Yaiba (Jilid 1)

coveryaiba1

Judul: Yaiba (Jilid 1)

Komikus: Aoyama Gosho

Penerjemah: Dudi Yudia Permana

Penerbit: Elex Media Komputindo

Jumlah Halaman: 188

Terbit Perdana: 2004

Kepemilikan: Cetakan Pertama, 2004

ISBN: 9789792058437

cooltext-blurb

Jago pedang yang sangat menyukai latihan di hutan dan memiliki jurus yang tidak mengikuti aliran manapun ini bernama Yaiba Kurogane! Kali ini, Yaiba akan beraksi di Jepang, tempat berlatihnya yang terbaru. Setelah hasil pertarungan yang seri dengan Takeshi Onimaru, rival abadinya, sekarang Yaiba menapaki jalan untuk mencapai impiannya menjadi SAMURAI SEJATI!!

cooltext-review

Selain Detektif Conan, Aoyama Gosho juga menciptakan serial lain. Contohnya adalah Kaito Kid dan Yaiba. Detektif Conan sudah saya ulas. Magic Kaito juga sudah pernah saya bahas. Kali ini giliran Yaiba yang akan saya singgung pada review kali ini. beruntung saya bisa membaca jilid pertama dari serial ini. Mari kita lihat perbedaan dengan cerita Conan atau Kaito ya…

Sembilan chapter yang ada di jilid perdana ini terasa sangat padat berisi. Kisah bermula dengan kehidupan anak muda bernama Yaiba Kurogane dan ayahnya, Kenjuro Kurogane. Keduanya hidup di hutan dan menjalani kehidupan alam rimba di sana. Karena suatu kebodohan, keduanya dan seekor harimau terbawa ke Bandara Narita dalam sebuah paket berisi nanas.

Di bandara itu, ada seorang gadis bernama Sayaka Mine yang menanti kedatangan ayahnya bernama Raizo Mine yang baru saja pulang dari turnamen kendo se-Asia. Hiruk pikuk kedatangan Yaiba dan Kenjuro harus menyeret Sayaka dan Raizo. Kenjuro menumpang di rumah Raizo tanpa sungkan. Kisah ini dituangkan pada chapter Kami Akan Tinggal di Rumahmu.

Ternyata tebasannya memang setajam mulut besarnya… Tapi, gerak tebasan yang tak perlu itu malah akan membuat jurusnya mudah dibaca. (Halaman 35)

Setelah membuat keributan di rumah keluarga Mine, Yaiba mengikuti Sayaka pergi ke sekolah esok harinya. Sebuah kesalah pahaman membuat Yaiba enggan meninggalkan kelas Sayaka. Pak Sudo sebagai guru menantang Yaiba adu pedang. Jika Yaiba menang satu ippon (poin, mungkin), maka Yaiba boleh tinggal di kelas. Tak disangka, Pak Sudo terkecoh dengan aksinya.

Di hutan, lawanmu adalah para hewan buas haus darah!! tentunya mereka memancarkan hawa pembunuh… Sama seperti saat kau melawan Muto sebelum ini… Ia diliputi hawa pembunuh karena ditantang olehmu… (Halaman 87)

Nenek Sayaka akhirnya pergi ke seolah karena mendapat panggilan dari Kepala Sekolah dan Pak Sudo. Kehadiran Yaiba dianggap mengganggu. Oleh karena itu, diadakan ujian di ruang Klub Kendo. Apabila Yaiba bisa mengalahkan Kumazawa, sang ketua, maka Yaiba boleh menjadi siswa di sekolah itu. chapter berjudul Jangan Beri Kelonggaran! ini sangat seru lho!

Selain Kumazawa, Yaiba berniat mengalahkan Takeshi Onimaru. Ia adalah anggota Klub Kendo. Ulah Yaiba membuat Onimaru geram. Keesokan harinya, Onimaru mengunjungi rumah Sayaka agar bisa menghajar Yaiba. Namun, Yaiba justru pergi ke rumah Onimaru. Pada chapter Si Bodoh Onimaru! Ini Yaiba hanya bertemu dengan Ayame Onimaru dan Kakek Onimaru.

Tak akan… Kau lebih lemah dariku… Bertarung dengan orang sepertimu hanya menumpulkan keahlianku… (Halaman 113)

Saya suka sekali dengan serial Yaiba ini! Saya sudah dibuat ngakak dan tergelak sejak chapter pertama halaman awal. Belum lagi berbagai kepolosan (atau kebodohan) Yaiba dan ayahnya yang sangat kebangetan juga membuat saya tertawa geli. Hal ini jauh berbeda dengan serial Detektif Conan ataupun Magic Kaito yang memiliki nuansa yang serius dan perlu konsentrasi.

Yaiba merupakan sosok anak yang tidak pernah melihat “dunia luar” karena sepertinya sejak kecil hari-harinya ada di hutan belantara. Bahkan ketika bertemu dengan Sayaka, Yaiba sangat takjub dan memperhatikan Sayaka dengan sangat “saksama” mulai dari ujung rambut hingga ujung kaki. Bahkan, mobil dan sekolah juga tidak pernah dikenal olehnya. Yaiba memang udik.

Oh iya, Yaiba terdampar di Tokyo bersama seekor harimau. Awalnya harimau ini ingin memangsa Yaiba. Namun karena suatu hal, harimau ini jadi sahabat baik Yaiba selama di Tokyo. Bahkan, Sayaka menamainya Kagetora karena menganggap harimau itu keren. Hahaha.

Selain Kagetora, ada Shonosuke, seekor burung bangau tongtong yang menjadi kawan Yaiba selama di hutan. Kemunculannya yang tiba-tiba akhirnya membuat Yaiba mengajaknya turut serta menumpang di rumah Sayaka. Mulai saat itulah mereka berdua menjadi kawan latihan Yaiba agar bisa mengalahkan Takeshi Onimaru. Berhasilkah Yaiba? Tunggu ulasan selanjutnya~

Penilaian Akhir:


goodreads badge add plus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CAPTCHA Image

*