Produktif Kerja, Begini Cara Atasi Bosan di Kantor

Produktif kerja sangat diperlukan dalam menyelesaikan pekerjaan kantor. Namun tidak dipungkiri rasa bosan kerap menghampiri. Merasa bosan bekerja bisa jadi karena menjalankan pekerjaan yang sama setiap hari seringkali menyebabkan pikiran jadi jenuh. Apalagi kalau pekerjaan kamu sudah menumpuk, dikejar deadline, sampai tidak bisa bersantai. Duh, rasanya sudah pasti stress.

Biasanya, rasa bosan pada kerja adalah perasaan lazim yang sering terjadi di tempat kerja yang kebanyakan muncul oleh berbagai macam faktor sehingga menimbulkan kesulitan untuk berkonsentrasi.

Produktif Kerja, Begini Cara Atasi Bosan di Kantor
Produktif Kerja, Begini Cara Atasi Bosan di Kantor

Ketika Anda mulai bosan di area kerja, jangan langsung memutuskan untuk berhenti kerja atau resign. Lakukan hal – hal untuk atasi rasa bosan Anda agat bisa Kembali produktif kerja. Jangan kerap mengeluh meskipun mengeluh tidak dilarang, apalagi sampai mengambil keputusan resign hanya karena bosan dengan kerjaan.

Sebenarnya rasa jenuh ataupun bosan itu mampu diatasi dengan mudah, kok. Jika Anda bingung bagaimana caranya, baca saja tips-tips menghilangkan kejenuhan dalam bekerja di bawah ini agar Anda bisa Kembali semangat dan produktif kerja.

 

Tips Atasi Rasa Bosan, Meningkatkan Produktivitas Kerja

Ubah Lingkungan Kerja Anda

Ternyata, rasa bosan kerja bisa dipicu dari lingkungan di tempat bekerja. Jika ini sedang Anda alami, baiknya Anda lakukan perubahan tempat kerja Anda. 

Pindah posisi meja, berikan sentuhan benda hidup seperti tanaman hias atau aquarium mini di meja kerja. Tambakan hiasan warna-warni di sudut ruangan (warna merah, biru, orange, kuning, atau hijau) dikarenakan warna-warna cerah tersebut bisa menghidupkan perasaan Bahagia dan semangat produktif kerja. 

Anda bisa merubah meja kerja sesuai yang diinginkan, lakukan perubahan sedikit atau banyak akan memberikan efek produktif kerja untuk Anda. Tambahkan warna – warna agar lebih semangat lagi ya. Anda juga bisa menambahkan bingkai foto, pot bunga, hiasan meja kantor, dan lain sebagainya.

 

Ambil Cuti untuk Liburan

Percaya atau tidak, liburan adalah salah satu cara yang paling ampuh untuk mengembalikan kesegaran fikiran dan mood Anda setelah stress dan pusing dengan pekerjaan yang menumpuk dan seolah tidak tersedia habisnya. 

Mengambil jatah cuti Anda untuk liburan dengan kawan atau keluarga adalah cara terbaik untuk menyingkirkan rasa bosan dengan pekerjaan. Ketika liburan Anda berakhir, mood dan suasana hati Anda sudah ulang membaik agar Anda bisa bekerja dengan optimal.

Ambil sekarang jatah cutimu dan pergi lah liburan kemana pun yang Anda mau, buat rencana liburan menyenangkan yang tidak terlupakan agar setelahnya bisa Kembali produktif kerja ketika pulang dari liburan. Pergi liburan adalah jawaban terbaik saat alami kejenuhan.

 

 

 

Curhat dengan Teman Kerja

Terkadang, rasa bosan dalam bekerja bisa terjadi dikarenakan Anda memiliki kasus di luar pekerjaan yang mengganggu Anda. Cobalah temui rekan kerja sebagai tempat curhat yang bisa dipercaya. Siapa tahu teman kerja Anda bisa memberikan solusi agar kasus yang Anda hadapi saat ini bisa segera berlalu. 

Namun, jangan curhat ke sembarang orang, Anda harus benar-benar curhat dengan orang yang Anda percaya atau ke teman dekat Anda yang ada di kantor. Dengan menceritakannya akan membuat Anda sedikit lebih lega dan bisa Kembali produktif kerja. 

 

Lakukan Hal yang Menyenangkan Saat Bekerja

Ketika rasa bosan atau bosan dengan pekerjaan yang itu-itu saja, coba lakukan hal yang menurut Anda mengasyikkan selama waktu bekerja. Seperti mendengarkan musik, atau mengemil sementara bekerja. 

Anda bisa mencoba untuk bermain game kesukaan Anda atau menonton film secara streaming sebentar saja agar rasa bosan Anda hilang selama jam bekerja berlangsung. Intinya adalah membuat senyaman kemungkinan ketika kamu bekerja agar pekerjaan tersebut tidak menjadi membosankan dan mengembalikan feel produktif kerja.

 

Ingat Tujuan Bekerja

Coba kamu ingat-ingat ulang apa tujuan kamu bekerja, apakah itu demi kebutuhan keluarga? Untuk mempersiapkan biaya menikah? Untuk membahagiakan orang tua? Atau untuk hal lain yang juga berarti untuk Anda. 

Dengan mengingat ulang tujuan kamu bekerja bisa membangkitkan Kembali semangat produktif kerja Anda. Meskipun semangat yang Anda dapatkan tidak sehappy ketika Anda selesai liburan, namun cara yang satu ini dinilai cukup ampuh untuk atasi rasa bosan selama di kantor. 

 

Berpikir Positif

Berpikir positif bisa menjadi salah satu cara menangani rasa bosan di tempat kerja. Perasaan tidak nyaman bekerja di kantor, bukanlah alasan terbaik Anda untuk mengajukan resign atau mengundurkan diri begitu saja.

Terlalu cepat mengambil keputusan tanpa pertimbangan yang matang bukanlah hal yang baik, berpikirlah positif sebelum akan melakukannya. Di luar sana, masih banyak pengangguran yang sedang mencari pekerjaan atau yang menginginkan posisi Anda saat ini. Untuk itu berfikirlah positif dan bersyukur dengan apa yang telah Anda miliki saat ini. 

 

Cari Tahu Penyebab Kejenuhan

Munculnya rasa bosan saat bekerja sudah pasti ada sebabnya. Nah, cobalah untuk temukan penyebab rasa bosan yang muncul dari mana asalnya sehingga ada tidak produktif kerja.

Apakah karena pekerjaan yang amat banyak? Tugas menumpuk? Deadline amat singkat? Rekan kerja yang tidak baik? Gaji yang tidak sesuai? Suasana di kantor yang buruk? Atau adanya hal lain, Anda bisa identifikasi terlebih dulu agar juga ketemu cara mengatasi rasa bosan yang muncul selama bekerja. 

Dengan mengetahui penyebab dari rasa bosan bekerja itu, Anda bisa mendapatkan solusinya dengan mudah. Misalnya saja, Anda menjadi pekerjaan amat berat, cobalah deh berkonsultasi bersama dengan manager Anda. Mungkin saja Anda bisa menemukan solusi dari manager Anda dengan sharing bersama mengenai pekerjaan. 

 

Luangkan Waktu untuk Rehat Sejenak

Kadangkala terlalu fokus bekerja menyebabkan Anda lupa waktu. Hal ini menjadi tidak baik karena terlalu berlebihan. Sebab, jikalau Anda memaksakan otak untuk terus bekerja apalagi di saat pikiran sudah jenuh, maka akibatnya produktivitas akan menurun. Tidak lagi produktif kerja. 

Sebaiknya, disaat Anda jadi lelah, luangkan waktu pas untuk rehat sejenak. Tak harus lama, sekurang-kurangnya 30 menit saja. Pergilah ke luar, duduk di taman dan hirup udara segar. Atau istirahat untuk rebahkan diri selama 30 menit. 

Jangan lupa minum air putih dan makanlah sesuatu. Dengan begitu stimulan Anda dapat tumbuh kembali.

 

Jangan Lembur Dulu, Manfaatkan Weekend untuk Bersantai

Mengambil lembur sesekali memang tidak masalah. Namun, disaat pikiran Anda sedang jemu dan tubuh sudah amat capek, maka hindarilah bekerja lembur. Jangan memaksakan diri untuk menyelesaikan pekerjaan di hari yang sama saat fikiran Anda sedang jenuh atau sedang tidak fit. 

Gunakan weekend Anda sebagai kesempatan untuk bersantai. Jika memang perlu liburan, maka lakukan perjalanan ke daerah wisata alam yang menyejukkan.

Tapi jika ingin menghabiskan waktu di rumah juga bisa saja, buatlah suasana yang nyaman selama Anda di rumah saha. Anda bisa nonton film bareng pasangan atau dengan anak-anak. Terdengar cukup mengasyikkan, bukan? Jangan lupa buat cemilan kesukaan agar menonton film makin menyenangkan. 

 

Jangan Abaikan Waktu Istirahat, Tidur Malam itu Penting!

Cara menghilangkan kejenuhan dalam bekerja selanjutnya adalah dengan melindungi jam tidur malam. Usahakan Anda jangan sering begadang untuk urusan kerja. Maksimalkan jam istirahat Anda karena tubuh Anda butuh istirahat jangan selalu dipaksakan untuk terus – menerus mengerjakan sesuatu. 

Sebab kebiasaan begadang itu nggak sehat. Selain dapat membuat pikiran makin stres, begadang menyebabkan tubuh menjadi lemas dan dapat memicu berbagai macam penyakit. Oleh karenanya, jagalah pas tidur Anda bersama dengan baik.

Tidur malam pada 5-8 jam itu sudah cukup dan mampu mengembalikan pikiran segar kembali. Yang penting, jangan tidur larut ya! Minimal jam 10.00 atau 11.00 malam sudah siap-siap untuk tidur. Jangan sampai di atas jam 12.00 malam.

 

Saling Sharing dengan Kolega 

Ketika pikiran menjadi letih dan jemu dalam bekerja, cobalah deh sesekali ngobrol bersama dengan kolega Anda di kantor. Anda bisa berbagi dengan mereka tentang bagaimana langkah menangani kejenuhan atau tentang persoalan lainnya.

Kumpul dan bercanda bersama dengan rekan-rekan kerja itu sah – sah saja kok. Selain melatih jiwa bersosialisasi Anda, juga bikin pikiran rileks. Ini lebih baik daripada Anda hanya fokus di depan layar komputer saja.

 

Ingat Tujuan dan Rencana Masa Depan

Trik seterusnya untuk menghilangkan kejenuhan dalam bekerja yaitu dengan mengingat tujuan utama Anda. Yakni visi dan misi tujuan Anda bekerja.

Untuk apa Anda bekerja? Apakah untuk membeli rumah? Mengajak orang tua umroh? Nabung bikin menikah? Atau lainnya?

Coba ingat-ingat kembali tujuan Anda tersebut. Dengan begitu Anda akan termotivasi kembali. 

Setelah lulus sekolah atau kuliah tentunya Anda ingin memiliki penghasilan sendiri bukan, memiliki tabungan dan lain sebagainya. Untuk itu ingat – ingat Kembali tujuan Anda bekerja. 

 

Jangan Dijadikan Beban, Nikmatilah

Jika Anda menjalani pekerjaan hanya karena kewajiban tanpa di dasari keikhlasan di hati, maka efeknya Anda menjadi menjadi berat menjalani pekerjaan tersebut.

Seolah-olah pekerjaan itu adalah beban yang wajib Anda tanggung. Tentunya perasaan selanjutnya menjadi tidak baik.

Jika Anda menganggap pekerjaan sebagai beban, bisa-bisa Anda akan dengan mudah mengalami kejenuhan dan stres. Sebaliknya, andaikan Anda menjalani pekerjaan dengan enjoy maka rasa letih dan mampu diminimalisasi.

Segala persoalan yang nampak di perkejaan Anda, seperti tugas yang menumpuk, sebaiknya Anda menikmati saja. Anggaplah sebuah anggota untuk meraih kesuksesan. Sebab berhasil itu tidak didapatkan dengan mudah dan tanpa pengorbanan.

 

Jika Perlu, Anda Bisa Cari Pekerjaan Sesuai Passion

Jika Anda sudah tidak kuat dan merasa beban di pekerjaan Anda sudah tidak sanggup lagi Anda hadapi, maka tak ada salahnya memperhitungkan untuk resign. Dari pada menjalani pekerjaan dengan tidak produktif kerja. 

Hal ini mampu Anda lakukan andaikan pekerjaan saat ini amat berat bagi Anda. Mungkin karena gajinya enggak layak, lingkungannya tidak sehat, atau pekerjaan itu enggak sesuai passion Anda. Pokoknya sudah tidak kuat di jalani.

Turuti saja apa kata hati Anda. Mintalah pendapat berasal dari keluarga juga. Jika memang niat Anda sudah bulat maka laksanakan saja! Jangan ragu. Yakinlah bahwa Anda mampu meraih pekerjaan yang lebih baik.

Itulah langkah menghilangkan kejenuhan dalam bekerja yang paling utama yaitu dengan beristirahat. Jangan paksakan pikiran Anda yang sudah jenuh. Istirahatkan tubuh Anda, tubuh akan memberi sinyal ketika sudah kelelahan salah satunya dengan produktif kerja yang menurun. 

 

Cara Agar Lebih Produktif Kerja 

Agar Anda tidak sampai mengalami penurunan produktifitas kerja dan dihampiri rasa bosan yang begitu hebat, berikut adalah cara agar Anda menjadi lebih produktif kerja. Seperti merubah sistem kerja yang selama ini Anda lakukan, jangan duduk selama 9 jam kerja, dan lain sebagainya. Inilah yang bisa Anda lakukan:

  1. Ubah Budaya Kerja

Deadline yang mepet atau atasan yang keras kebanyakan mengundang stres dan kekhawatiran dikala bekerja di meja di kantor. Akhirnya, mood Anda bisa terganggu dan berujung pada perasaan berada di karier yang salah. “Sadarilah bahwa Anda tetap mempunyai pilihan. Tingkatkan produktivitas Anda dengan mengendalikan tabiat mental dan kebahagiaan Anda ketimbang menjadi korban lingkungan kerja,” kata ahli karier Jenn DeWall. 

DeWall menyebut, jadi Anda secara memahami memilih tanggapan Anda pada lingkungan kerja yang keras ketimbang membebaskan itu mengganggu kinerja, maka Anda bakal lebih produktif, terorganisir, dan bebas berasal dari stres di lingkungan kerja. 

Buatlah jadwal kerja agar lebih terorganisir dan terschedule dengan baik ya. 

 

  1. Buat Santai

Memutar lagu bisa menciptakan suasana yang menyenangkan di tempat bekerja dan bisa meningkatkan produktif kerja. Jika bosan, Cara cepat mengatasinya adalah dengan mendengarkan musik yang tepat. “Putar playlist lagu yang biasa Anda dengar waktu berolahraga. Biarkan iramanya yang menghentak membangunkan proses tubuh Anda. Kadang yang kita butuhkan adalah peningkatan kekuatan dengan cepat untuk membangunkan indera dan menginspirasi urutan kreatif,” ujar ahli karier milenial Jill Jacinto. 

 

  1. Jalan Kaki 

Percaya atau tidak, jalan kaki sejenak di kantor bisa mengembalikan mood Anda dikala lagi ke meja kerja. “Pergilah ke luar (kantor) dan hirup hawa segar. Jalan kaki bisa melancarkan peredaran darah dan mengembalikan kekuatan Anda,” ungkap Jacinto. 

Sejenak menghirup hawa segar pun, memahami DeWall, bisa mengembalikan stimulan kerja Anda. Jangan sungkan untuk mengajak teman kerja ikut serta. “Jalan kaki selama 5 menit di sela-sela kerja bisa menyegarkan otak dan memungkinkan Anda mengerjakan tugas baru dengan pola pikir yang segar. Jika kantor Anda mempunyai fasilitas luar ruangan, ajak teman kerja untuk jalur kaki sejenak setelah makan siang,” terang DeWall. 

 

  1. Rehat sejenak 

Meski jalan kaki sebentar merupakan solusi yang baik, Anda kemungkinan tidak sempat muncul kantor untuk mengembalikan energi. Solusinya, rehatlah sejenak. Beberapa cara yang bisa menjadi pilihan adalah main game di laptop atau pc Anda selama 3 menit, membaca artikel menarik namun tak mengenai dengan pekerjaan, atau chatting sebentar dengan teman. 

 

“Manfaatkan waktu ini untuk melaksanakan perihal yang Anda sukai ketimbang hanya menciptkan stres. Ini bisa meningkatkan kekuatan untuk pekerjaan yang sukar kemudian,” imbuh DeWall. 

 

  1. Jauhkan ponsel 

Apakah Anda di rumah atau di kantor, menghalangi kegiatan mengecek ponsel atau media sosial tetap menjadi hal baik. “Ketika Anda mesti fokus, pasang ponsel dalam mode diam dan tidak bergetar. Simpan (ponsel) dalam tas atau laci meja kerja yang tak bisa Anda memandang dan jangkau. Anda bakal bisa fokus pada pekerjaan,” ucap Jacinto. 

 

  1. Tentukan Waktu Untuk Mengecek Email 

Apakah Anda mengecek kotak masuk email Anda setiap 30 menit atau 45 menit sekali? Jangan khawatir, Anda tidak sendirian. “Kebiasaan ini menjadi sulit, sebab kita jadi tersedia keharusan untuk langsung membalas e-mail. Namun, jika kita mengatur waktu tertentu untuk mengecek dan membalas e-mail, kita mempunyai waktu lebih leluasa untuk bekerja,” sebut DeWall. 

Anda harus membuat menejemen waktu untuk mengecek email juga untuk mengecek ponsel Anda. Jangan kerap mengecek setiap waktu ya. 

 

  1. Tak usah hiraukan kompetisi 

Terus-menerus berkhayal posisi Anda dibandingkan teman kerja di kantor? Kuncinya hanya satu, tak usah berkhayal dengan kompetisi semacam ini. Jika Anda konsisten berkhayal kompetisi dengan teman kerja, Anda bakal kehilangan waktu miliki nilai untuk bekerja. 

 

“Semakin keras kita beradu dengan teman kerja untuk memperoleh proyek yang bagus atau menarik hati atasan, jadi kita tidak percaya dengan diri sendiri. Ketimbang berkhayal persaingan, proaktiflah dan fokus pada tindakan yang bisa menunjang target jangka panjang,” tutur DeWall. 

Ia menyatakan, dengan fokus pada diri sendiri, maka Anda bakal lebih percaya diri, tanpa beban, dan menjunjung diri sendiri.

 

  1. Jangan Bermain Judi Online

Banyak orang yang kecanduan dengan game online salah satunya adalah dengan bermain judi online. Jangan sampai pekerjaan Anda terganggu atau produktif kerja terus menurun lantaran kecanduan judi online. Anda harus bijak dan harus bisa bertanggung jawab pada diri Anda sendiri ya. 

 

Kesimpulan

Itulah cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi rasa bosan juga untuk menjadi produktif kerja lebih bagus lagi. Ingat, jangan sampai Anda kecanduan hal yang menyita waktu kerja Anda seperti game online ataupun judi online. Untuk itu, ingat Kembali tujuan Anda bekerja dan syukuri dengan apa yang telah Anda miliki saat ini.