Mengenal Pemain Terbaik Dunia Cristiano Ronaldo

Cristiano Ronaldo dos Santos Aveiro, OIH (Portugis: [kɾiʃˈtjɐnu ʁoˈnaɫdu] terlahir di Funchal, Madeira, Portugal, 5 Februari 1985; usia 36 tahun) ataupun lebih dikenali Cristiano Ronaldo sebagai seorang pemain sepak bola Portugal. Dia bisa berposisi sebagai sayap kanan atau kiri dan striker tengah. Sekarang ini dia bermain untuk team Italia, Juventus dan untuk timnas Portugal. Saat sebelum bermain untuk Real Madrid, dia pernah bermain di Sporting Lisboa dan Manchester United. Pemain yang sering dengan nomor punggung 7 di atas lapangan hijau ini dekat dengan panggilan CR7, kombinasi dari inisial nama dan nomor punggungnya.

C:\Users\LENOVO\OneDrive\Pictures\Mengenal Pemain Terbaik Dunia Cristiano Ronaldo.png
Mengenal pemain terbaik kelas dunia yang bernama Cristiano Ronaldo

Ia menggunakan nomor punggung 7 di United, yang awalnya dikenai oleh Johnny Berry, George Best, Steve Coppell, Bryan Robson, Eric Cantona dan David Beckham. Sesudah habiskan tahun pertama kalinya di Madrid kenakan nomor punggung 9, dia mulai kenakan nomor 7 kembali susul keperginya pemain legendaris Raul Gonzalez.

Segudang prestasi sudah sukses ia capai. Cristiano Ronaldo sukses raih gelar FIFA Ballon D’Or pada bulan Januari 2015 lalu yang diselenggarakan di basis FIFA Zurich, Swiss. Gelar FIFA Ballon D’Or ini sebagai penghargaan ke-3 untuk Ronaldo, sebelumnya setelah di tahun 2013 lalu dan 2008 saat masih mengenakan seragam Manchester United.

Kehidupan Awal Pemain Terbaik Dunia

Ronaldo terlahir di Madeira, Portugal, anak dari Maria Dolores dos Santos Aveiro dan José Dinis Aveiro. Ia mempunyai kakak lelaki namanya Hugo, dan dua kakak wanita, Elma dan Liliana Cátia. Liliana Bekerja sebagai vokalis bernama pentas “Ronalda” di Portugal.[butuh referensi] Dinamakan ke-2 nya “Ronaldo” diputuskan dari bekas Presiden AS Ronald Reagan, yang menjadi artis favorite ayahnya. Nenek buyutnya Isabel da Piedade berawal dari Cape Verde. Keluarganya pengikut Katolik patuh dan hidup dalam kemiskinan, Ronaldo tidak punyai mainan dan share kamar dengan saudara-saudaranya. Pada umur 14, Ronaldo sepakat dengan ibunya untuk konsentrasi seutuhnya pada sepak bola.

Profesi Cristiano Ronaldo

Junior

Cristiano tergabung dengan Andorinha (1993—1995), Nacional (1995—1997), dan Sporting Lisboa (1997—2001) pada periode junior.

Club

Sporting Lisboa

Cristiano pernah bermain untuk Sporting Lisboa pada 2001—2003 bernomor punggung 28. Dia bermain 25 kali dan cetak tiga gol. Pada tengah musim panas 2003, Sporting Lisboa melangsungkan laga pertemanan menantang Manchester United dengan score akhir Sporting 3-1 M.U., sebuah kekalahan yang mengagetkan untuk sebuah club raksasa Inggris sekaliber Manchester United. Lebih jauh kembali kemenangan ini semua didalangi oleh permainan berkilau dari Cristiano Ronaldo muda dari Sporting, membuat beberapa pemain Manchester United menekan Sir Alex Ferguson, pelatih mereka, untuk selekasnya mengambil pemain muda cemerlang itu.

Manchester United

Atas sesuatu yang terjadi semenjak laga pertemanan itu, Ronaldo juga dihadirkan ke Manchester United. Saat sebelum dia bermain untuk club itu, Sir Alex Ferguson menanyakan pada Ronaldo angka berapakah nomor punggung yang diinginkannya. Cristiano Ronaldo menjawab 28, karenanya ialah nomor kesukaannya. Tetapi Sir Alex Ferguson justru berbicara tidak, mulai saat ini nomor punggungnya ialah 7. Di Manchester United, penyandang nomor punggung 7 secara turun-temurun ialah pemain legendaris yang bawa Manchester United ke pucuk kemasyhurannya, dan Sir Alex Ferguson memberi nomor punggung sakral itu sebagai bentuk penghargaannya ke bakat cemerlang yang dipunyainya. Dia bermain 196 kali dan cetak 84 gol.

Real Madrid

Pada 1 Juli 2009, dia berpindah ke Real Madrid, timnya sekarang ini, dengan pecahkan rekor transfer sejumlah 80 juta poundsterling atau sejumlah Rp 1,3 Triliun, yang menjadikan sebagai pemain paling mahal dalam riwayat sepak bola saat itu. Dia sudah bermain 81 kali dan cetak 87 gol untuk Real Madrid. Pada musim La Liga 2010/2011, Ronaldo mencatat dianya sebagai pembuat gol paling banyak di La Liga di dalam 1 musim, beberapa 40 gol. Ia juga sudah cetak 15 Gol di El Clasico, ia juga jadi pembuat Gol paling banyak UCL di dalam 1 musim (2013-14) dengan catatan 17 Gol, hattrick v Galatasaray (1-6), 2 Gol v Copenhagen (4-0), 2 Gol v Juventus (2-1), 1 Gol v Juventus (2-2), 1 Gol v Copenhagen (2-0), 2 Gol v Schalke (1-6) dan 2 Gol v Schalke (3-1), 1 Gol v Dortmund (3-0), 2 Gol v Bayern Munchen (0-4) dan ikut menyumbangkan 1 Gol di Final UCL 2014 di Lisbon selesai elibas Atletico Madrid 4-1 lewat titik penalti pada menit 120′ selesai ia dijatuhkan Godin di kotak penalti. Pada musim 2015-2016, dia jadi pahlawan kemenangan Real Madrid di FINAL UCL 2016 menantang Atletico Madrid melalui set beradu penalti selesai score usai 1-1 dan sudah lewat Ekstra Time. Dengan score 5-3 di beradu penalti, Real Madrid memenangkan UCL 2016.

Juventus

Pada 11 Juli 2018, Ronaldo berpindah ke club Italia, Juventus dengan nilai transfer sejumlah 112 juta Euro (99,2 Poundsterling), atau sama dengan Rp 1,88 Triliun.