, sebelum itu perhatikan terlebih dahulu hal hal hal apa saja yang perlu kamu persiapkan sebelum memulai bisnis mahasiswa. 

Usaha Yang Cocok Untuk Bisnis Mahasiswa, Untungnya Besar Loh!
Usaha Yang Cocok Untuk Bisnis Mahasiswa, Untungnya Besar Loh!

Lakukan Ini Sebelum Bisnis Untuk Mahasiswa Pemula 

  1. Pilih Usaha Sesuai Passion Kamu

Jika kamu bingung untuk memilih usaha yang ingin dijalankan, maka kamu bisa memilih passion yang kamu miliki. Jika kamu menyukai seperti kosmetik, maka kamu menjalankan usaha kosmetik. Atau kalau kamu menyukai kopi dan mahir membuat kopi, kamu dapat membuka usaha kedai kopi dengan racikan khas kamu. 

Melakukan suatu hal sesuai passion dapat membuat kamu lebih percaya diri loh, karena kamu melakukannya dengan hati yang senang dan tanpa paksaan.

 

  1. Ketahui Usaha yang Ingin dijalani

Selain memilih usaha sesuai passion, kamu juga perlu menyadari usaha yang ingin dijalani. Cari tau apakah usaha yang kamu pilih sesuai passion kamu dan dapat bertahan lama juga akankah menjanjikan ke depannya?

Jangan sampai usaha yang udah kamu pilih tidak punyai masa depan yang cerah dan tidak dapat bersaing di pasar. Makanya kamu perlu menganalisis secara teliti pada setiap usaha atau bidang – bidang bisnis yang ingin kamu jalani. 

 

  1. Buat Bisnis Plan dan Visi Misi Bisnis Kamu

Salah satu keuntungan punyai usaha sendiri seperti bisnis mahasiswa yakni kamu dapat memilih visi dan misi sesuai keinginan kamu. Tidak ada batasan dan peraturan atau intervensi dari orang lain, karena kamu sendiri lah yang dapat mengelola dan mengurusnya. 

Nah karena kamu bebas membuat visi dan misi sendiri, pastikan visi dan misi kamu yang mampu mendorong perusahaan ke arah yang positif. Jangan sampai visi dan misi kamu tambah pengaruh buruk bagi jalannya bisnis mahasiswa kamu. 

 

  1. Hitung Modal yang Dibutuhkan

Modal adalah salah satu aspek penting untuk membangun usaha, untuk itu kamu jangan sampai salah dalam mengkalkulasi modal yang dibutuhkan. Buatlah perhitungan secara teliti mulai dari semua keperluan kamu, mulai dari ongkos awal, ongkos operasional, dan ongkos promosi. 

Hitung sampai pengeluaran sekecil apapun, karena pengeluaran kecil dalam jumlah banyak bisa saja menjadi pengeluaran besar. Jangan lupa juga siapkan dana tak terduga untuk berjaga-jaga apabila dibutuhkan.

 

  1. Cari Uniknya Produk yang Akan Kamu Jual

Jika kamu menjual produk-produk yang sedang tren dan udah banyak dijual oleh pebisnis lainnya, pastikan kamu memiliki keunikan yang membuat pelanggan lebih tertarik pada produk kamu. 

Misalnya kalau kamu berjualan produk hijab, kamu dapat menjual hijab yang adem dipakai. Pastikan juga kami menjual produk yang tidak punyai kesamaan dengan penjual lain, supaya dapat memudahkan kamu untuk berkompetisi. Itulah yang diperlukan untuk memulai bisnis mahasiswa. 

 

  1. Tentukan Mau Online atau Offline

Kamu bisa memanfaatkan marketplace jika kamu tidak ingin repot dan hanya ingin berjualan secara online, karena marketplace memberikan sistem transaksi yang memudahkan kamu dengan pelanggan. 

Kalau kamu ingin berjualan secara offline, kamu perlu mempertimbangkan banyak hal untuk mencari lokasi yang strategis supaya mudah dijangkau oleh pelanggan. Namun lokasi yang strategis tentu mempunyai harga sewa atau beli yang lebih tinggi.

Itu semua balik lagi pada keputusan kamu untuk memulai bisnis mahasiswa yang kamu inginkan. Sesuaikan juga dengan budget yang kamu miliki. 

 

  1. Ikuti Trend

Tidak ada salahnya untuk ikuti tren yang sedang trendi, gara-gara naiknya sebuah tren tentu membuat minat yang tinggi. Misalnya jika product fashion ala Korea Selatan tengah tren, kamu dapat berjualan produk-produknya. 

Atau jika product frozen food sedang diminati, kenapa tidak kamu manfaatkan tren juga? Malah kamu perlu aware pada tren yang terjadi, supaya kamu cepat berinovasi untuk ikuti tren tersebut.

 

  1. Belajar dari Orang yang Sukses 

Jangan ragu untuk belajar dan mengikuti arahan dari orang-orang yang telaj sukses dalam menjalankan usaha terlebih dahulu, gara-gara mereka adalah orang-orang yang udah hadapi beraneka macam rintangan dan masih bertahan hingga hari ini. 

Jalin pertemanan dengan para pengusaha sukses supaya kamu mendapat banyak arahan dan wawasan tambahan, supaya kamu dapat mengaplikasikannya ke dalam usaha kamu dengan gaya kamu sendiri. 

Namun ingat, cara yang dilakukan orang lain belum tentu berdampak baik untuk kamu.

 

  1. Jangan Pernah Menyerah

Mental kamu harus diuji ketika menjalankan bisnis mahasiswa, untuk itu kamu perlu mempersiapkan mental kamu terlebih dahulu. Dalam menjalankan usaha, dapat ada banyak pertimbangan untuk pengambilan keputusan. 

Keputusan yang kamu ambil dapat saja berdampak baik atau buruk bagi usaha kamu, supaya kamu perlu siap bersama suasana yang dapat saja terjadi. Nah jika suasana buruk terjadi, kamu perlu memutar otak untuk mempersiapkan rencana lain. Untuk itu latihlah mental dan harus cepat mengalisa agar tidak salah mengambil keputusan di kemudian hari untuk bisnis mahasiswa kamu. 

 

  1. Inovasi 

Berinovasi adalah salah satu cara untuk membuat bisnis mahasiswa kamu bisa selamanya bersaing dengan kompetitor. Seiring berjalannya waktu tentu ada tren baru, apabila product baru, cara pengiriman baru, cara pembayaran baru, cara promosi baru, dan sebagainya. 

Nah kamu perlu siap untuk hadapi tren bersama jalankan inovasi-inovasi terbaru. Apalagi jikalau inovasi berikut dapat membuat nyaman pelanggan dan dapat tingkatkan keuntungan.

 

  1. Kelola Keuangan Usaha dengan Baik

Jangan bermain-main dengan urusan keuangan, kamu perlu mengelola keuangan perusahaan dengan benar. Kesalahan perhitungan keuangan dapat berdampak buruk bagi usaha kamu yang dapat membuat kerugian apalagi bangkrut. 

Hitung tiap tiap pemasukan dan pengeluaran dari usaha kamu dengan manfaatkan software pembukuan di handphone atau laptop yang kini mudah kamu akses dengan internet. Selalu jalankan juga pemeriksaan ulang pada nominal-nominal yang dituliskan pada sistem pembukuan.

 

  1. Buat Strategi Promosi

Diperlukan sebuah trik untuk jalankan promosi, karena kamu perlu jalankan promosi yang efisien untuk menjangkau pasar yang tepat. Bahkan kamu perlu mempersiapkan dana besar untuk jalankan promosi supaya memberikan pengaruh yang besar dan dapat menarik pembeli. 

Kamu dapat manfaatkan platform offline atau online untuk berpromosi, tergantung dari tujuan pasar yang kamu incar. Tentu diperlukan anggapan pasar yang baik untuk menyadari siapa saja tujuan dan segmentasi pasar dari usaha kamu.

 

  1. Cari Pegawai yang Bisa Dipercaya

Untuk awal membuka usaha, kamu dapat menjalankannya sendiri untuk menghemat pengeluaran. Namun kamu perlu merasa mencari pegawai apabila usaha kamu udah merasa berkembang untuk menunjang menjalankan bisnis mahasiswa kamu. 

Carilah pegawai yang mempunyai pengalaman dan dapat dipercaya, tentu ada ongkos yang perlu dibayarkan untuk menggaji pegawai. Nah untuk itu kamu perlu memastikan usaha kamu dapat terus berkembang jika telah memakai pegawai, supaya kamu tidak sia – sia setelah memiliki pegawai.

Itulah sederet hal yang harus kamu persiapkan terlebih dahulu sebelum memulai bisnis mahasiswa. Selain modal yang harus kamu kantongi juga ada hal – hal lain yang perlu kamu perhatikan seperti kekonsistenan kamu, disiplin, memilih jenis bisnis mahasiswa yang cocok untuk kamu, serta visi mis dari bisnis yang akan kamu jalani. 

 

Rekomendasi Bisnis Mahasiswa yang Lagi Trend di Tahun 2021

Nah, buat temen – temen yang ingin memulai bisnis mahasiswa bisa memilih salah satu deretan bisnis di bawah ini loh. Bahkan ada yang tidak memakai modal loh. Berikut pilihannya untuk kamu ya:

  1. Bisnis Dropship

Bisnis dropship dapat menjadi jadi usaha yang direkomendasikan, pasalnya ide usaha ini lumayan menguntungkan kendati tidak memerlukan tenaga dan modal yang sangat besar. Carilah produk-produk yang mudah laku dan memiliki pasar yang luas, sehingga anda tidak kesusahan untuk menjualnya. 

Beberapa produk yang mudah laku seperti aksesories handphone, hijab, busana wanita, perlengkapan bayi, dan lain-lain. Tidak cuma di tahun 2021, apalagi usaha dropship sangat menjanjikan selama menjual beli online masih populer.

 

  1. Usaha Makanan

Makanan adalah kebutuhan pokok semua orang, sehingga makanan dapat senantiasa dicari. Memang usaha makanan udah lumayan banyak, jadi anda wajib memutar otak untuk berjualan makanan yang menarik. 

Kamu bisa berjualan makanan sehat yang belum banyak beredar atau jajanan-jajanan sekolah yang dikemas dengan lebih bersih. Sesuaikan termasuk dengan obyek pasar dan lokasi usaha kamu, sebab tidak seluruh jenis makanan bisa laku di suatu daerah. Maka itu melakukan pernah analisis mendalam terhadap usaha kamu.

 

  1. Usaha Laundry Kiloan

Hari gini siapa sih yang nggak perlu jasa laundry kiloan? Terkadang sibuknya pekerjaan memicu banyak orang tidak sempat untuk mencuci pakain sendiri, jadi jasa laundry kiloan seringkali menjadi alternatif. 

Nah terkecuali kamu membuka bisnis laundry kiloan, pastikan kamu berada di lokasi yang ramai seperti di tempat perkantoran, kampus, komplek perumahan, dan sebagainya. 

 

  1. Usaha Tanaman

Tidak sedikit orang yang mengisi kesibukan di rumah jadi mengoleksi tanaman hias. Jangan salah, ternyata tanaman hias banyak juga yang mempunyai harga tinggi, agar bisa benar-benar untung kamu. 

Memang diperlukan keterampilan dan kesabaran untuk menanam tanaman hias, agar kamu memilikinya. Pilihlah tanaman hias yang lumayan populer untuk dijual seperti Anggrek, Melati, Mawar, Aglonema, Kaktus, dan lain-lain.

 

  1. Usaha Produk-produk Kecantikan

Nggak dapat dipungkiri bisnis mahasiswa produk-produk kecantikan menjadi produk yang banyak dicari para wanita. Nah bisnis ini barangkali lebih pas untuk kamu para wanita, karena kalian tentu bakal lebih sadar dan paham akan beragam produk kecantikan dan mempunyai relasi luas dengan para konsumen. 

Kamu dapat memulainya dengan menjadi reseller untuk mencari keuntungan, kemudian kamu dapat membuat brand produk kecantikan sendiri. Pastikan kamu menjual produk kecantikan original dan aman pada kulit.

 

  1. Usaha Kopi Kekinian

Usaha kopi kekinian sesungguhnya sudah benar-benar merebak di sebagian daerah, lebih-lebih di kota-kota besar ribuan bisnis kopi kekinian saling beradu di segmennya masing-masing. 

Jika kamu inginkan mobilisasi bisnis ini, kamu wajib kreatif agar bisnis kamu lebih dilirik. Atau kamu dapat membeli franchise dari franchisor kopi kekinian ternama, agar kamu nggak perlu repot-repot membuat brand sendiri yang belum tentu memenangkan kompetisi.

 

  1. Usaha Snack Kekinian

Sama seperti usaha kopi kekinian, usaha snack kekinian telah banyak bersaing di sebagian daerah. Namun kamu masih sanggup berinovasi lebih banyak untuk usaha ini, karena snack sanggup dibuat dengan kreativitas yang kamu miliki. 

Apabila tampilannya menarik dan rasanya enak, pasti orang-orang dapat terdorong untuk mencoba snack yang kamu buat. Pastikan lokasi usaha kamu jauh dari usaha snack kekinian lainnya, untuk hindari kompetisi yang bisa saja menahan penjualan kamu.

 

  1. Laundry Sepatu

Laundry kiloan biasanya tidak terima sepatu untuk dicuci, jadi masih banyak orang kesusahan mencari jasa laundry sepatu. Beberapa tahun terakhir usaha laundry sepatu mulai banyak bermunculan tapi sayangnya belum menjangkau banyak kawasan. 

Nah ini kesempatan kamu untuk mengisi kekosongan tersebut, makanya kamu mesti melihat sekitar kamu sudah ada bisnis mahasiswa yang ini atau belum. Jika belum banyak yang mendirikan usaha ini, langsung aja kamu buka usaha laundry sepatu sebagai peluan usaha kamu.

 

  1. Usaha Produk-produk Fashion

Produk fashion adalah produk yang selalu dicari dan dapat berkembang mengikuti zaman. Jika kamu ingin mendirikan usaha fashion, pastikan kamu juga mengikuti perkembangan zaman tersebut. Misalnya seperti saat ini dimana fashion ala Korea Selatan sedang digandrungi oleh para wanita, mungkin beberapa tahun lagi trend fashion dapat berkiblat pada negara lain.

Kamu jangan malas untuk selalu update trend fashion ya jika ingin memulai bisnis mahasiswa yang satu ini. 

 

  1. Usaha Frozen Food

Semakin banyaknya variasi frozen food membuat orang-orang lebih menentukan frozen food untuk mencukupi asupan makanan. Apalagi frozen food punya tanggal kadaluarsa yang lumayan lama, agar usaha ini tidak sangat berisiko seperti usaha makanan non–frozen yang cepat basi. 

Nah sebetulnya usaha ini membutuhkan modal yang lumayan banyak, karena dibutuhkan lemari pendingin untuk menjaga makanan untuk selalu beku. Belum lagi kamu mesti belanja bahan-bahan makanannya.

 

Perhatikan Juga Poin Ini Sebelum Mulai Bisnis Mahasiswa

Sudah percaya diri untuk memulai usaha dan bisnis mahasiswa agar kemudian hari bisa menjadi orang yang sukses dari hasil kerja keras bukan dari judi online. Namun, ada juga poin yang harus kamu perhatikan demi menjaga keberlangsungan bisnis kamu loh. Apa saja sih?

Buat Social Media

Sangat banyak pengguna media sosial di Indonesia, khususnya aplikasi Instagram dan Facebook. Nah kamu perlu memanfaatkan ke dua media sosial itu untuk lakukan pemasaran, lebih-lebih jika obyek pasar kamu adalah anak-anak muda yang sudah pasti memiliki akun sosial. 

Manfaatkan fitur ads yang di tawarkan supaya kamu bisa menjangkau pasar yang pas sesuai dengan jenis kelamin dan kalangan umur yang ditargetkan. Buat konten foto atau video yang menarik supaya orang-orang tertarik untuk melihatnya, dan juga jaga engagement kamu dengan followers dengan membuat kuis, tanya jawab, dan sebagainya.

 

Pisahkan Keuangan Pribadi dan Bisnis

Pengelolaan uang adalah hal yang sangat perlu untuk membuat usaha tetap lancar, karena persoalan keuangan seringkali mengakibatkan sebuah usaha gagal dan bangkrut. 

Buat pencatatan pada setiap uang yang masuk dengan detail, supaya kamu bisa tetap mengontrol setiap arus uang. Yang terpenting jangan sampai uang khusus kamu jangan tercampur dengan uang untuk berbisnis, karena uang untuk berbisnis cuma boleh digunakan untuk berbisnis. 

Kamu bisa memanfaatkan software akuntansi online di smartphone atau laptop supaya kamu bisa mengelola keuangan kapanpun dan dimanapun.

 

Disiplin Waktu

Seperti peribahasa selagi adalah uang, kamu perlu tekun selagi yang kamu miliki. Buatlah manajemen kamu sendiri untuk membuat usaha berjalan lebih terstruktur dan sesuai rencana. 

Kamu bisa membuat daftar tanggung jawab yang dimiliki, pilih skala prioritas, menargetkan pekerjaan yang perlu selesai dengan cepat, dan berbagi tugas dengan tim. 

Pastikan seluruh terisi dengan kegiatan yang berurusan dengan bisnis, supaya tidak ada yang kosong yang bisa saja menahan jalannya usaha kamu.

 

Yuk Mulai Bangun Bisnis Mahasiswa Sekarang

Itulah sederet wejangan yang perlu kamu perhatikan sebelum memulai bisnis mahasiswa agar bisa membawa kamu menjadi pengusaha sukses di kemudian hari dan selalu membawa keuntungan untuk kamu. Mulai dari sekarang jangan lagi ada perasaan ragu. Untuk memulai bisnis mahasiswa bahkan bisa kamu lakukan tanpa modal loh, hanya perlu kemauan dan niat yang sungguh – sungguh. 

Semoga bermanfaat bagi teman – teman semua ya.