3 Penemuan Menakjubkan di Tahun 2019

3 Penemuan Menakjubkan di Tahun 2019 –¬†Seiring perkembangan zaman yang kian pesat, tentu saja banyak penemuan luar biasa ditemukan oleh para ahli. Pada awal tahun 2019 ini banyak penemuan teknologi canggih yang baru ditemukan. Dimana menakjubnya penemuan teknologi tersebut tidak serta hanya di bidang gadget, melainkan sederetan yang cukup menarik perhatian di bidang sains.

Berikut di bawah ini adalah 3 Penemuan menakjubkan di Tahun 2019;

1.Penyembuhan Alzheimer

Alzheimer yang diketahui sebagai penyakit degeneratif progresif pada otak, umumnya menyerang lansia dengan dikaitkan dengan perkembangan plak-plak beta di otak. Penyakit yang satu ini dikenal sebagai salah satu penyakit yang tidak ada penawarnya. Namun saat ini, para ilmuwan dikabarkan telah hampir berhasil menemukan obat untuk penyakit tersebut. Para ilmuwan saraf yang berpusat penelitian di Picower Institute MIT dikabarkan telah berhasil menemukan cara untuk menyembuhkan penyakit Alzheimer yang di derita pada tikus. Hal itu dilakukan dengan menggunakan lampu kedap-kedip yang diarahkan kepada tikus serta dibarengi dengan suara ketukan cepat.

Dengan menggunakan pancaran cahaya dan bunyi ketukan berkecepatan tinggi dipercaya dapat meningkatkan fungsi dari memori pada otak dan dapat mengurangi penyakit Alzheimer. Stimulus dari luar ini diterapkan untuk merangsang gelombang otak yang secara positif akan mengubah komposisi protein yang ada di dalam otak. Namun, para ilmuan masih belum menemukan komposisi yang tepat dari sinaran cahaya dan suara yang dipaparkan agar kapasitas otak dapat meningkat maksimal.

2.Dapat Menyembuhkan Pasien HIV

Diketahui bahwa seorang pasien di London berhasil sembuh dari penyakit HIV dan sekaligus mengukir sejarah dalam dunia medis. Sang pasien diketahui bebas dari penyakit HIV tersebut dengan menerima transplantasi sumsum tulang. Dimana pasien menerima donor dari sel induk yang ditransplantasi memiliki mutasi genetik dan ternyata memiliki ketahanan terhadap virus HIV. Tindakan operasi sumsum ini ternyata sudah dilakukan selama dua tahun belakangan, tetapi menuju awal tahun 2019 ini, virus HIV tersebut tidak muncul kembali meski sang pasien tidak meminum obat antiretroviral.

Namun di balik kesembuhan yang dicapai sang pasien, ada kekurangan yang menyebabkan metode penyembuhan tersebut belum dapat diterapkan secara masal. Hal tersebut dikarenakan terdapat rentetan resiko yang dianggap serius, dan tidak semua pasien akan bernasib sama dengan pasien yang berhasil disembuhkan. Diketahui bahwa orang pertama yang berhasil di sembuhkan adalah Timothy Brown. Jadi dapat disimpulkan bahwa penderita HIV bisa disembuhkan walau dengan cara yang lebih ekstrem.

Baca Juga: 5 Penemuan Bawah Tanah Yang Menggemparkan Dunia

3.Minuman Alkohol Yang Tidak Memberikan Rasa Sakit Pasca Mabuk

Beberapa penemuan ditemukan oleh para ilmuan yang berhasil mereplikasi minuman yang jika dikonsumsi dapat menghasilkan perasaan seperti mengonsumsi alkohol, namun tanpa efek sakit setelah mabuk di besok pagi harinya. Minuman tersebut diketahui bernama Alcarelle yang terkandung molekul sintetis, alcosynth yang dapat bekerja menuju bagian otak yang memberikan rangsangan perasaan senang. Dilain pihak juga memberikan rangsangan ke otak yang dikenal dengan sebutan GABA yang berefek mabuk.

Minuman ini ditemukan oleh seorang profesor yang bernama David Nutt dengan rekan ilmuannya yakni, David Orren. Dimana Profesor David merupakan ahli riset dari pemerintah Inggris, namun dipecat kerena mengklaim alkohol lebih berbahaya dari ekstasi. Namun sejak kejadian tersebut, Prof David mulai banyak meriset alternatif dari minuman beralkohol. Cairan Alcarelle tersebut diketahui masih tersedia di laboratorium dan tidak dapat ditemukan di pasaran sebelum diuji coba secara masal oleh pihak pemerintah setempat.

Demikianlah artikel 3 Penemuan Menakjubkan di Tahun 2019 ini dipersembahkan kepada Anda dan para pembaca, dengan harapan dapat berguna bagi kita semua.